Home » » SUMBER DAYA ALAM

SUMBER DAYA ALAM


PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam (natural resource) adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Sumber daya alam merupakan unsur lingkungan hidup yang mendukung kehidupan manusia. Sumber daya alam terbentuk karena alamiah, mislanya tanah, air dan udara. Namun potensi sumber daya alam tersebut tidak akan bermanfaat apabila tidak di olah oleh manusia.
Secara umum sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu berdasarkan kemungkinan pemulihan, sifat dan lokasinya.


Berdasarkan kemungkinan pemulihan
Sumber daya alam yang dapat di perbaharui  yaitu jenis sumber daya alam yang dapat dikembalikan persediaannya
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu jenis sumber daya alam yang memerlukan waktu yang sangat lama untuk pemulihannya jika telah habis di manfaatkan.

Berdasarkan sifat
Sumber daya alam fisik adalah jenis sumber daya alam berupa benda, misalnya bahan galian (barang tambang), tanah, tenaga panas bumi, dan air
Sumber daya alam hayati, adalah sumber daya alam betupa makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan.

Berdasarkan lokasinya
Sumber daya alam terrestrial adalah sumber daya alam yang terdapat di daratan. Contohnya, tanah , hutan dan bahan galian

Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang terdapat di perairan. Conyohnya ikan, rumput laut dan energy gelombang.


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}