Home » » MATA PADA MANUSIA (ANATOMI DAN BAGIAN-BAGIAN MATA SERTA FUSNGSINYA)

MATA PADA MANUSIA (ANATOMI DAN BAGIAN-BAGIAN MATA SERTA FUSNGSINYA)


MATA
Mata adalah karunia yang Maha Kuasa yang sangat berharga, mata adalah jendela kita untuk melihat sekitar kita, mata merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia dan hewan.
Mari kita belajar dan mengetahui struktur anatomi mata dan fungsinya, penyakit pada mata, gangguan pada mata, dan makanan yang baik untuk kesehatan mata, berikut uraiannya:

ANATOMI MATA:
  •    Bola Mata


Bola mata berdiameter sekitar 2,5 cm dengan 5/6 bagiannya terbenam dalam rongga mata dan hanya 1/6 bagian yang tampak dari luar. Bagian-bagian mata tersebut memiliki fungsi berbeda, secara rinci diuraikan sebagai berikut :
Retina
Definisi : lapisan terdalam penyusun bola mata yang tersusun atas sel-sel saraf serta sel-sel fotoreseptor.


Fungsi : mendeteksi ada tidaknya cahaya

Fovea
Definisi : bagian terkecil pada bagian tengah retina yang tersusun atas sel-sel kerucut.


Fungsi : memberikan ketajaman pengelihatan yang tinggi.

Bintik Buta
Definisi : bagian kecil pada retina tempat serabut-serabut saraf bertemu menjadi saraf optik. Bagian ini tidak memiliki sel-sel batang dan sel-sel kerucut sehingga tidak peka terhadap cahaya
Iris/Selaput Pelangi
Definisi : jaringan berbentuk cakram melingkar yang terdapat persis di depan lensa. Jaringan ini tersusun atas serabut otot sirkuler dan radial. Di bagian ini terdapat pigmen yang mengatur warna mata.


Fungsi : mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata dengan mengatur ukuran pupil.

Pupil
Definisi : lubang di tengah-tengah iris yang memungkinkan cahaya masuk ke mata.


Fungsi : tempat cahaya masuk ke mata.

Lensa Mata
Definisi : semacam struktur yang transparan, elastis dan berbentuk bikonvens.


Fungsi : mengatur cahaya untuk membentuk bayangan, dan juga membatasi rongga mata menjadi dua bagian  terpisah yang masing-masing berisi cairan bening (aqueous humour) dan bahan transparan seperti jeli (vitreous humour).

Ligamen Suspensor
Definisi : ligamen kuat yang menghubungkan otot-otot siliaris dengan lensa.


Fungsi : merubah bentuk lensa dengan kontraksi dan relaksasi otot-otot siliaris.

Saraf Optik
Definisi : sekumpulan serabut saraf sensorik yang meninggalkan bagian belakang mata.


Fungsi : membawa rangsang dari retina menuju otak.

Otot Mata
Definisi : otot yang berada di sekeliling bola mata.


Fungsi : menggerakkan bola mata. Pada bola mata terdiri dari tiga lapisan yaitu sebagai berikut:

