ANALISIS
KD, PENENTUAN MATERI, INDIKATOR ESENSIAL, DAN
SILABUS
BAHASA
INDONESIA KELAS VII, VIII,
DAN IX SEMESTER
GANJIL
2020
– 2021
KELAS VII
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pokok |
Indikator
Esensial |
Materi
Esensial |
Alasan
Esensial |
Waktu |
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber
Belajar/Media |
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang
objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan dibaca 4.1 Menentukan isi
teks deskripsi tentang
objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan
dibaca |
· Identifikasi teks deskripsi · Isi teks deskripsi |
3.1.1 Menentukan
ciri umum teks deskripsi. 3.1.2 Mengidentifikasi jenis teks deskripsi yang dicontohkan
/dibaca. 4.1.1 Menentukan
isi tujuan teks deskripsi yang dicontohkan. 4.1.2 Menentukan
perincian isi teks deskripsi yang dicontohkan. 4.1.3 Membandingkan
beberapa isi teks deskripsi |
· Ciri umum teks deskripsi ·
Identifikasi jenis teks
deskripsi ·
Tujuan teks deskripsi ·
Perincian isi teks deskripsi ·
Perbandingan isi teks
deskripsi |
· Siswa perlu memahami ciri umum teks tersebut
karena menjadi pembeda dengan teks lainnya. · Setelah memahami ciri umum, pemahaman siswa
ditingkatkan untuk dapat mengidentifikasi isi teks terebut. · Untuk sampai pada tahap keterampilan membandingkan
isi teks siswa perlu mengetahui tujuan dan rincian isi teks tersebut. |
6 x 30’ 6 x 30’ |
1.Diskusi menentukan ciri umum teks deskripsi. 2.Diskusi menentukan ciri objek yang dideskripsikan. 3.Diskusi mengidentifikasi jenis teks deskripsi yang
dicontohkan/dibaca. 1.Diskusi menentukan isi tujuan teks deskripsi yang
dicontohkan. 2.Diskusi membuat perincian isi teks deskripsi yang
dicontohkan. 3.Diskusi membandingkan kedua isi teks deskripsi
yang dicontohkan. |
·
Penugasan ·
Tes Tulis (dapat berupa kuis
daring/ atau luring) ·
Penugasan ·
Tes Tulis (dapat berupa kuis
daring/ atau luring) |
·
Buku Siswa Kelas VII, Edisi
Revisi 2016, Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta :
2016. halaman 1 s.d. 17 ·
https://blog.ruangguru.com/pengertian-teks-deskripsi ·
Video
Tari Remo di Portal Rumah Belajar https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/76f1babba69845b0b27d4c6a9c85b88d |
|
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan
dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah,
dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca 4.2 Menyajikan data,
gagasan, kesan dalam bentuk
teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan
atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan baik secara lisan
dan tulis |
·
Struktur teks deskripsi ·
Kaidah kebahasaan teks
deskripsi ·
Penyajian data, gagasan,
kesan dalam bentuk teks deskripsi |
3.2.1 Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi. 3.2.2 Menentukan kaidah kebahasaan teks deskripsi. 4.2.1 Menulis
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan sesuai dengan data dan
pengamatan. 4.2.2 Mendeskripsikan
objek teks deskripsi secara lisan |
· Struktur
teks deskripsi · Ketataba-hasaan
yang menjadi ciri teks
deskripsi · Menulis
teks deskripsi Mendeskripsikan |
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan menjadi esensial karena, sebagai
berikut : 1. materi
tersebut menjadi pembeda antara teks deskripsi dengan teks lainnya. 2. sebagai
pengetahuan dasar untuk terampil dalam menulis teks deskripsi. 1. Setelah
siswa memahami ciri umum, struktur, dan kaidah kebahasaan maka untuk
mengetahui pemahaman siswa terhadap materi tersebut adalah dengan
mempraktikkan menulis teks deskripsi. 2. Praktik
mendeskripsikan teks secara lisan juga dapat melatih keterampilan berbicara
dan percaya diri siswa yang sangat berguna untuk kehidupan siswa sehari-hari. |
6 x 30’ 6 x 30’ |
1. Diskusi
untuk merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi. 2. Diskusi
menentukan kaidah kebahasaan teks deskripsi 3. Diskusi
menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi yang dicontohkan. 1.Diskusi
menentukan subjek-subjek yang akan dideskripsikan. 2.Diskusi
mendata subjek yang akan dideskripsikan. 3.Diskusi
dalam menyajikan teks deskripsi secara tertulis berdasarkan data dan
pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca. 4.Menyajikan
secara lisan (dalam bentuk rekaman video) teks deskripsi yang telah disusun. |
·
Penugasan ·
Tes Tulis (dapat berupa kuis
daring/ atau luring) Praktik (unjuk kerja) menulis
teks deskripsi dan praktik lisan teks deskripsi (siswa diarahkan untuk
merekam atau membuat video |
·
Buku Siswa Kelas VII, Edisi Revisi 2016, Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta :
2016, halaman 18 s.d. 40. · Portal Rumah belajar, materi struktur
dan kaidah kebahasaan teks deskripsi. https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Package/Home/Complete/04bd0100cd2e4aefbd188870faaf6a07 ·
Contoh teks deskripsi ·
Video yang berisi contoh
mendeskripsikan suatu objek secara lisan. https://www.youtube.com/watch?v=Q_1_tvBfek0 |
|
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks
narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar 4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual |
·
Identifikasi unsur teks
narasi (cerita imajinasi) ·
Menceritakan kembali isi teks
narasi (cerita imajinasi) |
3.3.1
Mengidentifikasi unsur- unsur teks narasi
(cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar 3.3.2
Membandingkan unsur-unsur teks narasi (cerita
imajinasi) yang dibaca dan didengar 4.3.1 Menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan
dibaca secara lisan, tulis, dan
visual |
Identifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) Perbandingan unsur-unsur teks pada dua teks
