Home » , » SERBA SERBI KOTA TASIKMALAYA

SERBA SERBI KOTA TASIKMALAYA


Hai hai semuanya....

Saya akan membagikan informasi seputar kota Tasikmalaya, mungkin dari sebagian anda ada yang belum mengetahui seperti apa sie kota Tasik itu? Nah bagi anda yang senang berburu belanjaan tradisional khas daerah, tempat wisata, atau apapun kemauan anda untuk memanjakan diri anda sebaiknya anda mengetahui kota Tasikmalaya. Siapa tahu anda tertarik dengan kota resik ini. Atau bahkan anda asli dari tasik dan rindu akan kota tasik, makanannya, budayanya, semuanya. Tapi anda masih belum mengetahui sejarah terbentuknya kota tasik, siapa sie yang pernah jadi palawan di kota tasik? Atau bahkan anda pengunjung ingin pergi dan ingin mengetahui dimana tempat-tempat yang mungkin ingin anda kunjungi, nah semoga informasi yang akan saya bagikan kepada anda bermanfaat ya!!!!

Nah saya akan membagikan informasi kepada anda semua, tentang TASIKMALAYA

Inilah Serba Serbi Kota Tasik, mari kita gali semua tentang kota Tasik

SEJARAH BERDIRINYA KOTA TASIKMALAYA

Sejarah berdirinya Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi tidak terlepas dari sejarah berdirinya kabupaten Tasikmalaya sebagai daerah kabupaten induknya. Sebelumnya, kota ini merupakan ibukota dari kabupaten Tasikmalaya, kemudian meningkat statusnya menjadi kota administratif tahun 1976, pada waktu A. Bunyamin menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya, dan kemudian menjadi pemerintahan kota yang mandiri pada masa Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya dipimpin oleh bupatinya saat itu H. Suljana W.H.
Sang Mutiara dari Priangan Timur itulah julukan bagi kota Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat.
Kota ini terletak pada 108° 08′ 38″ – 108° 24′ 02″ BT dan 7° 10′ – 7° 26′ 32″ LS di bagian Tenggara wilayah Propinsi Jawa Barat.




Kota ini dahulu adalah sebuah kabupaten, namun seiring dengan perkembangan, maka terbentuklah 2 buah bentuk pemerintahan yaitu Pemerintahan Kabupaten dan Pemerintahan Kota Tasikmalaya.
Tonggak sejarah lahirnya kota Tasikmalaya, mulai di gulirkan ketika Kabupaten Tasikmalaya di pimpin oleh A. Bunyamin, Bupati Tasikmalaya periode tahun 1976 – 1981. Pada saat itu melalui peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1976 diresmikanlah Kota Administratif Tasikmalaya oleh Menteri Dalam Negeri yang pada waktu itu dijabat oleh H. Amir Machmud. Walikota Administratif pertama adalah Drs. H. Oman Roosman, yang dilantik oleh Gubernur Jawa barat, H. Aang Kunaefi
Pada awal pembentukannya, wilayah kota Administratif Tasikmalaya meliputi 3 Kecamatan yaitu Cipedes, Cihideung dan Tawang dengan jumlah desa sebanyak 13 desa.