Bola mata terdiri dari tiga lapisan yaitu sebagai berikut :
Tunika fibrosa
Tunika fibrosa terdiri dari sclera yang berwarna putih dan tidak tembus cahaya, serta kornea yang tembus cahaya (transparan). Kornea tidak mengandung pembuluh darah, tetapi mengandung banyak serabut saraf. Kornea memiliki selaput pelindung yang disebut konjungtiva. Pada batas kornea dan sclera terdapat kanalis schlemm yang berfungsi untuk menyerap kembali cairan aqueous humor bola mata. 
Tunika vaskulosa (uvea)
Tunica vasculosa merupakan bagian tengah bola mata, urutan dari depan ke belakang terdiri dari iris, corpus ciliaris dan koroid. Koroid berupa lapisan jaringan yang tipis dan mengandung banyak pembuluh darah, dan berwarna cokelat karena mengandung pigmen. Pigmen inilah yang menyebabkan bagian bola mata menjadi gelap. Daerah ini disebut iris. Coba Anda perhatikan mata orang Indonesia dengan orang-orang dari Negara barat! Apakah perbedaannya? Tentunya pada warna. Orang Indonesia biasanya bermata hitam atau coklat, adapun orang barat biasanya berwarna biru atau hijau. Nah, di bagian irislah terdapatnya perbedaan ini karena di tempat ini memiliki pigmen warna. Bagian depan dari lapisan iris ini disebut pupil yang terletak di belakang kornea tengah. Pengaruh kerja ototnya yaitu melebar dan menyempitnya bagian ini. 
Coba Anda masuk ke dalam suatu kamar yang gelap gulita, maka Anda akan berusaha melihat dengan melebarkan mata agar cahaya yang masuk cukup. Pada kondisi ini disebut dengan dilatasi, demikian sebaliknya jika Anda berada pada ruangan yang terlalu terang maka Anda akan berusaha untuk menyempitkan mata karena silau untuk mengurangi cahaya yang masuk yang disebut dengan konstriksi. Pada sebuah kamera, pupil ini diibaratkan seperti diafragma yang dapat mengatur jumlah cahaya yang masuk. Di sebelah dalam pupil terdapat lensa yang berbentuk cakram otot yang disebut musculus siliaris 
Otot ini sangat kuat dalam mendukung fungsi lensa mata, yang selalu bekerja untuk memfokuskan penglihatan. Seseorang yang melihat benda dengan jarak yang jauh tidak mengakibatkan otot lensa mata bekerja, tetapi apabila seseorang melihat benda dengan jarak yang dekat maka akan memaksa otot lensa bekerja lebih berat karena otot lensa harus menegang untuk membuat lensa mata lebih tebal sehingga dapat memfokuskan penglihatan pada benda-benda tersebut. Sekarang Anda tahu mengapa aktivitas seseorang yang membaca buku akan membuat mata terasa cepat lelah? Pada bagian depan dan belakang lensa ini terdapat rongga yang berisi caira bening yang masing-masing disebut aqueous humor dan vitreous humor. Adanya cairan ini dapat memperkokoh kedudukan bola mata
Tunika nervosa (retina)
Tunika nervosa merupakan lapisan terdalam dari bola mata. Retina terdiri atas tiga lapis neuron yaitu lapisan sel batang dan kerucut, lapisaan neuron bipolar dan lapisan neuron ganglion. Bagian ini merupakan bagian terdalam dari mata. Lapisan ini lunak, namun tipis, hampir menyerupai lapisan pada kulit bawang. Retina tersusun dari sekitar 103 juta sel-sel yang berfungsi untuk menerima cahaya. Di antara sel-sel tersebut sekitar 100 juta sel merupakan sel-sel batang yang berbentuk seperti tongkat pendek dan 3 juta lainnya adalah sel konus (kerucut). Sel-sel ini berfungsi untuk penglihatan hitam dan putih, dan  sangat peka pada sedikit cahaya.

SEL BATANG : Sel-sel batang ini tidak dapat membedakan warna. Suatu zat yang dihasilkan sel-sel batang ini adalah zat warna jingga yang sangat rentan terhadap cahaya, yang disebut rodopsin. Artinya jika ada cahaya yang terang maka dapat memudarkan zat warna jingga ini. Hal ini dapat Anda buktikan, ketika Anda berada di luar rumah dengan menatap cahaya matahari, kemudian masuk kembali ke dalam rumah. Apa yang Anda rasakan? Tentunya seketika itu Anda belum dapat melihat benda-benda di dalam rumah. Setelah sekitar 20 detik kemudian Anda baru akan dapat melihat kembali dengan jelas benda-benda di dalam rumah. Mengapa demikian? Zat warna jingga yang pudar karena cahaya yang terang tersebut akan terbentuk kembali dengan memerlukan waktu yang kurang lebih 20 detik. Ketika zat wana jingga sudah terbentuk maka Anda akan dapat melihat di tempat yang redup
SEL KERUCUT atau cone cell mengandung jenis pigmen yang berbeda, yaitu iodopsin yang terdiri dari retinen. Terdapat 3 jenis iodopsin yang masing-masing sensitif terhadap cahaya merah, hijau dan biru. Masing-masing disebut iodopsin merah, hijau dan biru. Segala warna yang ada di dunia ini dapat dibentuk dengan mencampurkan ketiga warna tersebut. Sel kerucut diperlukan untuk penglihatan ketika cahaya terang. Signal listrik dari sel batang dan sel kerucut ini akan di teruskan melalui sinap ke neuron bipolar, kemudian ke neuron ganglion yang akan membentuk satu bundel syaraf yaitu syaraf otak ke II yang menembus coroid dan sclera menuju otak. Bagian yang menembus ini disebut dengan discus opticus, dimana discus opticus ini tidak mengandung sel batang dan sel kerucut, maka cahaya yang jatuh ke discus opticus tidak akan terlihat apa-apa sehingga disebut dengan bintik buta.
Bola mata terbagi menjadi 2 bagian, masing-masing terisi oleh cairan:
· Segmen anterior : mulai dari kornea sampai lensa.
· Segmen posterior : mulai dari tepi lensa bagian belakang sampai ke retina.

