Silabus
Sekolah : SMP N
Kelas/Semester : IX
(sembilan) / I (satu)
Mata
Pelajaran : Seni
Budaya
Standar Kompetensi : SENI RUPA
1.
Mengapresiasi
karya seni rupa
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Mengidentifikasi
seni rupa murni yang diciptakan di manca negara.
1.2
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni manca negara
|
· Beragam jenis, bentuk,teknik fungsi, makna seni rupa
murni manca negara
· Sejarah seni
rupa murni mancanegara
· Apresiasi karya seni rupa murni Mancanegara
· Jenis karya seni rupa Mancanegara
· Kunjungan ke pameram/ museum
· Deskripsi tentang keunikan seni rupa murni Mancanegara
|
· Membaca referensi tentang hasil seni rupa manca negara
· Mengkaji keragaman jenis, bentuk dan fungsi karya seni rupa manca negara
· Mempresentasikan hasil diskusi jenis, bentuk dan fungsi
karya seni rupa manca negara
· Membuat kliping
tentang hasil karya seni rupa murni manca negara
· Melihat rekaman hasil karya seni rupa murni manca
negara
· Membuat tanggapan tentang keunikan seni rupa Manca negara
· Kunjungan ke pameran/museum
|
·
Mengidentifikasi
beragam seni rupa murni karya seni
rupa manca negara.
·
Mengidentifikasi
beragam bentuk, tema,gaya atau aliran karya seni rupa murni mancanegara
·
Mendeskripsikan
beragam bentuk, tema, gaya atau aliran
karya seni rupa murni manca negara.
·
Menganalisis
keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni mancanegara
·
Membuat tanggapan
tertulis tentang karya seni rupa murni manca negara
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Uji prosedur dan produk
|
· Jelaskan berdasarkan jenis karya seni rupa murni manca
negara
· Menganalisis tentang perbedaan aliran atau gaya karya
seni rupa murni mancanegara
· Buatlah kliping tentang (kumpulan) gambar dan tulisan
tentang keunikan karya seni rupa murni manca
· Buat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni
rupa Mancanegara
|
14 JP
|
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri
|
Tasikmalaya, Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
|
Silabus
Sekolah :
SMP N 2 Sukaratu
Kelas/Semester : IX
(sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Standar Kompetensi : SENI RUPA
2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Memilih
unsur seni rupa mancanegara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
2.2 Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa
Mancanegara
|
· Sejarah
seni rupa Mancanegara
· Unsur-unsur
seni rupa Mancanegara
· Sejarah
seni rupa Mancanegara
· Pengertian
seni rupa murni
· Unsur-unsur
seni rupa murni Mancanegara
|
· Membaca referensi
· Mendiskusikan
unsur-unsur seni rupa murni Mancanegara
· Bertanya jawab
tentang aspek sosial karya seni rupa Mancanegara
· Membaca
referensi
· Melihat
tayangan rekaman karya seni rupa murni Mancanegara
· Membuat
karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa
|
· Mendiskripsikan
hasil karya seni rupa Mancanegara berdasarkan unsur-unsurnya
· Mengidentifikasi unsur –unsur senirupa mancanegara yang akan dikembangkan
menjadi karya seni murni
· Membuat
rancangan/desain/sketsa pembuatan karya seni rupa murni yang dikembangkan
dari unsur seni rupa Mancanegara
· Membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan
dari unsur seni rupa Mancanegara
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Tes
uraian
Uji prosedur dan produk
|
· Jelaskan
hasil karya seni rupa Mancanegara berdasarkan unsur-unsurnya
· Unsur-unsur
apa saja yang akan dikembangkan dari seni rupa Mancanegara untuk pembuatan
karya seni murnimu? Beri alasan pengambilan unsur tersebut.
