thumbnail

CONTOH PENILAIAN BERORIENTASI HOTS - LENGKAP DENGAN KISI - KISI SOAL, CONTOH SOAL, KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN PADA MATERI KALOR IPA KLS VII



Berikut adalah contoh penilaian berorientasi hots,lengkap disajikan dengan kisi - kisi soal, soal, kunci jawaban dan skor soal. 


























thumbnail

CONTOH DESAIN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS








R-3.  Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS




Rubrik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:

1.      Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.      Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.        Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.        Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.        Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2dengan tepat.
4.        Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2dengan tepat.
5.        Merumuskan sumber belajar sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
6.        Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2  dengan tepat.


thumbnail

CIRI - CIRI PELAKOR DAN SUAMI YANG DEMAM PELAKOR

Hai sist apa kabarnya? semoga dalam keadaan sehat dan baik - baik saja. Sebenarya hari ini saya ingin berbagi semua dengan anda yang memang mengalami nasib buruk atau sedang dalam keadaan hati yang berduka. Saat ini memang sulit sekali untuk meredakan hati yang terluka lebih dalam disebabkan sang suami lebih senang berada di luar, malas makan masakan anda, kemudian melihat anda serasa risih ditambah sikap suami yang berubah menjadi kasar.
Sist waspada itu semua termasuk gejala demam pelakor. hmmmm.... pelakor jaman sekarang semakin canggih. Kulit bening, suara yang bisa bikin suami anda semakin waw dan hebatnya lagi pelakor mampu membuat suami anda berpaling.

dari hal tersebut mari kita simak gejala suami yang sedang demam pelakor:
1. pertama suami menggenggam erat hp
2. komunikasi intens tiap malam ( dengan alibi urusan pekerjaan)
3. jarang berada di rumah
4. sensitif lebih galak dan emosional
5. selalu memiliki alasan dan bilang sama istri demi urusan pekerjaan ada miting hari ini dan itu . dikira miting beneran ya? padahal miting ama pelakor

Waspada, pelakor itu bisa rekan suami anda bisa jadi sobat anda. hari gini temen makan temen masih musim? wah bukan musim lagi bisa dikatakan ini gaya hidup jaman edan. Nah telaah baik - baik ciri pelakor yang anda curigai karena pelakor biasanya mengenal posisi anda sebagai istri.

Ciri - cirinya adalah:
1. ingin terlihat lebih waw dari anda, merawat diri
2. baik
3. sering menghubungi suami dengan alasan pekerjaan / bisnis
4. suka ngasih makan suami
5. yang pasti cewek ini terbilang cewe n4kal. Alias cewek gr4tisan.

ini fakta lho sist pelakor itu memang gitu, kasih pelayanan yang memang extra baik dari segi melayani dalam bidang memenuhi sesuatu yang memang disukai laki-laki.

tapi sist ini memang berat, saya pun tau itu. Adanya pelakor itu adalah suatu bentuk ujian, ketika setan tidak menyukai hamba Alloh baik-baik saja dalam membina keluarga, maka pelakor adalah pemancing untuk membubarkan hubungan rumah tangga anda.
Istilahnya adalah masa ia sih ikan peda gratisan yang tergeletak gitu aja dibiarin aja, dikit banyak dimakan lah ya sist.
Bagi saya ikan peda itu memang jauh banget sama ikan hias yang disimpan di aquarium. Kucing hanya bisa liat kan? tapi kalo peda yang geletak boleh donk di icip-icip.
dan bedanya pelakor dan istri solehah itu ibarat permen, kalau istri di bungkus dengan ketaqwaan kepada Alloh sehingga tetap terjaga dan manis, kalo pelakor pasti gak dibungkus karena fungsinya memang buat menggoda. Maka pantas aja banyak semut dan lalat yang icip-icip.
Sist, harus yakin wanita baik - baik tidak mungkin berbuat demikian. Dan pada dasarnya kan laki-laki memang cendrung mendua.
Disini sist setiap istri di uji dengan kesabaran dan keihkalasan, tapi satu hal dari saya sist. Jangan kalah saing sama barang rongsokan, gratisan dan gak penting.
nah sist lebih berharga tandanya ada hal yang harus sist benahi
1. jika sist memang sudah tau suami sist selingkuh, tolong jangan bahas di rumah. apalagi dilihat anak - anak. pura-pura bego aja dulu demi kemanangan yang hakiki.
2. lupakan sejenak masalah pelakor dan rasa jiji pada suami, bikin nyaman keadaan rumah seolah tak terjadi apa - apa
3. saat suami di rumah, tampilah anda beda dari biasanya
4. masaklah masakan yang benar - benar enak
5. kasih service yang plus-plus
6. perawatan jangan kalah sama pelakor yang morotin uang suami buat tampil kinclong. perawatan kan banyak sist ke dokter, pake krim atau maskeran pake bahan herbal
7. berdoa dan pasrah kepada Alloh. Karena Alloh sebaik - baiknya penolong dan pelindung. karena masalah sebenarnya yang anda hadapi adalah, anda berperang melawan iblis berbentuk manusia yang memang doyan ngrusak hubungan rumah tangga orang
8. tolong tampil lebih menggoda ( berpenampilah seperti p3lacur di depan suami sendiri)
9. alihkan perhatiaanya

memang harus ada perubahan, jika hanya membahas dan bertengkar dijamin suami anda makin kasar dan malah makin betah tuh sama manusia satu yang onoh.


