Home » » SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA ( SENI MUSIK) SMP KELAS VII VIII IX SEMESTER 1 DAN 2 KURIKULUM 2013

SILABUS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA ( SENI MUSIK) SMP KELAS VII VIII IX SEMESTER 1 DAN 2 KURIKULUM 2013


SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA  (SENI  MUSIK)
(WAJIB PILIHAN)

  SATUAN PELAJARAN:    SMP N 
  KELAS / SEMESTER              :    VII / 1 dan 2                                                                                                                                                     
  KOMPETENSI              INTI    :
Kompetensi Inti 1
:
Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti 2
:
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal,  toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3
:
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
Kompetensi Inti 4
:
Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan  musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan



Keterangan:                                                                                                                                                                      Nilai nilai  spiritual  dan  sosial  merupakan  proses  pembelajaran  nilai secara tidak langsung (indirect values teaching).  Dalam  arti  bahwa  keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4.
2.1. Menunjukkan sikap  menghargai,jujur,         disiplin,melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab
peduli, dan santun  terhadap karya musik dan penciptanya serta arrangernya
2.3. Menunjukkan sikap  percaya diri, motivasi  internal, kepedulian terhadap lingkungan dalam  berkarya seni

3.1.  Memahami  teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara unisono 

Teknik   Vokal
Mengamati
·      Menyaksikan pertunjukkan  kelompok vocal secara  unisono secara langsung melalui media pembelajaran
·      Mengidentifikasi perubahan suara pada remaja (Organ suara manusia)
·      Menyusun  klipping tentang tentang pertunjukkan musik vokal  bentuk-bentuk kelompok bernyanyi secara unisono

Menanya
·      Mendiskusikan hasil tampilan pertunjukkan kelompok vocal dalam membawakan gubahan lagu secara unisono
·      Mengidentifikasi tinggi rendah suara manusia dengan notasinya
·      Mengidentifikasi bentuk dan  teknik kelompok vokal

Eksperimen/explore
·        Menyanyikan kalimat lagu dengan bersenandung  satu frase satu tarikan nafas
·        Menyanyikan sebuah lagu secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar

Asosiasi
·        Membedakan bentuk kotak suara manusia dengan tinggi rendahnya (warna suara)
·        Menunjukkan kwalitas suara dengan kebiasaan merokok dan pengaruhnya terhadap pita suara

Komunikasi
Menyanyikan lagu dengan satu suara  bersama-sama di kelas

Tugas.
Menyusun Partitur  Lagu Wajib Nasional/ Lagu Perjuangan untuk dibawakan kelompok vocal siswa  secara unisono

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
Membuat  pertunjukkan kelompok musik vocal secara unisono

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Kelompok vokal  Unisono, contoh : Koor, Qosidahan
Marawis


Produk
membuat gubahan lagu sederhana  untuk dibawakan secara unisono
24 x (3x40 Mnt)
TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                          

You Tube

CD

MP3 Song  

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet
 Acara Perform
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.1       Menyanyikan lagu secara unisono 
3.2    Memahami teknik vokal dalam bernyanyi  lagu secara vokal group 

 Vokal  Group

Mengamati
·     Menyaksikan pertunjukkan  vocal group secara langsung melalui media pembelajaran
·     Mengidentifikasi perbedaan bentuk tampilan  kelompok  vokal group sejenis dan campuran
·     Menyusun  klipping tentang tentang pertunjukkan musik vokal group
Menanya
·     Mendiskusikan hasil tampilan pertunjukkan vokal group dalam membawakan gubahan lagu
·     Mengidentifikasi bentuk dan  teknik kelompok vokal group
·      Mengidentifikasi partitur lagu yang akan dibawakan dalam kelompok vokal group
Eksperimen/explore
·     Membagi suara  dalam vokal  group  dengan  baik  dan  benar
·     Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dinyanyikan  vokal group dengan benar
Asosiasi
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu bertangga nada minor dengan suasana sedih, syahdu dan penuh haru
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu bertangga nada mayor dengan suasana riang, senang dan gembira 
Komunikasi
·   Menampilkan  pertunjukkan vokal group dalam kelas
·   Mengiringi lagu-lagu vokal group yang akan dibawakan pada saat  pertunjukkan
Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu untuk dibawakan oleh kelompok voal group 

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat pertunjukkan kelompok –kelompok vokal  group

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Kelompok-kelompok  vokal  group

