Home » , » KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI

KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI

Kelainan pada sistem reproduksi bisa terjadi akibat infeksi, penyakit atau kelainan bawaan. Sebagian besar pada sistem reproduksi disebabkan oleh penyakit dan infeksi. Penyakit yang tergolong PMS (penyakit menular seksual) adalah penyakit yang di tularkan melalui hubungan seksual dengan penderita. Berikut ini adalah beberapa penyakit menular seksual yang terjadi di masyarakat kita.

KLAMIDIA

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chalamydia trachomatis. Kadang penyakit ini timbul tanpa gejala, bila dengan gejala pada laki-laki biasanya terjadi rasa sakit ketika buang air kecil, sakit dan pembengkakakn pada testis. Pada perempuan kadang terdapat bercak darah di luar menstruasi. Klamidia dapat menular pada anak yang dilahirkan oleh penderita, menyebabkan kelahiran prematur, gangguan pernapasan dan penglihatan pada bayi. Klamidia yang parah dapat menyebabkan intertilitas. Klamidia dapat diobati dengan antibiotik.

GONOREA

Gonorea diakibatkan oleh bakteri Neisseria gonorhoeae dan dapat menginfeksi anggota tubuh lain selain organ kelamin seperti mulut, mata, sendi, dan tulang. Pada laki-laki kadang keluar cairan kekuningan dari alat kelamin. Pada perempuan keluar cairan berwarna hijau kekuningan. Gonorea yang ditularkan dari ibu ke anaknya saat kelahiran dapat menyebabkan kebutaan. Bakteri Neisseria dikenal mudah mutasi menjadi resisten terhadap antibiotik. Oleh karena itu, gonorea harus ditangan dengan intensif.

SIFILIS

Siflis adalah satu PMS yang paling berbahaya. Infeksi yang terjadi pada organ kelamin luar disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Sifilis dapat berkembang terhadap sekunder dan tersier yang amat sulit diamati. Sifilis sekunder amat menular sedangkan sifilis tersier tidak. Meskipun demikian, sifilis tersier menimbulkan berbagai kerusakan pada tubuh selain pada organ kelamin seperti otak, jantung, pembuluh darah, hati dan lain-lain. Sifilis yang ditularkan ibu kepada anaknya saat kelahiran dapat mngakibatkan kebutaan dan kematian. Sifilis dapat di obati dengan penisilin dosis tinggi, namun kerusakan jaringan yang terjadi selama infeksi tidak dapat disembuhkan kembali.

HERPES SIMPLEKS

Herves disebabkan oleh virus. Pada perempuan timbul luka pada organ kelamin bagian luar yang disertai gejala flu seperti sakit kepala dan demam. Pada laki-laki gejalanya mirip dengan sifilis. Penyakit ini menular melalui hubungan seksual dan dari ibu kepada bayinya. Pengobatan herpes harus dilakukan secara tekun dan tidak benar-benar sembuh. Obat yang ada hanya menekan gejala penyakit tersebut.

AID ( aquired immuno deficency syndrome )


Penyebab penyakit ini adalah Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Akibatnya, penderita AIDS menjadi rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi. Penyakit flue biasa bisa mematikan bagi penderita AIDS. Gejala AIDS amat sulit diamati karena mirip dengan gejela penyakit lain. Untuk memastikan seseorang benar terkena AIDS atau terinfeksi virus HIV diperlukan tes khusus. AIDS menular melalui hubungan seksual, tranfusi darah yang tercemar viirus HIV, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, dan dari ibu kepada bayinya. Hingga saat ini belum ada obat mujarab untuk AIDS


/>

5 komentar:

Klinik Sentosa said...

Layanan Konsultasi Di Klinik Utama Sentosa
Itulah beberapa fakta yang mengenai Dokter Spesialis Penyakit Sifilis Terpercaya Jakarta yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahaya penyakit menular seksual ini.

Di Klinik Kelamin Jakarta kami memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional. Dan Klinik Kelamin kami sangat mengutamakan pelayanan yang ramah dan baik terhadap pasien.

dokter kelamin said...

Hai sobat, jika anda merasakan gejala yang tak biasa pada organ pribadi anda maka segeralah untuk berkonsulasi dengan Dokter Kelamin Murah di Cikarang. Jelaskan keluhan anda dan kami akan membantu mengatasinya.

klinik kelamin cikarang said...

Klinik Raphael memiliki fokus khusus pada pengobatan kencing nanah atau gonore. Mereka memiliki tim medis terlatih yang berpengalaman dalam mendiagnosis dan mengobati kutil kelamin juga gonore.

Klinik Sentosa said...

Blog yang menarik dan informatif : )

Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang fokus terhadap spesialis penyakit kelamin di Jakarta dengan didukung oleh peralatan medis modern dan terbaru.

Kunjungi website kami untuk mendapatkan infromasi yang menarik lewat artikel lainnya.

Klinik Utama Sentosa

Blog Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa Jakarta

Klinik Sentosa said...

Blog yang menarik dan Informatif.

Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang fokus terhadap spesialis penyakit kelamin di Jakarta dengan didukung oleh peralatan medis modern dan terbaru.


Cari Tahu Faktanya, Apakah Kencing Nanah Termasuk Gejala HIV? Intip Ulasannya Yuk

Info lebih lengkap, kunjungi website kami.

Klinik Utama Sentosa

Blog Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa Jakarta

.comment-content a {display: none;}