Home » » GANGGUAN PADA GINJAL

GANGGUAN PADA GINJAL


Ginjal manusia dapat mengalami gangguan dan kelainan karena berbagai hal antara lain karena serangan bakteri, tumor, abnormalitas bentuk ginjal, atau karena pembentukan batu ginjal

NEFRITIS
Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman, biasanya karena bakteri Streptococcus. Akibat nefritis ini seseorang akan menderita uremia dan edema. Uremia adalah masuknya kembali asam urin dan urea ke pembuluh darah, sedangkan edema adalah penimbunan air kaki karena reaabsorpsi air terganggu.

BATU GINJAL
Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Batu ginjal ini berbentuk kristal yang tidak dapat larut. Kandungan batu ginjal adalah kalsium oksalat, asam urat, dan kristal kalsium fosfat. Penyebab endapan garam ini adalah akibat mineral dan terlalu sedikit mengkonsumsi air.

ALBUMINURIA
Albuminuria adalah ditemukannya albumin pada urin. Adanya albumin dalam urin merupakan indikasi adanya kerusakan pada membran kapsul endotelium atau karena iritasi sel-sel ginjal akibat masuknya sebstansi seperti racun bakteri, eter atau logam berat.

GLIKOSURIA
Glikosuria adalah diemukannya glukosa pada urin. Adanya glukosa dalam urine menunjukan bahwa terjadi kerusakan pada tabung ginjal.

HEMATURIA
Hematuria adalah ditemukannya sel darah merah dalam urin. Hematuria disebabkan peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi gesekan batu ginjal.

KETOSIS
Ketosis adalah ditemukannya keton di dalam darah. Hal ini dapat terjadi pada orang yang melakukan diet karbohidrat.

DIABETES INSIPIDUS

Adalah suatu penyakit yang berakibat penderitanya mengeluarkan urine terlalu banyak. Penyebabnya adalah kerusakan hormon ADH. Jika kekurangan horomon ADH, jumlah urine dapat naik 20-30 kali lipat. Hormon ADH (antidieuritka) ini dihasilkan oleh kelenjar hipofisis bagian belakang.


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}