SILABUS MATA PELAJARAN: SENI
BUDAYA ( SENI TARI )
(WAJIB
PILIHAN)
Satuan Pendidikan :
SMP N 2 SUKARATU
Kelas /Semester : VII/ 1 dan 2
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi
internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara
tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan
terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
|||||
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai,
jujur,disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun
terhadap karya seni tari dan koreografernya
2.3
Menunjukkan
sikap percaya diri , motivasi internal
, kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
|
||||||
3.1.
Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
|
gerak tari
berdasarkan unsur ruang waktu dan
tenaga
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai
sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan ruang, waktu
dan tenaga
·
Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·
Mengamati gerak tari berdasarkan ruang,
waktu dan tenaga
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga
·
Mencari contoh gerak tari berdasarkan
ruang, waktu dan tenaga
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan berbagai gerak tari sesuai dengan ruang, waktu dan tenaga
·
Melakukan gerak tari sesuai
dengan ruang, waktu dan tenaga
Asosiasi
·
Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·
Memba ndingkan bentuk penyajian gerak
tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan unsur
ruang, waktu dan tenaga
·
Membuat sinopsis tari sesuai dengan
tari yang di peragakan
|
Tugas.
·
Membuat kliping gambar tari
berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari
Unjuk Kerja
·
mempergelar
kan tari
berdasarkan unsure ruang, waktu dan
tenaga
Produk
·
membuat gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
|
24 x
(3x40 Mnt)
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
|
4.1.
Melakukan gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
|
||||||
3.2.
Memahami gerak tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
|
Gerak tari berdasarkan ruang, waktu
dan tenaga sesuai iringan
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·
Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai
iringan
·
Mengamati gerak tari berdasarkan ruang,
waktu dan tenaga sesuai iringan
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga
sesuai iringan
·
Mencari contoh gerak tari berdasarkan
ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan berbagai gerak tari sesuai dengan ruang, waktu dan tenaga
·
Melakukan gerak tari sesuai
dengan ruang, waktu dan tenaga
Asosiasi
·
Membandingkan gerak tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan
daerah lain berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
·
Memba ndingkan bentuk penyajian gerak
tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan unsur
ruang, waktu dan tenaga
·
Membuat sinopsis tari sesuai dengan
tari yang di peragakan
|
Tugas.
· Membuat kliping gambar tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari
Unjuk Kerja
· mempergelar kan tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
Produk
· membuat gerak tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
|
Ellfedt,
Lois,
1988. A
Primer for Choreografers,
Waveland Press, Illinois
|
||
4.2.
Memperagakan gerak tari
berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai iringan
|
||||||
3.3.
Memahami gerak tari sesuai dengan level dan pola
lantai
|
· Melakukan
gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Mengamati gerak tari berdasarkan level dan
pola lantai
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Mencari contoh gerak tari berdasarkan
level dan pola lantai
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara gerak tari berdasarkan level dan pola
lantai
·
Melakukan gerak tari berdasarkan
level dan pola lantai
Asosiasi
·
Menunjukkan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Membandingkan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan level
dan pola lantai
|
Tugas.
·
Membuat kliping gambar tari sesuai dengan level dan pola lantai
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari
Unjuk Kerja
· Melakukan gerak tari dengan menggunakan level dan
pola lantai
Produk
· tari dengan menggunakan level dan pola
lantai
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
||
4.3. Melakukan gerak tari dengan menggunakan level dan
pola lantai
|
||||||
3.4.
Memahami gerak tari
sesuai level, dan pola lantai
sesuai iringan
|
Memperagakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
sesuai iringan
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·
Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
·
Mengamati gerak tari berdasarkan level dan
pola lantai sesuai iringan
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
·
Mencari contoh gerak tari berdasarkan
level dan pola lantai sesuai iringan
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara gerak tari berdasarkan level dan pola
lantai sesuai iringan
·
Melakukan gerak tari berdasarkan
level dan pola lantai sesuai iringan
Asosiasi
·
Menunjukkan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·
Membandingkan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan level
dan pola lantai sesuai iringan
|
Tugas.
·
Membuat kliping gambar tari
sesuai level, dan pola lantai
sesuai iringan
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari
Unjuk Kerja
· Melakukan gerak tari sesuai
level, dan pola lantai sesuai iringan
Produk
·
tari sesuai level, dan pola lantai sesuai iringan
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
||
4.4.
