Home » , , » PENYEBAB PENCEMARAN AIR - DAMPAK NEGATIF DAN CARA MENANGGULANGINYA

PENYEBAB PENCEMARAN AIR - DAMPAK NEGATIF DAN CARA MENANGGULANGINYA

Salah satu dampak negtif dari berkembangnya populasi manusia adalah rusaknya lingkungan. Contohnya sulitnya untuk mendapatkan air bersih, sehingga terjadinya pencemaran air karena akitivitas manusia.

Beberapa kegiatan manusia yang mengaikbatkan pencemaran air adalah:
Limbah pabrik yang di buang ke sungai
Sisa / sampah rumah tangga yang terbuang ke sungai
Tumpahnya tambang minyak di laut
Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan
Bahan logam berat
Pencemaran tersebut bisa menyebabkan biota/ makhluk hidup yang di dalamnya mati , karena kadar air yang beracun dan kurang mengandung oksigen.
Untuk memahami pencemaran air maka di lakukan percobaan sebagai berikut:

Bahan-bahan:
Air putih (ph netral)
Detergen
Minyak tanah
Air cuka
Air hangat
5 buah botol aqua
5 ekor ikan

Langkah-langkah:
Masukan air berpH netral pada gelas 1 dan masukan ikan A, kemudian masukan air dan campur dengan air panas agar suhunya menjadi hangat kemudian masukan ikan B, langkah ketiga campurkan air dalam keadaan suhu  normal dan campurkan dengan minyak tanah lalu masukan ikan C, ke empat campurkan air dalam keadaan suhu normal dengan detergen dan masukan ikan D, terakhir campurkan air dengan beberapa tetes cuka dan masukan ikan E. amati ikan dalam setiap wadah dalam waktu 3 menit dan apa yang terjadi? Bagaimana ikan bernafas?


Dan hasilnya adalah:
Ikan A
Insang terbuka normal dan tetap hidup
Ikan B
Insang tebuka agak lambat namun tetap hidup
Ikan C
Ikan lambat dalam bernafas dan terlihat lemas dan masih hidup
Ikan D
Ikan lambat dalam bernafas dan insang mengeluarkan darah kemudian mati
Ikan E
Warna ikan memudar, bernasa semankin pelan posisi keadaan miring lalu mati.
Ternyata pengaruh pH air (netral, asam (cuka) dan basa (detergen)) juga mempengaruhi pernafasan dan kelangsungan hidup ikan, selain itu juga air yang suhu agak panas ( merupakan dampak dari rusaknya lingkungan akibat pemanasan global) mempengaruhi kualitas kehidupan ikan. Dan air yang terkena pencemaran minyak menyebabkan kematian pada ikan karena kekurangan oksigen, keracunan karbon dioksida, dan keracunan langsung oleh bahan berbahaya.
Nah maka dari percobaan di atas dapat di simpulkan bahwa pencemaran air dapat merusak ekosistem yang hidup di dalamnya, dan mengancam keselamatan hewan yang hidup di dalamnya bahkan dapat menimbulkan kematian. Nah bagaimana jika ini terus di biarkan? Apa yang akan terjadi dengan kelangsungan hewan yang hidup di dalamnya dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia? Jika ini dibiarkan maka akan menimbulakn kematian yang besar-besaran. Karena seluruh makhluk hidup tentunya membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya.

Maka yang harus kita lalukan adalah:
Gunakan air dengan bijaksana. Kurangi penggunaan air untuk kegiatan yang kurang berguna dan gunakan dalam jumlah yang tepat.
Kurangi penggunaan detergen. Sebisa mungkin pilihlah detergen yang ramah lingkungan dan dapat terurai di alam secara cepat.
Kurangi konsumsi obat-obatan kimia berbahaya. Obat-obatan kimia yang berbahaya seperti pestisida, dan obat nyamuk cair merupakan salah satu penyebab rusaknya ekosistem air
Tidak menggunakan sungai untuk mencuci mobil, truk, dan sepeda motor.
Tidak menggunakan sungai untuk wahana memandikan hewan ternak dan sebagai tempat kakus.
Jangan membuang sampah rumah tangga di sungai/danau. Kelola sampah rumah tangga dengan baik dan usahakan menanam pohon di pinggiran sungai/danau.
Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar. 
Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis yang bertujuan untuk meningkatkan konservasi air bawah tanah
Menanggulangi kerusakan lahan bekas pembuangan limbah B3.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}