Produk
Membuat  accompaniment lagu sederhana  untuk dibawakan secara vokal group

TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

 Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet

Acara Perform
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.2    Menyanyikan lagu secara vokal group 

3.3    Memahami teknik bermain  musik  sederhana secara perorangan dan  kelompok

Praktik Musik 
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik secara langsung melalui media pembelajaran
·     Mengidentifikasi perbedaan bentuk tampilan  kelompok  musik akustik/ unplugged dan instrumentalia
·     Menyusun Klipping tentang pertunjukkan kelompok musik baik perorangan maupun kelompok
Menanya
·     Mendiskusikan hasil tampilan pertunjukkan kelompok musik dalam membawakan arransement lagunya
·     Mengidentifikasi bentuk dan  teknik kelompok musik
·     Mengidentifikasi partitur lagu yang akan dibawakan oleh kelompok musik
Eksperiment/Eksplorasi :
·     Membagi accompaniment / iringan lagu dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok musik dengan benar
Mengasosiasi :
·     Membandingkan penampilan kelompok musik terlatih dengan  hasil kwalitas arransement lagu yang baik dalam bentuk improvisasinya
·     Pertunjukkan musik akustik/unplugged dan instrumentalia dengan pertunjukkan sebuah orchestra musik
Mengkomunikasikan :
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik di dalam kelas
·     Mengiringi lagu yang akan dibawakan saat pertunjukkan kelompok  musik

Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu untuk dibawakan oleh masing-masing kelompok musik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat pertunjukkan  musik kelas                     ( class concert )

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Class Concert 

Produk
Membuat  accompaniment iringan lagu sederhana  

TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

 Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet
 Acara Perform
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.3    Memainkan instrumen musik sederhana secara perorangan dan  kelompok

3.4    Memahami teknik bermain  musik ansambel sederhana

      Musik        
   Ansamble

Mengamati  :                                           
Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik ansamble langsung melalui media pembelajaran

Menanyakan :                                 
Mendiskusikan tentang penampilan kelompok musik ansamble yang dipertunjukkan

Eksperiment/Eksplorasi :
·     Mendemonstrasikan teknik  permainan musik ansamble  secara berkelompok dengan baik dan benar
·     Membagi  accompaniment  lagu - lagu ansamble dalam masing-masing kelompok
·     Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok ansamble musik
Mengasosiasi :
Membandingkan konsep pertunjukkan acara ansamble musik dengan sebuah pertunjukkan  musik  marching band
Mengkomunikasikan :
Mempertunjukkan acara konser musik ansamble secara berkelompok di dalam kelas

Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu untuk dibawakan oleh kelompok ansamble

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek pertunjukkan  ansamble musik              

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Ansamble Musik

Produk
Membuat  accompaniment i sederhana   untuk musik ansamble
TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

 Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet
 Acara Perform
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.4    Memainkan musik ansambel sederhana


















































SILABUS MATA PELAJARAN:   SENI BUDAYA (SENI  MUSIK)
                                                                                                       (WAJIB PILIHAN)

  SATUAN PELAJARAN:    SMP N 2 SUKARATU
  KELAS / SEMESTER              :    VIII / 1 dan 2                                                                                                                                                           
  KOMPETENSI              INTI    :
Kompetensi Inti 1
:
Menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti 2
:
Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kompetensi Inti 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi Inti 4
:
Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
 Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.2.       Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan



Keterangan:                                                                                                                                                                      Nilai nilai  spiritual  dan  sosial  merupakan  proses  pembelajaran  nilai secara tidak langsung (indirect values teaching).  Dalam  arti  bahwa  keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4.
2.1     Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,
          disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2    Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
        peduli, santun  terhadap karya musik ,
        dan penciptanya serta  arangernya
2.3    Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi
         internal , kepedulian terhadap lingkungan
         dalam berkarya seni


3.1    Memahami  teknik dan gaya  lagu daerah secara unisono atau perseorangan   

 Lagu - lagu  
    daerah  Tradisional
Mengamati
·      Menyaksikan pertunjukkan  kelompok vocal lagu –lagu daerah tradisional secara  unisono  melalui media pembelajaran
·      Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan teknik dan gaya lagu-lagu daerah tradisional
·      Menyusun  klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu daerah
·      Menanya
·        Mendiskusikan pertunjukkan kelompok /penyanyi  daerah dalam membawakan gubahan lagu secara unisono atau perseorangan
·        Mengidentifikasi  keunikan /ciri khas dan  tinggi rendahnya notasi dalam  lagu-lagu daerah 
Eksperimen/explore
·        Menyanyikan sebuah lagu daerah tradisional secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar
Asosiasi
·        Menunjukkan kebiasaan bersenandung dan pengaruhnya terhadap pita suara serta kemampuan kwalitas olah vokal
Komunikasi
Menyanyikan lagu daerah tradisional dengan satu suara  bersama-sama di kelas

Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu daerah untuk dibawakan kelompok vokal siswa  secara unisono atau perseorangan

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat pertunjukkan kelompok –kelompok vocal secara unisono atau perseorangan

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Kelompok vokal lagu-lagu daerah tradisional

Produk
membuat gubahan lagu daerah  sederhana  untuk dibawakan secara unisono
24 x (3x40 Mnt)
TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

 Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet
Perform  Acara
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.1    Menyanyikan lagu daerah secara   unisono  atau perseorangan
3.2    Memahami teknik dan gaya lagu daerah    
        bentuk vokal group 

  Vokal  Group
       Lagu 
  Tradisional       
    

Mengamati
·     Menyaksikan pertunjukkan vokal group lagu – lagu daerah secara langsung melalui media pembelajaran
Menanya
·     Mendiskusikan hasil tampilan pertunjukkan  vokal group dalam membawakan lagu-lagu daerah 
·     Mengidentifikasi  bentuk dan  teknik kelompok vokal group
·     Mengidentifikasi partitur lagu – lagu
daerah yang akan dibawakan dalam sebuah kelompok vokal group
Eksperimen/explore
·     Membagi suara  dalam kelompok vokal  group  dengan  baik  dan  benar
·     Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu  daerah yang akan dinyanyikan  secara vokal group
Asosiasi
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu daerah yang bertangga nada minor dengan suasana sedih, syahdu dan ekspresi penjiwaan yang haru
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu daerah yang bertangga nada mayor dengan suasana riang, senang dan ekspresi penjiwaan yang gembira 
Komunikasi
·   Menampilkan  pertunjukkan kelompok  vokal group dalam kelas
·   Mengiringi lagu – lagu daerah yang akan dibawakan secara vokal group
Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu daerah untuk dibawakan secara vokal group 

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat pertunjukkan kelompok –kelompok vokal  group

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Kelompok-kelompok  vokal  group

Produk
Membuat Iringan lagu sederhana  untuk dibawakan secara vocal group



TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

 Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                          

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet

Perform Acara
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.2    Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal group 


3.3    Memahami  teknik dan gaya bermain 
musik tradisional sederhana secara     
       perorangan dan kelompok

Praktik Musik    Tradisional 
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik tradisional secara langsung melalui media pembelajaran
·     Mengidentifikasi keunikan/ciri khas kelompok  musik tradisional 
·     Menyusun Klipping tentang pertunjukkan kelompok musik tradisional baik perorangan maupun kelompok
Menanya
·      Mendiskusikan hasil tampilan pertunjukkan kelompok musik tradisional dalam membawakan arransement lagu-lagu daerah
·      Mengidentifikasi bentuk dan  teknik kelompok musik tradisional
·      Mengidentifikasi partitur lagu – lagu tradisional yang akan dibawakan
Eksperiment/Eksplorasi :
·      Membagi bentuk accompaniment / iringan lagu sederhana dalam kelompok musik  tradisional
·      Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu  daerah yang akan dibawakan oleh kelompok musik tradisional
Mengasosiasi :
·        Membandingkan penampilan kelompok musik tradisional  dengan  kelompok musik modern
Mengkomunikasikan :
·        Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik tradisional di dalam kelas
·        Mengiringi lagu – lagu daerah yang akan dibawakan saat pertunjukkan kelompok  musik tradisonal

Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu untuk dibawakan oleh masing-masing kelompok musik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat konsep pertunjukkan  musik kelas                     ( class concert )

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Class Concert 

Produk
Membuat  iringan musik sederhana untuk musik tradisional   

TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

 Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet

Perform  Acara
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.3  Memainkan instrumen musik tradisional  
       sederhana secara perorangan dan   
       kelompok
3.4    Memahami  teknik  dan gaya bermain musik ansambel tradisional

