SILABUS MATA PELAJARAN: SENI
BUDAYA (SENI RUPA)
(WAJIB
PILIHAN)
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas /Semester :
VII./ 1 dan 2
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, dan motivasi internal,
toleransi, pola hidup sehat,
ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1.
Menerima, menanggapi dan
menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara
tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan
terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
||||
2.1. Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin,
melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
|
|||||
3.1.
Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
|
Menggambar flora, fauna dan benda alam
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang menggambar flora,
fauna dan benda alam
· mengidentifikasi konsep dan prosedur menggambar flora,
fauna dan benda alam
Menanya
·
mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar flora,
fauna dan benda alam
·
mencari makna menggambar flora,
fauna dan benda alam
Eksperimen/explore
·
menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam
dengan budaya setempat
·
mencari
konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Asosiasi
·
menunjukkan konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
·
membandingkan konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat gambar flora, fauna dan benda alam
·
menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan secara
lisan atau tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping gambar flora,
fauna dan benda alam
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
gambar flora, fauna
dan benda alam
|
24
x (3x40Mnt )
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
4.1.
Menggambar
flora, fauna dan benda alam
|
|||||
3.2.
Memahami konsep dan prosedur
menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
|
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· mengidentifikasi konsep dan prosedur menggambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Menanya
· mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· mencari makna ragam hias flora
dan fauna serta geometrik
Eksperimen/explore
· menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·
mencari
konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik dengan kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
Asosiasi
·
menunjukkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik dengan kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
·
membandingkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik dengan kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
Komunikasi
·
mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan
jawabkan secara lisan atau
tulisan mengenai
karya
yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping gambar ragam hias flora
dan fauna serta geometrik
Observasi
tormat pengamatan skala sikap
Produk
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
|
4.2.
Menggambar
gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
|
|||||
3.3.
Memahami konsep dan prosedur
penerapan ragam hias pada bahan tekstil
|
ragam hias
pada bahan tekstil
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang ragam hias pada bahan tekstil
· mengidentifikasi konsep dan prosedur menggambar
ragam hias pada bahan tekstil
Menanya
· mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar ragam hias pada bahan tekstil
· mencari makna ragam hias
pada bahan tekstil
Eksperimen/explore
· menghubungkan antara konsep dan prosedur ragam hias pada bahan tekstil dengan budaya setempat
·
mencari
konsep dan prosedur ragam hias pada bahan tekstil dengan
kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Asosiasi
·
menunjukkan konsep dan prosedur gambar ragam hias flora
dan ragam hias pada bahan tekstil dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
·
membandingkan konsep dan prosedur ragam hias pada bahan tekstil dengan
kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Komunikasi
·
membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias
·
menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan secara
lisan atau
tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping kriya tekstil dengan motif ragam hias
Observasi
mormat pengamatan skala sikap
Produk
kriya tekstil dengan motif ragam hias
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
|
4.3.
Menerapkan ragam
hias pada bahan tekstil
|
|||||
3.4.
Memahami konsep
dan prosedur penerapan ragam
hias pada bahan kayu
|
ragam hias
pada bahan kayu
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang ragam hias pada bahan kayu
· mengidentifikasi konsep dan prosedur menggambar
ragam hias pada bahan kayu
Menanya
· mendiskusikan konsep dan prosedur ragam hias pada bahan kayu
· mencari makna ragam hias
pada bahan kayu
Eksperimen/explore
· menghubungkan antara ragam hias
pada bahan kayu dengan
budaya setempat
·
mencari
konsep dan prosedur ragam hias pada bahan kayu dengan kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
Asosiasi
·
menunjukkan konsep dan prosedur ragam hias pada bahan kayu dengan kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
·
membandingkan konsep dan prosedur ragam hias pada bahan kayu dengan kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
Komunikasi
·
membuat kriya kayu dengan motif ragam hias
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping kriya kayu dengan motif
ragam hias
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
kriya kayu dengan motif ragam hias
|
o Buku Paket Seni
Budaya Kelas VII
o Buku-buku lain
yang relevan
o Informasi melalui
internet
o Pameran karya seni
Rupa
|
|
4.4. Menerapkan ragam hias pada bahan kayu
|
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (SENI RUPA)
(WAJIB
PILIHAN)
Satuan Pendidikan :
SMP N 2 SUKARATU
Kelas /Semester :
VIII./ 1 dan 2
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menanggapi, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri,
motivasi internal, toleransi, gotong
royong dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena
dan kejadian yang tampak mata.
KI4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman
dan keunikan karya seni rupa daerah sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara
tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan
terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
|||||
2.1. Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas
berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3. Menunjukkan sikap percaya diri ,
motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
|
||||||
3.1.
Memahami
konsep dan prosedur menggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknik
|
Gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
·
mengidentifikasi konsep dan prosedur menggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknik
Menanya
·
mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknik
·
mencari makna konsep dan prosedur menggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknik
Eksperimen/explore
·
menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar model dengan
bahan yang digunakan
·
mencari
konsep dan prosedur menggambar model pada berbagai
bahan dan beragam teknik dengan aliran dalam seni rupa
Asosiasi
·
menunjukkan konsep dan prosedur menggambar model dengan
kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
·
membandingkan konsep dan prosedur menggambar model dengan
kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Komunikasi
· menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan secara
lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping gambar model pada berbagai bahan dan
beragam teknik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
|
24
x (3x40Mnt )
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
|
4.1
Menggambar model pada berbagai bahan dan
beragam teknik
|
||||||
3.2.
