SILABUS MATA PELAJARAN:
SENI BUDAYA (SENI MUSIK)
(WAJIB
PILIHAN)
SATUAN PELAJARAN: SMP N
KELAS / SEMESTER : VII / 1 dan 2
KOMPETENSI INTI
:
Kompetensi
Inti 1
|
:
|
Menerima, menanggapi, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
Kompetensi
Inti 2
|
:
|
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun,
rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi,
pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
Kompetensi
Inti 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
|
Kompetensi
Inti 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok*
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan musik sebagai
bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan
|
Keterangan:
Nilai – nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan terjadi
dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4.
|
||||||||
2.1. Menunjukkan sikap
menghargai,jujur, disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab
peduli, dan santun terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap
percaya diri, motivasi internal,
kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
|
|||||||||
3.1.
Memahami teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara
unisono
|
Teknik Vokal
|
Mengamati
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok vocal
secara unisono secara langsung melalui
media pembelajaran
·
Mengidentifikasi
perubahan suara pada remaja (Organ suara manusia)
·
Menyusun klipping tentang tentang pertunjukkan musik
vokal bentuk-bentuk kelompok bernyanyi
secara unisono
Menanya
·
Mendiskusikan
hasil tampilan pertunjukkan kelompok vocal dalam membawakan gubahan lagu
secara unisono
·
Mengidentifikasi tinggi rendah suara
manusia dengan notasinya
·
Mengidentifikasi bentuk dan teknik kelompok vokal
Eksperimen/explore
·
Menyanyikan
kalimat lagu dengan bersenandung satu
frase satu tarikan nafas
·
Menyanyikan
sebuah lagu secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar
Asosiasi
·
Membedakan bentuk kotak suara manusia
dengan tinggi rendahnya (warna suara)
·
Menunjukkan kwalitas suara dengan
kebiasaan merokok dan pengaruhnya terhadap pita suara
Komunikasi
Menyanyikan lagu dengan satu
suara bersama-sama di kelas
|
Tugas.
Menyusun
Partitur Lagu Wajib Nasional/ Lagu Perjuangan
untuk dibawakan kelompok vocal siswa
secara unisono
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
Membuat pertunjukkan kelompok musik vocal secara unisono
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Kelompok vokal Unisono, contoh : Koor,
Qosidahan
Marawis
Produk
membuat gubahan
lagu sederhana untuk dibawakan secara unisono
|
24 x
(3x40 Mnt)
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel
Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Acara Perform
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
||||
4.1
Menyanyikan lagu
secara unisono
|
|||||||||
3.2
Memahami teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara vokal
group
|
Vokal Group
|
Mengamati
·
Menyaksikan
pertunjukkan vocal group secara
langsung melalui media pembelajaran
·
Mengidentifikasi
perbedaan bentuk tampilan
kelompok vokal group sejenis
dan campuran
·
Menyusun klipping tentang tentang pertunjukkan musik
vokal group
Menanya
·
Mendiskusikan
hasil tampilan pertunjukkan vokal group dalam membawakan gubahan lagu
·
Mengidentifikasi bentuk dan teknik kelompok vokal group
·
Mengidentifikasi partitur lagu yang akan
dibawakan dalam kelompok vokal group
Eksperimen/explore
·
Membagi
suara dalam vokal group
dengan baik dan
benar
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dinyanyikan vokal group dengan benar
Asosiasi
·
Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu bertangga nada minor dengan
suasana sedih, syahdu dan penuh haru
·
Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu bertangga nada mayor dengan
suasana riang, senang dan gembira
Komunikasi
·
Menampilkan pertunjukkan vokal group dalam kelas
·
Mengiringi
lagu-lagu vokal group yang akan dibawakan pada saat pertunjukkan
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu untuk dibawakan
oleh kelompok voal group
