1.
Pengertian
Penilaian Otentik
Penilaian
otentik adalah merupakan salah satu bentuk penilaian hasil belajar peserta
didik yang didasarkan atas kemampuannya menerapkan ilmu pengetahuan yang
dimiliki dalam kehidupan yang nyata di sekitarnya. Makna otentik adalah kondisi
yang sesungguhnya berkaitan dengan kemampuan peserta didik. Dalam kaitan ini,
peserta didik dilibatkan secara aktif dan realisitis dalam menilai kemampuan
atau prestasi mereka sendiri. Dengan demikian, pada penilaian otentik lebih
ditekankan pada proses belajar yang disesuaikan dengan situasi dan keadaan
sebenarnya, baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas. Pada penilaian
otentik, peserta didik diarahkan untuk melakukan sesuatu dan bukan sekedar
hanya mengetahui sesuatu, disesuaikan dengan kompetensi mata pelajaran yang diajarkan.
Di samping itu, pada penilaian otentik, penilaian hasil belajar peserta didik
tidak hanya difokuskan pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan
psikomotorik.
2. Model
–model penilaian Otentik
A.
Penilaian Unjuk Kerja / Kinerja
Penilaian kinerja atau
unjuk kerja adalah bentuk penilaian yang digunakan untuk mengukur status
kemampuan belajar peserta didik
berdasarkan hasil kerja dari suatu tugas
Penilaian
kinerja dilakukan berdasarkan tuntutan KD, dan dapat dilakukan untuk satu atau
beberapa KD. Pada penilaian unjuk kerja
ini peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajanya dengan maksud supaya peserta didik mengaplikasikan
pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.
Contoh
RUBRIK PENSEKORAN
NO
|
NAMA
SISWA
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
PEDOMAN PENILAIAN
No Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
1)
Menjelaskan
pengertian berita dengan tepat
2)
Menjelaskan
pengertian berita cukup tepat
3)
Menjelaskan
pengertian berita kurang tepat
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
3
|
2.
|
a) Menuliskan 6 jawaban unsur teks berita
b) Menuliskan 3-5 jawaban unsur teks berita
c) Menuliskan < 3 jawaban unsur teks berita
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
3
|
3.
|
a) Menuliskan
5 jawaban karakteristik teks berita
b) Menuliskan 3-4 jawaban karakteristik teks berita
c) Menuliskan <3 jawaban
karakteristik teks berita
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
3
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
9
|
Nilai yang di peroleh x100
Skor Maksimal
B. Penilaian proyek
Penilan yang wujudkan dalam
bentuk pemberian tugas kepada peserta didik secara berkelompok, sehingga
dipokuskan pada penilaian terhadap tugas belajar yang harus diselesaikan oleh
peserta didik dalam periode/ waktu tertentu. Penilaian proyek adalah penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan
untuk mengukur kemampuan peserrta didik menghasilkan karya teretentu yang
dilakukan secara berkelompok. Dengan penilaian proyek ini guru dapat memperoleh informasi berkaitan
dengan kemampuan peserta didik dalam pengetahuan, pemahaman aplikasi sintesis
informasi atau data sampai dengan
pemaknaan atau penyimpulan
C. Penilaian Diri
Penilaian diri adalah suatu teknik
penilaian dimana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan
dengan proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang diperolehnya dalam
pelajaran tertentu. Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu.
Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
100
|
|
350
|
875
|
SB
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
100
|
|
|||
4
|
Saya ikut serta dalam membuat laporan
kelompok hasil diskusi
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,50
4. Kode nilai / predikat :
76,00 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
51,00 – 75,00 = Baik (B)
26,00 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
D.
Penilaian antar
teman
Adalah teknik
penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai temannya
terkait dengan pencapaian
kompetensi, sikap, dan prilaku keseharian peserta
didik.Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk
menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian
teman
sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau
menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan
solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah
saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (350 : 400) x 100 = 87,50
4. Kode nilai / predikat :
76,00 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
51,00 – 75,00 = Baik (B)
26,00 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
Simpulan Hasil
penilaian antarteman perlu ditindaklanjuti oleh guru dengan memberikan bantuan
fasilitasi terhadap siswa yang belum menunjukkan sikap yang diharapkan.
E.
Penilaian jurnal merupakan rekaman tertulis tentang
apa yang dilakukan peserta didik berkaitan dengan apa yang telah
dipelajari, dapat digunakan untuk
merekam atau meringkas aspek-aspek yang berhubungan dengan topik-topik kunci
yang dipelajari. Jurnal merupakan
tulisan yang dibuat peserta didik untuk menunjukan segala sesuatu yang telah
dipelajari atau di peroleh dalam proses
pembelajaran jadi jurnal dapat diartikan sebagai cacatan pribadi siswa tentang materi yang
disampaikan oleh guru di kelas maupun kondisi proses pembelajaran di kelas
Nama Satuan Pendidikan :………………………..
Tahun Pelajaran :………………………..
Kelas/Semester : ………………………..
Mata Pelajaran :
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir Sikap
|
TTD
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
Adi
|
Meninggalkan
laboratorium tanpa membersihkan meja dan alat yang sudah dipakai
|
Tanggung Jawab
|
-
|
Dipanggil
untuk membersihkan meja dan alat yang digunakan
|
F. Penilaian tertulis adalah penilaian yang berbentuk uraian atau essay
yang menentut peserta didik mampu mengingat memahami, mengorganisasikan,
menerapkan, menganalisi, mensintesis, mengevaluasi, dan sebagainya atas materi
yang telah di pelajari, penilaian ini mampu menggambarkan ranah sikap,
pengetahuan, dan keterampilan peserta didik, dalam menyusun instrumen penilaian
tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal seperti kesesuaian soal dengan indikator
pada kurikulum, konstrukso soal atau pertanyaan yang harus jelas dan tegas, dan
bahasa yang digunakan tidak menimbulkan penafsiran ganda
Contoh
Instrumen Penilaian :
1.
Ciri
umum apa yang
terdapat pada teks di atas sehingga kamu mengelompokkan sebagai teks prosedur?
2.
Apakah teks tersebut dapat disebut jenis teks prosedur? Tunjukkan alasanmu!
3.
Daftarkanlah kalimat perintah dan kalimat saran
teks prosedur tersebut!
Penilaian
pengetahuan
No
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Jawaban sesuai
|
3
|
2
|
Jawaban kurang sesuai
|
2
|
3
|
Jawaban tidak sesuai
|
1
|
Nilai = total skor perolehan x 100
total skor maksimum
G. Penilaian Fortofolio
Merupakan penilaian yang
dikenakan pada sekumpulan karya pesertadidik yang di ambil selama proses
pembelajaran dalam kurun waktu tertentu, karya karya ini di susun secara
sistematis dan terorganisir, dilakukan secara bersama antara peserta didik dan
guru. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan fakta-fakta peserta didik dan proses
bagaimana fakta-fakta tersebut diperoleh sebagai salahsatu bukti bahwa peserta
didik telah memiki kompetensi dasar dan indikator hasil belajar sesuai dengan
telah ditetapkan
0 komentar:
Post a Comment