Home » » CIRI-CIRI HEWAN KELAS REPTIL - HEWAN VERTEBRATA

CIRI-CIRI HEWAN KELAS REPTIL - HEWAN VERTEBRATA

Reptil (binatang melata) adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda (hewan dengan empat tungkai) dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik.



Reptil di kelompokan menjadi:
Ordo Crocodilia (buayagarhialcaiman, dan alligator): 23 spesies
Ordo Sphenodontia (tuatara Selandia Baru): 2 spesies
Ordo Squamata (kadalular dan amphisbaenia ("worm-lizards")): sekitar 7.900 spesies
Ordo Testudinata (kura-kurapenyu, dan terrapin): sekitar 300 spesies

Ciri-ciri reptil adalah :
Tubuh terdiri atas kepala, badan, ekor dan 2 pasang alat pergerakan.
Seluruh tubuhnya teradaptasi secara maksimal untuk kehidupan terestrial, termasuk dijumpai adanya selaput embrio dan kulit yang tahan terhadap kekeringan. Hal ini karena reptilia merupakan kelas pertama dari Superkelas Tertrapoda.
Retilia berkembang biak dengan bertelur (ovipar), namun ada juga yang ovovivipar (hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak, embrionya berkembang di dalam telur, dan telur tetap berada di dalam tubuh induknya sampai telur menetas. Setelah telur menetas, individu baru tersebut keluar dari tubuh induknya, contohnya adalah kadal dan beberapa jenis ular),
Sebagian besar reptilia hidup di darat dan beberapa ada yang hidup di air.

Mayoritas reptil adalah ovipar (bertelur) meski beberapa spesies Squamata bersifat vivipar (melahirkan). Reptil vivipar memberi makan janin mereka menggunakan sejenis plasenta yang mirip dengan mamalia.
Ukuran reptil bervariasi, dari yang berukuran hingga 1,6 cm (tokek kecilSphaerodactylus ariasae) hingga berukuran 6 m dan mencapai berat 1 ton (buaya air asinCrocodylus porosus). Cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari reptil adalah herpetologi.

ARTIKEL TERKAIT:

CIRI-CIRI UMUM HEWAN MAMALIA (MENYUSUI)

CIRI-CIRI UMUM HEWAN KELAS AVES

CIRI-CIRI UMUM HEWAN KELAS AMPHIBIA

CIRI-CIRI UMUM HEAN KELAS PISCES




/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}