      Musik        
   Ansamble    
  Tradisional

Mengamati  :                                           Menyaksikan pertunjukkan  kelompok ansamble  tradisional secara langsung melalui media pembelajaran
Menanyakan :                                 Mendiskusikan tentang tampilan ansamble musik tradisional yang dipertunjukkan

Eksperiment/Eksplorasi :
·     Mendemonstrasikan teknik  permainan musik ansamble musik tradisional secara berkelompok dengan baik dan benar
·     Membagi accompaniment /iringan lagu  dalam kelompok ansamble  musik tradisional 
·     Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok ansamble musik  tradisional 
Mengasosiasi :
Membandingkan konsep acara ansamble musik tradisional dengan pertunjukkan konser musik klasik
Mengkomunikasikan :
Menggelar konser ansamble musik tradisional secara berkelompok di dalam kelas

Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu untuk dibawakan olehkelompok ansamble

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat pertunjukkan  ansamble musik tradisional             

Unjuk Kerja
Pertunjukkan ansamble musik tradisional

Produk
Membuat   iringan lagu sederhana   untuk ansamble musik tradisional
TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

 Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet

Perform Acara
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks

4.4   Memainkan ansambel musik        
        tradisional



























Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu




DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19651989111001

Tasikmalaya, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran




Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.
NIP.197201322 200501 1 004





















SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI  MUSIK)
(WAJIB PILIHAN)

  SATUAN PELAJARAN:     SMP N 2 SUKARATU
  KELAS / SEMESTER              :    IX / 1 dan 2                                                                                                                                                           
  KOMPETENSI              INTI    :
Kompetensi Inti 1
:
Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal, toleransi, gotong royong kerjasama, cinta damai  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kompetensi Inti 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
Kompetensi Inti 4
:
Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat dan mencipta) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok*
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan  musik modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan



Keterangan:                                                                                                                                                                      Nilai nilai  spiritual  dan  sosial  merupakan  proses  pembelajaran  nilai secara tidak langsung (indirect values teaching).  Dalam  arti  bahwa  keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4.
2.2  Menunjukkan sikap  menghargai,  jujur,
       disiplin, melalui aktivitas
       berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap
       bertanggung jawab,peduli,
       santun  terhadap seni musik dan penciptanya serta  arangernya
2.3. Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi
internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni


3.1.      Memahami cara menggubah musik modern  secara unisono atau perseorangan   

   Musik  Modern
Mengamati
·     Menyaksikan pertunjukkan  kelompok musik modern secara  unisono atau perorangan dengan langsung melalui media pembelajaran
·     Mengidentifikasi  teknik dan gaya lagu-lagu modern
·     Menyusun  klipping tentang tentang pertunjukkan musik modern secara unison atau perseorangan
Menanya
·     Mendiskusikan hasil tampilan pertunjukkan kelompok musik modern dalam membawakan gubahan lagu secara unisono
·     Mengidentifikasi  ciri khas dan keunikan lagu-lagu modern 
Eksperimen/explore
·     Menyanyikan sebuah lagu modern secara berturut-turut dengan perubahan nada dasar
Asosiasi
·     Menunjukkan kemampuan mengolah vokal yang baik dengan kebiasaan mengayuh sepeda  terhadap kwalitas pita suara   
Komunikasi
Menyanyikan lagu –lagu modern dengan satu suara  bersama-sama di kelas

Tugas.
Menyusun partitur  lagu-lagu  modern yang popular 

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
Pertunjukkan kelompok musik modern secara unisono atau perseorangan

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Kelompok musik modern

Produk
membuat gubahan lagu sederhana  untuk dibawakan secara unisono
24 x (3x40 Mnt)
TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

 Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet

Perform Acara
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.1   Menggubah musik modern  secara unisono     
3.2    Memahami cara merubah musik modern
untuk vokal group 

    Vokal Group
      lagu-lagu       
       Modern  

Mengamati
·        Menyaksikan pertunjukkan  kelompok vokal group lagu – lagu modern secara langsung melalui media pembelajaran
·        Menyusun  klipping tentang tentang pertunjukkkan vokal group  lagu lagu modern
Menanya
·     Mendiskusikan hasil tampilan pertunjukkan kelompok vokal group dalam membawakan gubahan lagu-lagu modern 
·     Mengidentifikasi  bentuk dan  teknik kelompok vokal group
·      Mengidentifikasi partitur lagu –lagu yang akan dibawakan dalam kelompok vokal group
Eksperimen/explore
·     Membagi suara  dalam kelompok vocal  group  dengan  baik  dan  benar, sesuai wilayah ambitus suara manusia
·     Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu modern yang akan dinyanyikan  kelompok vokal group dengan benar
Asosiasi
·     Membandingkan penampilan vokal group dalam membawakan lagu modern yang bertangga nada  mayor dan minor
Komunikasi
·   Menampilkan  pertunjukkan kelompok  vokal group lagu – lagu modern dalam kelas
·   Mengiringi lagu – lagu modern yang akan dibawakan saat  pertunjukkan
Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu modern untuk dibawakan oleh kelompok vokal group 