narasi (cerita imajinasi) Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) |
·
Peserta didik perlu memahami unsur-unsur teks narasi karena sebagai
awal untuk pembelaaran teks fiksi ·
Untuk lebih memahaminya siswa perlu membandingkan unsur-unsur teks pada
dua teks narasi (cerita imajinasi) yang berbeda ·
Untuk melatih kemampuan anak menulis |
6 x 30’ 6 x 30’ |
1.Diskusi menentukan unsur-unsur teks narasi (cerita
imajinasi) 2.Diskusi membandingkan unsur-unsur pada dua teks
narasi (cerita imajinasi) 3.Diskusi menyimpulkan isi dua teks narasi (cerita
imajinasi) 1.Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
imajinasi) |
·
Penugasan ·
Tes tulis |
• Buku Siswa Kelas VII, Edisi Revisi 2017, Bahasa Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2017, Halaman 45—73 ·
S. Efendi, Bimbingan
Apresiasi Prosa Naratif, Pustaka mandiri, 2015 · https://www.youtube.com/watch?v=i- av_fgq4xY · https://www.youtube.com/watch?v=PQm6_r8KUas · https://www.youtube.com/watch?v=kN6cM4D6LAA · https://drive.google.com/file/d/1XEsRK48QwEPnascWlFyK24zoQlUn1akj/view |
|
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa,
atau aspek lisan |
· Telaah
struktur teks narasi (cerita imajinasi) · Kaidah
kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) · Menulis
teks narasi (cerita imajinasi) |
3.4.1 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan
didengar 3.4.2 Membandingkan
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan
didengar 4.4.1 Merancang gagasan
kreatif dalam bentuk cerita
imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur,
penggunaan bahasa, atau aspek lisan. 4.4.2 Menyajikan gagasan
kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan |
· Struktur
teks narasi (cerita imajinasi) · Kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) Menulis teks narasi (cerita imajinasi) |
Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita
imajinasi) perlu karena: · Sebagai
dasar dalam menulis teks narasi · Penggunaan
bahasa yang membedakan teks narasi (cerita imajinasi) dengan teks lainnya. Hal ini penting untuk mengasah kemampuan menulis
peserta didik sehingga dapat menghasilkan karya berupa tulisan dikemudian
hari |
6 x 30’ 6 x 30’ |
1.Diskusi
menelaah struktur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca atau didengar. 2.Diskusi
menelaah kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca atau didengar. 3.Diskusi
membandingkan struktur dan kebahasaan pada dua teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
atau didengar. 1.Menyajikan
gagasan dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur
teks dan unsur kebahasaan. |
·
Penugasan ·
Tes tulis ·
Portofoli ·
Produk |
|
|
3.5
Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat
kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar 4.5 Menyimpulkan
isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah,
cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan
didengar |
·
Identifikasi
teks prosedur ·
Simpulan
isi teks prosedur |
3.5.1 Menentukan ciri umum teks
prosedur 3.5.2 Menentukan jenis teks prosedur
yang dibaca atau didengar 4.5.1 Meringkas urutan isi teks
prosedur 4.5.2
Menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca atau didengar |
·
Ciri
umum teks prosedur ·
Jenis
teks prosedur ·
Urutan
isi teks prosedur ·
Simpulan
isi teks prosedur |
Agar siswa mampu
mengidentifikasi teks prosedur dengan terlebih dahulu memahami ciri dan jenis teksnya serta dapat
menyimpulkan isinya. |
6
x 30’ 6 x 30 |
1.Diskusi menentukan ciri umum teks prosedur 2.Diskusi mendaftar kata atau kalimat sebagai ciri teks prosedur 3.Diskusi menentukan jenis teks prosedur
yang dicontohkan/dibaca. 1.Diskusi menentukan ringkasan isi teks prosedur 2.Diskusi menjawab pertanyaan isi teks prosedur. 3.Diskusi untuk
menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca atau didengarnya. |
·
Penugasan ·
Tes tulis ·
Produk ·
Unjuk Kerja |
·
Buku Siswa Kelas VII, Edisi
Revisi 2017, Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta
: 2017 hlm. 81 ·
Jenis-jenis
Teks, karangan
Dr. E. Kosasih, M. Pd. dan Drs. Endang Kurniawan, M. Pd. Bandung:
2014 ·
https://www.youtube.com/watch?v=4vLq9yd4MhY ·
https://blog.ruangguru.com/mengenal-jenis-dan-contoh-teks-prosedur ·
https://www.youtube.com/watch?v=JtY-udz3Tgs |
|
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar .4. 6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks
prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara
membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan,
dan isi secara lisan dan tulis |
·
Struktur
dan kaidah kebahasaan teks prosedur Menyajikan teks
prosedur secara tulisan dan praktik |
3.6.1 Menentukan struktur
teks prosedur 3.6.2 Menentukan
kaidah kebahasaan teks prosedur 4.6.1
Menulis teks prosedur dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan,
struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat, tanda baca, dan ejaan 4.6.2
Memeragakan secara lisan cara melakukan atau membuat dengan memperhatikan
pilihan kata, kelengkapan, struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat,
tanda baca, dan ejaan |
·
Struktur
teks prosedur ·
Kaidah
kebahasaan teks prosedur ·
Menulis
teks prosedur ·
Memeragakan
teks prosedur |
Agar siswa
memahami struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur dan akhirnya mampu
membuat serta memeragakan teks tersebut. |
6
x 30’ 6 x 30 |
1.Diskusi
untuk merinci bagian-bagian struktur teks prosedur 2.Diskusi
menentukan kaidah kebahasaan teks prosedur 3.Diskusi
menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur 1.Diskusi menuliskan teks prosedur dengan
memperhatikan pilihan kata, struktur, dan kaidah penggunaan kata, kalimat,
tanda baca, dan ejaan. 2.