sabar sist demi anak dan rumah tangga, ingat sist disetiap kesulitan pasti ada kemudahan. Itu janji Alloh...

iamn dan taqwa serta kesabaran anda yang akan memenangkan akhir cerita ini, berjuanglah untuk menang. sabarlah untuk menang, semua pasti ada pengorbanannya

pake WA web buat dapetin bukti, tolong bermain halus jaga emosi anda, kalo udah keterlaluan sewa mata-mata. kalo benci banget gerebek aja, serahin pada yang berwajib... selanjutnya terserah sist mau ambil jalan hidup bagaimana?

tapi semoga suami sist insaf dan sadar bahwa wanita n4k4l itu gak pantes buat dimilikin

thumbnail

REVIEW PEMAKAIAN SKIN CARE DARI WARDAH PERFECT BRIGHT - creamy foam, moisturizer dan peel-off mask


Hai sist... wajah cantik memang wajah yang memiliki tekstur yabg lembut,kenyal,lembap dan cerah merona. Tapi itu semua gak akan terwujud jika kita malas merawat wajah.
Nah kali ini kita akan bahas skin care dari produk wardah yang bisa bikin kulit kamu cerah merona dengan harga yang murah tapi gak murahan.

Wardah perfect bright salah satu produk halal dari wardah yang banyak digemari kaula muda karena terbukti manfaatnya. Meski memang ada salah satu diantaranya yang gak bisa ngrasain manfaatnya karena alasan gak cocok dengan kulit wajah.

Nah mari kita bahas satu-satu:
1. WARDAH PERFECT BRIGHT creamy foam
Kombinasi 2 aktip pencerah ,extrak licorice dan vit b3 yang dikenal bantu mencerahkan serta menjaga kelembaban kulit wajah
Busa pembersih lembut dengan double lightening actives +porecleanse agent bantu bersihkan, segarkan,jaga kelembaban dan cerahkan wajah.
Nah klim wardah sudah disebutkan sebelumnya dan hasil/manfaat yang saya rasakan memang ketika selesai mencuci wajah,wajah terlihat cerah dan segar. Namun ada satu kekurangan dari produk yang satu ini... wajah terasa keras dan agak ketarik jadi buat saya agak gak nyaman meski nilai plusnya adalah bisa membersihkan sisa make up seperti eye liner dan mascara pada mata. Namun dengan kondisi kulit kaya ketarik memang membuat saya berhenti buat nyoba... barangkali kali ini saya kurang cocok dengan creamy foam dari wardah.
Nah... harga yang d bandrol pun cukup murah hanya Rp 17k aja dengan ukuran 60ml

2. WARDAH PERFECT BRIGHT moisturizer
Menjadikan wajah terasa lebih lembut,matte dengan rona cerah alami bahkan sejak pertama kali pemakain.
Klim nya demikian seperti yang saya katakan tadi... kali ini saya setuju dengan produk yang satu ini. Kulit saya menjadi lebih cerah dan lembap gak kusam lagi deh. Dan harganya cukup murah dengan ukuran 20ml dengan harga Rp 27k

3. WARDAH PERFECT BRIGHT pell -of mask
Terbukti mengangkat kotoran dan sel kulit mati serta kembalikan kulit cerah segar merona. Kulit terasa lebih kencang halus dan tampak lebih cerah
Klim dari produk yang satu ini memang terbukti benar adanya memang yang terasa setelah pemakaian kulit kenyal, cerah dan lembap.
Sensasi dingin dan agak-agak perih juga kerasa banget tapi sejauh ini hasilnya bagus gak apa-apa lah yah.
Produk ini dibandrol denga  harga Rp 27 k dengan ukuran 60 ml

Nah gimana sist?
Tertarik buat pake skin care dari wardah?
Selamat mencoba! 

thumbnail

REVIEW PEMAKAIAN BLUSH ON - VIVA FIN TOUCH

Pernah gak sih sist..  udah dan-dan cantik tapi masih ada yang kurang. Muka pucet terlalu putih atau ketebelan bedak. Serasa ada yang kurang pas ... apalagi pas ngaca wah kaya orang sakit.

Hemmm make up memang bisa membantu bikin PD penampilan bahkan bikin kita terlihat semakin cantik. Tapi kalo gak merona kaya yang lagi sakit dong.

