Home » , » KENALI GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT KELAINAN KATUP JANTUNG

KENALI GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT KELAINAN KATUP JANTUNG

Penyakit katup jantung adalah semua penyakit yang melibatkan satu atau lebih dari satu jenis katup yang ada di jantung (katup aorta dan mitral di jantung kiri, dan katup pulmonal serta tricuspid di jantung kanan). Penyakit katup jantung biasanya merupakan penyakit kongenital (dibawa sejak lahir) atau didapat (karena beberapa sebab yang terjadi setelah kelahiran). Penatalaksanaan penyakit katup jantung dapat berupa pengobatan secara medis, tapi bila sudah semakin parah maka harus dilakukan operasi, berupa perbaikan atau penggantian katup (repair atau replacement).


Gejala-gejala kelainan katup jantung :
Nyeri dada
nyeri dada pada stenosis katup aorta diakibatkan oleh otot jantung yang menebal sehingga harus memompa dan melawan tekanan yang tinggi agar darah bisa melalui klep/katup jantung yang menyempit. Kondisi ini menuntut suplai oksigen yang lebih banyak daripada yang dikirim oleh darah sehingga menyebabkan nyeri dada.
Pingsan
Penurunan kesadaran pada penderita kelainan katup jantung disebabkan oleh kegembiraan. Kondisi ini menyebabkan relaksasi pembuluh darah dan berefek pada penurunan tekanan darah. Keadaan kelainan katup ternyata membuat jantung tidak mampu meningkatkan aliran darah sebagai kompensasi turunnya tekanan darah. Hal ini menyebabkan otak kekurangan suplai oksigen sehingga penderita stenosis katup aorta akan pingsan.
Sesak Nafas
Gejala ini disebabkan oleh kegagalan otot jantung untuk mengkompensasi beban tekanan yang ekstrem dari aortic stenosis. Jika gejala ini telah dirasakan, maka harapan hidup tanpa perawatan adalah 6-24 bulan.

Penyebab Kelainan pada Katup Jantung
Displasia
gangguan pada perkembangan katup yang ada di jantung (biasa terkena satu atau lebih katup jantung). Kelainan yang sering terjadi adalah tetralogy of Fallot, dimana kelainan ini terdiri dari empat macam abnormalitas dengan salah satunya adalah penyempitan /stenosis  dari katup pulmonal. Ebstein's anomaly  merupakan abnormalitas katup tricuspid.
Penyakit Jantung Rematik
Penyakit katup jantung yang disebabkan oleh demam rhema disebut juga "rheumatic heart disease", innsiden terjadinya penyakit jantung rematik masih sangat tinggi, dan semakin berkurang pada negara-negara maju. Hal ini berhubungan erat dengan angka penyakit infeksi dan penatalaksanaan infeksi yang lebih baik di Negara maju. 
Inflamasi
disebabkan oleh infeksi bakteri, biasa juga akibat kanker (marantic endocarditis), atau beberapa keadaan autoimun (Libman-Sacks endocarditis) dan hypereosinophilic syndrome (Loeffler endocarditis). Beberapa obat yang berkaitan dengan munculnya penyakit katup jantung adalah 
ergotamine seperti pergolide dan cabergoline.


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}