Memperagakan gerak tari
berdasarkan level, dan pola lantai
sesuai iringan
|
||||||
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI
BUDAYA ( SENI TARI )
(WAJIB
PILIHAN)
Satuan Pendidikan :
SMP N 2 SUKARATU
Kelas /Semester :
VIII/ 1 dan 2
Kompetensi Inti
KI 1 : Menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri,
motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena
dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara
tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan
terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
|||||
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3
Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
|
||||||
3.1.
Memahami keunikan
gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari
|
Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
|
Mengamati
·
Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber belajar tentang keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai
·
Mengidentifikasi keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai
·
Mengamati keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai
Menanya
·
Mendiskusikan keunikan tari tradisonal berdasarkan pola lantai
·
Mencari contoh gerak tari
tradisonal berdasarkan pola lantai
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara ragam gerak tari tradisonal berdasarkan
pola lantai
·
Melakukan gerak tari tradisonal
berdasarkan pola lantai
Asosiasi
·
Menunjukkan keunikan gerak tari
tradisional berdasarkan pola lantai
·
Membandingkan keunikan gerak
tari tradisonal berdasarkan pola lantai
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari tradisional berdasarkan pola lantai
|
Tugas.
·
Membuat kliping gambar tari
tradisonal
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari tradisional
Unjuk Kerja
·
mempergelarkan tari tradisonal
Produk
·
membuat gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
|
24 x
(3x40 Mnt)
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
|
4.1.
Merangkai gerak
tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung
tari
|
||||||
3.2.
Memahami keunikan peragaan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Keunikan gerak tari tradisonal
berdasarkan pola lantai sesuai iringan
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
·
Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga sesuai
iringan
·
Mengamati gerak tari berdasarkan ruang,
waktu dan tenaga sesuai iringan
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari berdasarkan unsure ruang, waktu dan tenaga
sesuai iringan
·
Mencari contoh gerak tari berdasarkan
ruang, waktu dan tenaga sesuai iringan
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara gerak tari berdasarkan ruang, waktu
dan tenaga sesuai iringan
·
Melakukan gerak tari berdasarkan
ruang, tenaga dan waktu sesuai iringan
Asosiasi
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari tradisional
|
Tugas.
· Membuat kliping gambar tari
tradisional berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari tradisional
Unjuk Kerja
· melakukan tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
Produk
· tari
tradisional berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
||
4.2.
Memperagakan
gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
||||||
3.3.
Memahami cara
menerapkan pola lantai dan unsur
pendukung gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi
|
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Mengamati gerak tari berdasarkan level dan
pola lantai
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Mencari contoh gerak tari berdasarkan
level dan pola lantai
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara gerak tari berdasarkan level dan pola
lantai
·
Melakukan gerak tari berdasarkan
level dan pola lantai
Asosiasi
·
Menunjukkan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
·
Membandingkan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan level
dan pola lantai
|
Tugas.
· Membuat kliping gambar tari kreasi gaya tradisional berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari tradisional
Unjuk Kerja
· melakukan tari kreasi gaya
tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
Produk
·
tari kreasi gaya
tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
|
Buku Teks, vidio pertujukan tari
|
||
4.3
Merangkai gerak
tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur
pendukung tari
|
||||||
3.4.
Memahami cara
menerapkan pola lantai,unsur pendukung dan iringan gerak tari gaya tradisional pada
karya tari kreasi
|
Memperagakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai
sesuai iringan
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·
Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
·
Mengamati gerak tari berdasarkan level dan
pola lantai sesuai iringan
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
·
Mencari contoh gerak tari berdasarkan
level dan pola lantai sesuai iringan
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara gerak tari berdasarkan level dan pola
lantai sesuai iringan
·
Melakukan gerak tari berdasarkan
level dan pola lantai sesuai iringan
Asosiasi
·
Menunjukkan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai iringan
·
Membandingkan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai
iringan
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari berdasarkan level
dan pola lantai sesuai iringan
|
Tugas.
· Membuat kliping gambar tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari tradisional
Unjuk Kerja
· melakukan tari kreasi gaya
tradisional berdasarkan pola lantai
dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
Produk
· tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
||
4.4
Memperagakan
gerak tari kreasi gaya tradisional
berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai
iringan
|
||||||
Mengetahui
Kepala SMP N 2 SUKARATU Negeri 2 Sukaratu
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19651989111001
|
Tasikmalaya, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.