Ada hal yang bisa membuat wajah semakin merona. Salah satunya adalah penggunaan blush on. Membuat wajah semakin segar dan merona. Cantik berseri anti pucet...
Tapi kadang ladies... kita bingung mau pake dari brand apa??? 
Tapi biasanya kita cari yang murah tapi gak murahan... mantap bukan?
Kali ini saya akan mereview blush on fin touch nya dari VIVA no 4 red orange


Ini barang murah banget cuma dibandrol Rp 7k aja. Hemmmm eits jangan salah selain bentuknya yang bulat,unik dan juga simpel. Kualitas dari VIVA ini gak di ragukan lagi. Baunya gak nyengat... lembut dan ringan di kulit. Juga nyatu banget dengan bedak yang kita pakai
Menunjang aktivitas keseharian kita semakin membuat kita menjadi PD.
Aku udah pake beberapa kali bahkan aku order lagi order lagi. Simpel mudah dibawa kemana aja... dan enak aja liat hasilnya.
Tertarik...
Silahkan coba!

thumbnail

REVIEW PENGGUNAAN OLAY TOTAL EFFECT 7 IN 1 ( DAY & NIGHT CREAM) DAN FOAMING CELANSER

Hai sist... kali ini aku mau review pemakaian anti aging yang udah gak asing lagi di telinga kita. Berhubung usia sudah berkepala 3 maka dari itu tanda - tanda penuaan mulai keliatan.
Seperti garis halus di mata,bintik hitam,kusam dan kerutan di kening. Benar - benar mengganggu dan bikin gak PD. Cari skin care sana sini takut gak cocok, pake cream dokter takutnya ketergantungan pas berhenti takut wajah jadi makin mehong dan kusam menggila.
Ya sudah lah ya... masih ada skin care yang aman dan mudah kita jumpai di market-market terdekat.
Kali ini aku jatuh hati pada olay total effect 7 in 1. Gara - gara liat promo di salah satu online shop ternama di Indonesia.
Akhirnya aku beli dengan harapan cocok dan gak ada hal aneh yang terjadi di wajahku.



Dengan berat 50 gr,1 paket yang terdiri dari day cream dan night cream dibandrol dengan harga Rp 170k

Saya gunakan setiap hari, wajah lumayan agak cerahan gak dekil lagi.
Penasaran dengan foaming cleanser nya akhirnya aku beli juga. Dengan harapan wajah gak kering dan gak terasa keras ( seyum aja berasa susah ) seperti creamy foam yang aku pake dari produk lokal yang bertebaran di iklan ( tv ). Sudahlah coba pake biar samaan aja ama cream yang aku pake


Harganya Rp 44k dengan berat 50 gr. Aku beli di toko di kotaku. Bismillah aja semoga cocok. Dan ternyata lembut di wajah gak bikin kulit wajah dan kering rasanya nyaman banget cuma ada 1 kekurangan eye liner dan maskara di mata gak ikut ilang pas dibilas. Tapi ya sudahlah ya... yang penting nyaman dikulit aja.
Dan hasil nya... memang kerasa banget dalam 2 minggu wajah aga cerah gak kering lagi dan enak aja dipandang
Apalagi pas bangun tidur... widihhh berasa udah apa gitu liat wajah enak banget buat dipandang.

Masih ada 1 lagi sih yang bikin penasaran. Serumnya belum sempet aku beli... 
Nanti kita review lagi pemakaina serum nya ya sist. Semoga hasilnya nanti semakin maksimal

thumbnail

Sejarah bahasa indonesia sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan


