RANCANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Pasundan 1 Kota Bandung
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 4 JP (4 x 40 Menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI-3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai,
merangkai,
memodifikasi,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menelaah
isi dan struktur teks eksposisi
(berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau
dibaca
|
3.6.1
Mengidentifikasi informasi yang
menjadi isi teks eksposisi.
3.6.2
Menelaah keberadaan isi dalam
struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi
3.6.3
Menelaah ketepatan data dalam
struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi.
|
4.6 Menyajikan gagasan,
pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi yang berupa artikel ilmiah
populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll)
secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan,
aspek lisan
|
4.6.1
Menentukan topik penyusun teks
eksposisi.
4.6.2
Menyusun kerangka teks ekspoisi
berdasarkan struktur, kaidah bahasa,
ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan objek yang akan ditulis.
4.6.3
Menyusun teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan
menerapkan kaidah kebahasaan.
4.6.4
Mempresentasikan teks eksposisi yang telah dibuat.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui pengamatan terhadap teks eksposisi, peserta
didik dapat mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi dengan
benar,
2.
Setelah peserta didik mengidentifikasi informasi
yang menjadi isi teks eksposisi, peserta didik dapat menelaah keberadaan isi
dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi dengan teliti,
3.
Setelah menelaah struktur, peserta didik dapat
menelaah ketepatan data dalam struktur teks eksposisi dengan teliti,
4.
Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat
menentukan topik penyusun teks eksposisi dengan benar.
5.
Setelah menentukan topik, eserta didik dapat
menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan pola pengembangan
kebahasaan berdasarkan objek yang akan
ditulis dengan benar,
6.
Setelah menyusun kerangka teks eksposisi, peserta
didik dapat menyusun teks ekposisi
berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaida kebahasaan benar,
7.
Setelah menyusun teks eksposisi, peserta didik
dapat mempresentasikan hasil teks eksposisi dengan benar dan percaya diri .
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengidentifikasi
tesis, argumen, dan penegasan ulang teks eksposisi
2.
Membedakan
fakta dan opini dalam teks eksposisi
E.
Jenis
Media
1.
Bendera
teks
2.
Salindia
power point
F.
Bahan
2.
Kertas
origami
3.
Tusuk
satai
4.
Dobel
tip
G.
Alat:
1.
Komputer
2.
Spidol
3.
Penggaris
4.
Gunting
H.
Langkah
Pembuatan
Proses pembuatannya sebagai berikut.
1. Siapkan
dua teks eksposisi yang akan dibuat permainan (game) bendera teks dengan
mengetik judul teks atau bagian pernyataan pendapat.
2. Ketik uraian
masing-masing teks secara lengkap.
3. Ceraikan paragraf
setiap teks satu persatu dengan ukuran huruf lebih besar.
4. Beri
bingkai pada masing-masing tulisan struktur teks supaya menarik.
5. Print out teks
yang telah diketik.
6. Gunting
satu-satu dan tempelkan pada kertas warna.
7. Lekatkan
setiap lembar teks pada tusuk satai dengan lem/ dobel tip.
8. Game bendera
kata teks eksposis siap digunakan.
I.
Langkah
Penerapan dalam Pembelajaran
1. Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok.
2. Setiap dua
kelompok siap untuk bertanding dalam game.
3. Peserta
didik berkumpul di meja yang telah ditentukan untuk mengidentifikasi bagian
teks yang sesuai dengan judul/ pernyataan pendapat. Waktu yang diberikan hanya
5 menit.
4. Sesuai
dengan waktu yang ditentukan pendidik, setiap kelompok berlomba untuk menancapkan
bendera kata sesuai dengan urutannya.
5. Setelah
selesai, peserta didik mencocokan urutan dengan kunci jawaban yang akan
ditayangkan pendidik melalui salindia power point.
6. Setiap
kelompok menjelaskan gagasan pokok tiap paragraf dan menyimpulkan informasi
yang dipaprkan dalam teks tersebut.
7. Permainan
putaran kedua, setiap kelompok mengidentifikasi paragraf yang mengandung
informasi fakta dan menancapkan bendera kata tersebut di kolom fakta.
8. Peserta
didik Bersama-sama pendidik melakukan reflekfsi.
2 komentar:
Jasa Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Windows Flash Android
Info & Pemesanan - WA. 0815 797 4549
www.pscindonesia.com
Konsultasi dan Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif
Telp/SMS/WA. 0815 797 4549
www.pscindonesia.com
Post a Comment