Secara
umum, langkah-langkah kegiatan penilaian hasil belajar yang dilakukan Guru
meliputi: (1) Perencanaan penilaian dan pengembangan perangkat, (2) Pelaksanaan
penilaian atau pengujian, (3) Penyekoran, (4) Pelaporan, dan (5) Pemanfaatan
hasil penilaian. Salah satu kegiatan yang dilakukan Guru dalam perencanaan
penilaian dan pengembangan perangkat adalah penulisan soal tes.
1. Penulisan Tes
Guru
harus memiliki pemahaman dan keterampilan untuk mengembangkan atau menulis
instrumen penilaian, termasuk tes. Penulisan tes hendaknya dilakukan secara
sistematis sesuai kaidah penulisan tes yang baik, yaitu melalui
langkah-langkah: (a) Perumusan tujuan tes, (b) Penentuan bentuk pelaksanaan
tes, (c) Penyusunan kisi-kisi tes, (d) Penulisan butir soal, (e) Penelaahan
butir soal, (f) Uji coba/analisis, (g) Perakitan soal/perangkat tes. Setelah
perakitan soal tes tersebut selesai dilakukan, maka perangkat tes siap
digunakan untuk pelaksanaan tes.
a. Merumuskan Tujuan Tes
Perumusan
tujuan tes harus dilakukan dengan memperhatikan untuk apa tes tersebut disusun.
Tes hasil belajar disusun umumnya digunakan untuk penempatan, diagnostik,
perkembangan hasil belajar, dan tujuan lainnya. Dalam konteks pembelajaran yang
dilakukan Guru di kelas atau laboratorium, perumusan tujuan tes mengacu pada
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun. Di dalam RPP umumnya
telah tercantum tujuan pembelajaran, materi-materi sesuai Kompetensi Dasar (KD)
yang akan diajarkan, dan indikator ketercapain KD.
b. Menentukan
Bentuk Pelaksanaan Tes
Berdasarkan
tujuan tes, langkah selanjutnya adalah menetapkan bentuk pelaksanaan tes.
Secara umum tes dapat diklasifikasikan kedalam bentuk tes penampilan atau tes
unjuk kerja, tes lisan, dan tes tertulis. Tes tertulis dapat dikelompokkan
menjadi dua, yaitu tes bentuk uraian, dan tes bentuk objektif. Guru dalam
menentukan bentuk tes harus mempertimbangkan tujuan tes, kesesuaian dengan KD
atau karakteristik materi yang diujikan, peserta didik, fasilitas pendukung,
dan berbagai hak terkait lainnya.
Kisi-kisi
adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan
pedoman dalam menulis atau merakit soal. Kisi-kisi tes hendaknya memenuhi
persyaratan berikut: (1) mewakili isi kurikulum yang akan diujikan, (2)
komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami, dan (3) indikator soal
harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah
ditetapkan.
Langkah-langkah
utama dalam menyusun kisi-kisi adalah sebagai berikut: (a) menentukan
Kompetensi (KD) yang akan diukur; (b) memilih materi esensial yang
representatif; dan (c) merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan
memperhatikan materi.
1)
Kompetensi
Dasar
Kompetensi Dasar merupakan kemampuan
minimal yang harus dikuasai peserta didik setelah mempelajari materi pelajaran
tertentu. KD ini diambil dari kurikulum yang digunakan sekolah.
2)
Materi
Materi merupakan materi esensial yang
harus dikuasai peserta didik berdasarkan KD yang akan diukur. Kriteria
pemilihan materi esensial antara lain: (a) materi yang sudah dipelajari
sebelumnya, (b) penting dan harus dikuasai peserta didik, (c) sering diperlukan
untuk mempelajari mata pelajaran lain, (d) berkesinambungan pada semua jenjang
kelas, dan (e) memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
3)
Indikator
Indikator
dijadikan acuan dalam membuat soal. Di dalam indikator tergambar kompetensi
yang harus dicapai dalam KD. Kriteria
perumusan indikator: (a) memuat ciri-ciri KD yang akan diukur, (b) memuat kata
kerja operasional yang dapat diukur, (c) berkaitan dengan materi/konsep yang
dipilih, (d) dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah
ditetapkan. Komponen-komponen indikator soal yang perlu diperhatikan adalah
subjek, perilaku yang akan diukur, dan kondisi/konteks/stimulus.