Kemudian pada tahun 2001, dirintislah pembentukan Pemerintah Kota Tasikmalaya oleh Bupati Tasikmalaya, Kol. Inf. H. SuIjana Wirata Hadisubrata (1996 – 2001), dengan membentuk sebuah Tim Sukses Pembentukan Pemerintah Kota Tasikmalaya yang diketuai oleh H. Yeng Ds. Partawinata SH. Melalui proses panjang akhirnya dibawah pimpinan Bupati Drs. Tatang Farhanul Hakim, pada tanggal 17 Oktober 2001 melalui Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001, Pembentukan pemerintahan Kota Tasikmalaya sebagai pemerintahan daerah otonom ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI di Jakarta bersama-sama dengan kota Lhoksumawe, Langsa, Padangsidempuan, Prabumulih, Lubuk Linggau, Pager Alam, Tanjung Pinang, Cimahi, Batu, Sikawang dan Bau-bau. Selanjutnya pada tanggal 18 Oktober 2001 pelantikan Drs. H. Wahyu Suradiharja sebagai Pejabat Walikota Tasikmalaya oleh Gubernur Jawa Barat dilaksanakan di Gedung Sate Bandung.
Melalui Surat Keputusan No. 133 Tahun 2001, tanggal 13 Desember 2001 Komisi Pemilihan Umum membentuk Panitia Pengisian Keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat Kota Tasikmalaya (PPK-DPRD), selanjutnya pengangkatan anggota DPRD Kota Tasikmalaya disahkan melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat, No. 171/Kep.380/Dekon/2002, tanggal 26 April 2002, dan pada tanggal 30 April 2002 keanggotaan DPRD Kota Tasikmalaya pertama diresmikan. Kemudian pada tanggal 14 November 2002, Drs. H. Bubun Bunyamin dilantik sebagai Walikota Tasikmalaya, sebagai hasil dari tahapan proses pemilihan yang dilaksanakan oleh legislatif.
Sesuai Undang-Undang No. 10 Tahun 2001 bahwa wilayah Kota Tasikmalaya terdiri dari 8 Kecamatan dengan jumlah Kelurahan sebanyak 15 dan Desa sebanyak 54, tetapi dalam perjalanannya melalui Perda No. 30 Tahun 2003 tentang perubahan status Desan menjadi Kelurahan, desa-desa dilingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya berubah statusnya menjadi Kelurahan, oleh karena itu maka jumlah kelurahan menjadi sebanyak 69 kelurahan, sedangkan kedelapan kecamatan tersebut antara lain :

·         Kecamatan Tawang
·         Kecamatan Cihideung
·         Kecamatan Cipedes
·         Kecamatan Indihiang
·         Kecamatan Kawalu
·         Kecamatan Cibeureum
·         Kecamatan Mangkubumi
·         Kecamatan Tamansari

Nah setelah kita ketahui sejarah pembentukan kota tasikmalaya, ada baiknya kita mengetahui seseorang yang mempunyai pengorbanan yang besar untuk kota Tasikmalya, berikut salah satu pahlawan yang lahir di kota Tasikmalya, yaitu KH. ZAENAL MUSTOFA

KH. ZAENAL MUSTOFA
Ia terkenal pahlawan yang sangat tegas dan berani memberontak terhadap penjajahan Belanda dan Jepang hingga pertempuran berdarah antara murid-murid KHZ Mustofa dengan tentara Jepang berkobar, puncaknya tanggal 25 Pebruari 1944. Pertempuran ini terkenal dengan sebutan Pertempuran Singaparna, karena waktu itu, Ponpes Sukamanah termasuk ke Kecamatan Singaparna, sedangkan kini termasuk wilayah Kecamatan Sukarame.