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat pertunjukkan
kelompok –kelompok vokal group
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Kelompok-kelompok vokal group
Produk
Membuat accompaniment lagu sederhana untuk dibawakan secara vokal group
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Acara
Perform
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
|||||
4.2
Menyanyikan lagu
secara vokal group
|
|||||||||
3.3
Memahami teknik
bermain musik sederhana secara perorangan dan kelompok
|
Praktik
Musik
|
Mengamati
:
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik
secara langsung melalui media pembelajaran
·
Mengidentifikasi
perbedaan bentuk tampilan
kelompok musik akustik/ unplugged
dan instrumentalia
·
Menyusun
Klipping tentang pertunjukkan kelompok musik baik perorangan maupun kelompok
Menanya
·
Mendiskusikan
hasil tampilan pertunjukkan kelompok musik dalam membawakan arransement
lagunya
·
Mengidentifikasi bentuk dan teknik kelompok musik
·
Mengidentifikasi
partitur lagu yang akan dibawakan oleh
kelompok musik
Eksperiment/Eksplorasi :
·
Membagi
accompaniment / iringan lagu dalam kelompok musik dengan
baik dan benar
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok
musik dengan benar
Mengasosiasi :
·
Membandingkan
penampilan kelompok musik terlatih dengan
hasil kwalitas arransement lagu yang baik dalam bentuk improvisasinya
·
Pertunjukkan
musik akustik/unplugged dan instrumentalia dengan pertunjukkan sebuah orchestra
musik
Mengkomunikasikan
:
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas
·
Mengiringi
lagu yang akan dibawakan saat pertunjukkan kelompok musik
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu untuk dibawakan
oleh masing-masing kelompok musik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat
pertunjukkan musik kelas ( class concert )
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Class Concert
Produk
Membuat accompaniment iringan lagu sederhana
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Acara Perform
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
|||||
4.3
Memainkan
instrumen musik sederhana secara perorangan dan kelompok
|
|||||||||
3.4
Memahami teknik
bermain musik ansambel sederhana
|
Musik
Ansamble
|
Mengamati :
Menyaksikan pertunjukkan kelompok musik ansamble langsung
melalui
media pembelajaran
Menanyakan :
Mendiskusikan tentang penampilan
kelompok musik ansamble yang dipertunjukkan
Eksperiment/Eksplorasi :
·
Mendemonstrasikan
teknik permainan musik ansamble secara berkelompok dengan baik dan benar
·
Membagi
accompaniment lagu - lagu ansamble dalam masing-masing
kelompok
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok
ansamble musik
Mengasosiasi :
Membandingkan konsep
pertunjukkan acara ansamble musik dengan sebuah pertunjukkan musik
marching band
Mengkomunikasikan
:
Mempertunjukkan acara konser
musik ansamble secara berkelompok di dalam kelas
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu untuk dibawakan
oleh kelompok ansamble
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek pertunjukkan
ansamble musik
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Ansamble Musik
Produk
Membuat accompaniment i sederhana untuk musik ansamble
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Acara Perform
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
|||||
4.4
Memainkan musik ansambel sederhana
|
|||||||||
SILABUS MATA PELAJARAN:
SENI BUDAYA (SENI MUSIK)
(WAJIB
PILIHAN)
SATUAN PELAJARAN: SMP N 2 SUKARATU
KELAS / SEMESTER : VIII / 1 dan 2
KOMPETENSI INTI
:
Kompetensi
Inti 1
|
:
|
Menanggapi, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
|
Kompetensi
Inti 2
|
:
|
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi
internal, toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
Kompetensi
Inti 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata.
|
Kompetensi
Inti 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.2. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai – nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan terjadi
dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4.
