IN 4
LK-08 FORMAT CATATAN REFLEKSI
Tujuan
1.
Peserta melakukan refleksi untuk
mengetahui tingkat kelebihan dan kekurang salama melakukan OJL
2.
Reviu RPP
Unit ke 2
3.
Penyusunan Laporan Best
Practice
Petunjuk:
1.
Melakukanrefleksi untuk mengetahui tingkat kelebihan dan kekurang salama
melakukan OJL dengan langkah
sebagai berikut:
a.
Peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang beranggotakan 4
orang dalam satu kelompok.
b.
Secara mandiri peserta melakukan refleksi dengan
menggunakan LK-8,
c.
Peserta melakukan Curah Pendapat dan membuat kesimpulan di
kelompok masing-masing terkait LK-8 ,
d.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil dari kesimpulan ke
depan kelas.
2.
Reviu RPP
Unit ke 2 dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Peserta dan Guru Inti berdiskusi tentang teknik
melakukan Reviu RPP berorientasi HOTS
b.
Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal
4 orang dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain
berdasarkan pembagian dari Guru Inti untuk melakukan Reviu RPP dengan menggunakan LK-6.
c.
Peserta memberikan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan
Guru Inti terkait RPP yang di-Reviu
d.
Peserta melakukan perbaikan RPP berdasarkan hasil Reviu LK-6
3.
Penyusunan
Laporan Best Practice
a.
Peserta
dan Guru Inti berdiskusi tentang teknik melakukan Reviu RPP berorientasi HOTS
b.
Peserta secara mandiri melakukan
identifikasi terhadapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama In dan On untuk
dijadikan dasar dalam penyusunan laporan Best Practice
c.
Peserta menyusun laporan Best Practice sesuai dengan rambu-rambu
pelaporan
R-8 Rubrik Catatan
Refleksi
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil refleksi dari peserta.
A.
Langkah-langkah penilaian
hasil kajian:
1.
Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-8!
2.
Berikan
nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta
sesuai rubrik berikut!
B. Kegiatan Praktik
1.
Penggunaan Aspek HOTS, 5M, dimensi pengetahuan dan
kecakapan abad 21, sesuai RPP yang disusun.
2.
Penggunaan Aspek HOTS dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik.
3.
Penggunaan 5M dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik.
4.
Penggunaan dimensi pengetahuan dalam proses pembelajaran dilaksanakan
secara runut dan baik.
5.
Penggunaan kecakapan abad 21 dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan
baik.
6.
Menguraikan kendala selama menerapkan pembelajaran HOTS secara jelas.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £100
|
Enam aspek sesuai
dengan kriteria
|
80 < nilai £90
|
Lima aspek sesuai
dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £80
|
Empat sesuai dengan
kriteria, dua aspek
kurang sesuai
|
60 < nilai £70
|
Tiga sesuai dengan
kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua aspek sesuai
dengan kriteria, empat aspek kurang
sesuai
|
0 komentar:
Post a Comment