Hingga kini, santri Pondok Pesantren Sukamah masih banyak. Mulai santri setingkat SMP/MTS hingga SMA/MA  bahkan mahasiswa yang belajar di IAIC Cipasung-Singaparna, yang jaranknya sekitar 7 kiloemeter.
Selain pesantren, didirikan juga SMP dan SMA KHZ Mustofa yang masih bernanung di bawah Yayasan KHZ Mustofa. Selain itu terdapat MAN Sukamanah yang dulu bernama sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) Sukamanah, meski statusnya negeri dibawah binaan langsung Kementerian Agama RI.
Bila berkunjung ke Kompleks Pesantren Sukamanah, kita masih bisa menyaksikan jejak-jejak KHZ Mustofa. Sejak pintu gerbang pesantren  di gapura tertulis huruf besar selamat datang di Ponpes Sukamanah. Masuk ke komplek pesantren, di dinding asrama putra terdapat relief sang Pahlawan KHZ Mustofa mengenakan bendo layaknya pakaian ulama zaman dulu. Di kompleks tersebut, berdiri rumah-rumah putra serta cucu-cucu KHZ Mustofa yang juga pengasuh pondok pesantren dan yayasan.
Bila ingin berkunjung ke makam KHZ Mustofa, jarangkanya sekitar satu kilo dari Ponpes Sukamanah. Makam tersebut dinamai Makam Pahlawan dan kini sudah dibangun cukup megah. Di sini juga dimakamkan puluhan murid seperjuangan KHZ Mustofa. Setiap peringatan hari pahlawan, pejabat daerah selalu ziarah ke taman makam pahlawan ini serta mendoakannnya.
Makam KHZ Mustofa Taman Makam Pahlawan Sukamanah, merupakan pindahan dari makam KHZ Mustofa di Ancol-Jakarta Utara tempat ekseskusi KHZ Mustofa dan murid-muridnya oleh Penjajah Jepang tanggal 25 Oktober 1944. Pemindahan makam dilakukan tanggal 25 Agustus 1973.
KHZ Mustofa diangkat menjadi Pahlawan Pergerakan Nasional tanggal 6 Nopember 1972 berdasarakan SK Presiden Republik Indonesia No. 064/TK/Tahun 1972.
Siapa KHZ Mustofa?
Menurut beberapa buku sejarah, KHZ Mustofa kecil bernama Hudaeni. Ia lahir dari keluarga petani mapan pasangan Nawapi dan Ratmah. Menurut ensiklopedi Islam, ia lahir tahun 1901 di Kampung Bageur, Desa Cimerah, Kecamatan Singaparna.  Sedangkan nama Zaenal Mustofa disandangnya usai menunaikan ibadah haji tahun 1927.
Pemahaman keagamaan Zaenal Mustofa cukup mapan. Selama 17 tahun ia menuntut ilmu agama dari pondok pesantren satu ke pendok pesantren yang lain, baik di Tasikmalaya bahkan Bandung. Hudaemi, mahir dalam Bahasa Arab sebagai bekal dalam mempelajari literatur Ilmu-ilmu dan agama Islam. Ia mondok antar lain di Gunung Pari, Pesantren Cilenga, Leuwisari dan di Pesantren Sukamiskin- Bandung. Sementara sekolah formal, ia sempat menamatkan Sekolah Rakyat (SR).
KHZ Mustofa mendirikan pesantren setalah pulang ibadah haji tahun 1927 di Kampung Cikembang dengan nama Sukamanah hingga kini. Sekitar satu kilo dari pesantren baru ini, sebenarnya sudah berdiri Pesantren Sukahidung yang merupakan kampung kelahiran KHZ Mustofa. Ponpes Sukahideng juga hingga kini masih eksis. Ratusan santri dari berbagai penjuru tanah air, setiap tahun diluluskan diganti dengan santri yang baru.
Rupanya, pertemuan dengan ulama dari berbagai penjuru dunia saat melakukan ibadah haji menjadi inspirasi bagi KHZ Mutofa untuk menyelenggarakan pendidikan sebagai basis pencerahan masyarakat. Sehingga dari pesantren inilah ia mampu menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah yang fasis.
Buktinya ia diperhitungkan oleh penjajah Belanda dan penjajah Jepang. Salah satu penolakan yang sangat mencolok dari KHZ Mustofa, terhadap paraktik ritual penjajah Jepang menyembah Matahari dengan istilah Seikerei. Jika pagi hari, masyarakat bahkan ulama dikumpulkan di alun-alun Singaparna untuk Seikerei. Satu-satunya yang berani menolak ritual itu KHZ Mustofa. Menurutnya, ritual itu sudah termasuk menyembah Matahari sehingga kalau umat Islam melakukannya bisa jadi musyrik atau menyekutukan (Allah).
KHZ Mustofa menilai penjajah Jepang sudah keterlaluan. Ia dan santri-santrinya berencana mengadakan perlawanan terhadap penjajah Jepang tanggal 25 Pebruari 1944. Rencana itu rupanya tercium Jepang. Sehari sebelum  perlawanan dikirmlah tentara Jepang untuk menangkap sang kiyai. Namun utusan Jepang ditahan oleh para santri dan keesokan harinya 25 Februari 1944 utusan itu dilepas dan dirampas senjatanya.
Masih tanggal yang sama, sekitar pukul 13.00 WIB datang kembali utusan Jepang memaksa agar KHZ Mustofa menghadap Jepang di Tasikmalaya. Perintah itu tegas ditolak, hingga terjadi keributan yang menewaskan satus santri, tiga opsir dan satu orang utusan jepang dibiarkan hidup dan disuruh kembali dengan ultimatum. Ultimatum itu, bahwa pemerintah Jepang harus memerdekakan Pulau Jawa sejak 25 Pebruari 1944.
Dari sinilah puncak kebrutalan Jepang. Merasa tidak dihargai, di hari yang sama sekitar pukul 16.00 WIB truk-truk didatangkan berisi tentara untuk menyerang pasukan Sukamanah pimpinan KHZ Mustofa. Dikisahkan, tentara Jepang banyak dari kalangan pribumi sehingga pasukan Sukamanah tidak menyambutnya dengan serangan.
Rupanya itu taktik tentara Jepang hingga akhirnya pasukan Sukamanah diserang terlebih dahulu. Terjadilah pertempuran yang timpang. Santri hanya bersenjata bambu runcing sementara pasukan Jepang bersenjata modern kala itu. Pasukan Jepang berhasil memorak-porandakan pertahanan pasukan Sukamanah. Tercatat 86 orang pasukan Sukamanah gugur dan 4 orang disiksa di Singaparna. Ada juga yang disiksa hingga meninggal di penjara Tasikmalaya 2 orang. Meninggal di Penjara Sukamiskin Bandung 38 orang dan cacat permanen hingga hilang ingatan 10 orang.
Sehari setelah pertempuran itu sekitar 700-900 orang ditangkap tentara Jepang untuk dijebloskan ke penjara Tasikmalaya. Sementara KHZ Mustofa dibawa ke Jakarta. Berikutnya tersiar, bahwa KHZ Mustofa dan murid-murid pejuangnya dieksekusi mati tanggal 25 Oktober 1944 dan dimakamkan di Taman Pahlawan Belanda Ancol, Jakarta. Seperti dikemukakan di atas, tanggal 25 Agustus 1973 makam para suhada itu dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Sukamanah.
Dan untuk memperingat perjuangan beliau maka didirikinlah tungu KH. ZAENAL MUSTOFA