Menyajikan secara lisan (dalam bentuk rekaman video) teks prosedur yang
telah disusun. |
|
|
|
3.7 Mengidentifikasi informasi
dari
teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau
diperdengarkan 4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku
pengetahuan yang dibaca dan didengar |
Teks
laporan hasil observasi · Daftar
informasi isi teks laporan hasil observasi(LHO) · Penggunaan
bahasa dalam laporan hasil observasi · Ciri
umum laporan hasil observasi |
3.7.1 Menentukan
gagasan pokok teks laporan hasil observasi. 3.7.2 Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil
observasi pada teks yang dibaca/didengar |
1. Gagasan
utama tiap paragraf 2. Simpulan isi teks Laporan Hasil Observasi |
· Siswa
perlu memahami gagasan utama tiap
paragraf karena berkenaan dengan
memberi simpulan dalam teks lho · Setelah
siswa memahami siswa ditingkatkan pada tahap trampil menyimpulkan |
6 x 30’ 6 x 30 |
1. Menyajikan hasil diskusi
tentang isi bagian dalam teks laporan hasil observasi. 2. Menyajikan hasil diskusi mengenai gagasan pokok yang ditemukan
pada teks LHO. 3. Diskusi
dan membandingkan hasil simpulan
isi teks laporan hasil observasi.
|
Teknik : tes tertulis Bentuk: Pilihan Ganda atau penugasan berupa daring atau
luring . |
v Buku Siswa Kelas VII, Edisi Revisi 2017, Bahasa Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2017. halaman
121 s.d. 138 v Video
pembelajaran Aku dan Lingkunganku di Portal Rumah Belajar https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Package/Home/Complete/0e88eda8d5424c099e22dcca1836bead v https://puebi.readthedocs.io/en/latest/ |
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. 4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil
observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan |
·
Struktur teks LHO ·
Variasi pola
penyajian teks LHO ·
Variasi kalimat definisi,
variasi pola penyajian teks LHO ·
Unsur kebahasaan teks LHO |
3.8.1 Menelaah
struktur teks LHO 3.8.2
Menelaah
kebahasaan teks LHO 3.8.3
Isi teks LHO |
1.Struktur teks LHO 2.Isi teks LHO 3.Kebahasaan teks LHO
|
· Siswa perlu memahami
struktur teks karena sebagai
salah satu penbeda struktur teks LHO dengan struktur teks Deskripsi · Setelah siswa memahami trntang struktur, guna mampu
menulis isi teks lho siswa juga harus memahami kaidah kebahasaan dalam teks LHO tersebut. |
6 x 30 6 x 30’ |
1.Menelaah struktur teks laporan hasil
observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca. 2.Menelaah kebahasaan, teks laporan hasil
observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca. 3.Menelaah isi teks laporan hasil observasi yang berupa
buku pengetahuan yang dibaca. |
Teknik : tes tertulis Bentuk: Pilihan Ganda |
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. 4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil
observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan |
KELAS VIII
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Esensial |
Materi Esensial |
Alasan Esensial |
Waktu |
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar/Media |
3.1 Mengiden-tifikasi
unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan
dibaca 4.1.Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan) yang dibaca dan didengar |
1. Pengertian teks berita 2. Unsur-unsur berita 3. Pokok-pokok berita 4. Jenis teks berita 5.Langkah-langkah
menyimpulkan teks berita 6.Menyimpulkn
teks berita |
3.1.1
Mengidentifi- kasi pengertian teks berita 3.1.2Menemukan unsur-unsur teks berita 3.1.3Menemukan pokok-pokok berita 3.1.4Menentukan isi teks berita 4.1.1 Langkah-langkah
menyimpulkan berita 4.1.2 Menyimpulkan isi berita yang
dibacanya dengan tepat. 4.1.3 Menyampaikan
simpulan teks berita |
1.Unsur-unsur teks berita 2.Simpulan teks berita |
Unsur-unsur teks berita menjadi essensia karena unsur-unsur teks berita
merupakan pokok-pokok isi berita yang merupakan gambaran isi /informasi yang
akan disampaikan dalam sebuah berita Kompetensi siswa untuk menyimpulkan suatu isi teks berita sangatlah
penting bagi PD karena PD harus memili ketrampilan menyimpulkan informasi
yang ia terima sehingga mampu memahami hal-hal penting dalam sebuah berita. |
6 x 30 menit 6 x 30 menit 6 x 30 menit |
1. Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan oleh guru tentang arti teks berita
dan isi (5W+1H) berita tersebut. 2. Melakukan
diskusi interaktif tentang isi vidioberita tersebut. 3. Menyimpulkan
dengan peta konsep tentang unsur-unsur teks berita. 4.