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat pertunjukkan kelompok –kelompok vokal  group

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Kelompok-kelompok  vokal  group

Produk
Membuat iringan lagu modern sederhana  untuk dibawakan secara vokal group
TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

Channel Acara
TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet

Perform Acara
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.3                4.2   Mengubah musik modern  untuk vokal group

3.3    Memahami  teknik bernyanyi  musik  
modern
Praktik Musik     
    Modern
Mengamati  :
·     Menyaksikan pertunjukkan  bernyanyi  musik  modern secara langsung melalui media pembelajaran
·     Mengidentifikasi  teknik bernyanyi  modern
·     Menyusun Klipping tentang pertunjukkan  musik modern baik perorangan maupun kelompok
Menanya
·     Mendiskusikan hasil tampilan pertunjukkan kelompok musik modernl dalam membawakan arransement  lagu-lagunya
·     Mengidentifikasi bentuk dan  teknik musik modern
·     Mengidentifikasi partitur lagu – lagu  modern yang akan dibawakan
Eksperiment/Eksplorasi :
·     Membagi accompaniment / iringan lagu dalam kelompok musik  modern dengan  baik  dan  benar
·     Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu  modern yang akan dibawakan oleh kelompok musik modern dengan baik dan benar
Mengasosiasi :
·     Membandingkan penampilan kelompok musik modern  terlatih dengan  hasil kwalitas  arransement  lagu  yang  baik   
Mengkomunikasikan :
·     Menampilkan pertunjukkan kelompok  musik modern di dalam kelas
·     Mengiringi lagu – lagu modern  yang akan dibawakan saat pertunjukkan kelompok  musik

Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu untuk dibawakan oleh masing-masing kelompok musik

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat konsep pertunjukkan  musik kelas                     ( class concert )

Unjuk Kerja
Pertunjukkan Class Concert 

Produk
Membuat
iringan musik modern   

TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet

Perform Acara
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.3    Menyanyikan  musik modern sederhana secara perorangan maupun  kelompok


3.4  Memahami teknik bermain dan menampilkan musik ansamble
          
   Ansamble    
      Musik  
 
Mengamati  :                                          
Menyaksikan pertunjukkan  kelompok ansamble  secara langsung melalui media pembelajaran
Menanyakan :                                
Mendiskusikan tentang tampilan ansamble musik yang dipertunjukkan

Eksperiment/Eksplorasi :
·     Mendemonstrasikan teknik  permainan musik ansamble musik secara berkelompok dengan baik dan benar
·     Membagi accompaniment ansamble musik dalam kelompok musik  dengan  baik  dan  benar
·     Mengaransir  secara sederhana lagu-lagu  yang akan dibawakan oleh kelompok ansamble musik 
Mengasosiasi :
Membandingkan konsep acara ansamble musik dengan pertunjukkan konser musik klasik

Mengkomunikasikan :
Menggelar konser ansamble musik secara berkelompok di dalam kelas

Tugas.
Menyusun Partitur  lagu-lagu untuk dibawakan oleh kelompok ansamble

Observasi
format  pengamatan skala sikap 

Proyek
membuat konsep pertunjukkan  ansamble musik              

Unjuk Kerja
Pertunjukkan ansamble musik

Produk
Membuat  accomp iringan lagu sederhana   untuk ansamble musik
TV

Komputer

 Laptop

Iphod

 VCD

DVD

Channel Acara TV

Rekaman /Video  Acara Musik                         

You Tube

CD

MP3 Song 

Minus One  

Partitur / Naskah lagu  Tradisional dan  Non Tradisional

Artikel Majalah

Koran

Internet

Perform Acara
Musik

Alat Musik Ritmis dan Melodis

Buku Teks
4.4  Menyajikan musik  ansambel 





























/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}