 Bagi anda kurang lengkap rasanya jika anda tidak mengetahui masjid terbesar di kota Tasikmalaya, masjid tebesar di kota Tasikmalaya terletak di tengah perkotaan bentuknya yang indah lahan nya yang luas membuat masjid ini sangat cantik, bisanya di setiap hari minggu di adakan pengajian dan dzikir bersama,  anda tertarik jangan khawatir mesjid ini letaknya tak jauh dari jalan KH. MUSTOFA, dan mesjid ini adalah Masjid Agung Tasikmalaya.

Rasanya kurang lengkap juga ya, jika tidak mengetahui alun-alun kota Tasikmalaya yang menjadi primadona dan simbol dari sebuah kota, alun-alun kota Tasikmalaya terletak di daerah jalan Wiratanuningrat Tasikmalaya, alun-alun ini dekat pendopo kota Tasik, dikelilingi toko buku yang murah dan lengkap serta di sekitarnya terdapat sekolah menenggah pertama yaitu Smpn 4, 10, 2, dan Smpn 1. Alun-alun ini semakin indah dan banyak diminati untuk beristrihat dengan keluraga anda mengajak balita untuk bermain, tongkrongan anak sekolahan, membuat nyaman santai sejenak dengan pohonnya yang rindang serta ada jajanan yang lengkap yang bisa dinikmati disini. Hmmm tertarik bukan untuk mengunjungi alun-alun Tasikmalaya, tempatnya yang strategis juga memudahkan anda untuk bersanatai setelah jalan-jalan dari seputaran HZ atau Pancasila.

Nah itu kita baru mengetahui sejarah terbentuknya kota Tasik, letak kota Tasik, dan pahlawan dari kota Tasikmalaya.

Sekarang bagi anda yang senang berburu kerajinan daerah, berwisata kuliner dan wisata liburan baik itu alam maupun taman bermain dan wisata religi semua ada di kota Tasik

TEMPAT WISATA

1.      Wisata Alam

Gunung galunggung adalah gunung yang masih aktif, dari letusannya terdahulu terbentuklah danau yang indah, tempatnya yang indah, sejuk, alami bisa memanjakan anda dari kepenatan aktifitas harian anda. Bukan hanya itu, anda juga bisa memanjakan tubuh anda dengan tempat pemandian air panas, serta air mancur atau yang biasa di sebut curug bisa membuat mata anda sejuk dan semakin nyaman, selain itu anda juga akan menikmati ciptaan Allah yang sangat indah , bersyukur dan menikmati wisata alam akan mengusir kepenatan dan rasa jenuh anda. Menarik bukan? Anda tertarik??? Yu berlibur di gunung galunggung.

Situ Gede, Bagi anda yang senang makan bersama keluarga besar anda sambil menikmati keindahan  alam, sepertinya situ gede cocok untuk menjadi teman santai anda bersama keluarga di penghujung ahir minggu, letaknya terletak di Jl. AH Nasution Mangkubumi. Di tempat wisata ini anda bisa bermain rakit, menikamti saat santai anda bersama keluarga anda, mancing, duduk bersama di tempat yang telah di sediakan. Anda juga bisa mengunjungi pulaw kecil di kawasan ini. Anda tertarik bukan? Tiket nya mura hanya Rp. 2000,00.Murah bukan??? Dengan 2000 anda bisa menikmati keindahan alam, dan berkumpul dengan keluarga anda.