Berikut merupakan salah satu contoh kisi-kisi
penulisan soal (Direktorat Pembinaan SMP Kemdikbud, 2017).
|
KISI-KISI PENULISAN SOAL
|
Jenjang
Pendidikan
|
: SMP/MTs
|
Mata Pelajaran
|
: PPKn
|
Kurikulum
|
: 2013
|
Kelas
|
: VIII
|
Jumlah Soal
|
: 3
|
Bentuk Soal
|
: 2 PilihanGanda (PG) + 1
Uraian
|
No.
|
Kompetensi
|
Kelas
|
Materi
|
Indikator soal
|
Level
|
No
|
Bentuk
|
|
|
Dasar
|
|
|
|
kognitif
|
Soal
|
Soal
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
3.1 Menelaah
|
VIII
|
Pancasila
|
Disajikan
kasus
|
Penerapan
|
1
|
PG
|
|
|
Pancasila
|
|
sebagai dasar
|
pelanggaran HAM,
|
(L2)
|
|
|
|
|
sebagai dasar
|
|
negara dan
|
peserta didik dapat
|
|
|
|
|
|
negara dan
|
|
pandangan
|
menentukan sikap
|
|
|
|
|
|
pandangan
|
|
hidup bangsa
|
yang sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
hidup bangsa
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Pancasila.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4 Menga-
|
VIII
|
Makna dan
|
Peserta didik
dapat
|
Penerapan
|
2
|
PG
|
|
|
nalisa makna
|
|
arti
|
menunjukkan
|
(L2)
|
|
|
|
|
dan arti
|
|
Kebangkitan
|
pilihan tindakan
|
|
|
|
|
|
Kebangkitan
|
|
nasional 1908
|
dalam bidang
|
|
|
|
|
|
nasional 1908
|
|
dalam perju-
|
politik sesuai
|
|
|
|
|
|
dalam
|
|
angan kemer-
|
|
|
|
|
|
|
|
makna Kebangkitan
|
|
|
|
|
||
|
perjuangan
|
|
dekaan
|
|
|
|
|
|
|
|
Nasional 1908..
|
|
|
|
|
||
|
kemerdekaan
|
|
Republik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Republik
|
|
Indonsia
|
|
|
|
|
|
|
Indonsia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan teks
|
Penalaran
|
3
|
Uraian
|
|
|
|
|
|
kasus
|
(L3)
|
|
|
|
|
|
|
|
keterbelakangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pendidikan di suatu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
daerah di
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indonesia, peserta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
didik dapat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
memprediksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
alternatif tindakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
yang dapat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
digunakan sebagai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
solusi sesuai makna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kebangkitan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nasional 1908.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1). Soal Tes
Uraian
Tes
bentuk uraian dapat dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu soal uraian bebas, dan
soal uraian terbatas (terstruktur). Tes bentuk uraian bebas memberi kebebasan
kepada peserta tes untuk memberikan jawaban selengkap mungkin. Pada tes bentuk
uraian terbatas, jawaban yang diberikan peserta tes dibatasi berdasarkan
aspek-aspek khusus dari mata pelajaran yang diujikan. Di samping itu, bentuk
soal uraian dapat dibedakan menjadi soal uraian objektif dan uraian non
objektif. Soal bentuk uraian objektif adalah rumusan soal atau pertanyaan yang
menuntut sehimpunan jawaban dengan konsep tertentu, dan dapat diidentifikasi
kata-kata kunci jawabannya, sehingga penskorannya dapat dilakukan secara
objektif. Soal bentuk uraian non-objektif adalah rumusan soal yang menuntut sehimpunan
jawaban berupa konsep menurut pendapat masing-masing siswa. Penskorannya sukar
dilakukan secara objektif, dan sulit diidentifikasi kata-kata kunci jawabannya,
sehingga skor diberikan dalam bentuk rentang yang sifatnya holistik.
Pada
tahap menulis butir soal tes, kita menulis soal berdasarkan indikator-indikator
yang ada pada kisi-kisi soal. Setiap indikator soal dapat dituangkan menjadi
satu atau lebih butir soal sesuai dengan tuntutan indikator. Kaidah-kaidah
penyusunan soal tes uraian antara lain: Soal harus sesuai dengan indikator;
Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan (ruang lingkup) harus jelas; Isi
materi sesuai dengan petunjuk pengukuran; Isi materi yang ditanyakan sudah
sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, atau tingkat kelas; Rumusan kalimat soal
atau pertanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut
jawaban terurai: seperti mengapa, uraikan, jelaskan, bandingkan, hubungkan,
tafsirkan, buktikan, hitunglah; tabel, gambar, grafik, peta, atau yang
sejenisnya harus disajikan dengan jelas dan terbaca, sehingga tidak menimbulkan
penafsiran yang berbeda dan juga harus bermakna; Rumusan butir soal menggunakan
bahasa sederhana dan komunikatif; Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang
dapat menyinggung perasaan peserta didik atau kelompok tertentu; Butir soal
menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Soal tes
uraian harus dilengkapi
dengan pedoman penskoran.