NIP.197201322 200501 1 004
|
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI TARI)
(WAJIB
PILIHAN)
Satuan Pendidikan :
SMP N 2 SUKARATU
Kelas /Semester : IX/ 1 dan 2
Kompetensi Inti*
KI 1 : Menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri,
motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena
dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii, membuat dan mencipta)
dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.2.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni tari
daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara
tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan
terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
|||||
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
santun terhadap karya seni tari dan koreograferya
2.3
Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
|
||||||
3.1 Memahami
komposisi tari gaya modern
|
Menyusun gerak tari gaya modern berdasarkan
komposisi
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang keunikan tari gaya modern berdasarkan komposisi
·
Mengidentifikasi keunikan tari gaya modern berdasarkan komposisi
·
Mengamati keunikan tari gaya modern berdasarkan komposisi
Menanya
·
Mendiskusikan keunikan tari gaya modern berdasarkan
komposisi
·
Mencari contoh gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara ragam gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
·
Melakukan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
Asosiasi
·
Menunjukkan keunikan gerak tari
gaya modern berdasarkan komposisi
·
Membandingkan keunikan gerak
tari gaya modern berdasarkan komposisi tari
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari gaya modern berdasarkan komposisi
|
Tugas.
·
Membuat kliping gambar tari gaya
modern
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari gaya
modern
Unjuk Kerja
·
mempergelarkan tari gaya
modern
Produk
·
membuat gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
|
24 x
(3x40 Mnt)
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
|
4.1 Menyusun
karya tari modern berdasarkan komposisi tari
|
||||||
3.2 Memahami komposisi dan iringan tari gaya modern
|
Meragakan tari
modern sesuai iringan
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Mengidentifikasi gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Mengamati gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Mencari contoh gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai
iringan
·
Melakukan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
Asosiasi
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari gaya modern sesuai dengan iringan
|
Tugas.
· Membuat kliping gambar tari modern berdasarkan komposisi tari
sesuai iringan
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari gaya
modern
Unjuk Kerja
· mempergelar kan tari modern berdasarkan komposisi tari
sesuai iringan
Produk
· tari modern berdasarkan komposisi tari
sesuai iringan
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
||
4.2 Memperagakan karya tari modern berdasarkan
komposisi tari sesuai iringan
|
||||||
3.3 Memahami komposisi tari gaya kontemporer
|
Menyusun gerak tari gaya kontemporer berdasarkan
komposisi
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·
Mengidentifikasi gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·
Mengamati gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·
Mencari contoh gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·
Melakukan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Asosiasi
·
Menunjukkan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
·
Membandingkan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
|
Tugas.
·
Membuat kliping gambar tari gaya
kontemporer
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari gaya
kontemporer
Unjuk Kerja
·
mempergelarkan tari gaya
kontemporer
Produk
membuat gerak
tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
||
4.3
Menyusun karya
tari kontemporer berdasarkan komposisi tari
|
||||||
3.4 Memahami
komposisi dan iringan tari gaya kontemporer
|
Memperagakan tari gaya
kontemporer sesuai dengan iringan
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Mengidentifikasi gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Mengamati gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Menanya
·
Mendiskusikan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Mencari contoh gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Eksperimen/explore
·
Menghubungkan
antara gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Melakukan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Asosiasi
·
Menunjukkan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
·
Membandingkan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
Komunikasi
·
Menampilkan karya tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi sesuai iringan
|
Tugas.
· Membuat kliping gambar tari kontemporer berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
Observasi
·
format
pengamatan skala sikap
Proyek
·
membuat pergelaran tari gaya
kontemporer
Unjuk Kerja
· mempergelarkan
tari kontemporer berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
Produk
· tari kontemporer berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
|
Ellfedt, Lois,
1988. A Primer for
Choreografers,
Waveland Press, Illinois
Elizabet, LeBlanc, Susan
Lowy,
1987. Physical Education
for
Children: Building the Foundation, Prentice-Hall, Inc, Englewood, New
Jersey.
Humprey,
Doris,
1983. Seni Menata Tari, terj. Sal Murgiyanto, Dewan
Kesenian Jakarta, Jakarta.
Hawkins,
Alma,
1990. Mencipta Lewat Tari, terj. Sumandiyo Hadi, ISI, Yogyakarta
Hawkins,
Alma M.,
2003. Bergerak Menurut Kata Hati, terjemahan I Wayan Dibia,
Jakarta: MSPI.
VCD
pertunjukan tari
Ensiklopedi
tari Indonesia
|
||
4.4 Memperagakan
karya tari kontemporer berdasarkan
komposisi tari sesuai iringan
|
||||||
0 komentar:
Post a Comment