Alat Tambahan Mata
Alat tambahan mata terdiri dari alis mata, kelopak mata, bulu mata dan apparatus lakrimalis.
1. Alis Mata : terdiri dari rambut kasar yang terletak melintang di atas mata. Alis melintang diatas mata. Alis mata berfungsi dalam kecantikan dan melindungi mata dari keringat.
2. Kelopak Mata : terdiri dari dua bagian yaitu kelopak mata atas dan bawah.   Dari dalam ke luar, kelopak mata terdiri dari lapisan-lapisan :
- konjungtiva yaitu selaput lender yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan melapisi juga permukaan bola mata;
- kelenjar meibomian yang dapat menghasilkan lemak untuk mencegah  pelekatan kedua kelopak mata;
- lapisan tarsal yaitu lapisan jaringan ikat yang kuat untuk menunjang kelopak mata;
- otot orbikularis okuli yang berfungsi menutup bola mata;
- jaringan ikat dan kulit luar  
3. Bulu Mata merupakan barisan rambut pada ujung kelopak mata. Pada bulu mata terdapat kelenjar minyak yang disebut kelenjar zeisyang terletak pada akar bulu mata. Infeksi pada kelenjar minyak disebut bintil (hordeolum)
     4. Aparatus lakrimalis terdiri dari kelenjar lakrimalis, duktus (saluran lakrimalis), dan duktus nasolakrimalis. Kelenjar lakrimalis (kelenjar air mata) terletak di sudut lateral atas rongga mata, berfungsi untuk menghasilkan air mata. Air mata berfungsi menjaga kelembaban dan kesehatan mata, juga menjerat dan membuang partikel-partikel kecil yang masuk ke mata. Selain itu, air mata kaya akan antibodi yang membantu mencegah terjadinya infeksi. Dari kelenjar ini keluar kurang lebih dua belas saluran lakrimalis yaitu saluran-saluran yang mengalirkan air mata menuju konjungtiva kelopak mata atas.  


Otot Mata, Saraf dan Pembuluh 
     Pada setiap mata terdapat enam otot lurik yang menghubungkan bola mata dengan tulang sekitarnya. Otot ini berfungsi menggerakan bola mata, sehingga mata dapat mengerling ke kanan, kiri, atas dan bawah. Gerakan otot bola mata berada di bawah kesadaran. Beberapa otot bekerja sama menggerakkan mata. Setiap otot dirangsang oleh saraf kranial tertentu.
Tulang orbita yang melindungi mata juga mengandung berbagai saraf lainnya.
-          Saraf optikus membawa gelombang saraf yang dihasilkan di dalam retina ke otak
-          Saraf lakrimalis merangsang pembentukan air mata oleh kelenjar air mata
-          Saraf lainnya menghantarkan sensasi ke bagian mata yang lain dan merangsang otot pada tulang orbita.

Saraf Mata


Saraf pada mata memegang peranan penting dalam sistem penglihatan manusia. Semua organ tubuh, termasuk mata, digerakkan dan difungsikan oleh saraf-saraf tertentu yang bertanggungjawab terhadap organ tersebut.
Saraf yang bertangungjawab terhadap mata manusia adalah saraf optikus (Nervus II). Saraf optikus adalah kumpulan jutaan serat saraf yang membawa pesan visual dari retina ke otak. Dengan adanya saraf optikus ini, maka rangsangan berupa cahaya bisa di interpretasikan di otak melalui saraf optikus. Tentunya bahwa, saraf optikus mengubah cahaya menjadi stuktur kimia/listrik agar bisa dihantarkan ke sistem saraf pusat (otak).
Bagian mata yang mengandung saraf optikus adalah retinaRetina mengandung saraf-saraf cahaya dan pembuluh darah. Bagian retina yang paling sensitif adalah makula, yang memiliki ratusan ujung saraf. Banyaknya ujung saraf ini menyebabkan gambaran visuil yang tajam. Retina mengubah gambaran tersebut menjadi gelombang listrik yang oleh saraf optikus dibawa ke otak.
Saraf optikus menghubungkan retina dengan cara membelah jalurnya. Sebagian serat saraf menyilang ke sisi yang berlawanan pada kiasma optikus (suatu daerah yang berada tepat di bawah otak bagian depan). Kemudian sebelum sampai ke otak bagian belakang, berkas saraf tersebut akan bergabung kembali.