|
Pedoman penskoran
|
|
merupakan panduan
atau petunjuk yang
menjelaskan tentang
|
batasan atau kata-kata
|
|
kunci atau
konsep untuk melakukan penskoran terhadap soal-soal
|
bentuk uraian
|
objektif
|
dan
kemungkinan-kemungkinan jawaban yang diharapkan atau kriteria-kriteria
|
jawaban
|
yang digunakan untuk
melakukan penskoran terhadap soal-soal uraian non objektif. Pedoman penskoran
untuk setiap butir soal uraian harus disusun segera setelah penulisan soal.
Berikut ini merupakan contoh kisi-kisi soal uraian, dan pedoman
penskorannya (Direktorat Pembinaan SMP Kemdikbud, 2017).
|
|
Jenis Pendidikan
|
: SMP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
Mata Pelajaran
|
: PPKn
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
Kurikulum
|
: 2013
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
Bentuk soal
|
: Uraian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
Tahun Pelajaran
|
: 2017/2018
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi
|
|
|
Bahan/
|
|
|
Konten
|
|
|
Level
|
|
|
|
|
Nomor
|
|
|
|
No.
|
|
|
|
|
Kelas
|
|
|
|
|
|
Indikator Soal
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||
|
|
|
|
Dasar
|
|
|
Semester
|
|
|
/Materi
|
|
|
Kognitif
|
|
|
|
|
Soal
|
|
|
1
|
|
|
Menganalisis
|
|
|
VII/1
|
|
|
BPUPKI
|
|
|
2
|
|
Peserta
|
didik
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
proses
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dapat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
perumusan dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
menjelaskan
|
latar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
penetapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
belakang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pembentukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
sebagai Dasar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BPUPKI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Negara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Contoh Soal Uraian:
Tuliskan
3 (tiga) alasan Jepang mengijinkan pembentukan BPUPKI.
-
Contoh Pedoman Penskoran Soal Uraian
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
|
Soal
|
|
|
|
1
|
Jepang
mengalami kekalahan perang di wilayah Asia Pasifik.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
Pembentukan
BPUPKI diperbolehkan dengan tujuan rakyat
|
2
|
|
|
Indonesia
membantu Jepang dalam perang dunia ke-2.
|
|
|
|
Desakan kaum
pergerakan Indonesia untuk mempersiapkan
|
1
|
|
|
kemerdekaan
Indonesia.
|
|
|
|
Skor Maksimum
|
4
|
|
2
|
……………………………………………………………….
|
|
|
|
Skor Maksimum
|
|
|
…
|
……………………………………………………………….
|
|
|
|
……………………………………………………………….
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Maksimum
|
|
|
Total Skor
|
Maksimum
|
|
|
|
|
|
|
(a) Bentuk Soal
Pilihan Ganda
Tes
bentuk pilihan ganda merupakan jenis tes yang paling banyak digunakan. Soal
pilihan ganda adalah soal yang jawabannya harus dipilih dari beberapa
kemungkinan jawaban yang telah disediakan. Butir soal ini memiliki alternative
jawaban lebih dari dua. Umumnya alternative jawabannya 4 (empat) atau 5 (lima).
Soal pilihan ganda terdiri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option).
Pokok soal memuat masalah atau materi atau kemampuan yang akan diukur atau
ditanyakan kepada peserta tes. Pilihan jawaban terdiri atas kunci jawaban dan
pengecoh (distractor) yang berhubungan dengan materi yang diukur atau
ditanyakan.
(b) Bentuk Soal
Benar Salah
Bentuk
soal ini menuntut peserta didik (peserta tes) untuk memilih dua ke mungkinan
jawaban. Bentuk kemungkinan jawaban yang sering digunakan adalah “Benar dan
Salah” atau “Ya dan Tidak”. Peserta tes diminta untuk memilih jawaban benar
atau salah untuk pernyataan yang disajikan.
