Home » » SISTEM KEKEBALAN TUBUH MANUSIA

SISTEM KEKEBALAN TUBUH MANUSIA

Apabila protein asing yang tidak di kenal masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan berusaha mengeluarkan atau melawannya. Protein asing itu disebut antigen, yaitu timbulnya zat penolak yang disebut antibody (zat anti)
Setiap antibody dibentuk khusus untuk menghadapi proten asing yang umumnya berbentuk kuman-kuman penyakit. Antibody yang dapat menggumpalkan antigen disebut presipitin; antibody yang dapat menguraikan antigen disebut lisin’ dan antibody yang dapat menawarkan racun disebut antioksidan. Orang yang tidak memiliki system kekebalan , sepanjang hidupnya harus diisolasi untuk menghindari infeksi.

Keadaan system pertahanan tubuh yang sangat peka terhadap antigen lingkungan tertentu disebut alergi. Reaksi alergi dapat disebabkan antara lain oleh bulu binatang, serbuk sari atau debu. Antibody yang terlibat dalam  reaksi alergi adalah dari kelas IgE (imunoglobin E). jika ada zat penyebab alergi masuk kedalam tubuh , maka  IgE akan merangsanag makrofag untuk melepaskan histamine dan penyebab pandangan lain
Pada tahun 1981, para ahli kesehatan AS menemukan penyakit kerusakan system kekebalan atau AIDS (acquired immune deficiency syndrome). Kemudian pada tahun 1983, ahli virus di AS dan Perancis berhasl mengidentifikas penyebab penyakit HIV (human immunodeficiency virus). Virus HIV ini menginfeksi sel T limfosit inilah yang menghasilkan system kekebalan tubuh. Sel T limfosit yang terinfeksi dapat membentuk virus baru dalam jangka waktu yang lama atau dapat juga virus HIV mengeram selama bertahun-tahun sebagai provirus yang berbaur dalam genom sel yang diinfeksi. Provirus ini selalu menyerang system kekebalan. Biasanya penderita AIDS akan segera meninggal jika terjadi macam-macam infeksi dalam tubuhnya akibat tidak berfungsi system kekebalan.

Kekebalan yang di dapat setelah seseorang mengalami sakit disebut kekebalan aktif yang alami. Kekebalan aktif dapat juga berbentuk secara buatan, yaitu dengan vaksinasi. Vaksin dapat berisi racun bakteri, microorganisme yang dilemahkan , atau mikroorganisne mati.

Kekebalan pasif adalah kekebalan yang didapat dari pemindahan antibody dari suatu individu ke individu lainnya. Hal ini dapat terjadi secara alami pada bayi dalam kandungan. Antibodi wanita hamil akan masuk ke dalam tubuh bayi lewat plasenta. Antibody-antibody tertentu juga juga dapat masuk ke tubuh bayi lewat air susu ibu pertama (kolostrum) yang diminumkan kepada bayi . kekebalan pasif juga dapat terjadi secara buatan dalam menyunyikan antibody dari manusia atau hewan yang telah kebal terhadap suatu penyakit, misalnya rabies.


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}