Sedangkan saraf yang menggerakkan otot bola mata adalah saraf okulomotoris(Nervus III), saraf ini bertanggungjawab terhadap pergerakan bola mata, membuka kelopak mata, dan mengatur konstraksi pupil mata. Saraf okulomotoris ini lebih banyak berperan untuk mendukung proses penglihatan yang sempurna. Misalnya, jika jumlah cahaya yang masuk kemata, maka saraf optikus akan menggerakkan iris untuk mengecilkan pupil. Kelainan pada saraf okulomotoris ini, akan menyebabkan kelainan pada pergerakan bola mata seperti mata juling dan lain-lain.

Saraf lainnya yang mempengaruhi fungsi mata adalah saraf lakrimalis yang merangsang dalam pembentukan air mata oleh kelenjar air mata. Kelenjar Lakrimalis terletak di puncak tepi luar dari mata kiri dan kanan dan menghasilkan air mata yang encer. Air mata mengalir dari mata ke dalam hidung melalui 2 duktus lakrimalis; setiap duktus memiliki lubang di ujung kelopak mata atas dan bawah, di dekat hidung. Air mata berfungsi menjaga kelembaban dan kesehatan mata, juga menjerat dan membuang partikel-partikel kecil yang masuk ke mata. Selain itu, air mata kaya akan antibodi yang membantu mencegah terjadinya infeksi. Kelenjar lakrimalis juga akan mengeluarkan air mata jika seseorang dalam keadaan sedih, yang biasa disebut dengan menangis.


Fungsi Mata Dapat Mendeteksi Penyakit Berbahaya
Ternyata fungsi mata bukan hanya untuk melihat, dari mata kita dapat mendeteksi beberapa penyakit bahaya berikut ini:
1. Tekanan Darah Tinggi
Anda mempunyai darah tinggi bila arteri pada mata berwarna keperakan. Lebih dari 20 persen orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak menyadarinya. "Kondisi hipertensi bisa dilihat melalui mata karena keadaan itu menyebabkan arteri retina menjadi agak keperakan," papar Reddy. Jika tidak segera diobati, dapat membuat pembuluh darah mengeras yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. 


2. Melanoma


Melanoma adalah jenis kanker kulit ganas, terjadi pada sel yang menghasilkan melanin pigmen yang memberikan warna kulit. Melanoma juga terjadi di mata dan organ internal lain. Radiasi sinar matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker di dalam bola mata yang disebut melanoma mata. "Kanker terlihat seperti titik kecil pada lapisan pigmen mata," tutur Sophie J.Bakri, dokter mata dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesotta. Melakukan pemeriksaan melanoma mata sejak dini sangat penting karena gejalanya kerap tidak terasa.



3. Diabetes


Jika pembuluh darah mata terlihat jelas, kemungkinan besar Anda menderita diabetes. Kadar gula darah yang tinggi menyumbat pembuluh darah di retina sehingga pembuluh darah lebih mudah pecah. Dokter mata sering menemukan pembuluh darah baru yang abnormal pada mata sebagai pengganti pembuluh darah yang pecah. Selain itu, penyakit diabetes juga dapat merusak saraf mata yang menyebabkan kebutaan.



4. Inflamasi Mata


Gangguan autoimun menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh akan memicu inflamasi, termasuk di bagian mata. Gejala inflamasi yang sering ditemui, antara lain pembengkakan pada permukaan okular, gatal dan mata kering. Gejala inflasi juga memungkinkan Anda menderita penyakit lupus atau artritis reumatoid (radang sendi).



5. Central Serous Retinopathy (CSR)


CSR atau lebih dikenal dengan nama retinopati serosa sentral adalah suatu kelainan pada retina, tepatnya pada macula lutea. Umumnya, CSR disebabkan oleh stres atau emosi yang berlebihan. Pandangan yang mulai kabur dan tidak fokus merupakan gejala CSR. Kurangi beban pikiran Anda dengan suatu kegiatan agar terhindar dari CSR. 



6. Alergi


Kotoran udara seperti debu, bulu binatang atau serbuk bunga bisa memengaruhi mata. Mata memproduksi histamin dan zat-zat kimia lain untuk melawan alergi. Proses ini bisa menyebabkan pembengkakan pembuluh darah mata sehingga bola mata tampak memerah dan gatal di bagian putihnya. Segera lah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.