1.       Sejarah  bahasa indonesia sebelum kemerdekaan
Pada dasarnya Bahasa Indonesia yang kita pakai sekarang ini berasal dari bahasa Melayu, suatu bahasa yang hidup di daerah Riau dan Johor. (Amran, 2.3: 2009). Bahasa Indonesia yang pada awalnya adalah sebagai bahasa penghubung (Lingua Franca). Kehidupan bahasa Melayu sendiri ketika dipakai sebagai bahasa lingua franca tidak terbebas dari bahasa lain atau bahasa asing.  Pada zaman sriwijaya  bahasa melayu di pakai sebagai bahasa penghubung antar suku di nusantara  dab sebagai bahasa yang digunakan  dalam perdangangan  antara pedagang  dari dalam  nusantara dan luar nusantara Bahasa Melayu mudah diterima oleh masyarakat Nusantara sebagai bahasa perhubungan antarpulau, antarsuku, antar pedagang, antarbangsa, dan antarkerajaan karena bahasa Melayu tidak mengenal tingkat tutur. Pada zaman Sriwijaya bahasa Melayu sudah berfungsi sebagai bahasa kerajaan, Bahasa Melayu berfungsi sebagai bahasa kebudayaan, yaitu bahasa buku-buku yang berisi aturan-atauran hidup dan sastra dan Bahasa melayu berfungsi sebagai bahasa penghubung antarsuku bangsa yang berada di bawah kekuasaan Sriwijaya. Bahasa Melayu berfungsi sebagai bahasa perdagangan di kerajaan tersebut.
Bahasa Arab merupakan bahasa yang bayak memberikan pengaruhnya terhadap penambahan kosakata bahasa Melayu, begitupun dengan bahasa Portugis. Bahkan bahasa Portugis pernah menjadi bahasa lingua franca di daerah Melayu. Bahasa yang turut andil dalam memperkaya kosakata bahasa Melayu adalah bahasa Sansakerta, bahasa Tamil, dan bahasa Cina. Hal ini terjadi karena bahasa Melayu sudah dipakai sebagai bahasa perdagangan dari berbagai negara tersebut. Bahasa Melayu mulai dipakai di kawasan Asia Tenggara sejak abad ke-7. Bukti yang menyatakan itu ialah dengan ditemukannya prasasti di Kedukan Bukit berangka tahun 683 M (Palembang), Talang Tuwo berangka tahun 684 M (Palembang), Kota Kapur berangka tahun 686 M (Bangka Barat), dan Karang Brahi berangka tahun 688 M (Jambi). Prasasti itu bertuliskan huruf Pranagari berbahasa Melayu Kuna. Bahasa Melayu Kuna itu tidak hanya dipakai pada zaman Sriwijaya karena di Jawa Tengah (Gandasuli) juga ditemukan prasasti berangka tahun 832 M dan di Bogor ditemukan prasasti berangka tahun 942 M yang juga menggunakan bahasa Melayu Kuna.
Ada empat faktor yang menyebabkan  bahasa melayu di angkat menjadi bahasa indonesia
1.       Bahasa melayu sudah merupakan  lingua franca di indonesia bahasa perhubungan dan bahasa perdagangan
2.        Sistem bahasa melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam bahasa melayu tidak dikenal tingkatan bahasa (bahasa kasar dan bahasa halus
3.       Suku jawa,suku sunda dan suku-suku yang lainnya dengan suka rela menerima bahasa melayu menjadi bahasa indonesia sebagai bahasa nasional
4.        Bahasa melayu mempunyai  kesanggupan  untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan  dalam arti yang luas
Berdasarkan hal tersebut maka pada 28 Oktober 1928 diikrarkanlah kedudukan bahasa Indonesia dalam suatu Sumpah Pemuda Indonesia yang kita kenal dengan “Sumpah Pemuda” yaitu berisi:
(1)    Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
(2)    Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
(3)    Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

