Home » , , » BEBERAPA PENYAKIT PADA TUBUH MANUSIA YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS

BEBERAPA PENYAKIT PADA TUBUH MANUSIA YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS

Beberapa penyakit menular biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh manusia, penyakit yang disebabkan oleh virus sering terjadi pada tubuh manusia dan terkadang sulit disembuhkan atau memakan waktu yang lama.
Berikut beberapa penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus:

Cacar Air


Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen.
Virus penyebab cacar air:


Penyakit Herpes

Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Setelah seseorang menderita cacar air, virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi dorman (tidak aktif atau laten) pada satu atau lebih ganglia (pusat saraf) posterior. Apabila seseorang mengalami penurunan imunitas seluler maka virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi ke kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes zoster. Di kulit, virus akan memperbanyak diri (multiplikasi) dan membentuk bintil-bintil kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit yang dilalui virus tersebut. Herper zoster cenderung menyerang orang lanjut usia dan penderita penyak itimunosupresif (sistem imun lemah) seperti penderita AIDS, leukemia, lupus, dan limfoma.
Virus penyebab herpes:


Penyakit Polio

Penyakit polio awalnya diteliti oleh ilmuwan asal Jerman bernama Jacob von Heine pada tahun 1840. Penyakit polio disebabkan oleh virus poliomielitis. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui hidung dan mulut. Di dalam tubuh, virus poliomielitis menginfeksi sel saraf pusat dan menggunakannya sebagai sarana replikasi. Infeksi yang ditimbulkannya dapat menyebabkan paralisis yaitu ketidakmampuan untuk menggerakkan bagian tubuh secara parsial dan permanen.
Virus penyebab polio:


Penyakit Hepatitis

Hepatitis biasanya terjadi karena virus, terutama salah satu dari kelima virus hepatitis, yaitu A, B, C, D atau E. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Penyebab hepatitis non-virus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan.
Virus penyebab hepatitis:


Penyakit Gondongan


Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.
Virus penyebab gondongan:


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}