Gangguan Pada Mata

 a.    Rabun Senja: Penderita gangguan Rabun Senja tidak dapat melihat pada sore atau senja hari, sehingga           disebut dengan rabun senja.
b.     Katarak: Katarak adalah pengeruhan atau pengapuran lensa mata. Penyakit ini biasanya diderita oleh orang yang berusia lanjut. Namun bisa terjadi pada usia muda jika sering melakukan kontak mata lansung dengan matahari.
c.  Rabun dekat: Rabun dekat atau yang bisa disebut Hipermiopi adalah kelainan pada mata yang menyebabkan kita tidak dapat melihat benda-benda yang berada di dekat kita atau jaraknya ada di dekat kita. Hal ini terjadi karena bayangan gambarnya jatuh di belakang retina. Namun penderita Hipermiopi dapat dibantu dengan kacamata Cekung atau berlensa Positif.
d.      Rabun Jauh: Rabun jauh atau biasa disebut Miopi adalah   kelainan pada mata yang menyebabkan kita tidak dapat melihat benda-benda yang berada di jauh dari kita. Hal ini terjadi karena bayangan gambarnya jatuh di depan retina. Namun penderita Hmiopi dapat dibantu dengan kacamata Cembung atau berlensa Negatif.
e.    Rabun Jauh dan Dekat: Rabun jauh dekat disebut juga Presbiopi. Presbiopi adalah kelainan pada mata yang menyebabkan kita tidak dapat melihat dengan jelas. Kelaian ini biasa terjadi pada usia lanjut dimana akomodasi mata sudah semakin lemah karena faktor usia. Penderita ini dapat dibantu dengan lensa ganda atau menggunakan kedua lensa cembung (negatif) dan lensa Cekung (positif). 

Kelainana Pada Mata
     Astigmaatisma Penyebab utama astigmatisma adalah bervariasinya daya refraksi kornea atau lensa akibat kelainan dalam bentuknya.  Hal ini mengakibatkan distorsi pada citra yang terbentuk  pada makula. Bila kasusnya sederhana, dapat dikoreksi dengan    pemakaian kacamata silinder.
     Miop (Rabun Jauh) Lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan benda berada di belakang retina.  Kelainan ini dapat dibantu dengan penggunaan kacamata lensa cekung (lensa minus).
   Hepermetrop (Rabun dekat) Lensa mata terlalu pipih atau bola mata terlalu pendek sehingga bayangan benda berada di belakang retina. Kelainan ini dapat ditolong dengan penggunaan kacamata lensa cembung
   Presbiop Otot penggerak lensa mata telah mengendur, sehingga daya akomodasinya berkurang. Presbiop  biasanya terjadi pada  usia lanjut.  Gejalanya sama dengan gejala hipermetrop. Karena itu,penderita dapat dibantu dengan menggunakan kacamata lensa cembung (lensa positif).
        Juling Terjadi karena panjang otot-otot penggerak mata tidak sama, sehingga kerjanya tidak serasi. Untuk memulihkanya, penderita dapat mejalani operasi.
     Buta warna Merupakan kelainan herediter (menurun) yang tidak dapat disembuhkan atau diperbaiki.  Penderita buta warna, tidak dapat membedakan warna.  Penderita buta warna total  hanya dapat melihat warna putih atau abu-abu saja.
Abinismme Kurangnya atau tidak didapatinya pigmen pada kelopak mata, bulu mata,  iris, dan retina, sehingga fungsi mata tidak optimal. Hal ini merupakan kelainan yang bersifat herediter .
     kelahiran prematur Bayi prematur biasanya mengalami kondisi penglihatan yang kurang sempurna karena retina  dan organ mata lainnya belum matang
Degenerasi Retina Rusaknya bagian tengah retina yang disebut makula, yang berfungsi untuk melihat dekat atau rinci. Mengakibatkan kesulitan dalam membaca  dan segala pekerjaan yang membutuhkan daya penglihatan dekat.  

