1. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA
SMP/MTs
KELAS: VII
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual, yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.1
|
Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana
pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
4.1
|
Menjelaskan isi teks deskripsi objek (tempat wisata,
tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar
dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
|
3.2
|
Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi
tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
4.2
|
Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas
seni daerah)
secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara
lisan maupun tulis
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.3
|
Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita
imajinasi) yang dibaca dan didengar
|
4.3
|
Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan,
tulis, dan visual
|
3.4
|
Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita
imajinasi) yang dibaca dan didengar
|
4.4
|
Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita
imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan
bahasa, atau
aspek lisan
|
3.5
|
Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah,
cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai
sumber yang dibaca dan
didengar
|
4.5
|
Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan
alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner
khas daerah) yang dibaca dan didengar
|
3.6
|
Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai
sumber yang dibaca
dan didengar
|
4.6
|
Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk
teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara
membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan,
dan isi secara
lisan dan tulis
|
3.7
|
Mengidentifikasi informasi
dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca
atau diperdengarkan
|
4.7
|
Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi berupa
buku pengetahuan yang dibaca dan
didengar
|
3.8
|
Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan
hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
4.8
|
Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi
yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
|
3.9
|
Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
|
4.9
|
Membuat peta pikiran/sinopsis
tentang isi buku nonfiksi/buku
fiksi yang dibaca
|
3.10 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku
fiksi dan nonfiksi
|
4.10 Menyajikan tanggapan secaralisan,
tulis, dan visualterhadap isi
buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
|
||
3.11 Mengidentifikasi informasi (kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau permohonan)
dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
|
4.11 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau
permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
|
||
3.12 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari
surat pribadi dan surat dinas yang dibaca
dan
didengar
|
4.12 Menulis surat (pribadi dan
dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks,
kebahasaan, dan isi
|
||
3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan,
rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat
setempat) yang dibaca
dan didengar
|
4.13 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun,
syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
dan lisan
|
||
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi
rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang
dibaca dan didengar
|
4.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair,
dan bentuk puisi rakyat setempat) yang
dibaca dan didengar
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.15 Mengidentifikasi informasi tentang
fabel/legenda daerah setempat
yang dibaca dan didengar
|
4.15 Menceritakan kembali isi cerita
fabel/legenda daerah setempat
yang dibaca/didengar
|
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan
fabel/legenda daerah
setempat yang dibaca dan
didengar
|
4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah
setempat yang dibaca dan
didengar
|
KELAS: VIII
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual, yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi)
yang didengar dan
dibaca
|
4.1
|
Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan
memotivasi) yang dibaca dan didengar
|
|
3.2
|
Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
4.2
|
Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek
lisan (lafal, intonasi, mimik,
dan kinesik)
|
3.3
|
Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau
poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar
|
4.3
|
Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster
(membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.4
|
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks
iklan, slogan, atau poster
(yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan
didengar
|
4.4
|
Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk
iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis
|
3.5
|
Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa
artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang
didengar dan dibaca
|
4.5
|
Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah
populer dari koran dan majalah) yang didengar dan
dibaca
|
3.6
|
Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan
aspek lisandalamteks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau
dibaca
|
4.6
|
Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks
eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, dan aspek lisan
|
3.7
|
Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi
yang
diperdengarkan atau dibaca
|
4.7
|
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks
puisi
yang diperdengarkan atau
dibaca
|
3.8
|
Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi
(perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
4.8
|
Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam
bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur
pembangun puisi
|
3.9
|
Mengidentifikasi informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang
diperdengarkan
atau dibaca
|
4.9
|
Meringkas isi teks eksplanasi yang
berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam
sumber
yang didengar dan dibaca
|
3.10 Menelaah teks ekplanasi berupa paparan
kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.10 Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi
proses terjadinya suatu
fenomena secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek
lisan
|
||
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks
ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan
karya seni daerah) yang dibaca
atau diperdengarkan
|
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
|
||
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks
ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan
dan dibaca
|
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas
karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks
ulasan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek
lisan
|
||
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan,
arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan
aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang
didengar dan dibaca
|
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang
berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks
persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai
permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) dari berbagai sumber yang
didengar dan dibaca
|
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan
pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur,
kebahasaan, atau aspek lisan
|
3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama
(tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk
pentas atau naskah
|
4.15 Menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca
dan ditonton/didengar
|
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah
kebahasaan dalam teks
drama yang berbentuk naskah
atau pentas
|
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk
pentas atau naskah
|
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari
buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
|
4.17 Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
|
3.18 Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
|
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
secara lisan/tertulis
|
KELAS:
IX
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual, yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.1
|
Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan
yang dibaca dan didengar (percobaan
sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
|
4.1
|
Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil
dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
|
3.2
|
Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan
percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat
berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
|
4.2
|
Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil
dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan, dan aspek lisan
|
3.3
|
Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan
atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar
dan dibaca
|
4.3
|
Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan,
atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) yang didengar dan/atau dibaca
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.4
|
Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato
persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
|
4.4
|
Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam
pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara
lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan.
|
3.5
|
Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam
teks cerita pendek yang dibaca
atau didengar
|
4.5
|
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra
dengan bukti yang mendukung dari cerita
pendek yang dibaca atau
didengar
|
3.6
|
Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek
yang dibaca atau didengar
|
4.6
|
Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk
cerita pendek dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan
|
3.7
|
Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan,
atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
|
4.7
|
Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik,
sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
|
3.8
|
Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa
kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau
dibaca
|
4.8
|
Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam
bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan
|
3.9
|
Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa
pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
|
4 .9 Menyimpulkan
isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi
atas permasalahan aktual
dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca
|
|
3.10 Menelaah pendapat dan argumen yang
mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan
aktual yang dibaca dan didengar
|
4.10 Menyajikan gagasan/pendapat, argumen yang
mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks
diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan,
dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan)
|
||
3.11 Mengidentifikasi isi ungkapan simpati,
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang
dibaca dan didengar
|
4.11 Menyimpulkan isi ungkapan simpati,
kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif yang
dibaca dan
didengar
|
||
3.12 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi
teks cerita inspiratif
|
4.12 Mengungkapkan rasa simpati, empati, kepedulian, dan perasaan
dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur
cerita dan aspek kebahasaan
|
||
3.13 Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi
dan nonfiksi
|
4.13 Membuat peta konsep/garis alur dari buku
fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
|
||
3.14 Menelaah hubungan antara unsur- unsur
buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
|
4.14 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
|
4.15 Membuat peta pikiran/ rangkuman
alur tentang isi buku nonfiksi/
buku fiksi yang dibaca
|
3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku
fiksi dan nonfiksi
|
4.16 Menyajikan tanggapan terhadap isi
buku fiksi nonfiksi yang dibaca
|
0 komentar:
Post a Comment