Home » » INDRA PENGECAP PADA MANUSIA

INDRA PENGECAP PADA MANUSIA

Rangsang kimia yang berasal dari luar tubuh kita diterima oleh reseptor kimia (kemoresptor). Kemoreseptor kita terhadap lingkungan luar adalah berupa tunas pengecap yang terdapat pada lidah. Agar suatu zat dapat dirasakan , zat itu harus larut dalam kelembapan mulut sehingga dapat menstimulasi kuncup rasa/tunas pengecap.
Kuncup rasa kebanyakan terdapat pada permukaan lidah walaupun beberapa ditemukan pada langit-langit lunak tinggi di belakang mulut, dan lengkung langit-langit. Kemoreseptor ini hanya dapat dibedakan menjadi emapat macam sensai utama, yaitu rasa manis, asam , asin dan pahit.


Dengan menggunakan larutan sukrosa, asam hidroklat, NaCl dan quinine sulfat encer, seseorang dapat mengetahui keempat rasa sensasi utama tersebut yang masing-masing ada di daerah khusus pada lidah. Akan tetapi, memetakan percobaan semacam inipun menunjukan adanya daerah rasa yang sangat tumpang tindih dan sangat bervariasi pada setiap orang. Daerah sensasi rasa manis terletak di bagian depan, rasa asin di bagian tepi, rasa asam dibagian kedua sisi lidah, dan rasa pahit di bagian tengah belakang lidah.

Pada lidah terdapat 3 macam papil
Papil bentuk benang (merupakan papil peraba dan tersebar di seluruh permukaan lidah)
Papi seperti huruf v (tersusun dalam lengkunngan yang dilingkari oleh suatu saluran pada daerah dekar pangkal lidah dan merupakan papil pengecap)

Papil berbentuk palu(terdapat pada daerah tepi-tepi lidah, juga merupakan papil pengecap)


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}