1. KOMPETENSI INTI DAN KOMPTENSI DASAR ILMU PENGETAHUAN ALAM
SMP/MTs
KELAS: VII
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun
rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan
menggunakan satuan standar (baku)
|
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup
lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak
baku dan satuan baku
|
3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
|
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian
makhluk hidup dan benda di lingkungan
sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
|
3.3 Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan
senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat
larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
|
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan
kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme
menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
|
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
|
3.5 Menganalisis konsep energi,
berbagai sumber energi, dan perubahan
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
4.5 Menyajikan
hasil percobaan tentang
perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis
|
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari
tingkat sel sampai organisme dan komposisi
utama penyusun sel
|
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
|
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk
hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat
interaksi tersebut
|
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya
bagi ekosistem
|
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian
masalah pencemaran di lingkungannya
berdasarkan hasil pengamatan
|
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem
|
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan
masalah perubahan iklim
|
3.10 Menjelaskan lapisan bumi,
gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat,
dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya
|
4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan
resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat
terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di
daerahnya
|
3.11 Menganalisis sistem tata surya,
rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi
|
4.11 Menyajikan karya tentang dampak
rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan
atau penelusuran berbagai
sumber informasi
|
KELAS:VIII
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi yaitu, (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun
rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching),yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia,
dan upaya menjaga kesehatan
sistem gerak
|
4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta
upaya menjaga kesehatan sistem
gerak manusia
|
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya
pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
|
4.2 Menyajikan
hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap
gerak benda
|
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
|
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.4 Menganalisis keterkaitan
struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya,
|
4.4 Menyajikan karya dari
hasil penelusuran berbagai sumber
|
serta
teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
informasi tentang teknologi
yang
terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
|
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem
pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
|
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
|
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif
dalam
makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya
terhadap kesehatan
|
4.6 Membuat karya tulis tentang
dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi
kesehatan
|
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran
darah, serta upaya menjaga
kesehatan sistem peredaran
darah
|
4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis,
intensitas, atau durasi) pada frekuensi denyut jantung
|
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan
angkut pada tumbuhan
|
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan
zat cair pada kedalaman tertentu,
gaya apung, dan kapilaritas, misalnya
dalam batang tumbuhan
|
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami
gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan
sistem pernapasan
|
4.9 Menyajikan karya tentang
upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
|
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada
manusia dan memahami gangguan
pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan
sistem ekskresi
|
4.10 Membuat karya tentang sistem
ekskresi pada manusia dan
penerapannya dalam menjaga
kesehatan diri
|
3.11 Menganalisis konsep getaran,
gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran
manusia dan
sistem sonar pada hewan
|
4.11 Menyajikan hasil percobaan
tentang getaran, gelombang, dan bunyi
|
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya,
pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk
menjelaskan
proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip
kerja alat optik
|
4.12 Menyajikan hasil percobaan
tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
|
KELAS: IX
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi yaitu, (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun
rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan
pada sistem reproduksi dengan penerapan
pola hidup yang menunjang
kesehatan reproduksi
|
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi
dari berbagai sumber terkait kesehatan dan
upaya
pencegahan gangguan pada organ
reproduksi
|
3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan
dan hewan
|
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
3.3 Menerapkan konsep pewarisan
sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan
hewan hasil pemuliaan
|
3.4 Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan
sehari-hari, termasuk
kelistrikan
pada sistem saraf dan hewan
yang mengandung listrik
|
4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari
|
3.5 Menerapkan konsep rangkaian
listrik, energi dan daya
listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan
sehari-hari termasuk sumber energi listrik
alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi
listrik
|
4.5 Menyajikan hasil rancangan dan
pengukuran berbagai rangkaian listrik
|
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan
pemanfaatan medan magnet dalam
kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk
mencari makanan dan migrasi
|
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip
elektromagnet dan/atau induksi
elektromagnetik
|
3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
|
4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada
di lingkungan sekitar
|
3.8 Menghubungkan konsep partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan sifat
bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaannya
terhadap kesehatan
manusia
|
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan
tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
|
3.9 Menghubungkan sifat fisika dan kimia
tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan
kehidupan
|
4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang
sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi
kehidupan
|
3.10 Menganalisis proses dan
produk
teknologi ramah lingkungan
untuk keberlanjutan kehidupan
|
4.10 Menyajikan karya tentang
proses
dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan
|
0 komentar:
Post a Comment