|
||||
2.1
Menunjukkan sikap menghargai,
jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
peduli,
santun terhadap karya musik ,
dan penciptanya serta arangernya
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi
internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
|
|||||
3.1
Memahami teknik dan gaya lagu daerah secara unisono atau
perseorangan
|
Lagu - lagu
daerah
Tradisional
|
Mengamati
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok vocal
lagu –lagu daerah tradisional secara unisono
melalui media pembelajaran
·
Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan teknik dan gaya
lagu-lagu daerah tradisional
·
Menyusun klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu
daerah
·
Menanya
·
Mendiskusikan
pertunjukkan kelompok /penyanyi daerah
dalam membawakan gubahan lagu secara unisono atau perseorangan
·
Mengidentifikasi keunikan /ciri khas dan tinggi rendahnya notasi dalam lagu-lagu daerah
Eksperimen/explore
·
Menyanyikan
sebuah lagu daerah tradisional secara berturut-turut dengan perubahan nada
dasar
Asosiasi
·
Menunjukkan kebiasaan bersenandung
dan pengaruhnya terhadap pita suara serta kemampuan kwalitas olah vokal
Komunikasi
Menyanyikan lagu daerah
tradisional dengan satu suara
bersama-sama di kelas
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu daerah untuk dibawakan
kelompok vokal siswa secara unisono
atau perseorangan
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat pertunjukkan
kelompok –kelompok vocal secara unisono atau perseorangan
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Kelompok vokal lagu-lagu daerah tradisional
Produk
membuat gubahan
lagu daerah sederhana untuk dibawakan secara unisono
|
24 x
(3x40 Mnt)
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Perform Acara
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
4.1
Menyanyikan lagu
daerah secara unisono atau
perseorangan
|
|||||
3.2
Memahami teknik
dan gaya lagu daerah
bentuk vokal
group
|
Vokal Group
Lagu
Tradisional
|
Mengamati
· Menyaksikan
pertunjukkan vokal
group lagu – lagu daerah secara langsung melalui media pembelajaran
Menanya
·
Mendiskusikan
hasil tampilan pertunjukkan vokal
group dalam membawakan lagu-lagu daerah
·
Mengidentifikasi bentuk dan
teknik kelompok vokal group
·
Mengidentifikasi
partitur lagu – lagu
daerah yang akan dibawakan
dalam sebuah kelompok vokal group
Eksperimen/explore
·
Membagi
suara dalam kelompok vokal group
dengan baik dan
benar
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu daerah yang akan
dinyanyikan secara vokal group
Asosiasi
·
Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu daerah yang bertangga nada minor
dengan suasana sedih, syahdu dan ekspresi penjiwaan yang haru
·
Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu daerah yang bertangga nada mayor
dengan suasana riang, senang dan ekspresi penjiwaan yang gembira
Komunikasi
·
Menampilkan pertunjukkan kelompok vokal group dalam kelas
·
Mengiringi
lagu – lagu daerah yang akan dibawakan secara vokal group
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu daerah untuk
dibawakan secara vokal group
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat pertunjukkan
kelompok –kelompok vokal group
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Kelompok-kelompok vokal group
Produk
Membuat
Iringan lagu sederhana untuk dibawakan
secara vocal group
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Perform
Acara
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
|
4.2
Menyanyikan lagu
daerah bentuk vokal group
|
|||||
3.3
Memahami teknik dan gaya bermain
musik tradisional sederhana secara
perorangan dan
kelompok
|
Praktik
Musik Tradisional
|
Mengamati
:
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik
tradisional secara langsung melalui media pembelajaran
·
Mengidentifikasi
keunikan/ciri khas kelompok musik
tradisional
·
Menyusun
Klipping tentang pertunjukkan kelompok musik tradisional baik perorangan
maupun kelompok
Menanya
·
Mendiskusikan
hasil tampilan pertunjukkan kelompok musik tradisional dalam membawakan
arransement lagu-lagu daerah
·
Mengidentifikasi bentuk dan teknik kelompok musik tradisional
·
Mengidentifikasi
partitur lagu – lagu tradisional yang akan
dibawakan
Eksperiment/Eksplorasi :
·
Membagi
bentuk accompaniment / iringan lagu sederhana dalam kelompok musik tradisional
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu daerah yang akan dibawakan
oleh kelompok musik tradisional
Mengasosiasi :
·
Membandingkan
penampilan kelompok musik tradisional dengan
kelompok musik modern
Mengkomunikasikan
:
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik tradisional
di dalam kelas
·
Mengiringi
lagu – lagu daerah yang akan dibawakan saat pertunjukkan kelompok musik tradisonal
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu untuk dibawakan
oleh masing-masing kelompok musik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat konsep
pertunjukkan musik kelas ( class concert )
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Class Concert
Produk
Membuat iringan musik sederhana untuk musik tradisional
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Perform Acara
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
|
4.3 Memainkan
instrumen musik tradisional
sederhana secara perorangan dan
kelompok
|
|||||
3.4
Memahami teknik
dan gaya bermain musik ansambel tradisional
|
Musik
Ansamble
Tradisional
|
Mengamati : Menyaksikan
pertunjukkan kelompok ansamble
tradisional secara langsung melalui media
pembelajaran
Menanyakan : Mendiskusikan
tentang tampilan ansamble musik tradisional yang dipertunjukkan
Eksperiment/Eksplorasi :
·
Mendemonstrasikan
teknik permainan musik ansamble musik
tradisional secara berkelompok dengan baik dan benar
·
Membagi
accompaniment /iringan lagu dalam
kelompok ansamble musik
tradisional
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok
ansamble musik tradisional
Mengasosiasi :
Membandingkan konsep acara
ansamble musik tradisional dengan pertunjukkan konser musik klasik
Mengkomunikasikan
:
Menggelar konser ansamble
musik tradisional secara berkelompok di dalam kelas
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu untuk dibawakan
olehkelompok ansamble
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat pertunjukkan ansamble musik tradisional
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
ansamble musik tradisional
Produk
Membuat iringan lagu sederhana untuk ansamble musik tradisional
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Perform
Acara
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
|
4.4 Memainkan
ansambel musik
tradisional
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19651989111001
|
Tasikmalaya, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.