Cipatujah, Siapa yang tidak mengenal dengan laut cipatujah yang satu ini, ombaknya indah, air nya masih jernih, dan tempat nya yang bersih cocok untuk melepas penat anda, laut nya bersih tak tercemar dengan sampah.

Pamijahan, Wah tempat yang satu ini pasi kalian pernah mendengar, wisata religi ini wajib anda kunjungi untuk menambah wawasan anda, dan meningkatan keimanan anda sebagai seorang muslim. Anda tertarik??? Kunjungi sekarang juga ya....!selain wisata religi disini juga bisa dikatakan wisata alam. karena goa yang cantik dan stalagmit nya yang mempesona wajib anda kunjungi

2.      Wisata Air ( Taman Air Keluarga )

Pertama kolam renang mangkubumi, adalah taman air pertama  yang ada di kota tasik, pemandanganya yang masih asli, dengan pepohonan rindang yang sejuk membuat anda betah untuk berwisata ke tempat ini, selain anda dan keluargsa bisa berenang bersama, anda juga bisa menikamati keindahan pegunungan dan kolam ikan yang ada di sekitar taman air, jangan khawatir bagi anda pengunjung yang jauh anda bisa menginap di hotel mangkubumi.

Yang ke dua, anda bisa menikmati taman wisata yang indah namun murah tidak merogoh kocek anda, terletak di dekat pemkot Tasikmalaya, tempatnya berada di kawasan yang asri, membuat anda betah berlama lama di taman air yang satu ini. Ya kemana lagi kalo bukan ke Aboh. Ya taman air yang murah dengan fasilitas cukup lengkap.

Heum mau ke tempat yang lebih modern lagi, selain fasilitas yang komplit anda bisa menikmati sambil berbelanja, nah klo seprti itu halnya tee jay adalah pilihan tepat , selain berada di kawasan yang strategis, tempat ini juga berada di tengah kota, tempat nya luas fasiltas modern, dan bagus sebagai taman rekreasi dengan keluarda anda, atau mungkin kekasih anda bagi yang belum menikah. Mau berbelanja di mall?? Jangan khawatir ada PLAZA ASIA tempat belanja yang cocok untuk anda, mau nonton film silahkan berkunjung di 21 yang masih berada di kawasan PLAZA ASIA, anda jauh dari luar kota?? Tenang saja di PLAZA ASIA juga ada fasilitas hotel yang berbintang Hotel Asri, hotelnya sangat asri dan sejuk seperti namanya



Masih ada pilhan yang lain WATER SPLASH, terletak dengan terminal tasikamalya di indihiang. Lahan nya yang luas dapat membuat anda lebih rilex.
      

Anda tertarik???? Yu berkunjung ke kota Tasik

3.      Wisata Belanja

Bagi anda yang ingin beruru baju, bahan makanan, atau keperluan lainya Pasar tradisional Cikurbuk bisa jadi pilhan yang tepat bagi anda, atau anda ingin ke super market, anda wajib mengkunjungi daerah seputaran HZ(Haji Zaenal Mutofa) tempat ini di lalui semua angkot ( kendaraan umum) Tasikmalaya.

Atau anda ingin berebelanja kerajinan khas tasik?? Baik unuk mempercantik interior rumah anda, ataw bahkan mempercantik penampilan anda, tak ada salah nya anda berkunjung ke kota tasik

Daerah seputaran Raja Polah( tas, topi, interior rumah)



Disini anda bisa mendapatkan tas tas cantik hasil kerajinan dari tasik, atau anda ingin menghias interior ruah anda? Seperti tempat lilin untuk hari romantis anda dengan orang tercinta?? Atau topi cantik untuk mempercatik diri anda?  Semua tersedia di sini. Juga ada tas cantik yang unik dan menarik, di jamin penampilan anda akan tambah cantik.

