Home » , » MITOS DI BALIK TEMPAT WISATA WADUK DARMA KUNINGAN

MITOS DI BALIK TEMPAT WISATA WADUK DARMA KUNINGAN

Sebelum Waduk Darma dibuat oleh Belanda di tahun 1922, ternyata waduk ini sudah menjadi situ/danau kecil, dan sebagian merupakan area persawahan dan pemukiman penduduk setempat. Waduk Darma adalah waduk atau danau yang terletak di  Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan saat ini menjadi tempat wisata yang sangat mempesona. Keindahan dari waduk darma semakin lengkap karena di kelilingi oleh hamparan alam pegunungan yang asri dan sejuk. Hampir setiap hari, terutama pada hari libur, banyak sekali pengunjung dari berbagai daerah di Nusantara menghabiskan waktunya di Waduk Darma.
Tapi tahukah anda ? ada cerita / mitos tentang Waduk Darma ini
Tahun 2013 pertama kalinya saya di ajak teman dekat saya untuk di kenalkan ke seluruh anggota keluarganya di Kuningan. Saat itu saya merasa tertarik ketika di perjalanan melihat lokasi tempat wisata Waduk Darma. Dari kejauhan terlihat banyak orang yang berdatangan ke tempat tersebut. Sejenak rasanya ingin istrihat sebentar di sana. Namun menurut teman saya, pasangan kekasih/atau calon pengantin yang belum menikah di larang berkunjung ke tempat tersebut. Namun tanpa banyak Tanya saya menurut saja.
Sesampainya saya di rumah keluarganya, saya penasaran tentang mitos larangan tersebut dan alasannya apa?
Saya bertanya pada alm nenek teman saya itu “ nek, Waduk Darma itu tempat wisata sepertinya ramai pengunjung! Bolehkah kami berkunjung ke sana mampir sebentar ?”
Alm nenek melarang keras “ kalian jangan sampai main ke sana, awas jangan ya! Nanti kalo kalian sudah menikah kalian boleh main ke sana. Kalo kalian maksa ke sana hal buruk akan terjadi!”. Aku makin penasaran hal buruk apa yang akan terjadi? Ini mitos kan belum tentu benar. Saya Tanya lagi “ emang nek akan terjadi apa, jika kam berkunjung ke sana?”. Menurut kepercayaan di sini, jika sepasang kekasih atau calon pengantin berkunjung ke Waduk Darma, maka kalian akan terpisah dan tidak berjodoh”.
Meski aku sedikit penasaran ingin rasanya ke sana, kali ini saya nurut saja sama alm nenek, karena saat teman dekat saya berkata “ mau ah nek, nanti pulang kita mampir ke sana ya ?” sambil meledek neneknya. Alm nenek marah “ kamu nakal, awas jangan ke sana nenek ga ridho. Nenek gak mau hal buruk terjadi pada kalian”.
Entah benar atau tidak tentang mitos ini, masih harus di teulusuri alasan kuat apa yang melarang pasangan kekasih/calon pengantin untuk tidak main ke Waduk Darma.

Tapi sih sebenarnya, perpisahan terjadi karena banyak factor bisa saja belum berjodoh, nah bagi anda yang penasaran dengan mitos ini. Ada baiknya jika berkunjung ke Kuningan bertanya tentang alasan mitos larangan ini ya? Biar gak penasaran gak Cuma kabar turun temurun yang bikin penasaran apa sebab larangan di balik berkunjungnya pasangan kekasih ke Waduk Darma tersebut. Nah percaya atau tidak ini kembali pada keyakinan anda masing-masing.


/>

2 komentar:

Unknown said...

Percaya ga oercaya sih sebenernya gua ama mitos tuhh , cuman ko pas gua liat mitos ny kaya gini nyambung sma kisah hidup gua yahh , gua dari kota a tujuan gua indramayu beberapa kali gua mampir ama pasangan gua ujung2 nya berantem gara2 hal sepele entah itu di tempat seperti tadinya mau foto jd mls jd berantem atau se udah nya ada aja hal kecil yg bikin janggal

p said...

Saya pernah kesana tpi dalan keadaan tidak tau bahwa ada mitos seperti itu apa kah itu akan tetap terjadi??

.comment-content a {display: none;}