Home » » PENTINGNYA MENJAGA LISAN - BELAJAR BERKATA YANG BAIK

PENTINGNYA MENJAGA LISAN - BELAJAR BERKATA YANG BAIK


Menjaga lisan adalah lebih baik daripada mengeluarkan perkataan yag menyakitkan. Lisan adalah sarana kita berkomunikasi dengan orang lain, jika perkataan kita baik maka baik pula pandangan orang kepada kita. Namun jika kita mengatakan hal yang buruk, maka buruklah pandangan orang lain kepada kita. Perktaan / lisan adalah cerminan dari hati.
Belajarlah untuk menjaga lisan kita untuk kenyamanan seseorang di lingkungan sekitar kita. Sadar atau tidak lisan ternyata benar lebih tajam daripada pedang.
Dampak berkata buruk terhadap seseorang dapat menimbulkan perpecahan dan menumbuhkan permusuhan. Sadar atau tidak jika anda mengejek seseorang karena fisik nya maka dampak negative yang anda timbulkan adalah:
Perasaan sedih terhadap orang tersebut
Sakit hati
Turunnya rasa percaya diri
Depresi

Sadar atau tidak anda telah menghancurkan suasana hatinya, jika memang ada yang bisa dan harus di sampaikan sebagai keritikan, maka sampaikanlah dengan benar dan sopan. Karena kualitas pendidikan seseoarang di lihat dari perkataannya.
Lisan kita kadang tidak sadar mengatakan hal yang kotor dan hina yang membuat si korban merasa tersudut dan tak berarti, misalnya kita menghakiminya dengan mengatakan hal yang kotor karena perbuatan nya yang telah lalu. Mungkin si Korban yang kita hina tengah memperbaiki diri dan melakukan yang terbaik untuk menutupi masa lalu nya/perbuatannya. Boleh jadi kita yang menghina dan memperolok-olok lebih hina di bandingkan orang yang sedang memperbaiki diri.
Mencela atau menghina juga tidak di anjurkan oleh agama, sikap mencela adalah merasa diri lebih baik dan menghina orang yang kita anggap buruk adalah sifat kesombongan yang tertanam dalam dirinya. Berarti ada penyakit hati yang segera di atasi.

Sebaik-baiknya orang adalah yang mampu menahan emosi dan mampu menjaga hati seseorang, mengeluarkan perkataan yang tidak baik akan menimbulkan dosa besar dan tidak di benarkan. Diam memang lebih baik daripada memaki atau mengatakan hal yang dapat menimbulkan perasaan sakit terhadap orang lain. Jadilah pribadi yang terpelajar yang mengeluarkan kata-kata yang mengandung makna dan bermanfaat. Mulai lah menjaga lisan anda, untuk kebaikan anda sendiri.

“Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim.” (Al-Qur’an [49:11])


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}