Home » » SILABUS SENI BUDAYA SMP KELAS IX KURIKULUM 2013

SILABUS SENI BUDAYA SMP KELAS IX KURIKULUM 2013


Silabus

Sekolah                          : SMP N
Kelas/Semester               : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran                : Seni Budaya
Standar Kompetensi       : SENI RUPA
1.      Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1      Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di manca negara.








1.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni manca negara


·    Beragam jenis, bentuk,teknik fungsi, makna seni rupa murni manca negara
·     Sejarah seni rupa murni mancanegara








·    Apresiasi karya seni rupa murni Mancanegara
·    Jenis karya seni rupa Mancanegara
·    Kunjungan ke pameram/ museum
·    Deskripsi tentang keunikan seni rupa murni Mancanegara
·  Membaca referensi tentang hasil seni rupa manca negara
·  Mengkaji keragaman jenis, bentuk dan fungsi  karya seni rupa manca negara
·  Mempresentasikan hasil diskusi jenis, bentuk dan fungsi karya seni rupa manca negara





·  Membuat  kliping tentang hasil karya seni rupa murni manca negara
·  Melihat rekaman hasil karya seni rupa murni manca negara
·  Membuat tanggapan tentang   keunikan seni rupa Manca negara
·  Kunjungan ke pameran/museum

·    Mengidentifikasi beragam seni rupa murni  karya seni rupa manca negara.
·    Mengidentifikasi beragam bentuk, tema,gaya atau aliran karya seni rupa murni mancanegara
·    Mendeskripsikan beragam bentuk, tema, gaya atau  aliran karya seni rupa murni manca negara.





·    Menganalisis keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni mancanegara
·    Membuat tanggapan tertulis tentang karya seni rupa murni manca negara
Tes   tulis















Tes unjuk kerja




Tes uraian















Uji prosedur dan  produk
·    Jelaskan berdasarkan jenis karya seni rupa murni manca negara

·    Menganalisis tentang perbedaan aliran atau gaya karya seni rupa murni mancanegara










·    Buatlah kliping tentang (kumpulan) gambar dan tulisan tentang keunikan karya seni rupa murni manca
·    Buat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni rupa Mancanegara
14 JP
Buku teks

Media cetak

Media elektronik







Buku teks

Media cetak

Media elektronik



v  Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

Mengetahui
Kepala SMP Negeri






Tasikmalaya, Juli 2018
Guru Mata Pelajaran








Silabus

Sekolah                          : SMP N 2 Sukaratu
Kelas/Semester               : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran                : Seni Budaya
Standar Kompetensi       : SENI RUPA
                                      2. Mengekspresikan diri melalui   karya seni rupa

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1  Memilih unsur seni rupa mancanegara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni









2.2  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Mancanegara


·   Sejarah seni rupa Mancanegara
·   Unsur-unsur seni rupa Mancanegara










·   Sejarah seni rupa Mancanegara
·   Pengertian seni rupa murni
·   Unsur-unsur seni rupa murni Mancanegara

·    Membaca referensi
·    Mendiskusikan unsur-unsur seni rupa murni Mancanegara
·    Bertanya jawab tentang aspek sosial karya seni rupa Mancanegara







·       Membaca referensi
·       Melihat tayangan rekaman karya seni rupa murni Mancanegara
·       Membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa

·    Mendiskripsikan hasil karya seni rupa Mancanegara berdasarkan unsur-unsurnya
·    Mengidentifikasi  unsur –unsur senirupa    mancanegara yang akan dikembangkan menjadi karya seni murni












·    Membuat rancangan/desain/sketsa pembuatan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Mancanegara
·    Membuat  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Mancanegara
Tes tulis













Tes unjuk kerja

Tes uraian













Uji prosedur dan produk

·   Jelaskan hasil karya seni rupa Mancanegara berdasarkan unsur-unsurnya
·   Unsur-unsur apa saja yang akan dikembangkan dari seni rupa Mancanegara untuk pembuatan karya seni murnimu? Beri alasan pengambilan unsur tersebut.