NIP.197201322 200501 1 004
|
SILABUS MATA PELAJARAN:
SENI BUDAYA (SENI MUSIK)
(WAJIB
PILIHAN)
SATUAN PELAJARAN: SMP
N 2 SUKARATU
KELAS / SEMESTER : IX / 1 dan 2
KOMPETENSI INTI
:
Kompetensi
Inti 1
|
:
|
Menerima, menanggapi, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
Kompetensi
Inti 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal,
toleransi, gotong royong kerjasama, cinta damai dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
Kompetensi
Inti 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata.
|
Kompetensi
Inti 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat
dan mencipta) dan abstrak (menulis,
membaca, menghitung, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok*
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1 Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik modern sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai – nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan terjadi
dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4.
|
|||||
2.2
Menunjukkan
sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap
bertanggung
jawab,peduli,
santun terhadap seni musik dan
penciptanya serta arangernya
2.3. Menunjukkan sikap
percaya diri , motivasi
internal , kepedulian terhadap
lingkungan
dalam berkarya seni
|
||||||
3.1.
Memahami cara
menggubah musik modern secara unisono
atau perseorangan
|
Musik
Modern
|
Mengamati
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik
modern secara unisono atau perorangan
dengan langsung melalui media pembelajaran
·
Mengidentifikasi teknik dan gaya lagu-lagu modern
·
Menyusun klipping tentang tentang pertunjukkan musik
modern secara unison atau perseorangan
Menanya
·
Mendiskusikan
hasil tampilan pertunjukkan kelompok musik modern dalam membawakan gubahan
lagu secara unisono
·
Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan lagu-lagu
modern
Eksperimen/explore
· Menyanyikan sebuah
lagu modern secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar
Asosiasi
·
Menunjukkan kemampuan mengolah vokal yang
baik dengan kebiasaan mengayuh sepeda terhadap kwalitas pita suara
Komunikasi
Menyanyikan lagu –lagu modern
dengan satu suara bersama-sama di
kelas
|
Tugas.
