1. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA
SMA/MA/SMK/MAK (PEMINATAN)
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Rumusan kompetensi
pengetahuan dan kompetensi keterampilan dirumukan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menafsirkan informasidari suatu
tabel dan atau grafik dengan membaca intensif
|
4.1 Mengubah informasi dari bentuk tabel
dan atau grafik ke dalam bentuk uraian secara lisan atau tertulis
|
3.2 Menerangkan informasi teks naratif
objektif tentang riwayat tokoh (sastra dan bahasa) dengan memperhatikan
hal-hal yang menarik dan perlu diteladani
|
4.2 Menyusun teks naratif objektif
tentang riwayat tokoh (sastra dan bahasa) dengan memperhatikan hal- hal yang
menarik dan patut diteladani secara tertulis
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.3 Menerangkan informasi tentang
kategori kata
|
4.3 Menggunakan berbagai kategori
kata dalam kalimat secara lisan atau
Tertulis
|
3.4 Menjelaskan proses morfologis
(afiksasi, pemajemukan, pengulangan, dan penyerapan) dalam kalimat
|
4.4 Memahami proses morfologis
(afiksasi, pemajemukan, pengulangan, dan penyerapan) dalam kalimat secara
lisan maupun tertulis
|
3.5 Mengidentifikasi jenis-jenis
frasa dan konstruksi frasa dalam kalimat
|
4.5 Menggunakan jenis-jenis
dan
konstruksi frasa dalam kalimat secara lisan dan tertulis
|
3.6 Membedakan jenis-jenis makna (makna
konotatif dan denotatif, makna gramatikal dan leksikal, makna kias dan lugas,
makna referensial dan makna nonreferensial, makna umum dan khusus, perubahan
dan pergeseran makna kata, serta hubungan makna kata)
|
4.6 Menggunakan jenis-jenis makna
(konotatif dan denotatif, gramatikal dan leksikal, kias dan lugas,
referensial dan nonreferensial, umum dan khusus, perubahan dan pergeseran
makna kata, serta hubungan makna kata) dalam kalimat baik secara lisan maupun
tertulis
|
3.7 Menafsirkan sastra Melayu Klasik
(hikayat) lisan atau tulis
|
4.7 Mengungkapkan kembali naskah sastra
Melayu Klasik (hikayat) secara lisan atau tulis
|
3.8 Menganalisis puisi bertema sosial,
budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi,
imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum)
dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)
|
4.8 Menulis puisi bertema sosial,
budaya, dankemanusiaandenganmemperhatika nstrukturfisik (tipografi, diksi, imaji, kata
konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan
strukturbatinpuisi (tema, feeling, nada, dan amanat)
|
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Rumusan kompetensi
pengetahuan dan kompetensi keterampilan dirumukan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengidentifikasi pendapat narasumber
dalam suatu debat yang bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
atau
humaniora
|
4.1 Berdebat dengan tema ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan atau humaniora
|
3.2 Menganalisis isi makalah bertema
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora yang dipresentasikan
|
4.2 Menyajikan makalah bertema ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora hasil pengamatan
(penelitian) secara lisan dan tertulis
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.3 Menganalisis berbagai jenis klausa
dalam teks ilmiah bertema pendidikan, lingkungan hidup, sosial, dan atau
budaya
|
4.3 Menyajikan laporan hasil analisis
jenis-jenis klausa dalam teks ilmiah bertema pendidikan, lingkungan hidup,
sosial, dan atau budaya secara
lisan dan tertulis
|
3.4 Mengidentifikasi berbagai jenis
kalimat (aktif dan pasif, transitif dan intransitif, verbal dan nominal,
tunggal dan majemuk, mayor dan minor, langsung dan tidak langsung, versi dan
inversi) dalam novel
|
4.4 Meringkas isi novel dengan
menggunakan berbagai jenis kalimat (aktif dan pasif, transitif dan
intransitif, verbal dan nominal, tunggal dan majemuk, mayor dan minor,
langsung dan tidak langsung,
versi dan inversi)
|
3.5 Mengidentifikasi berbagai genre sastra berdasarkan periodisasi
sastra Indonesia dari berbagai sumber
|
4.5 Menyajikan hasil identifikasi berbagai genre sastra berdasarkan
periodisasi
sastra Indonesia secara lisan
dan tertulis
|
3.6 Menganalisis nilai-nilai (budaya,
sosial, moral, agama, dan pendidikan) dalam dua atau lebih cerita pendek
|
4.6 Menyajikan hasil analisis
perbandingan nilai-nilai (budaya, sosial, moral, agama, dan pendidikan) dalam
dua atau lebih cerita pendek
secara lisan dan tertulis
|
3.7 Menganalisis nilai-nilai
(budaya,
sosial, moral, agama, dan
pendidikan) dalam novel
|
4.7 Mengungkapkan nilai-nilai
(budaya,
sosial, moral, agama, dan pendidikan) dalam novel secara
lisan dan tertulis
|
3.8 Mengevaluasi pementasan
drama
(langsung atau hasil rekaman)
|
4.8 Mementaskan naskah drama
|
KELAS: XII
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual, yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi
Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Rumusan kompetensi
pengetahuan dan kompetensi keterampilan dirumukan sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Merumuskan berbagai pendapat dalam
kegiatan seminar dan atau diskusi panel tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora
|
4.1 Mempresentasikan makalah rumusan berbagai
pendapat tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam seminar dan atau diskusi panel
|
3.2 Mengidentifikasi informasi
dalam laporan pelaksanaan kegiatan
sekolah atau lingkungan tempat
tinggal
|
4.2 Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan
sekolah atau lingkungan tempat tinggal
|
3.3 Menganalisis kohesi dan koherensi
dalam artikel ilmiah
|
4.3 Menyusun artikel ilmiah dengan memperhatikan kohesi dan
koherensi
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.4 Mengulas isi dan unsur kebahasaan
sebuah novel
|
4.4 Menyajikan
ulasan isi dan unsur kebahasaan sebuah novel dalam kegiatan bedah buku secara
lisan
dan tertulis
|
3.5 Mengidentifikasi kalimat
dalam
berbagai ragam bahasa
|
4.5 Menyajikan sebuah teks dengan
berbagai ragam bahasa
|
3.6 Menganalisis unsur fisik dan batin
puisi terjemahan
|
4.6 Mengalihwahanakan puisi terjemahan ke
dalam bentuk prosa
|
3.7 Menelaah naskah sastra Melayu Klasik
beraksara Arab-Melayu
|
4.7 Mengalihaksarakan teks sastra Melayu
klasik beraksara Arab-
Melayu ke dalam aksara Latin
|
3.8 Mengidentifikasi isi dan
unsur
sebuah buku nonfiksi
|
4.8 Menulis laporan tentang isi dan
unsur sebuah buku nonfiksi
|
0 komentar:
Post a Comment