Home » , » GEJALA KISTA ARACHNOID (KISTA DI OTAK) DAN TEKNIK OPERASINYA

GEJALA KISTA ARACHNOID (KISTA DI OTAK) DAN TEKNIK OPERASINYA

Kista arachnoid adalah jenis kista di otak yang paling sering terjadi. Kista ini terbentuk sebagai kelainan bawaan (kongenital), yang berupa suatu kantong atau balon yang berdinding tipis dan terisi oleh cairan otak.
Tidak memandang usia penderita, kista Arachnoid tidak pernah menunjukkan gejala. Tapi umumnya, menunjukkan gejala sesuai dengan lokasi dan bagian otak yang terserang kista.


Berikut gejala yang dapat muncul, antara lain :
Nyeri kepala
Mual muntah
Mengantuk
Kejang
Bentuk kepala tidak proporsional
Gangguan tumbuh kembang
Hidrosefalus akibat pembuntuan aliran cairan otak
Gangguan penglihatan

Cara Mendiagnosis Kista Arachnoid
Kista arachnoid didiagnosis dengan CT Scan atau MRI (Magnetic Resonance Imaging). Beberapa kista arachnoid yang tanpa gejala dapat terkadang terdiagnosis secara tidak sengaja karena yang bersangkutan menderita penyakit lain, misalnya dilakukan CT scan kepala karena cidera kepala dan ternyata diketahui menmpunyai kista di kepalanya.

Teknik Operasi Pada Kista Arachnoid Ada Beberapa Yaitu:
pertama dengan memasang saluran drainase cairan kista ke tempat lain seperti ke ruang peritoneal (daerah perut) atau ke ruang subdural (lapisan otak), namun drainase ini akan dipasang terus menerus.
Kedua, dengan membuat lubang yang menuju kista kemudian cairan dihisap, namun dapat terjadi rekurensi/pengisian kembali cairan di dalam kantung kista.

Ketiga, dengan kraniotomi (membuka tulang kranium/otak) dan mengangkat kista beserta isinya, hal ini pun dapat terjadi komplikasi.


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}