· Buatlah
desain/sketsa dari karya seni rupa murni yang akan dibuat dengan
mengembangkan unsur seni rupa Mancanegara
· Buatlah karya seni rupa murni yang
dikembangkan dari unsur seni rupa Mancanegara
|
16 JP
|
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lkarya-karya seni rupa mancanegara
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lkarya-karya seni rupa mancanegara
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely
)
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu
|
Tasikmalaya, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
|
Silabus
Sekolah : SMP N 2 SUKARATU
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 2
(dua)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Standar Kompetensi : SENI RUPA
9.
Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1
Mengidentifikasi karya seni rupa murni mancanegara di luar Asia
9.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
murni mancanegara di luar Asia
|
Karya seni rupa murni mancanegara di luar Asia
·
Beragam
jenis,bentuk, teknik, makna dan sejarah
seni rupa murni mancanegara di luar Asia
|
· Membaca referensi tentang hasil seni rupa murni manca
negara di luar Asia
· Mengkaji karya seni rupa murni mancanegara di luar Asia
· Mengidentifikasi beragam karya seni rupa murni
mancanegara di luar Asia
· Mendiskripsikan keunikan karya seni rupa murn
mancagegara di luaAsia
|
· mengidentifikasi beragam seni rupa murni karya seni rupa murni manca negara diluar
Asia
·
Membuat tanggapan
tertulis tentang karya seni rupa murni manca negara
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Uji kerja prosedur dan produk
|
·
Sebutkan 3 jenis
karya seni rupa murni yang dihasilkan di ................
(mancanegara di luar Asia )
· Buatlah tanggapan
tertulistentang keunikan , gagasan dan ide karya seni rupa murn
di ..........( mancanegara di luar
Asia )
|
8JP
|
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
Museum
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
|
Silabus
Sekolah :
SMP N SUKARATU
Kelas/Semester : IX
(sembilan) / 2 (dua)
Mata
Pelajaran : Seni
Budaya
Standar Kompetensi : SENI RUPA
10.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang
dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara diluar
Asia
10.2 Menyiapkan
karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau diluar sekolah
9.3. menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah
atau di luar sekolah
|
Beragam jenis, bentuk,teknik fungsi, makna dan Sejarah seni rupa murni
manca negara diluar Asia
·
Karya seni rupa
murni yang meliputi karya dua dimensi
atau tiga dimensi
|
· Membaca referensi tentang hasil seni rupa manca negara
di luar Asia
· Mengkaji keragaman jenis, bentuk dan fungsi karya seni rupa manca negara di luar Asia
· Membuat karya
dua dimensi yang dikembangkan dari beragam
unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara diluar Asia
·
Berkarya seni
rupa murni dua dimensi atau tiga dimensi
·
Pengelompokkan
karya menurut betuknya
·
·
Mengidentifikasi
karya
|
·
Mengidentifikasi beragam
seni rupa murni karya seni rupa Manca
negara diluar Asia
·
Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan ekplorasi gagasan,
bentuk, bahan dan teknik seni rupa Nusantara dan mancanegara diluar Asia
·
Membuat karyaseni
rupa murni
·
Mengidentifikasi
karya yang akan dipamerkan
·
Membuat rancangan pameran di luar
sekolah
·
Mengadakan pameran hasil karya seni rupa di luar sekolah
|
Tes lisan
Tes unjuk kerja
Tes
unjuk kerja
|
Daftar pertanyaan
Uji kerja prosedur dan produk
Uji kerja prosedur dan produk
|
·
Jelaskan apa yang
diketahui tentang seni rupa murni dari
Eropa
·
Buatlah karya
seni rupa dua dimensi yang merupakan hasil ekplorasi gagasan, bentuk, bahan dan teknik seni rupa Nusantara dan
mancanegara diluar Asia
· Buatlah karya seni murni dua dimensi atau tiga dimensi
dengan media yang ada
· Laksanakan pameran hasil lukisan yang sudah
dipersiapkan di kelas/sekolah
|
12JP
|
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
Buku teks
Media cetak
Media elektronik
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri
|
Tasikmalaya, Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
|
0 komentar:
Post a Comment