Menyusun
partitur lagu-lagu modern yang popular
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
Pertunjukkan kelompok
musik modern secara unisono atau perseorangan
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Kelompok musik modern
Produk
membuat gubahan
lagu sederhana untuk dibawakan secara unisono
|
24 x
(3x40 Mnt)
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Perform
Acara
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
|
4.1 Menggubah musik modern secara unisono
|
||||||
3.2
Memahami cara merubah musik modern
untuk vokal group
|
Vokal
Group
lagu-lagu
Modern
|
Mengamati
·
Menyaksikan
pertunjukkan kelompok vokal
group lagu – lagu modern secara langsung melalui media pembelajaran
·
Menyusun klipping tentang tentang pertunjukkkan vokal
group lagu lagu modern
Menanya
·
Mendiskusikan
hasil tampilan pertunjukkan kelompok vokal group dalam membawakan gubahan
lagu-lagu modern
·
Mengidentifikasi bentuk dan
teknik kelompok vokal group
·
Mengidentifikasi partitur lagu –lagu yang akan
dibawakan dalam kelompok vokal group
Eksperimen/explore
·
Membagi
suara dalam kelompok vocal group
dengan baik dan
benar, sesuai wilayah ambitus suara manusia
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu modern yang akan dinyanyikan
kelompok vokal group dengan benar
Asosiasi
·
Membandingkan
penampilan vokal group dalam membawakan lagu modern yang bertangga nada mayor dan minor
Komunikasi
·
Menampilkan pertunjukkan kelompok vokal group lagu – lagu modern dalam kelas
·
Mengiringi
lagu – lagu modern yang akan dibawakan saat
pertunjukkan
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu modern untuk
dibawakan oleh kelompok vokal group
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat pertunjukkan
kelompok –kelompok vokal group
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Kelompok-kelompok vokal group
Produk
Membuat
iringan lagu modern sederhana untuk
dibawakan secara vokal group
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel
Acara
TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Perform
Acara
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
||
4.3
4.2 Mengubah musik modern untuk
vokal group
|
||||||
3.3
Memahami teknik bernyanyi musik
modern
|
Praktik
Musik
Modern
|
Mengamati
:
·
Menyaksikan
pertunjukkan bernyanyi musik modern secara langsung melalui
media pembelajaran
·
Mengidentifikasi teknik bernyanyi modern
·
Menyusun
Klipping tentang pertunjukkan musik
modern baik perorangan maupun kelompok
Menanya
·
Mendiskusikan
hasil tampilan pertunjukkan kelompok musik modernl dalam membawakan
arransement lagu-lagunya
·
Mengidentifikasi bentuk dan teknik musik modern
·
Mengidentifikasi
partitur lagu – lagu modern yang akan dibawakan
Eksperiment/Eksplorasi :
·
Membagi
accompaniment / iringan lagu dalam kelompok musik modern dengan baik
dan benar
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu modern yang akan dibawakan
oleh kelompok musik modern dengan baik dan benar
Mengasosiasi :
·
Membandingkan
penampilan kelompok musik modern terlatih
dengan hasil kwalitas arransement
lagu yang baik
Mengkomunikasikan
:
·
Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik modern di
dalam kelas
·
Mengiringi
lagu – lagu modern yang akan dibawakan
saat pertunjukkan kelompok musik
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu untuk dibawakan
oleh masing-masing kelompok musik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat konsep
pertunjukkan musik kelas ( class concert )
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
Class Concert
Produk
Membuat
iringan
musik modern
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel
Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Perform
Acara
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
||
4.3
Menyanyikan musik modern sederhana secara perorangan maupun kelompok
|
||||||
3.4 Memahami teknik bermain dan menampilkan musik ansamble
|
Ansamble
Musik
|
Mengamati :
Menyaksikan pertunjukkan kelompok ansamble secara langsung melalui media
pembelajaran
Menanyakan :
Mendiskusikan tentang
tampilan ansamble musik yang dipertunjukkan
Eksperiment/Eksplorasi :
·
Mendemonstrasikan
teknik permainan musik ansamble musik
secara berkelompok dengan baik dan benar
·
Membagi
accompaniment ansamble musik dalam kelompok musik dengan
baik dan benar
·
Mengaransir
secara sederhana
lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok
ansamble musik
Mengasosiasi :
Membandingkan konsep acara
ansamble musik dengan pertunjukkan konser musik klasik
Mengkomunikasikan
:
Menggelar konser ansamble
musik secara berkelompok di dalam kelas
|
Tugas.
Menyusun
Partitur lagu-lagu untuk dibawakan
oleh kelompok ansamble
Observasi
format pengamatan skala sikap
Proyek
membuat konsep
pertunjukkan ansamble musik
Unjuk Kerja
Pertunjukkan
ansamble musik
Produk
Membuat accomp iringan lagu sederhana untuk ansamble musik
|
TV
Komputer
Laptop
Iphod
VCD
DVD
Channel
Acara TV
Rekaman
/Video Acara Musik
You
Tube
CD
MP3
Song
Minus
One
Partitur
/ Naskah lagu Tradisional dan Non Tradisional
Artikel
Majalah
Koran
Internet
Perform
Acara
Musik
Alat
Musik Ritmis dan Melodis
Buku
Teks
|
||
4.4 Menyajikan musik
ansambel
|
||||||
0 komentar:
Post a Comment