 Jadi dapat saya simpulkan bahawa Perkembangan bahasa Melayu yang berubah menjadi bahasa Indonesia didasarkan pada segi politik dan segi ekonomi. Secara kronologis bahasa Melayu berkembang dari lingua franca menjadi bahasa persatuan, dan menjadi bahasa negara hingga sekarang. Sumber dari terciptanya bahasa Indonesia adalah bahasa melayu. Secara sosiologis, bahasa Indonesia resmi dipakai sebagai bahasa persatuan sejak tanggal 28 Oktober 1928. Akan tetapi, secara yuridis Bahasa Indonesia diakui pada saat setelah kemerdekaan Indonesia yaitu tanggal 18 Agustus 1945.
2.    Sejarah bahasa Indonesia sesudah kemerdekaan.
Setelah bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya, bahasa Indonesia mulai mengalami perkembangan yang pesat. Setiap tahun jumlah pemakai bahasa Indonesia bertambah. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan sebagai bahasa negara juga semakin kuat. Perhatian terhadap bahasa Indonesia baik dari pemerintah
maupun masyarakat sangat besar. Pemerintah orde lama dan orde baru menaruh perhatian yang besar terhadap perkembangan bahasa Indonesia diantaranya melalui pembentukan lembaga yang mengurus masalah kebahasaan yang dinamakan Pusat Bahasa, sekarang menjadi Badan Bahasa dan menyelenggaraan kongres bahasa Indonesia. Perubahan ejaan bahasa Indonesia dari Ejaan van Ophuijsen ke Ejaan Soewandi hingga Ejaan yang Disempurnakan selalu mendapat tanggapan dari masyarakat. (Depdiknas, 2006: 12)
Perkembangan bahasa indonesia setelah kemerdekaan Seiring berjalannya waktu dan berhasilnya Indonesia dalam memproklamirkan kemerdekaan, bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa resmi Negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Jika kita kelompokan setidaknya terdapat 3 kali bahasa Indonesia mengalami perkembangan setelah kemerdekaan. Adapun proses perkembangan tersebut adalah sebagai berikut:
1.    Ejaan LBK
LBK merupakan kepanjangan dari lembaga bahasa dan kesusasteraan yang bertugas membuat konsep ejaan yang lebih sempurna dari sebelumnya. Dengan adanya ejaan baru ini, pada tahun 1967 pemerintah Indonesia mengumumkan diberlakukan-nya bahasa Indonesia dengan Ejaan LBK.
2.    EYD
Seiring perkembangan dan evaluasi yang dilakukan, pada tahun 1972 pemerintah kembali mengumumkan perubahan ejaan bahasa Indonesia yang digunakan, yakni dengan dikeluarkannya Kepres. Nomor No. 57 tahun 1972 yang kemudian dikenal dengan sebutan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
3.     Revisi EYD 1987
Pada perkembangan berikutnya Bahasa Indonesia dengan Ejaan Yang Disempurnakan kembali mendapat revisi dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0543a/U/1987.
4.     Revisi EYD 2009
Tidak banyak yang mengetahui bahwa pada tahun 2009 pemerintah kembali menyempurnakan EYD dengan dikeluarkannya PERMEN Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 terkait Pedoman Umum Penggunaan EYD.
Terdapat peristiwa-peristiwa penting yang berhubungan dengan perkembangan bahasa Indonesia?
(1)      Pada tahun 1901 disusun ejaan resmi bahasa Melayu oleh Ch. A. Van Ophuiysen dan dimuat dalam kitab logat Melayu
(2)      Pada tahun 1908 pemerintah Hindia Belanda mendirikan Commisie voor de Volkslectuur (Komisi untuk Bacaan Rakyat) melalui surat ketetapan gubermen tanggal 14 September 1908 yang bertugas: mengumpulkan dan membukukan cerita rakyat atau dongeng yang tersebar dikalangan rakyat, serta menerbitkannya dalam bahasa Melayu setalah diubah dan disempurnakan, menerjemahkan atau menyadur hasil sastra Eropa, menerima karangan pengarang muda yang isinya sesuai dengan keadaan hidup di sekitarnya.
(3)      Tahun 1917, badan penerbit buku-buku bacaan yang diberi nama commise voor de Volkslectuur (Taman Bacaan Rakyat), diubah menjadi Balai Pustaka, badan penerbit ini menerbitkan novel-novel, seperti Siti Nur Baya dan Salah Asuhan, buku-buku penuntun bercocok tanam, penuntun memelihara kesehatan, yang tidak sedikit membantu penyebaran bahasa Melayu di kalangan masyarakat luas.
(4)      Pada 1928 merupakan saat-saat yang paling menentukan dalam perkembangan bahasa Indonesia karena pada tanggal itulah para pemuda pilihan memancangkan tonggak yang kokoh untuk perjalanan bahasa Indonesia.
(5)      Pada 1933 secara resmi berdiri sebuah angkatan sastrawan muda yang menamakan dirinya Pujangga baru yang dipimpin oleh Sutan Takdir Alisyahbana dan kawan-kawan. Pada masa Pujangga Baru ini bahasa yang digunakan untuk menulis karya sastra adalah bahasa Indonesia yang dipergunakan oleh masyarakat dan tidak lagi dengan batasan-batasan yang pernah dilakukan oleh Balai Pustaka
(6)      Pada 1938, dalam rangka memperingati sepuluh tahun Sumpah Pemuda, diselenggarakan Kongres Bahasa Indonesia 1 di Solo, Jawa Tengah. Kongres ini dihadiri oleh bahasawan dan budayawan terkemuka pada saat itu, seperti Prof. Dr. Hoesein Djajadiningrat, Prof. Dr. Poerbatjaraka, dan Ki Hajar Dewantara. Dalam kongres tersebut dihasilkan beberapa keputusan yang sangat besar artinya bagi pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia. Keputusan tersebut, antara lain:
a. Mengganti Ejaan Van Ophusyen
b. Mendirikan institut Bahasa Indonesia
c. Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam badan Perwakilan
(7) Masa pendudukan Jepang (1942-1945) merupakan suatu peristiwa penting. Jepang memilih  bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi resmi antara pemerintah Jepang dengan rakyat Indonesia karena niat menggunakan bahasa Jepang sebagai pengganti bahasa Belanda, tetapi akhirnya tidak terlaksana. Bahasa Indonesia juga dipakai sebagai bahasa pengantar dilembaga-lembaga pendidikan dan untuk keperluan ilmu pengetahuan. Pada 18 Agustus 1945 ditandatanganilah Undang-Undang Dasar 1945, yang salah satu pasalnya (pasal 36) menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.
(8) 18 Agustus 1945 bahasa Indonesia dinyatakan secara resmi sebagai bahasa negara sesuai dengan bunyi UUD 1945, Bab XV pasal 36, bahasa negara adalah Bahasa Indonesia.
(9) 19 Maret 1947 (SK No. 264/Bhg. A/47) Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Mr. Soewandi meresmikan Ejaan Republik sebagai penyempurnaan atas ejaan sebelumnya. Ejaan Republik ini juga dikenal dengan sebutan Ejaan Soewandi
(10) Pada 1954 diselenggarakan kongres Bahasa Indonesia II di Medan. Kongres ini merupakan perwujudan tekad bangsa Indonesia untuk terus menerus menyempurnakan bahasa Indonesia yang diangkat sebagai bahasa kebangsaan dan ditetapkan sebagai bahasa negara. Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, antara lain, menyatakan bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara.
(11) Pada 1972 Menteri Pendidikan dan kebudayaan menetapkan Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah, resmi berlaku di seluruh wilayah Indonesia (wawasan nusantara)
(12) Pada 25 - 28 Februari 1975 di Jakarta diselenggarakan Seminar Politik Bahasa Indonesia
(13) Pada 1978, bulan November, di Jakarta diselenggarakan Kongres Bahasa Indonesia III
(14) Pada 21 -26 1983 berlangsung Kongres Bahasa Indonesia IV di Jakarta
(15) Pada 27 Oktober- 3 November 1988 berlangsung Kongres Bahasa Indonesia V di Jakarta
(16) Pada 28 Oktober- 2 November 1993 berlangsung kongres Bahasa Indonesia VI di  Jakarta
17.  Tanggal 26-30 Oktober 1998 dilaksanakan Kongres Bahasa Indonesia VII di Hotel Indonesia, Jakarta. Dengan diselenggarakannya kongres tersebut guna mengusulkan dibentuknya Badan Pertimbangan Bahasa.

