Home » » BIOSFER

BIOSFER


PENGERTIAN BIOSFER
Secara etimologi kata biosfer terdiri dari dua kata, yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang  berarti lapisan. Jadi biosfer adalah lapisan tempat tinggal makhluk hidup. Biosfer meliputi litosfer, hidrosfer, dan atmosfer yang masih dapat ditemui berbagai macam kehidupan.
Setiap makhluk hidup memiliki tempat masing-masing dilapisan biosfer untuk tetap hidup sesuai dengan caranya. Tempat hidup itu disebut dengan habitat.
Manusia dan tumbuhan pun memiliki tempat untuk mempertahankan kehiduannya dengan kondisi tertentu di muka bumi. Cara yang dilakukan oleh manusia , binatang dan tumbuhan dalam memanfaatkan lingkungannya untuk mempertahankan hidupnya disebuat adaptasi.

PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI DUNIA
Persebaran flora dan fauna itu dipelajari dalam biogeografi. Biogeogrfi menggunakan 2 pendekatan, yaitu biogeografi sejarah dan biogeografi ekologi.
Biogeografi sejarah adalah studi tentang persebaran flora dan fauna dengan sudut pandang perkembangan dan evolusi kelompok organisme, iklim, migrasi, gerakan bumi pada masa lalu, serta hubungan ekologis masa lalu dengan masa sekarang.
Biogeografi ekologi adalah studi tentang persebaran flora dan fauna dengan sudut pandang interaksi antarorganisme, interaksi organisme dengan lingkungan, dan pengaruh interaksinya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna
Penyebab  persebaran (tekanan populasi dan perubahan habitat)
Sarana persebaran (udara, air, lahan , pengangkutan manusia)
Hambatan barier persebaran (hambatan iklim, hambatan edafik, hambatan geografs, hambatan biologis)

PERSEBARAN FLORA DI DUNIA
Persebaran tumbuhan di muka bumi di dasarkan atas letak geografis dan fisologis atau dikenal dengan sebutan pendekatan ekologi. Pendekatan ekologi meliputi distribusi tumbuhan dilihat dari pengaruh kondisi lingkungan, terutama iklim yang disebabkan oleh perbedaan letak lintang (astronomis) dan pengaruh ketinggian dari permukaan laut
System bioma merupakan salah satu cara mempelajari persebaran berbagai jenis tumbuhan. System bioma menekankan pada dinamika komunitas yang berhubungan dengan iklim dan faktor lingkungan laninnya, selain memperhatikan sejarah evolusi geologinya. Bioma-bioma di permukaan bumi dapat dibedakan menjadi 7 kelompok, yaitu:
Bioma gurun (gurun sahara, gurun arab, gurun gobi)
Bioma padang rumput atau stepa
Bioma savana atau sabana
Bioma hutan basah atau hutan hujan tropi)
Bioma hutan gugur atau deciduous
Bioma taiga atau coniferous
Bioma tundra

PERSEBARAN FAUNA DI DUNIA
Wilayah persebaran hewan pertama kali diperkenalkan oleh Sclater (1858), selanjutnya dikembangkan oleh Huxley (1868) dan oleh Wallace (1876). Menurut Alfred Russel Wallace, persebaran fauna di dunia dapat dikelompokkan menjadi enam wilayah, yaitu neatrik , neotrofik, australis, oriental, paleatrik dan etipian.

PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA
Keaneka ragaman floura dan fauna di Indonesia temasuk tertinggi di dunia, jauh ebih tinggi dari pada Amerika dan Afrika yang beriklim tropis. Keaneka ragaman floura dan fauna di Indonesia itu sangat di pengaruhi oleh kondisi geologi pada zaman pleistosen, yaitu saat permukaan laut pada tingkat terendah. Pada saat itu binatang dapat pindah dengan bebas dari Asia ke dangkalan Sunda, sedangkan dari Australia ke dangkalan Sahul. Oleh karena itu, persebaran flora dan faunda di Indonesia mempunyai kesamaan dengan flora dan fauna yang ada di Asia dan Asutrlia.
Persebaran flora dan fauna di Indonesia juga dipengaruhi oleh faktor-faktor fisik yang lain disamping sejarah geologi. Factor-faktor fisik tersebut antara lain garis lintang, curah hujan dan ketinggian.

PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA
Hutan hujan tropis(di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua)
Hutan musim (dapat dijumpai di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara)
Hutan bakau (dapat di jumpai di pntai timur Sumatra, pantai utara Jawa, pantai Kalimantan, dan pantai selatan Papua
Sabana (dapat di jumpai di Jawa Timur, Nusa Tenggra Barat dan Nusa Tenggara Timur)
Steva (dapat di jumpai di Nusa Tenggara Timur)
Padang rumput(dapat di jumpai di daerah pegunungan Sumatra, Sulawesi dan Papua)

PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA
Berbagai jenis fauna yang ada di Indonesia meliput jenis mamalia (lebih dari 500 jenis), kupu-kupu (lebih dari 100 jenis), reptile (lebih dari 600 jenis), burung(lebih dari 1500 jenis)  dan amfibi (lebih dari 250 jenis). Persebaran fauna di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok berdasarkan keadaan geografs, yaitu fauna Indonesia Barat, fauna Indonesia Tengah dan fauna Indonesia Timur


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}