Beberapa Penyebab Gangguan Pada Mata
masalah penglihatan bisa berlangsung dikarenakan beragam karena, baik itu yang berlangsung sejak lahir dikarenakan berbagai macam factor, kelainan genetik, ataupun yang dikarenakan oleh penyakit spesifik. serta masalah atau rusaknya penglihatan yang berlangsung pada waktu umur kanak-kanak, remaja maupunusia produktif ( dewasa ), yang dikarenakan oleh banyak perihal layaknya kecelakaan, penyakit serta sebab-sebab yang lain.
1. penyakit pemicu gangguanpenglihatan sebagian penyakit yang bisa menyebabkan masalah manfaat penglihatan, salah satunya :
deabetik retinopati pendarahan atau pembengkakan pada pembuluh-pembuluh darah di bagian belakang mata, akibat komplikasi dari penyakit diabetes. ini mengakibatkan timbulmya jaringan parut pada mata serta bisa menyebabkan cacat pada daya penglihatan. diabetes yaitu penyakit yang dikarenakan dikarenakan rusaknya manfaat pengaturan kandungan gula didalam darah. hingga mesti dijaga supaya kandungan gula didalam darah tidak terlampau tinggi supaya tidak menyebabkan komplikasi yang bisa menyebabkan kebutaan.
glukauma rusaknya syaraf penglihatan mata akibat tekanan bola mata yang meningkat, perihal ini merubah suplai darah ke kepala syaraf optik, hingga menyebabkan menyusutnya daya penglihatan pinggir ( retinal distrophies ). penglihatan pinggir berperan saat melihat situasi di lebih kurang kita ( bertujuan ). tekanan bola mata yang normal yakni 20. supaya tekanan bola mata tidak terlampau tinggi, pasien glaukoma mesti dengan teratur memeriksakan matanya untuk mengontrol tekanan bola matanya.
luka pada kornea daya penglihatan yang kabur serta berkabut akibat luka atau infeksi pada kornea ( selaput bening di bagian depan mata ).
lupus adalah penyakit kritis autoimun yang apabila tidak terdiagnosa sejak awal serta apabila tidak dikerjakan dengan pas bisa menyebabkan fatal layaknya perihal nya kanker. lupus yaitu penyakit seribu muka yang gejalanya kerapkali menyerupai penyakit lain. lupus bisa menyerang beragam sistem serta organ didalam tubuh. gejalanya dapat mudah hingga berat, apalagi mengancam kehidupan. jika menyerang organ mata maka penderitanya bisa mengakibatkan kebutaan. sekarang ini ada kian lebih 5 juta pasien di semua dunia, dengan peningkatan 100 ribu masalah baru setiap tahunnya. 90% menyerang wanita aktif umur produktif 15-45 th..
rabun senja dikarenakan dikarenakan kekurangan vit. a. apabila tidak diobati dapat alami bintik putih, lantas kornea mata dapat jadi kering ( xeroftalmia ), serta selanjutnya bola mata pecah serta menyebabkan kebutaan. vit. a mutlak untuk kegiatan kerja retina.
hordeolum radang pada folikel tepian kelopak mata.
katarak rusaknya penglihatan dikarenakan mengeruhnya lensa mata. pada anak-anak, katarak ini bisa adalah bawaan sejak lahir, namun pada orangtua katarak ini biasa berlangsung sebagai akibat sistem penuaan. perihal ini bisa diatasi dengan lakukan operasi, lensa mata bisa diangkat supaya didapatkan peningkatan daya penglihatan.
penyakit yang lain yang bisa mengakibatkan berlangsungnya rusaknya mata yakni. cacingan, virus torch ( toxoplasma rubella cytomegalo virus serta herpes ), , step yang dikarenakan dikarenakan panas tinggi, ataupun dampak samping obat contohnya dampak samping pemakaian obat tbc. pemicu yang lain yang merusakkan penglihatan yaitu pola hidup tidak sehat seperrti rutinitas mengonsumsi narkotika serta obat-obatan terlarang, dan minuman keras, yang bisa mengakibatkan kerusakan syaraf terhitung syaraf penglihatan
2. kelainan pada mata sebagian kelainan pada mata yang mengakibatkan masalah pada manfaat penglihatan, salah satunya yaitu :
astigmaatisma pemicu utama astigmatisma yaitu bervariasinya daya refraksi kornea atau lensa akibat kelainan didalam memiliki bentuk. perihal ini menyebabkan distorsi pada citra yang terbentuk pada makula. apabila masalahnya simpel, bisa dikoreksi dengan penggunaan kacamata silinder.
miop ( rabun jauh ) lensa mata terlampau cembung hingga bayangan benda ada di belakang retina. kelainan ini bisa dibantu dengan pemakaian kacamata lensa cekung ( lensa minus ).
hepermetrop ( rabun dekat ) lensa mata terlampau pipih atau bola mata terlampau pendek hingga bayangan benda ada di belakang retina. kelainan ini bisa ditolong dengan pemakaian kacamata lensa cembung
presbiop otot penggerak lensa mata sudah mengendur, hingga daya akomodasinya menyusut. presbiop umumnya berlangsung pada umur lanjut. gejalanya sama juga dengan tanda-tanda hipermetrop. dikarenakan itu, pasien bisa dibantu gunakan kacamata lensa cembung ( lensa positif ).
juling berlangsung dikarenakan panjang otot-otot penggerak mata berbeda, hingga kerjanya tidak cocok. untuk memulihkanya, pasien bisa mejalani operasi.
buta warna adalah kelainan herediter ( alami penurunan ) yang tidak bisa sembuh atau diperbaiki. pasien buta warna, tidak bisa membedakan warna. pasien buta warna keseluruhan cuma bisa lihat warna putih atau abu-abu saja.
abinismme kurangnya atau tidak didapatinya pigmen pada kelopak mata, bulu mata, iris, serta retina, hingga manfaat mata tidak maksimal. perihal ini adalah kelainan yang berbentuk herediter.
kelahiran prematur bayi prematur umumnya alami situasi penglihatan yang kurang prima dikarenakan retina serta organ mata yang lain belum matang
degenerasi retina rusaknya sisi sedang retina yang dimaksud makula, yang berperan untuk lihat dekat atau rinci. menyebabkan kesusahan saat membaca serta semua pekerjaan yang memerlukan daya penglihatan dekat.