oleh indra hadiat permana


thumbnail

pengertian pemerolehan bahasa dan perbedaan Antara Pembelajaran Bahasa & Pemerolehan Bahasa.



1.         Apa yang dimaksud dengan Pemerolehan
Strok dan widdowson (1974 : 134) bahwa pemerolehan dan akuisisi bahwa bahasa adalah suatu proses anak-anak mencapai kelancaran bahasa ibunya,  pendapat lain mengenai pengertin  pemerolehan bahasa adalah proses penguasaan bahasa yang dilakukan oleh anak-anak secara natural waktu dia belajar bahasa ibunya dardjowld (2003 : 225)  Pemerolehan bahasa biasanya didapatkan hasil kontak verbal dengan penutur asli lingkungan bahasa itu. Pemerolehan bahasa mengacu ada penguasaan bahasa secara tidak disadari dan tidak terpegaruh oleh pengajaran bahasa tentang sistem kaidah dalam bahasa yang dipelajari.
2.         Jelaskan tentang Teori Pemerolehan Bahasa!                         
Teori behaviorisme menyoroti aspek perilaku kebahasaan yang dapat diamati langsung dan hubungan antara rangsangan (stimulus) dan reaksi (response) kemampuan  berbicara
Teori Nativisme bahasa hanya dapat dikuasai oleh manusia, binatang tidak mungkin dapat menguasai bahasa manusia.
Teori kognitivisme bahasa bukanlah suatu ciri alamiah yang terpisah, melainkan salah satu di antara beberapa kemampuan yang berasal dari kematangan kognitif.
Teori interaksionisme beranggapan bahwa pemerolehan bahasa merupakan hasil interaksi antara kemampuan mental pembelajaran dan lingkungan bahasa.
3.         Apa perbedaan Antara Pembelajaran Bahasa & Pemerolehan Bahasa. 
Pemerolehan bahasa diartikan sebagai penguasaan bahasa pertama seorang anak di mana dia tinggal. Proses pemerolehan bahasa ini berlangsung secara tidak sadar sedangkan Pembelajaran adalah proses penguasaan bahasa target (bahasa kedua) yang dilakukan oleh seseorang guna kepentingan tertentu, misalnya untuk tujuan pekerjaan, akademis, ekonomi, dan lain-lain.



thumbnail

kalimat kompleks dan analisislah berdasarkan aliran struktural dan aliran Tagmemik