Melaporkan
hasil kesimpulannya. 1. Menerima
teks berita melalui daring dari Guru dan mencermatinya. 2. Menentukan
unsur-unsur teks berita tersebut. 3. Melaporkan
hasil kerjanya sesuai format yang telah ditentukan dalam buku paket kegiatan 1.2 4. Melakukan
dialog interaktif membahas hasil kerja siswa. 1. Bertanya jawab tentang peristiwa yang paling hangat sedang
terjadi saat ini untuk dijadikan
sumber belajar. 2. berdiskusi
menentukan langkah-langkah menyimpulkan teks berita. 3. Mengamati
dan berdiskusi tentang isi berita yang ditonton tersebut. 4. berdiskusi
menyimpulkan isi teks berita yang telah diamati tersebut
dengannmenggunakan bahasa yang tepat. 5. melaporkan
hasil kerjanya dalam bentuk power point |
Soal Aktivitas,
antusias, dan respon peserta didik |
1. Buku
Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) 2. Youtube: https://youtu.be/Br76lGKnpx0 Buku pengaya elektronik https://drive.google.com/file/d/0B2g32sqxYZjkajQ3b3dwYkwybms/view |
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang
didengar dan dibaca. 4.2Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek
lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik) |
1. Struktur
teks berita. 2. Kaidah
Kebahas-aan 3. Menulis
teks berita 4. Menyunting
teks berita |
3.2.1 Menemukan
struktur teks berita 3.2.2
Menemukan kaidah kebahasaan teks berita .2.1 Menentukan
langkah-langkah penulisan teks berita 4.2.2 Menulis
teks berita 4.2.3 Menyampai-kan informasi
dalam
bentuk
berita secara
lisan dan
tulis |
1. Struktur
teks berita. 2. Kaidah
Kebahasaan 3. Menulis
teks berita 4. Me-nyun-ting
teks berita |
Struktur teks berita merupakan
ciri khusus teks berita yang
membedakan dengan teks-teks lain 1.
kebahasaan merupakan hal yang harus dikuasai peserta didik dalam menulis teks
berita 2.
kompetensi keterampilan
untuk materi teks berita merupakan tuntutan utama seoarang PD 3.
Kemampuan menyunting
hal penting yang harus dimiliki oleh PD sehingga memahami isi teks berita dengan
benar sesuai dengan fakta dan tujuan pemberitaan. |
6 x 30 Menit 6 x 30 menit |
1. Mengamati vidio
pembelajaran tentang struktur teks berita. 2. Membuat
rangkuman tentang struktur teks berita berdasarkan vidio pembelajaran tentang struktur teks berita. 3. Menyimak
vidio yang memberitakan suatu peristiwa/ informasi / teks berita, kemudian
peserta didik menentukan struktur
teks berita tersebut dengan tepat pada tabel yang telah disiapkan guru. 4. Menunjukkan
kaidah-kaidah kebahsaan yang menundai berita tersebut dengan berdiskusi 5. diskusi
interaktif dengan guru. 1. Berdiskusi
menentukan tema yang akan ditulis menjadi topil beritanya. 2. Menulis
teks berita secara kelompok. 3. Menyunting
teks yang ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan teks berita dengan
struktur dan penggunaan bahasa yang tepat. 4. Melaporkan
hasil kerjanya. 5. Melakukan
diskusi interaktif untuk membahas hasil kerja peserta didik. |
6.
Soal 7.
Aktivitas, antusias, respon, dan peserta didik |
1. Buku
Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) 2. Youtube,
internet: https://youtu.be/84ZezAo3JaY Alwi,
Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Edisi IV. Jakarta: BalaiBahasa 3. Buku
Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) |
3.3Mengidentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan
memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar |
Slogan,
Iklan, dan Poster |
· Menentukan definisi teks iklan, slogan, atau poster. · Mengidentifikasi unsur-unsur
teks iklan, slogan, atau poster. · menentukan jenis teks iklan, slogan, dan poster dan
menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar. · Menyimpulkan isi
iklan, slogan, atau poster. · Menceritakan kembali isi iklan,
slogan, atau poster. |
-Pengertian
dan Teks iklan, slogan, dan poster -Unsur-unsur
teks iklan, slogan, dan poster -simpulan
maksud suatu iklan. Praktik menentukan Unsur-unsur teks iklan, slogan,
dan poster. Praktik menceritakan kembali iklan. |
Teks ikan slogan dan poster sering ditemui peserta didik di masyarakat,
sehingga penting bagi siswa untuk mempelajarinya |
6 x 30 menit |
1.
Mengamati
teks iklan, slogan, dan poster pada tayangan 2.
Mempertanyakan
hal-hal yang terkait dengan teks iklan, slogan, dan poster (apa itu teks
iklan, slogan, dan poster, apa cirinya, dan apa bedanya dengan teks yang
lain). 3.
Menggali
informasi tentang teks iklan, slogan, dan poster. 4.
Menalar. 1.
Berdiskusi
tentang ciri tokoh, latar, konflik, dan tema teks iklan, slogan, dan poster
dalam teks iklan, slogan, dan poster yang dibaca. 2.
Menyimpulkan
hasil diskusi. 3.
Mengomunikasikan
hasil diskusi. |
|
· Buku
Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) ·
Youtube, internet |
4.3Menyimpul kan isi iklan, slogan, atau poster
(membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber |
6 x 30 menit |
|||||||
3.4Menelaah pola
penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga
dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk
iklan, slogan, atau poster secara
lisan dan tulis |
Slogan, Iklan, Poster |
· Mengidentifikasi unsur teks
iklan, slogan, dan poster. · Menelaah pola penyajian teks
iklan, slogan, dan poster. · Menelaah unsur kebahasaan teks
iklan, slogan, dan poster. ·
Praktik
mengidentifikasi unsur teks iklan, slogan, dan poster. ·
Praktik
menelaah pola penyajian teks iklan, slogan, dan poster. ·
Praktik
menelaah unsur kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. ·
Menentukan
langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster ·
Merumuskan
konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan
penulisan slogan dan/poster ·
Menulis
iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan ·
Mempresentasikan
iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengan berbagai variasi. |
Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster. Identifikasi
unsur teks iklan, slogan, dan poster. Telaah pola penyajian teks iklan, slogan, dan
poster. Cara menyusun
teks iklan, slogan, poster Praktik merumuskan konteks iklan,
slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan
dan/poster Praktik Menulis iklan, slogan, atau
poster berdasarkan konteks yang telahdirumuskan. Praktik Mempresentasikan iklan, slogan,
dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi. |
Teks ikan slogan dan poster sering ditemui peserta didik di masyarakat,
sehingga penting bagi siswa untuk menelaahnya |
6 x 30 Menit 6 x 30 menit |
1.