Tips Menjaga Kesehatan Mata
1. berhenti merokok
anda tentu telah tahu bahwa merokok merugikan kesehatan. tetapi, barangkali anda belum tahu bahwa ada kaitan segera pada merokok serta problem mata. bila anda perokok, anda berpeluang mengembangkan sebanyak penyakit mata layaknya katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering serta rusaknya saraf optik. bila anda telah berusaha untuk berhenti merokok pada mulanya serta gagal, coba lagi. studi tunjukkan bahwa makin banyak anda berusaha untuk berhenti merokok, makin besar kesempatan kesuksesan anda.
2. kendalikan tekanan darah serta gula darah
tekanan darah tinggi ( hipertensi ) yang tidak diobati bisa merubah penglihatan serta apalagi mengakibatkan retinopati hipertensif, yakni rusaknya retina dikarenakan tekanan darah yang terlampau kuat. retina yaitu susunan jaringan dibagian belakang mata. rusaknya retina mengakibatkan penglihatan terganggu.
diabetes yaitu di antara pemicu utama kebutaan pada orang dewasa. glukosa darah yang tinggi berkelanjutan bisa mengakibatkan retinopati diabetik serta komplikasi mata lain layaknya glaukoma serta katarak. apabila anda mempunyai diabetes, amat disarankan untuk anda untuk makan makanan yang sehat, memeriksa gula darah dengan berkala serta meminum obat atau mengambil suntikan insulin cocok instruksi dokter.
3. peroleh nutrisi paling baik untuk mata
jagalah mata anda dengan makanan di piring anda. makanlah makanan yang kaya dapat antioksidan. antioksidan bisa membuat perlindungan serta melakukan perbaikan beberapa sel mata serta beberapa sel tubuh dengan total dari rusaknya oleh radikal bebas. buah serta sayuran berwarna-warni condong kaya dapat antioksidan.
tak hanya antioksidan, vit. a dengan spesial amat dibutuhkan untuk pemeliharaan kesehatan mata. vit. a beri dukungan produksi rhodopsin yang disebut pigmen mata yang amat peka pada sinar serta dipakai untuk lihat didalam situasi pencahayaan yang jelek. kekurangan vit. a dapat mengakibatkan penyakit yang dimaksud rabun senja ( jawa : kotok ayam ) dimana seseorang tidak dapat lihat di sinar remang-remang. wortel yaitu sumber utama pro-vitamin a.
4. jagalah mata dari cahaya matahari
tuturan cahaya matahari terus-menerus bisa mengakibatkan katarak serta degenerasi makula. perihal ini dikarenakan cahaya ultraviolet ( uv ) dari matahari menembus retina hingga mengakibatkan rusaknya mata. untuk menghindar cahaya uv yang beresiko, gunakanlah kaca mata hitam yang dirancang spesial membuat perlindungan mata bila anda ada dibawah cahaya matahari kurun waktu lama. kacamata tersebut biasanya berikan perlindungan uv sampai 99% atau 100%.
5. pakai pelindung mata
bila anda bekerja dengan bahan beresiko, gunakanlah kacamata pelindung yang bisa membuat perlindungan mata anda dari cedera, rusaknya, serta kebutaan. gunakan kacamata atau helm berkaca saat anda mengendarai sepeda motor. olahraga spesifik layaknya tenis, hoki serta berenang juga bisa berisiko mencederai atau mengakibatkan kerusakan mata. gunakanlah pelindung mata layaknya helm serta kacamata olahraga membuat perlindungan anda.
6. kerjakan rutinitas yang baik untuk mata
walau problem mata biasanya terkait dengan rusaknya atau penuaan, problem mata juga bisa dikarenakan oleh rutinitas jelek. fokus pada jarak yang terus kurun waktu lama, layaknya menatap layar computer atau membaca sepanjang berjam-jam, yaitu di antaranya. otot-otot mata anda dapat terkunci pada posisi yang terus hingga kehilangan fleksibilitas, benda-benda yang amat dekat atau amat jauh jadi tampak kabur. ambil jeda istirahat serta alihkan pandangan anda pada benda-benda yang jauh untuk menolong menghindar problem ini. latihan mata dengan teratur juga bisa menolong memulihkan serta menghindar problem penglihatan di hari esok. perumpamaan latihan mata ini yaitu berselang-seling fokus pada objek yang jauh serta dekat, dan fokus pada objek yang sama juga dengan sudut berlainan.
7. kunjungi dokter mata anda.
kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata anda sebelum saat masalahnya timbul. kunjungan ke dokter mata untuk kontrol teratur dapat dikerjakan tiap-tiap satu atau dua th. sekali, seringkali bila anda menggunakan kacamata atau lensa kontak. cepatlah berkunjung ke dokter mata bila anda alami infeksi mata atau tanda-tanda layaknya penglihatan menyusut, penglihatan kabur, mata nyeri/kemerahan serta gatal-gatal di lebih kurang mata atau kelopak mata dikarenakan infeksi atau penyakit mata kritis yang bisa merusakkan permanen atau kebutaan.