TUGAS AKHIR AKHIR   MODUL 1 PROFESIONAL
NAMA : INDRA HADIAT PERMANA
KELAS A
1.        Bagian-bagian terpenting pada masa perkembangan linguistik zaman Yunani
a)    Sejarah kajian linguistik dimulai  dimulai oleh bangsa yunai kuno, hal ini dilakukan untuk mengawali penelitian-penelitian linguistik di benua eropa dan merupakan penelitian- penelitian yang paling luas,
b)   mereka menciptakan  berbagai karya di antaranya  (1) ciptaan tulisan  dan huruf bergambar diciptakan orang di mesir, juga di cina dan amerika (2)  tulisan silabik yang l kemudian menjadi sumber abjad yunani diciptakan dengan meniru tulisan mesir (3) naskah gramatika kuno dari babilonia(1600 SM) ditulis pada tablet dalam bentuk kata ganti, kata kerja, dari bahsa sumeria (4) lahir catatan pertama linguistik teoretik eropa.
c)    Faktor terpentig yang mempengarui minat terhadap  pengkajian ilmu linguistik dari bangsa yunani adalah  kesadaran adanya kontak bahasa yang terjadi antara bangsa yunani dengan bangsa lain., serta pembagian dialek diantara penduduk yang berbahasa yunani
d)   Karya pemikir bangsa Yunani, termasuk dalam bidang linguistik, menjadi acuan bangsa eropa dan karya pakar-pakar di luar eropa dikenakan juga kepda bangsa eropa
e)    Penemuan  yang pertama dalam ilmu linguistik adalah penggunaan sistem Phoenicia, sebagai besar berupa seperangkat tanda tanda konsonan
f)    orang yunai menerapkan tanda-tanda konsonan sistem tulisan  ibrani yang melambangkan  bunyi-bunyi vokal yunani,
g)   Hurup (alif) yang melambangkan /?a/ dalam bahasa phoenica menjadi huruf  A(alfa) Yunani melambangkan fonem vokal /a/
h)   Orang yunani juga menciptakan abjad yang berbeda untuk bunyi vokal dan konsonan, bersifat fonemis,  namun  abjad yunani tidak  satupun abjad yang benar-benar fonemis oleh karena itu  perlu ada transaksi ponemis terutama unsur-unsur suprasegmental dari nada yang berbeda (aksen)
i)     Penciptaan suatu abjad untuk fonem-fonem segmental bahasa yunani tergantung pada analisis fonemis secara tidak sadar terhadap  bahasa dari setiap dialeknya.
j)     Penurut pakar yunani ada tiga utama kajian linguistik adalah (1) etomologi (2) ponetik (3) tatabahasa
k)   Teori gramatikal dan deskripsi gramatikal merupakan kajian yang cukup kuat dan patut terus diteliti secara seksama.
l)     Para pakar Linguistik pada  zaman yunani  yaitu (1) plato (2) kaum alexsandrian (3) aristoteles (4) kaum sophis (5) kaum stoik.
m)  Kaum  plato di anggap orang petama yang mengaji topik secara serius membedakan kata benda dan kata kerja , kata benda adalah kata yang  dapat berfungsi  dalam kalimat sebagai subjek suatu predikat sedangkan kata kerja atau verba adalah kata  yang dapat menyatakan perbuatan  atau kualitas yang disebut dalam predikat , mengenai gramatikalnya  nomina adan verba disusun berdasarkan alasan logis yaitu sebagai konsituen  suatu proposisi, selanjutnya bahwa yang disebut verba dan kata sifat atau adjektiva disatukan dalam kelas kata yang sama
n)   Kaum alexandrian menganut paham analogi dalam studi bahasa, oleh karena itu dari mereka  kita mewaris buku tata bahasa yang disebut tata bahasa dionysius thrax yang lahir lebih kurang  100 SM
o)   Kaum aristoteles membagi 3 macam kelas kata yaitu anoma, rhema dan syndesmoi. Syndesmoi adalah kata-kata yang lebih banyak  bertugas dalam hubungan sintaksis selain itu syndesmoi hampir sama dengan  preposisi dan konjungsi, aristoteles juga membedakan jenis kelamin kata menjadi 3 yaitu maskulin, feminim dan neutrun
p)   Kaum  sophis melakukan kerja secara dan secara pasti dengan mrnggunakan ukuran tertentu, sehinga mereka membedakan tipe-tipe kalimat berdasarkan isi dan makna.
q)   Kaum Stoik membedakan studi bahasa secara logika dan studi secara tatbahasa, mereka juga membagi jenis kata menjadi 4, yaitu, kata benda kata kerja syndesmoi dan arthoron.

2.        Bagian-bagian terpenting pada masa perkembangan linguistik zaman Romawi  diantaranya:
a)    Sebuah tata bahasa khas  Romawi disusun seperti tatabahasa dionysius Thrak, dalam tiga bagian
b)   Bagian pertama  menentukan lingkup tata bahasa sebagai seni berbicara yang benar dan alat untuk memahaminya para penyair, dan juga membicarakan huruf-huruf dan suku kata
c)    Bagian kedua membicarakan kelas-kelas kata, dan sediket banyak lebih terperinci variasi menurut kata, jenis, jumlah, kasus dan sebagainya.
d)   Dalam ilmu linguistik romawi umumnya  adalah penerapan pemikiran yunani, pertentangan yunani dan  kategori bahasa yunani kepada  bahasa lisan
e)    Salah satu seorang penulis bangsa latin adalah varro (116-27SM)  menjelaskan penjelasan dan upanya yang panjang lebar untuk memberikan keterangan yang lengkap tentang pendapat-pendapat yang berbeda mengenai petentangan anomali dan sejumlah besar deskripsi dan analisis bahasa latin tampak dalam pembahasaanya.
f)    Dalam penilaian karyanya tentang bahasa kita memperoleh tiga bahan kajian linguistik yaitu etimologi, morfologi, dan sintaksis
g)   Kelas kata latin terbagi  dalam 4 bagian yaitu kata benda, partisipel, kata kerja dan adverbium
h)   Menurut varro  bahasa  menurutnya berkembang dari seperangkat terbatas himpunan kata-kata asli, yang dikenakan pada benda-benda untuk mengacu pada benda-benda tersebut , dan menjadi sumber yang produktif dari sejumlah besar kata lain melalui perubahan huruf atau pada bentuk fonetis.




