Home » » SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SEMSTER 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SEMSTER 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2018


SILABUS


Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan      : SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Kelas / Semester         : VIII/Genap
Tahun Pelajaran         : 2018/2019


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indokator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Penilaian
3.11 Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
·    Pengertian teks ulasan
·    Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya
·    Maksud/ arti penting teks ulasan
·    Kelebihan/ kelemahan dalam teks ulasan.
3.11.1   Menganalisis suatu model teks ulasan.
3.11.2   Menjelaskan tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.
3.11.3   Menjelaskan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan

4.11.1   Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan.
4.11.2   Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

·         Mengamati suatu model teks ulasan.
·         Berdiskusi tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.
·         Mendiskusikan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
·         Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan.
·         Membacakan kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifasi
·         24 JP
·      Buku bahasa Indonesia
·      Kamus bahasa Indonesia
·      Internet
·       Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk kerja
·      Produk
·      Portofolio
3.12 Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12  Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Struktur teks ulasan:
1. orientasi
2. tafsiran                     3. rangkuman
4. evaluasi                     
·    Kaidah kebahasa-an teks ulasan.
·    Cara menulis teks ulasan
   

3.12.1   Menjelaskan struktur, kebahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.
3.12.2   Menganalisis keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan.
3.12.3   Menganalisis Kaidah kebahasa-an teks ulasan.
3.12.4   Menjelaskan cara menulis teks ulasan

4.12.1   Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda.
4.12.2   Memajang teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain
4.12.3   Membuat tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
·         Mendiskusikan struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.
·         Mendata keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan.
·         Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa,  dan data produk, karya, atau benda.
·         Memajang teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok)










3.13 Mengidentifikasi jenis  saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
4.13 Menyimpulkan  isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
·    Pengertian dan is teks persuasi.
·    Ajakan-ajakan dalam teks persuasi.
  Langkah-langkah penyusunan kesimpulan.
3.13.1   Menjelaskan jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
3.13.2   Menjelaskan pengertian dan isi teks persuasi
3.13.3   Mengidentifikasi ajakan- ajakan dalam teks persuasi.
3.13.4   Menganalisis langkah- langkah penyusunan kesimpulan

4.13.1   Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi
4.13.2   Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks Persuasi

·         Mengamati model-model teks persuasi.
·         Berdiskusi tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/ dibaca dan cara menyajikan ulang isinya
·         Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi
·         Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi


·         24 JP
·      Buku bahasa Indonesia
·      Kamus bahasa Indonesia
·      Internet
·       Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk kerja
·      Produk
·      Portofolio
3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
·    Struktur dan unsur kebahasa-an teks persuasi
·    Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)
·    Cara menyajikan teks persuasi
·    Penyiapan bujukan/ ajakan.
·    Memper-hatikan struktur/ kaidah teks ulasan

3.14.1   Menganalisis Struktur dan unsure kebahasa-an teks persuasi
3.14.2   Menjelaskan cara menyajikan teks persuasi
3.14.3   Menjelaskan cara penyiapan bujukan/ ajakan.
3.14.4   Menganalisis struktur/ kaidah teks ulasan
3.14.5   Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll)

4.14.1   Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi
4.14.2   Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan truktur, kebahasaan, atau aspek lisan

·         Mendiskusikan struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi
·         Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi
·         Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan, serta unsur kebahasaan yang digunakan
·         Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi
·         Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis

3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur  drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar

·    Pengertian/karakteris-tik  teks drama
·    Unsur-unsur  teks drama
·    Penjelasan isi drama
·    Tanggapan atas drama
3.15.1   Menjelaskan pengertian/karakteristik teks drama
3.15.2   Menganalisis unsur-unsur teks drama
3.15.3   Mendeskripsikan penjelasan isi drama
3.15.4   Mendeskripsikan tanggapan atas drama

4.15.1   Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar

·         Memperhatikan suatu model teks drama
·         Merumuskan pengertian/karakteristik  drama.
·         Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama
·         Mengidentifikasi isi drama
·         Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton

·         18 JP
·      Buku bahasa Indonesia
·      Kamus bahasa Indonesia
·      Internet
·       Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk kerja
·      Produk
·      Portofolio
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
·    Karakteris-tik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya.
·    Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.
·    Langkah-langkah pementas-an drama
3.16.1   Menjelaskan karakteristik teks drama berdasarkan struktur dan kaidahnya.
3.16.2   Menjelaskan cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.
3.16.3   Menganalisis langkah- langkah pementasan drama

4.16.1   Membuat drama dalam bentuk pentas atau naskah
4.16.2   Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton
4.16.3   Menulis teks drama tradisional dan modern

·         Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
·         Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya
·         Menulis teks drama
·       Mementaskan drama secara berkelompok










3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.17 Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
·    Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
·    Informasi buku melalui indeks.
·    Catatan tentang isi buku.
·    Teknik-teknik membaca. 

3.17.1   Menentukan unsur-unsur buku fiksi
3.17.2   Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi
3.17.3   Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku
3.17.4   Menganalisis perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi
3.17.5   Menganalisis Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
3.17.6   Menganalisis Informasi buku melalui indeks.
3.17.7   menganalisis Teknik- teknik membaca.

4.17.1   Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17.2   Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan
4.17.3   Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku 

·         Mendiskusikan informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan non fiksi
·         Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi
·         Mempresentasikan informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi

·         12 JP
·      Buku bahasa Indonesia
·      Kamus bahasa Indonesia
·      Internet
·       Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Unjuk kerja
·      Produk
·      Portofolio
3.18 Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/ tertulis
·    Ungkapan dalam buku fiksi.
·    Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
·    Daya tarik bacaan
·    Mendiskusikan isi buku.

3.18.1   Menganalisis Ungkapan dalam buku fiksi.
3.18.2   Menganalisis Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
3.18.3   Menelaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari
3.18.4   Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari
3.18.5   Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi

4.18.1   Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca
4.18.2   Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca 
·            Mendiskusikan unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
·            Membuat tanggapan terhadap buku fiksi.
·            Menyajikanan tanggapan terhadap buku fiksi.
·            Memberikan  komentar terhadap tanggapan terhadap buku fiksi.










/>

1 komentar:

ok said...

izin save and share untuk bahan adm pengajaran, terimakasih ilmunya :)

.comment-content a {display: none;}