Home » , , » SALMONELLA TYPHI - BAKTERI PENYEBAB PENYAKIT TIFUS

SALMONELLA TYPHI - BAKTERI PENYEBAB PENYAKIT TIFUS

Salmonella adalah suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne. Spesies-spesies Salmonella dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida. Salmonella dinamai dari Daniel Edward Salmon, ahli patologi Amerika, walaupun sebenarnya, rekannya Theobald Smith (yang terkenal akan hasilnya pada anafilaksis) yang pertama kali menemukan bakterium tahun 1885 pada tubuh babi.
Salmonella adalah penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan (foodborne diseases). Pada umumnya, serotipe Salmonella menyebabkan penyakit pada organ pencernaan. Penyakit yang disebabkan oleh Salmonella disebut salmonellosis. Ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis adalah diare, keram perut, dan demam dalam waktu 8-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi oleh Salmonella. Gejala lainnya adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah-muntah. Tiga serotipe utama dari jenis S. enterica adalah S. typhi, S. typhimurium, dan S. enteritidis. S. typhi menyebabkan penyakit demam tifus (Typhoid fever), karena invasi bakteri ke dalam pembuluh darah dan gastroenteritis, yang disebabkan oleh keracunan makanan/intoksikasi. 

Gejala demam tifus meliputi:

demam, mual-mual, muntah dan kematian. 

Penularan penyakit tifus

Mengkonsumsi air yang telah terkontaminasi tinja, atau air yang kurang bersih, serta mengkonsumsi makanan yang di buat oleh si pengidap (pembawa baketri) yang tidak mencuci tangan ketika sedang memasak, selain dari buang air besar si pengidap juga dapat menularkan melalui buang air kecil, di harapkan setelah buang air kecil/buang air besar mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabuan agar tidak menularkan sallmonela terhadap orang lain

S. typhi memiliki keunikan hanya menyerang manusia, dan tidak ada inang lain. Infeksi Salmonella dapat berakibat fatal kepada bayi, balita, ibu hamil dan kandungannya serta orang lanjut usia. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh mereka yang menurun. 

Kontaminasi Salmonella dapat dicegah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}