Home » » KELAS HEWAN MAMALIA CIRI UMUM DAN CARA REPRODUKSINYA - HEWAN VERTEBRATA

KELAS HEWAN MAMALIA CIRI UMUM DAN CARA REPRODUKSINYA - HEWAN VERTEBRATA

Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu, yang padabetina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya; adanya rambut; dan tubuh yang endoterm atau "berdarah panas".Otak mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang beruang empat. Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus, yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo, meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai.



Macam-macam ordo hewan mamalia antara lain:
Ordo dactyla 
Species : Topis (clocidura marina)
Badak Jawa (rhino cerassoondaicus)

Ordo insectivora
Species : cecurut (cocidura mosina)
Tupai (tupaja javarita)

Ordo phalidata
Species : trenggiling (tubuh bersisik)

 Ordo chiroptera
Species : kelelawar (micro chiroptera SP)
Kalong (megachiroptera SP)

Ordo marsupiala
Species : kucing (fell is catus)
Singa (fell is lion)
Harimau (fell is tigris)
Serigala (canislupus)

Ordo marsopialia
Species : kanguru (macropus)
Kuskus (plalanger)

Ordo prosboscidae
Species : gajah (elephan indicus)
Gajah Africa (loxoder africanus)

Ordo artidactyea
Species : kerbau (bubalus-bubalus)
Banteng (basssonduicus)
Kambing (capra faleoheri)

Reproduksi mamalia:
mamalia dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok umum,berdasarkan strategi reproduksi mereka: monotremata, marsupial dan mamalia plasenta.
Monotremata yang bertelur, seperti echidnas dan platipus menggunakan salah satu pembukaan, kloaka, untuk buang air kecil, buang rilis, dan bereproduksi, seperti burung. Mereka bertelur keras, mirip dengan kadal, kura-kura, dan buaya. Monotremata memberi makan anak-anak mereka dengan “berkeringat” susu dari emblem di perut mereka, karena mereka tidak memiliki puting yang ada pada mamalia lain.
Semua mamalia lain melahirkan anak dan termasuk salah satu dari dua kategori yang berbeda, marsupial dan mamalia plasenta.
marsupial adalah hewan di mana embrio, yang sering disebut joey, lahir pada tahap belum dewasa. Perkembangan harus diselesaikan di luar tubuh induk. Kebanyakan marsupial betina memiliki kantong perut atau lipatan kulit di mana terdapat kelenjar susu. Kantung ini adalah tempat untuk menyelesaikan perkembangan anak. Meskipun buta, tanpa bulu, dan dengan hanya sebagian membentuk kaki belakang, bayi kecil yang baru lahir telah berkembang dengan baik lengan depan dengan cakar yang memungkinkan mereka untuk memanjat cara mereka ke dalam kantong ibu mereka di mana mereka minum susu ibu mereka dan melanjutkan perkembangan mereka. Marsupial termasuk kanguru, koala, dan oposum. Marsupial lainnya adalah walabi dan Tasmanian Devil. Sebagian besar marsupial tinggal di Australia dan sekitarnya. (Gambar di samping).
Sebagian besar mamalia adalah mamalia plasenta. Ini adalah mamalia di mana bayi berkembang diberi makan melalui plasenta ibu. Mamalia plasenta betina mengembangkan plasenta setelah pembuahan. Sebuah plasenta adalah struktur spons yang dilalui oksigen, nutrisi, dan zat berguna lainnya dari ibu ke janin. Plasenta juga melewatkan karbon dioksida dan limbah lainnya dari janin ke ibu. Plasenta memungkinkan janin untuk tumbuh dalam waktu yang lama pada ibu.
Beberapa mamalia seorang diri sampai wanita bisa hamil. Lainnya membentuk kelompok-kelompok sosial dengan perbedaan besar antara jenis kelamin, seperti perbedaan ukuran, suatu sifat yang disebut dimorfisme seksual. Jantan yang dominan adalah mereka yang terbesar atau berbekal terbaik. Jantan ini biasanya memiliki keuntungan dalam kawin. Mereka juga mungkin membuat jantan lain kawin dengan betina dalam suatu kelompok. Ini terlihat dalam segel gajah dan juga dengan rusa, singa dan primata non-manusia, termasuk orangutan dan gorila. Rusa jantan tumbuh tanduk, sementara rusa betina tidak memiliki tanduk. Singa jantan dewasa tidak hanya lebih besar dari betina, mereka memiliki surai rambut panjang di sisi wajah dan atas kepala.
ARTIKEL TERKAIT:

CIRI-CIRI UMUM KELAS AVES

CIRI-CIRI UMUM KELAS AMPHIBIA

CIRI-CIRI UMUM KELAS REPTILIA

CIRI-CIRI UMUM KELAS PISCES (IKAN)


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}