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata


Nutrisi tepat menunjang kesehatan mata bayi Anda. Berikan dalam makanannya sehari-hari.



Kecukupan gizi yang menunjang kesehatan mata bayi memang mutlak. Gizi yang seimbang termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh mata bisa didapat dari makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu kesehatan mata dan menjaga penglihatan bayi.

  • ·         Vitamin A mengandung karotenoid yang diperlukan untuk mengubah cahaya menjadi sinyal listrik untuk diproses di otak dan menjaga pertumbuhan kornea dan selaput konjungtiva. Vitamin A penting dalam fungsi retina, dan juga  membantu mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap, selain berfungsi mengurangi risiko terbentuknya katarak. Diperoleh dari sayuran berwarna kuning-jingga seperti wortel, sayuran berwarna hijau seperti brokoli, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning-jingga, seperti tomat, arbei, semangka, dan mangga. Selain itu vitamin A juga ada pada pangan hewani seperti hati, telur, dan daging. Taurin dibutuhkan untuk perkembangan retina sejak dini. Kekurangan taurin  menyebabkan retinitis pigmentosa yaitu rabun pada mata dengan gejala pandangan kabur dan ada bintik hitam di mata yang berisiko mata menjadi buta. Diperoleh daridaging merah dan susu. Tidak terdapat dalam sayuran dan buah.
  • · AA-DHA, Asam arakidonat (arachidonic acid/AA) dan asam dokosaheksaenoat (docosahexaenoic acid/DHA), suatu asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang (long chain polyunsaturated fatty acids/PUFA),  merupakan fondasi utama pembangun jaringan saraf di retina (saraf mata) dan otak. Diperoleh dari  ASI sebagai sumber AA dan DHA terbaik, juga pada lemak ikan laut dalam seperti ikan kembung, tenggiri, salmon.
  • ·     Lutein berperan sebagai pelindung mata terutama retina dari bahaya radiasi sinar biru dan dapat digunakan sebagai antioksidan. Diperoleh dari ASI, sayuran hijau seperti bayam, dan terdapat sedikit pada wortel.
  • ·       Vitamin C mampu mengurangi risiko terkena katarak selain memperkuat tulang dan otot serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Diperoleh dari buah jambu klutuk, pepaya, bayam, kangkung, brokoli, jeruk, stroberi dan paprika.  
  • ·         Vitamin E mampu memperlambat perkembangan katarak. Diperoleh dari kacang-kacangan seperti tauge, kacang hijau, sayuran berdaun hijau, dan produk yang diperkaya vitamin E.
  • ·         Selenium dan zinc mampu melindungi mata dari radikal bebas karena mineral-mineral ini membantu tubuh menyerap antioksidan sehingga mencegah penyakit mata karena mampu melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV).Diperoleh, untuk selenium, dari kacang kedelai, kacang polong, susu rendah lemak, dan makanan laut (ikan, kerang, udang). Sedangkan zinc bisa diperoleh dari keju, yogurt, daging merah, dan beberapa sereal yang diperkaya dengan mineral zinc.




/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}