Home » , , » MANFAAT BUNGA KOREJAT

MANFAAT BUNGA KOREJAT

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom: Plantae (Tumbuhan) 
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) 
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) 
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) 
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) 
Sub Kelas: Asteridae 
Ordo: Campanulales 
Famili: Campanulaceae 
Genus: Isotoma 
Spesies: Isotoma longiflora


Secara fisik, tanaman dari famili Campanulaceae yang berasal dari Hindia Barat ini, memiliki ciri-ciri daun hijau tua dengan ujung bergerigi. Umumnya daun tanaman korejat memiliki panjang 5-17 cm dan lebar daun 2-3 cm.

Korejat juga memiliki bunga tunggal yang berdiri tegak berwarna putih cerah dan pada mahkotanya membentuk seperti bintang. Ini alasan sebagian orang menyebut Isotoma longiflora sebagai tanaman bunga bintang.
Korejat memiliki beberapa kandungan senyawa alkaloid seperti lobiline, lobelamine dan isotamine. Adapun kandungan senyawa alkaloid yaitu senyawa basa bernitrogen seperti halnya oksigen atupun nitrogen, efeknya tumbuhan ini memiliki rasa pahit, getir saat kita merasakanya menggunakan lidah.
Senyawa lobelin adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam alkaloid, yang berguna sebagai pelarut dalam berbagai macam zat kimia. Sedangkan senyawa isotamine berfungsi untuk menghentikan perkembangan bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.
Namun menurut para peneliti dan pakar tumbuhan berpendapat, walaupun memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia, tumbuhan ini tidak baik jika sering dikonsumsi, karena memiliki zat beracun yang berlebih. Sehingga dapat menyebabkan hal yang tidak baik bagi pengkonsumsi bunga korejat itu sendiri.
Saat ini umumnya masyarakat masih memanfaatkan tumbuhan ini sebagai penganti obat tetes mata, karena dipercayai bisa menyembuhkan penyakit mata yang cukup berbahaya, salah satunya katarak. Selain menjadi obat tetes mata ternyata tumbuhan satu ini memiliki manfaat yang tidak kalah dengan tumbuhan lain, yaitu sebagai obat luka, diabetes dan bahkan asma.


Manfaat Bunga Korejat


Bunga korejat dapat menyembuhkan luka, dengan cara daun secukupnya dicuci bersih kemudian ditumbuk halus, tempelkan pada luka dan balut dengan kain bersih, dan diganti sebanyak 2-3 kali sehari.



Manfaat dari tanaman ini juga dapat menyembuhkan asma, bronchitis dan radang tenggorokan, dengan cara 3 lembar bunga dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas air, biarkan dingin lalu diminum. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi dan sore.



Bunga korejat juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit gigi, yaitu dengan cara petik 2 lembar bunga korejat dicuci hingga bersih dan ditumbuk halus, kemudian ditempelkan pada gigi yang sakit.



Penyakit seperti katarak juga dapat disembuhkan oleh kolejat ini, 1 lembar bunga yang sudah bersih ditambah 5 sendok makan air bersih, kemudian bunga ditekan-tekan dengan sendok, lalu buang bunganya. Kemudian teteskan airnya pada mata 1 hingga 3 tetes, lalu pejamkan sejenak, sesekali bekedip, diamkan hingga 5 sampai 10 menit. Kemudian kotoran mata dibersihkan menggunakan sapu tangan atau tissue halus.



Diabetes, kolesterol dapat disembuhkan dengan cara semua bagian tanaman korejat direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, saring rebusan air, lalu diminum.



Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat kanker, 3 lembar bunga dan daun berikut batangnya, di rebus dengan 5 gelas air hingga menjadi 1 hingga 3 gelas dengan api kecil. Kemudian air rebusan di minum 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :





/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}