Mengamati
ciri kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster berdasarkan beberapa contoh
teks. 2.
Mempertanyakan
hal-hal yang terkait dengan pola penyajian dan kebahasaan dalam teks iklan,
slogan, dan poster. 3.
Menggali
informasi. 4.
Mendiskusikan
pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. 5.
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, dan
poster. 6. Mengamati langkah membuat teks iklan, slogan, dan
poster. 7. Menanya hal-hal yang terkait dengan langkah membuat
teks iklan, slogan, dan poster. 8. Menggali informasi langkah tentang langkah membuat
teks iklan, slogan, dan poster. 1.
Membaca
berbagai buku dan mengamati berbagai objek yang sesuai untuk dikembangkan
menjadi teks iklan, slogan, dan poster. 2.
Menalar. 3.
Menyusun
teks iklan, slogan, dan poster berdasarkan produk atau tema yang sudah
ditentukan 4.
Mencipta
draft teks iklan, slogan, dan poster. 5.
Mengomunikasikan
hasil. 6.
Memajang/
menukarkan hasil untuk meminta masukan dari teman/ guru. 7.
Menyunting
dan memperbaiki teks iklan, slogan, dan poster. 8.
Memublikasikan
hasil. |
|
· Buku
Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) , ·
Youtube, internet |
3.5Mengidentifi kasi informasi teks eksposisi berupa
artikel ilmiah populer dari koran/majalah yang didengar dan dibaca 4.5 Menyimpul Kan isi teks eksposisi
(artikel, ilmiah popular dari Koran dan majalah yang di dengar dan dibaca |
Gagasan dan Fakta Pola pengembangan teks Gagasan umum dan khusus Jenis paragraf berdasarkan letak gagasan umumnya |
Menentukan gagasan utama Menentukan kalimat utama Menyimpulkan isi teks eksposisi Meringkas isi paragraf |
Menentukan
gagasan utama Menentukan kalimat utama Menyimpul kan isi teks Meringkas isi paragraf |
Dilihat dari KD merupakan materi yang penting
dikuasai siswa |
6 x 30 Menit 6 x 30 menit |
1. Membaca teks eksposisi yang disajikan 2. Diskusi kelompok
mengidentifikasi teks eksposisi berdasarkan teks yang disajikan 3. Menonton video tentang teks eksposisi ( gagasan utama dan kalimat
utama) 4. Diskusi menentukan gagasan utama
dan kalimat utama teks
eksposisi 5. Menyimpulkan pembelajaran 1. Membaca teks tentang pengolahan
sampah lingkungan 2. Membedakan gagasan umum dan gagasan khusus 3. Menyimpulkan isi teks melalui gagasan utama 4. Mengamati jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan umumnya 5. Meringkas teks eksposisi berdasarkan gagasan umumnya |
Tes tertulis mengenai perbedaan teks eksposisi
dengan teks iklan Tes tertulis menentukan gagasan utama dan kalimat
utama paragraf teks eksposisi Tes tertulis gagasan
umum dan gagasan khusus Tes tertulis
menyimpul kan isi teks Tes tertulis menuliskan ringkasan isi paragraph |
Buku Paket You Tube www.sekolahmu.com |
3.7Mengidentifikasi
unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca |
Unsur Pembangun puisi dan simpulan puisi |
·Menemukan unsur-unsur puisi ·Menentukan isi
teks puisi yang diperdengarkan (video) ·Menyimpulkan unsur dan makna puisi melalui video |
-Unsur Intrinsik Puisi (Tema, nada, amanat gaya Bahasa, rima Tipografi, Imaji kata konkret -Simpulan Puisi |
Materi ini akan membantu siswa dalam menemukan unsur intrinsik puisi
baik yang diperdengarkan atau pun yang dibacakan |
6 x 30 menit |
1.
mengamati
model-model teks puisi. 2.
Diskusi
isi teks puisi yang diperdengarkan
mealui video. 3.
Diskusi
menemukan unsur-unsur pembangun puisi
dan jenis-jenisnya. 4.
Mempresentasikan
hasil diskusi/naskah hasil diskusi dikirim melalui WA grup atau clasroom 1.
Mengamati
model pembacaan puisi 2.
Diskusi
menyimpulkan unsur pembangun puisi 3.
Mempresentasikan
hasil diskusi /naskah hasil diskusi dikirim melalui WA grup atau clasroom |
Tes tertulis (pilihan ganda) |
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII (Kemendik-bud
RI 2018) Youtube, internet, |
4.7 Menyimpulkan
unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi
yang diperdengarkan atau dibaca |
|
|||||||
3.8 Menelaah
unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca |
Unsur Pembangun puisi Makna Denotasi dan Konotasi menyajikan puisi (menulis puisi dan membacakanpuisi hasil karya
sendiri) |
· Menentukan unsur pembangun puisi · Mengidentifikasi makna denotasi dan konotasi · Menulis puisi berdasarkan struktur teks · Membacakan puisi yang telah ditulis |
Makna konotasi dan Denotrasi |
Materi ini akan membantu siswa dalam menelaah unsur intrinsik puisi baik yang
diperdengarkan atau pun yang dibacakan |
6 x 30 menit |
1.