3.    Buatlah kalimat kompleks dan analisislah berdasarkan aliran struktural!
Contoh kalimat kompleks
Saya menulis surat   dengan teliti sedangkan  Adik bermain Bola di halaman
A.    Analisis berdasarkan aliran  Struktural
Menganalisis  dan mengklasifikasikan unsur-unsur bahasa berdasarkan  hubungan  hierarkinya meliputi tataran fonologi, morfologi dan sintaksis
a)    Tataran fonologi terdiri atas subsistem fon dan fonem  
Fonem  /N/ pada forpem Tulis berubah  menjadi fonem /n/
Contoh MeN+ Tulis  Menulis
b)   Tataran  morfologi morfen dan kata
Kata membaca  mempunyai kata dasar  baca  dan  mempunyai forpem prefiks ( me)  maknanya melakukan suatu perbuatan  Kata bermaian mempunyai kata dasar main dan dan mumpunyai morfem prefik   ber maknanya melakukan suatu perbuatan/ atau kegiaatan  kata Sedangkan   merupakan kata konjungsi yang mempunyai kata dasar  sedang dan  berakhiran (kan)

c)    Tataran sintaksis subsistem kata, frasa, klausa kalimat dan wacana
Saya  membaca buku dengan teliti ( induk kalimat atau klausa inti )
S                 P                      K
Sedangkan
Konjungsi

Adik bermain Bola di halaman ( Anak Kalimat  atau Klausa bawahan )
 S       P          O      K
4.             Buatlah kalimat Kompleks dan analisislah berdasarkan aliran Tagmemik

Salah satu aliran linguistik struktural yaitu aliran tagmemik berpendapat bahwa satuan dasar sintaksis tidak dapat hanya dinyatakan fungsinya saja, seperti subjek + predikat + objek. Juga, tidak hanya menyatakan deretan bentuk seperti frase nominal + frase verba + frase nomina melainkan harus dinyatakan bersamaan dan ditambahkan peran pengisi  makna.

Saya Menyimak materi dengan baik ketika guru menjelaskan
No
Kata/ Frasa

Analisis    Tagmemik
1
Saya
:
S + Pron 
2
Menyimak
:
P +  Vt  
3
Materi
:
O +   N
4
Dengan baik
:
Ke + FP
5
Ketika
:
Kon  
 6
Guru
:
S+ N  
7
Menjelaskan
:
 P+V (
  Ket
  S             : fungsi subjek                                     Sas       =  Sasaran
P                       : Fungsi predikat                                 Kon     = Konjungsi
O            : Fungsi objek                                     Ak       = Aktif
K            : Fungsi keterangan                            Pel       = Pelaku
Pron       : Pronomina
Vt          : Verba transitif
N            : Nomina
FP          : Frase Preposisional
5.        Analisis  fungsional  Hubungan fungsional antarkata dalam Frasa
Kata adalah unsur bahasa yang diucapkan  atau ditulislan yang merupakan  perwujudan kesatuan perasaan  dan pikiran  yang dapat digunakan dalam berbahasa  Frasa  adalah gabungan dua kata  atau lebih  yang bersifat non pridikatif misalnya gunung tinggi, adik saya, sapu tangan dll. Hubungan fungsional antar kata dalam frasa adalah  hubungan yang sangat erat antara inti dan pewatas dan membentuk satuan sintaksis,

Nenek saya tidak minum

kata Nenek berhubungan  dengan  kata saya sedangkan kata tidak berhubungan  dengan kata Minum  hubungan ini membentuk hubungan atau kontruksi kata Nenek  saya dengan tidak Minum
kata  Nenek  sebagai inti dan  saya sebagai pewatas dari kata sersebut membentuk satuan sintaksis yang di sebut frasa maknanya tidak menunjukan  semua orang  Nenek , tetapi menunjukan  Nenek milik saya sedangkan kata tidak  berfungsi sebagai pewatas dan kata Minum sebagai inti kata tersebut membentuk satuan  sintaksis yang disebut Frasa, kata tidak ini memberi informasi tambahan pada kata minum maknanya adalah pengingkaran atau penolakan terhadap aktivitas minum yang dilakukan nenek saya.Hubungan fungsional antarunsur dalam frase terdiri atas dua yaitu ada unsur yang berfungsi sebagai inti dan yang lainnya berfungsi sebagai pewatas.
6.        Analisis Fungsional  Hubungan antarklausa dalam kalimat
Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Klausa adalah gabungan kata yang sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat. Klausa terkadang dilengkapi dengan objek, pelengkap, atau keterangan. Dari pengertian singkat ini dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa klausa lebih lengkap daripada frasa. Akan tetapi klausa belumlah menjadi sebuah kalimat karena tidak mempunyai intonasi akhir
hubungan fungsional Antarklausa dalam kalimat  mempunyai 2 klausa yaitu klausa inti dan klausa bawahan sehingga  menghadirkan makna kausatif yakni menyatakan hasil atau sebab  akibat dari tindakan yang terdapat dalam klausa utama  atau inti
Contoh
Lina selalu belajar dengan rajin sehingga menjadi juara kelas

kalimat lina selalu belajar dengan rajin merupakan klausa utama yang di sebut klausa inti dan  menjadi juara kelas  merupakan kalimat kedua atau klausa bawahan sehinga kalimat tersebut menyatakan hasil atau akibat dari tindakan kluasa utama









.comment-content a {display: none;}