Home » , » PENYEBAB KENAKALAN REMAJA DAN CARA MENGATASINYA

PENYEBAB KENAKALAN REMAJA DAN CARA MENGATASINYA

Kasus kenakalan remaja yang terjadi di kalangan anak SMP atau anak SMA memang memiliki beberapa fator yang menyebabkan terjadinya penyimpangan tersebut.

Berikut beberapa study kasus kenakalan remaja beserta penyebabnya.

Terjunnya ke dalam kelompok nakal (gank motor brutal)

Salah satu anak yang duduk di bangku kelas XII tersandung kasus yang sangat serius. Anak tersebut bergabung ke dalam gank motor yang dinilai cukup berbahaya dan meresahkan warga. Suatu hari mereka konpoi di jalan, kejadian naas pun terjadi. Anak tersebut menabrak seorang nenek hingga meninggal dunia, kini kasus nya di serahkan pada pihak yang berwajib. Lalu kenapa anak tersebut bergabung dengan kelompok nakal? Banyak factor yang menyebabkan seseorang terjun dan berbuat nakal. Bukan berarti anak tersebut tidak tau apa yang di lakukaknnya. Namun anak tersebut masuk ke dalam salah satu kelompok nakal, karena anak tersebut tidak mendapat perlakuan baik dari teman-temannya di sekolah, kasus bullying di ekolah kerap terjadi hingga menjadikan seseorang mencari tempat yang menyenangkan dan melupakan kesedihan dan kekesalannya. Anak tersebut merasa di terima dan di akui keberadaanya dengan kelompok nya tersebut. Di bandingkan di kelas yang selalu di anggap sebelah mata.
Lalau bagaiaman kasus bullying di sekolah di hapuskan? Perluanya penerapan metode pengajaran pada setiap mata pelajaran khusus nya conselling. Di sini peranan guru dan anggota sekolah sangat penting, perlunya penyuluhan tentang bahaya dan dampak negative bullying. Memang seperti di anggap hal biasa seperti memojokan, menghina dan lain sebagainya namun ini berdampak negative pada psikis anak, dapat menimbulkan depresi ringan. Selain itu juga perlunya menanamkan keimanan yang kuat agar anak mampu membedakan mana jalan baik dan buruk. Peranan guru sangat di butuhkan karena memang hingga kini kasus bullying masih terjadi di setiap sekolah.

Seks bebas di kalangan anak sekolah

Banyak anak di usia dini telah memiliki anak dan di keluarkan dari sekolahnya, kasus ini mungkin paling banyak di temukan di tiap sekolah, meski hanya beberapa anak yang tersandung kasus tersebut. Peranan orang tua dan guru di sekolah di harapkan peran sertanya di sini. Pentingnya sex education untuk anak-anak di harapkan mereka menyadari akan bahaya seks bebas dan juga bahayanya organ reproduksi jika hamil di usia dini. Tayangan tontonan yang tidak layak dan banyak nya video yang tak pantas di tonton oleh anak usia dini kini banyak yang di tiru dengan alasan gaya hidup. Bimbingan orang tua di rumah serta pengawasan yang extra di harapkan dapat meminimalisir kasus seperti ini, memeriksa telpon genggam dan laptopnya itu juga dapat membantu. Orang tua harus lebih pandai dari pada anak-anak jangan sampai gaptek, begitu pulan peran guru di sekolah selain memberikan pelajaran tentang bahaya seks bebas juga rajia telpon genggam di rasa sangat membantu.

Obat terlarang

Begitu banyak anak yang terjerat dalam kasus ini, di akibatkan anak depresi dengan lingkungan keluarganya di rumah. Imbasnya anak kabur-kaburan dari rumah dan lari ke jalan. Bahaya jalanan mengancam mereka yang sedang kebingungan mencari kebahagian yang di rasa tak dapat di rumah. Akhirnya anak terjerat dalam bahaya obat terlarang. Karena di rasa obat-obatan haram ini akan memberikan rasa tenang sesaat ketika anak sedang depresi berat. Akhirnya anak rusak dan dalam bahaya, bahaya kematian yang akan merenggut nyawanya bila tidak di tangani serasa cepat.

Jadi beberapa penyebab kenakalan remaja diantaranya:
Kurang nya pengetahuan tentang bahaya seks bebas (kurang nya penerapan pemahaman pada anak)
Kasus bullying yang menyebabkan anak depresi dan pada akhirnya bergaul dengan orang yang salah
Kurang harmonisnya lingkungan di rumah dapat membuat anak tidak nyaman dan akhirnya mencari bahagia di luar.


Kasus kenakalan remaja kian meningkat, peran serta dari orang tua, guru dan teman sangat di butuhkan untuk memberikan rasa nyaman pada setiap anak sehingga mereka terhindar dari kenakalan rermaja. Berikan pengetahuan tentang bahaya kenakalan remaja, memberi rasa aman akan membuat mereka bahagia dan terhindar dari kenakalan remaja. 


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}