Mengamati
dua jenis teks puisi 2.
Diskusi
menentukan perbedaan jenis puisi 3.
Diskusi
merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi berdasarkan jenisnya 4.
Diskusi
mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi)
dalam teks puisi 5.
Menentukan
tema puisi 6.
Membuat
kerangka puisi 7.
menulis
puisi berdasarkan tema dan memperhatikan struktur teks 8.
Mengamati
tampilan pembacaan puisi 9.
Membacakan
puisi yang ditulis sendiri (direkam /video dikirim melalui WA grup atau
clasroom 10.
Menanggapi
penampilan teman dalam berpuisi melaui WA atau classroom |
|
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII (Kemendik-bud
RI 2018) |
4.8Menyajikan gagasan,
perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi |
Menulis
puisi Membaca
puisi hasil karya sendiri |
Materi ini akan membantu siswa dalam menulis puisi dan cara membaca
puisi |
6 x 30 menit |
· Penugasan · Praktik menulis puisi · Praktik membaca puisi |
·
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII (Kemendik-bud
RI 2018) ·
Youtobe:
Baca puisi terbaik puisi FLS2n |
|||
3.9Mengidentifi- kasi informasi dari teks ekplanasi
berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca 4.9 Meringkas isi
teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam
sumber yang didengar dan dibaca |
1. Pengertian teks eksplanasi 2.
Ciri-ciri teks eksplanasi 3.
Menetukan teks eksplanasi 3.Gagasan pokok teks
eksplanasi. 4. Langkah-langkah
meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan gagasan |
1.Menjelaskan pengertian teks eksplanasi 2.Menjelaskan perbedaan teks eksplanasi
dengan teks eksposisi 3. Menentukan
gagasan pokok dari dua paragraf kutipan teks eksplanasi 4.Meringkas dua paragraf kutipan teks eksplanasi |
· Perbedaan
teks eksplanasi dengan teks eksposisi · Menetukan
teks eksplanasi · Gagasan
pokok eksplanasi · Ringkasan
kutipan teks eksplanasi |
· Salah
satu indikator siswa memahami jenis teks eksplanasi adalah mampu membedakan
dengan teks lain dan mampu menentukan teks eksplanasi dari beberapa yang
dibaca · Untuk
bisa memahami isi teks, siswa harus bisa menetukan gagasan pokok · Bukti
bahwa siswa memahami isi teks adalah bisa meringkas isi teks |
6 x 30 menit 6 x 30 menit |
1.
Menginformasaikan materi yang akan dibahas dan
banyaknya pertemuan 2.
Menyaksikan video terjadinya hujan pada tautan youtube
dan menentukan hubungan antarbagian 3.
Mengamati contoh teks eksplanasi tentang hujan dan
menentukan hubungan antarparagraf 4.
Menjelaskan pengertian teks eksplanasi (bila
memungkinkan dengan berdiskusi) 5.
Membedakan teks ekspl anasi dengan teks eksposisi (bila
memungkinkan dengan berdiskusi) 6.
Menyaksikan video terjadinya tsunami pada tautan youtube 7.
Mengamati teks eksplanasi yang sudah ditentukan gagasan
pokoknnya. (bila memungkinkan dengan berdiskusi) 8.
Menentukan gagasan pokok teks eksplanasi (bila memungkinkan dengan
berdiskusi) 9.
Meringkas teks ekplanasi (bila memungkinkan dengan
berdiskusi) 10. Mempresentasikan
atau mengirim ringkasan teks kutipan eksplanasi ke grup WA atau ke GC |
Tes tertulis -Essay Praktik meringkas |
·
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII (Kemendik-bud
RI 2018) Youtobe Internet |
KELAS IX
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Esensial |
Materi Esensial |
Alasan Esensial |
Waktu |
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar/Media |
3.1Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan yang dibaca
dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada
makanan, adanya vitamin pada makanan, dll). |
· Mengenali
informasi teks laporan percobaan · Menjelaskan
isi teks laporan percobaan · Menyimpulkan isi teks laporan percobaan (tujuan,bahan/alat,
langkah, dan hasil) |
3.1.1
Engidenti- fikasi informasi dari teks laporan percobaan sederhana 3.1.2 Menjelaskan isi informasi dari
teks laporan percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan,
adanya vitamin pada makanan 4.1.1 Menyimpulkan tujuan,bahan/alat, langkah,
dan hasil dalam laporan percobaan |
·
Informasi
pada teks laporan percobaan ·
Isi informasi teks laporan percobaan
(tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil) ·
Simpulan
isi teks laporan percobaan (tujuan,bahan/alat, langkah, dan hasil) |
·
Membantu pengetahuan peserta didik dalam memahami
teks laporan percobaan |
6
x 30 menit |
1.
Mendata informasi dalam teks laporan
percobaan sederhana 2.
Menjelaskan isi informasi teks laporan
percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan 3.
Menyimpulkan tujuan,bahan/alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan |
·
Penugasan ·
Tes
Tertulis |
·
BBuku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 ·
Alwi,
Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Edisi IV. Jakarta: BalaiBahasa. · Ahmad,Warin.2011.Laporan praktikumuji zat makanan.http://warrentaperoti. blogspot. Com |
4.1
Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca |
6
x 30 menit |
|||||||
3.2Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang
didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada
makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) 4.2Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan
data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan |
· Struktur
teks laporan percobaan · Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan. Model
teks laporan percobaan. |
3.2.1
Menganalisis
struktur dari teks laporan percobaan 3.2.2
Mengkaji
kebahasaan dari teks laporan percobaan 4.2.1
Menyusun
langkah- langkah teks laporan percobaan dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan . 4.2.2
Menyajikan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan dengan memerhatikan
kelengkapan data, struktur, dan aspek kebahasaan secara lisan. |
·
Analisis
struktur teks laporan ·
Analisis
kebahasaan teks laporan ·
Menyimpulkan
ciri struktur dan ciri kebahasaan teks laporan percobaan ·
Menyajikan
teks laporan lengkap |
· Memiliki sasaran untuk mengukur
ketercapaian standar minimal dari KD. ·
Membantu
peserta didik memahami indikator kunci |
6
x 30 menit 6
x 30 menit |
1.