(c) Bentuk Soal
Menjodohkan
Bentuk
soal menjodohkan terdiri dari dua kelompok pernyataan. Kelompok pertama ditulis
pada lajur sebelah kiri, biasanya merupakan pernyataan soal atau pernyataan
stimulus. Kelompok kedua ditulis pada lajur sebelah kanan, biasanya merupakan
pernyataan jawaban atau pernyataan respon. Peserta tes diminta untuk
menjodohkan atau memilih pasangan yang tepat bagi pernyataan yang ditulis pada
lajur sebelah kiri di antara pernyataan yang ditulis pada lajur sebelah kanan.
Dalam
menyusun soal bentuk menjodohkan terdapat kaidah penulisan yang harus
diperhatikan yaitu: menuliskan seluruh pernyataan dalan lajur kiri maupun kanan
dengan materi sejenis; pernyataan jawaban lebih banyak dari pernyataan soal;
menyusun jawaban yang berbentuk angka secara berurutan dari besar ke kecil atau
sebaliknya; dan menuliskan petunjuk mengerjakan tes yang jelas dan mudah
dipahami.
e. Menelaah Butir Soal
Butir-butir
soal yang sudah ditulis harus ditelaah terlebih dulu sebelum digunakan. Hal ini
perlu dilakukan untuk melihat sejauhmana kualitas soal ditinjau dari substansi
materi, konstruksi, dan bahasa yang digunakan. Telaah aspek materi berkaitan
dengan kesesuaian materi soal dengan indikator kompetensi. Telaah aspek
konstruksi berkaitan dengan
kesesuaian
format penulisan soal dengan kaidah-kaidah penulisan soal yang baik. Telaah
aspek bahasa berkaitan dengan ketepatan penggunaan bahasa sehingga mudah
dimengerti.
f. Uji coba dan
analisis
Perangkat
soal yang sudah ditelaah secara teoritis perlu juga ditelaah secara empiris.
Untuk telaah empiris diperlukan data-data dari lapangan. Oleh karena itu,
perangkat soal yang sudah ditelaah secara teoritis perlu dilakukan uji coba
untuk mendapatkan data dari lapangan. Berdasarkan analisis data lapangan dapat
dilakukan koreksi dan revisi butir-butir soal yang tidak memenuhi persyaratan.
Di samping itu, berdasarkan analisis data lapangan juga dapat diketahui
seberapa jauh tingkat kualitas soal terutama menyangkut masalah tingkat
kesukaran, daya beda, keberfungsian pengecoh, validitas, dan reliabilitas.
g. Merakit
Perangkat Tes
Butir-butir
soal yang sudah memenuhi persyaratan selanjutnya dirakit menjadi satu perangkat
tes. Dalam perakitan perangkat tes perlu memperhatikan identitas soal, petunjuk
pengerjaan, urutan nomor soal, pengelompokkan bentuk-bentuk soal, dan tata
letak penulisan.
Rangkuman
Penulisan
tes hasil belajar hendaknya dilakukan secara sistematis sesuai kaidah penulisan
tes yang baik, yaitu melalui langkah-langkah: (a) Perumusan tujuan tes, (b)
Penentuan bentuk pelaksanaan tes, (c) Penyusunan kisi-kisi tes, (d) Penulisan
butir soal, (e) Penelaahan butir soal, (f) Uji coba/analisis, (g) Perakitan
soal/perangkat tes. Setelah perakitan soal tes tersebut selesai dilakukan, maka
perangkat tes siap digunakan untuk pelaksanaan tes.
Perumusan
tujuan tes harus dilakukan dengan memperhatikan untuk apa tes tersebut disusun.
Tes hasil belajar disusun umumnya digunakan untuk penempatan, diagnostik,
perkembangan hasil belajar, dan tujuan lainnya. Berdasarkan tujuan tes, langkah
selanjutnya adalah menetapkan bentuk pelaksanaan tes, misalnya tes tertulis
bentuk uraian. Langkah-langkah menyusun kisi-kisi: (a) menentukan Kompetensi
(KD) yang akan diukur; (b) memilih materi esensial yang representatif; dan (c)
merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi.
Kaidah-kaidah
penyusunan soal tes uraian antara lain: Soal harus sesuai dengan indikator; Isi
materi yang ditanyakan sudah sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, atau tingkat
kelas; Rumusan kalimat soal atau pertanyaan harus menggunakan kata tanya atau
perintah yang menuntut jawaban terurai; Tabel, gambar, atau yang sejenisnya
harus disajikan dengan jelas
dan
terbaca, sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda dan juga harus
bermakna; Rumusan butir soal menggunakan bahasa sederhana dan komunikatif. Soal
tes hendaknya memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas,
0 komentar:
Post a Comment