Manonjaya ( tikar)

Disini terkenal dengan tikar anyaman, selain harganya murah bahannya yang awet dan ramah lingkungan akan membuat anda nyaman di saat santai

Gobras( kelom gelis)

Wah anda pencinta sandal atau sepatu??? Anda pasti tertarik engan kelom geulis khas Tasik, selain bentuknya yang cantik-cantik bahannya yang ramah lingkungan dengan motif yang unik akan memepercantik  pnampilan anda di saat resmi ataupun santai, sesuai dengan model yang anda suka. Anda tertarik bukan?? Ayo kunjungi sekarang juga....!!!! harganya murah hanya berkisaran 40 sampai 80ribuan, murah ya??? Kunjungi kawasan ini, dan anda akan mendapatkan outlet-outlet di sepanjang jalan menuju gobras. Cantik bukan??? Bahkan kelom geulis ini sering di tayangin di stasiun tv  nasional, pencinta kelom geulis di antaranya Teh Melly Goeslaw. Tertarik ayo buru hanya di Tasikmalaya.

Kawalu ( bordir)

Anda pecinta motif bordir??? Nah ini dia tempat bordir terbesar di kota Tasikmalaya, disini anda bisa membeli perlengkapan solat, baju koko, busana muslim,  kerudung moder. Semua ada disini, selain motif nya antik, bordir tasikmalaya sudah terkenal di dalam maupun diluar negeri karenanya motifnya yang rumit tidak mudah di tiru dan cantik. Anda akan percaya diri dengan motif indah bordir Tasik, jangan salah tas motif bordir juga banyak dan cantik bisa mempercantik gaya penampilan anda. Tertarik bukan??? Yu kunjungi kota Tasikamalya!!

Kojengkang (Dadaha)












Kojengkang tempat berbelanja atau yang biasa di kenal dengan pasar minggu ini, selalu di padati pengunjung. Rame banget dadaha adalah taman kota di Tasikmalaya, disini anda bisa berburu baju, tas, sepatu, alat rumah tangga, mainan anak, interior rumah, bahkan alat elektronik harganya lebih murah yang di jual dari toko, anda lapar saat berburu belanjaan??? Jangan khawatir disini komplit anda juga bisa wisata kuliner, eummmmmmm yummmmmmmi semua ada di sini, dari makanan tradisional sampe yang modern jajanan ada di sini, soal rasa no. 1 soal harga jangan khawatir, disini  anda bisa belanja banyak dengan harga murah, soal kualitas sama dengan yang di jajakan di toko, mall, ataw bahkan restaurant sekaligus, gak percaya??? Makanya coba kunjungi pasar minggu dadaha alias kojengkang.

4.      Wisata Kuliner

Bagi anda yang hobi makan, atau berburu makanan lezat tak ada salah nya anda kunjungi kota tasikmalaya

NASI TO

Pasti dari sebagian anda ada yang tidak mengetahu nasi to, nasi to terdiri dari nasi putih yang di campur dengan tutug oncom, ditemani goreng tempe, sambal terasi, ikan laut, goreng ayam dan lalapan akan membuat anda puas dan kenyang, rasanya tak ada duanya. Dan ini hanya ada di kota Tasikmalaya. Jika anda tertarik di kawasan Unsil dan Dadaha kota Tasikmalaya banyak yang menjual nasi to di sepanjang jalan, tempatnya nyaman di persawahan membuat anda dapat menikmati aroma pedesaan dan nimatnya makan bersama orang terdekat anda. Nikmat bukan??? Yu icip icip eum mantap nyaaaaaaaa....

NASI LIWET

Nasi liwet komplit , enak banget ni, nasi yang di nanak dengan bumbu rempah yang membuat nasi pulen dan gurih rasanya nikmat banget, di temani tahu dan tempe goreng, ayam bakar, sambal, lalaban, dan ikan asin rasanya mantap. Anda tertarik dan malas membutnya???jangan khawatir di dekat Matahari ( super market) di kawasan Tasikmalaya anda akan menemukan nasi liwet ini di saat malam telah tiba, susana santai dapat menghangatkan susana anda dengan orang terdekat anda. Nikmat bukan??? Eum enak banget..... silahkan coba

Dan kuliner lainya seperti surabi, kue putu, putri noong, naga sari, dan kue atau makanan lainya dapat anda temukan di kota Tasikmalaya. Kunjungi alun-alun kota Tasikmalaya, anda akan menemukan makanan khas kota Tasikmalaya.

Sudah saya bagi ni, semua tentang kota tasik tertarik bukan???


Yu berkunjung ke kota yang resik, rindang, bersih dan alami, kemana lagi kalo bukan di kota Tasik....ayo kunjungi. Tempat ini pantas untuk anda kunjungi dan cocok jika anda ingin berwisata yang udaranya masih sejuk dan alami.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}