Menganalisis struktur teks laporan
percobaan 2.
Menganalisis unsur kebahasaan teks
laporan percobaan 3.
Menyimpulkan struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan percobaan 4. Menyajikan teks laporan percobaan dengan memperhatikan
struktur dan unsur kebahasaannya |
·
Penugasan ·
Tes
tertulis ·
Produk
Uji
Petik Kerja (Praktik) |
·
Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 ·
Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia terbaru ·
https://www.youtube.com/watch?v=ttjeWlysL8c ·
http://www.crayonpedia.org/mw/1_Struktur_dan_Fungsi_Jaringan_Tumbuhan_11.1 · http://www.flickr.com/photos/68134078@NOO/117003508 |
3.3Mengidentifikasi
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar atau dibaca |
·
Teks
Pidato Persuasif ·
Simpulan
gagasan, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato |
3.3.1 Menemukan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan, pesan dalam pidato
persuasif 3.3.2 Mengemukakan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan, pesan dalam pidato
persuasif dari sudut pandang tertentu 4.3.1 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan,
atau pesan dalam pidato persuasif |
·
Hakikat
gagasan, pikiran, pandangan, arahan, pesan dan cara menemukannya dalam pidato
|
·
Materi
tersebut sesuai dengan konsep yang ada di indikator sehingga dapat mencapai kompetensi yang diharapkan ·
Sebagai
tuntutan kompetensi yang melebihi dari
tuntutan kompetensi dari standard
minimal KD |
6 x 30 menit |
1. Mendata gagasan, pikiran, pandangan, arahan
atau pesan dalam pidato persuasif 2. Menjelaskan gagasan , pkiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu 3. Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato persuasif |
·
Penugasan ·
Tes
tertulis |
·
Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 |
4.3 Menyimpulkan
gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
persuasif (lingkungan hidup, kondisi social, dan/atau keragaman
budaya)yang didengar dan/atau dibaca |
6
x 30 menit |
|||||||
3.4
Menelaah struktur dan ciri kebahasan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca |
· Struktur teks (pidato
persuasif) · Ciri-ciri kebahasaan teks
pidato persuasif : kalimat aktif, kata tugas, kosakata emotif, kosakata
bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan ·
Model
teks pidato persuasif |
3.4.1 Menelaah struktur teks pidato persuasif 3.4.2 Menelaah ciri kebahasaan teks pidato
persuasif 4.4.1 Menyusun kerangka teks pidato persuasif 4.4.2 Menyusun teks pidato persuasif dengan mempertimbangkan struktur dan aspek
kebahasaan 4.4.3 Menyajikan pidato persuasif secara menarik
(kejelasan lafal, intonasi, dan artikulasi yang tepat) |
·
Struktur
teks (pidato persuasif) ·
Ciri-ciri
kebahasaan teks pidato persuasif : kalimat aktif, kata tugas, kosakata
emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan ·
Model
teks pidato persuasif |
·
Struktur
dan ciri kebahasaan merupakan hal pokok yang membedakan antara teks yang satu
dengan yang lain ·
Sebagai
tuntutan kompetensi yang melebihi dari tuntutan kompetensi dari standar
minimal KD |
6
x 30 menit |
1. Menyimpulkan struktur teks pidato
persuasif 2. Menyimpulkan ciri kebahasaan teks pidato
persuasif 3. Menyusun teks pidato persuasif 4. Menyajikan pidato persuasif secara menarik |
·
Penugasan ·
Tes
tertulis ·
Produk
·
Uji
Petik Kerja (Praktik) |
·
Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 ·
http://www.ilmubindo.com/2018/09/ciri-kebahasaan-teks-pidato-persuasif.html |
4.4
Menuangkan gagasa, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup,
kondisi social, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan |
6 x 30 menit |
|||||||
3.5Mengidentifikasi
unsur pembangun karya sastra dalam teks Cerita Pendek
yang dibaca atau didengar |
·
Unsur
pembangun Karya Sastra ( cerpen) ·
Model
Teks Narasi (cerpen) |
3.5.1Mengidentifikasi
unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang didengar atau
dibaca 4.5.1Menyimpulkan
unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks
cerita pendek yang dibaca atau yang didengar |
·
Unsur
pembangun karya sastra (cerita pendek) ·
Menyimpulkan
Unsur-Unsur Pembangun Karya Sastra dari Cerita Pendek |
·
Untuk
memahami sebuah teks cerpen hal yang harus dikuasai pertama adalah mengenal
unsur pembangunnya ·
Kemampuan
menyimpulkan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai siswa dalam
kegiatan membaca |
6 x 30 menit |
1.
Diskusi
mendata unsur cerita pendek 2.