·   Buatlah desain/sketsa dari karya seni rupa murni yang akan dibuat dengan mengembangkan unsur seni rupa Mancanegara
·    Buatlah karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Mancanegara

16 JP
CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lkarya-karya seni rupa mancanegara









CD/VCD
-Kaset
-Buku teks lkarya-karya seni rupa mancanegara
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

 

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu




Tasikmalaya, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran




Silabus

Sekolah                          : SMP N 2 SUKARATU
Kelas/Semester               : IX (sembilan) /  2 (dua)
Mata Pelajaran                : Seni Budaya
Standar Kompetensi       : SENI RUPA
   9.  Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1   Mengidentifikasi karya seni rupa murni mancanegara di luar Asia




9.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni mancanegara di luar Asia

Karya seni rupa murni mancanegara di luar Asia











·         Beragam jenis,bentuk, teknik, makna dan sejarah  seni rupa murni mancanegara di luar Asia

·  Membaca referensi tentang hasil seni rupa murni manca negara di luar Asia

·  Mengkaji karya seni rupa murni mancanegara di luar Asia

·   Mengidentifikasi beragam karya seni rupa murni mancanegara di luar Asia

·   Mendiskripsikan keunikan karya seni rupa murn
  mancagegara di luaAsia


·   mengidentifikasi beragam seni rupa murni  karya seni rupa murni manca negara diluar Asia




·   Membuat tanggapan tertulis tentang karya seni rupa murni manca negara
   
Tes tulis












Tes unjuk kerja

Tes uraian












Uji kerja prosedur dan produk




·        Sebutkan 3 jenis karya  seni rupa  murni yang dihasilkan di ................ (mancanegara  di luar Asia )









·   Buatlah tanggapan  tertulistentang keunikan , gagasan dan ide karya seni rupa murn di  ..........( mancanegara di luar Asia )
8JP

Buku teks

Media cetak

Media elektronik

Museum







v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

 

 


 

 

Silabus

Sekolah                             : SMP N SUKARATU
Kelas/Semester                  : IX (sembilan) /  2 (dua)
Mata Pelajaran                   : Seni Budaya
Standar Kompetensi          : SENI RUPA
   10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara diluar Asia







10.2  Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau diluar sekolah






9.3. menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau di luar sekolah

Beragam jenis, bentuk,teknik fungsi, makna dan Sejarah seni rupa murni manca negara diluar Asia


















·         Karya seni rupa murni  yang meliputi karya dua dimensi atau tiga dimensi


·  Membaca referensi tentang hasil seni rupa manca negara di luar Asia

·  Mengkaji keragaman jenis, bentuk dan fungsi  karya seni rupa manca negara di luar Asia

·  Membuat  karya dua dimensi yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara diluar Asia

·                                       Berkarya seni rupa murni dua dimensi atau tiga dimensi








·                                       Pengelompokkan karya menurut betuknya
·                                        
·                                       Mengidentifikasi karya

·         Mengidentifikasi beragam seni rupa murni  karya seni rupa Manca negara diluar Asia
·         Membuat  karya seni rupa dua  dimensi berdasarkan ekplorasi gagasan, bentuk, bahan dan teknik seni rupa Nusantara dan mancanegara diluar Asia




·         Membuat karyaseni rupa murni

·         Mengidentifikasi karya yang akan dipamerkan






·           Membuat  rancangan pameran di luar sekolah
·           Mengadakan pameran hasil karya seni rupa di luar sekolah

   
Tes lisan



Tes unjuk kerja











Tes unjuk kerja





Daftar pertanyaan


Uji kerja prosedur dan produk










Uji kerja prosedur dan produk

·        Jelaskan apa yang diketahui tentang seni rupa  murni dari Eropa

·   Buatlah karya seni rupa dua dimensi yang merupakan hasil ekplorasi gagasan, bentuk, bahan dan teknik seni rupa Nusantara dan mancanegara diluar Asia





·  Buatlah karya seni murni dua dimensi atau tiga dimensi dengan media yang ada






·   Laksanakan pameran hasil lukisan yang sudah dipersiapkan di kelas/sekolah

12JP

Buku teks

Media cetak

Media elektronik











Buku teks

Media cetak

Media elektronik
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

Mengetahui
Kepala SMP Negeri





Tasikmalaya, Juli 2018
Guru Mata Pelajaran








/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}