Memperhatikan
tayangan informasi Struktur dan aspek cerita pendek 3. Diskusi bersama kelompok 4. Menyimpulkan unsur pembangu cerpen |
·
Lembar
kerja ·
Lembar
observasi ·
Portofolio ·
Tes
tertulis |
·
Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 ·
Intisari
Bahsa Indonesia Kurikulum 13 |
4.5 Menyimpulkan
unsur-unsur Pembangun Karya Sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar |
6
x 30 menit |
|||||||
3.6 Menelaah
Struktur dan Aspek Kebahasaan Cerita Pendek yang
dibaca atau didengar |
·
Struktur
Teks Narasi (Cerita Pendek) ·
Ciri-ciri
kebahasaan teks narasi : kata /Kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas ·
Model
teks Narasi Cerita Pendek |
3.6.1 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan
cerita pendek yang dibaca atau didengar 4.6.1 Menyusun kerangka cerita pendek
berdasarkan pengalaman atau gagasan 4.6.2 Menyusun Cerita Pendek berdasarkan
kerangka dengan memperhatikan Struktur
teks dan kebahasaan |
·
Struktur
dan Aspek Kebahasaan Cerita Pendek ·
Kerangka
Cerita Pendek berdasarkan pengalaman ( Covid-19) ·
Menyusun
cerita Pendek berdasarkan pengalaman pribadi ( Covid-19) |
§
Dasar
dalam menyusun cerpen dengan memperhatikan struktur kaidah kebahasaannya. §
Mengembangkan
kreatifitas dalam menentukan poin-poin penting yang akan ditulis sebagai
kerangka ·
Mengembangkan
kreatifitas dalam menulis cerpen
dengan memperhatikan struktur dan
kaidah bahasanya |
6
x 30 menit |
1.
Tanya
jawab Struktur dan aspek cerita pendek 2.
Diskusi
secara kelompok menyusun kerangka cerpen pengalaman (covid-19) 3.
Tanya
jawab dan diskusi kelompok menyusun cerpen berdasarkan pengalaman pribadi
(covid-19) |
·
Lembar
kerja ·
lembar
observasi ·
Portofolio ·
Uji
petik kerja (praktik) |
·
Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 · https://pendidikan.co.id/teks-deskripsi/ · https://materibelajar.co.id/cerpen/ ·
Bahasa
Indonesia Untuk SMP, Facil |
4.6Mengungkapkan
pengalaman dan gagasan dalam bentuk Cerita Pendek
dengan memperhatikan Struktur dan Kebahasaan. |
6
x 30 meni |
|||||||
3.7Mengidentifikasi
informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks
tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca |
·
Mengidentifikasi
Teks tanggapan berupa kritik atau pujian ·
Memahami
informasi data Covid-19 · Menjelaskan data covid-19 · Simpulan informasi dengan
pujian/kritikan |
3.7.1 Mengidentifikasi informasi berupa
kritik atau pujian dari teks tanggapan
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dll) yang didengar dan/atau dibaca 3.7.2
Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) pada
peranserta sikap masyarakat terhadap pencegahan Covid-19. 4.7.1 Menyimpulkan informasi tentang teks
tanggapan (puji, kritik) terhadap tindakan untuk pencegahan Covid-19. |
·
Fungsi
teks tanggapan ·
Model
teks tanggapan · Simpulan isi teks tanggapan
berupa kritik atau pujian |
·
Peserta
didik bisa mengenali kalimat kritikan dan pujian ·
Peserta
didik bisa menyampaikan kalimat kritikan dan pujian secara tepat tanpa harus
menyinggung perasaan orang lain Peserta didik bisa menemukan
informasi dari teks dan memberikan tanggakan berupa kritikan dan pujian
secara tepat sesuai konteks Peserta didik dapat menyimpulkan isi
teks tanggapan dengan kritik, sanggahan atau pujian secara tepat |
6
x 30 menit |
1. Tanya jawab menanggapi kritikan
/pujian dari informasi tentang data perkembangan Covid-19 2. Mendengarkan tayangan informasi
data perkembangan pencegahan Covid-19 3. Penugasan mencari informasi
disertai bukti pendukung Pelaporan secara daring melalui google
class room 4. Menyimpulkan teks tanggapan |
·
Portofolio · Unjuk kerja |
· Buku Pelajaran Bahasa Indonesia
kelas IX Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta
2018 ·
https://www.kelaspintar.id-apa-itu-teks-tanggapan? · Siaran televisi edukasi https://www.quipper.com-teks-tanggapan-kritis-bahasa kelas
9 · Media elektronik internet/ you tube,google · You tube : https://www.youtube.gugustugaspercepatanpenanganancovid-19 |
4.7
Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik,
sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang didengar dan dibaca |
6
x 30 menit |
|||||||
3.8
Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik,
sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca |
·
Struktur
kebahasaan teks tanggapan ·
Model
Teks tanggapan ·
Teks
tanggapan Pujian/kritikan |
3.8.1 Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan
teks tanggapan 3.8.2 Menelaah model teks tanggapan 3.8.3 Menjelaskan
model teks tanggapan 4.8.1
Merancang
teks tanggapan 4.8.2
Menulis teks tanggapan (puji,
kritik) |
·
Struktur
teks tanggapan ·
Ciri-ciri
kebahasaan teks tanggapan : kalimat aktif,
kata tugas, bahasa deskripsi,
bahasa penilaian. ·
Model
teks tanggapan (puji, kritik) |
·
Sesuai
dengan tuntutuan KD ·
Sebagai
tuntutan kompetensi yang melebihi dari tuntutan kompetensi dari standar
minimal KD |
6
x 30 menit |
1. Menyimpulkan Struktur
Kebahasaan teks tanggapan 2. Model teks tanggapan 3.
Menyusun teks
tanggapan 4.
Membuat kalimat
kritikan 5. Membuat kalimat pujian |
·
Portofolio ·
Unjuk
kerja |
·
Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 ·
Mypurohith.com-contoh-teks-tanggapan-kritis |
4.8Mengungkapkan
kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks
tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur
dan kebahasaan |
6
x 30 menit |
0 komentar:
Post a Comment