Memahami
konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
Gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
· mengidentifikasi konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual
atau digital
Menanya
· mendiskusikan konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
· mencari makna konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
Eksperimen/explore
·
menghubungkan antara konsep dan prosedur menggambar model dengan
bahan yang digunakan dan dengan
budaya setempat
·
mencari
konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital dengan bahan dan media yang ada
di masyarakat
Asosiasi
· menunjukkan konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
· membandingkan konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Komunikasi
· mengambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan
secara lisan atau
tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping gambar illustrasi dengan teknik manual atau
digital
Observasi
mormat pengamatan skala sikap
Produk
gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
||
4.2.
Menggambar illustrasi dengan teknik manual
atau digital
|
||||||
4.3.
Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
|
Teknik
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari
bahan keras
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
· mengidentifikasi konsep dan prosedur
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
dengan berbagai teknik
Menanya
· mendiskusikan konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
· mencari makna konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya dari bahan keras dengan berbagai teknik
Eksperimen/explore
· menunjukkan konsep dan prosedur ragam hias flora, fauna dan geometrik dengan kehidupan sosial dan budaya
di masyarakat
· membandingkan konsep dan prosedur ragam hias flora, fauna dan geometrik pada bahan keras dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Asosiasi
· menunjukkan konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada bahan keras dengan kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
· membandingkan konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada bahan keras dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat
karya kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan secara
lisan atau
tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
kriya dari bahan keras dengan motif ragam hias
flora, fauna dan geometrik
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
||
4.3.
Menerapkan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
dengan berbagai teknik
|
||||||
4.4.
Memahami
konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya tekstil
dengan teknik tapestri
|
Teknik menghias flora, fauna dan geometrik pada kriya tekstil
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang konsep dan prosedur penerapan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya tekstil dengan teknik tapestri
· mengidentifikasi konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya tekstil
dengan teknik tapestri dengan
berbagai teknik
Menanya
· mendiskusikan konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada kriya tekstil
dengan teknik tapestri
· mencari konsep dan prosedur membuat ragam hias flora, fauna dan
geometrik pada kriya tekstil
Eksperimen/explore
· menghubungkan antara konsep dan prosedur membuat ragam hias flora, fauna dan geometrik
pada kriya tekstil dengan teknik
tapestri dengan budaya setempat
· mencari konsep dan prosedur pembuatan ragam hias flora, fauna dan
geometrik pada kriya tekstil dengan
teknik tapestri pada kehidupan sosial dan budaya
masyarakat
Asosiasi
· menunjukkan konsep dan prosedur penerapan ragam hias flora, fauna
dan geometrik pada bahan keras dengan kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
· membandingkan konsep dan prosedur teknik
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada bahan keras dengan ragam hiasan di kehidupan sosial budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat
kriya tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan
geometrik
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan
secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping kriya tekstil dengan teknik tapestri dengan motif ragam hias flora, fauna dan
geometrik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
kriya tekstil dengan teknik tapestri
dengan motif ragam hias flora, fauna dan geometrik
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas VIII
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
||
4.4.
Menerapkan
ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya tekstil dengan teknik tapestri
|
||||||
Mengetahui
Kepala SMP N 2 SUKARATU Negeri 2 Sukaratu
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19651989111001
|
Tasikmalaya, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.
NIP.197201322 200501 1 004
|
SILABUS MATA PELAJARAN: SENI
BUDAYA (SENI RUPA)
(WAJIB
PILIHAN)
Satuan Pendidikan :
SMP N 2 SUKARATU
Kelas /Semester : IX
./ 1 dan 2
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, estetika, percaya diri,
motivasi internal, toleransi gotong royong, kerjasama, cinta damai dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasii,
membuat dan mencipta) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
1.1. Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa modern sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
|
Keterangan:
Nilai-nilai spiritual dan sosial merupakan proses pembelajaran nilai secara
tidak langsung (indirect values teaching). Dalam arti bahwa keterkaitan KI 1 dan KI 2 hanya akan
terjadi dalam proses pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
||||||
2.1. Menunjukkan sikap menghargai,jujur, disiplin, melalui
aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, santun terhadap karya
seni rupa dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap percaya diri
, motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
|
|||||||
3.1. Memahami konsep
dan prosedur karya seni lukis dengan beragam media dan
teknik
|
Seni lukis dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang Seni lukis dengan
beragam media dan teknik
· mengidentifikasi konsep dan prosedur Seni lukis dengan
beragam media dan teknik
Menanya
·
mendiskusikan konsep dan prosedur Seni lukis dengan
beragam media dan teknik
·
mencari beragam
teknik Seni lukis dengan
beragam media
Eksperimen/explore
·
menghubungkan antara konsep dan prosedur Seni lukis dengan
beragam media dan teknik
dengan budaya setempat
·
mencari
konsep dan prosedur beragam media melukis dengan kehidupan sosial budaya
masyarakat
Asosiasi
·
menunjukkan konsep dan prosedur melukis dengan beragam
media dan teknik
dengan karya lukis pelukis terkenal
·
membandingkan hasil lukisan dengan beragam media dan teknik dengan benda aslinya
Komunikasi
· membuat lukisan dengan beragam media dan teknik
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan
secara lisan atau
tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping lukisan dengan beragam media dan teknik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
lukisan dengan beragam
media dan teknik
|
24
x (3x40Mnt )
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas IX
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
||
4.1.
Membuat karya seni lukis dengan beragam media dan
teknik
|
|||||||
3.2.
Memahami konsep dan prosedur karya seni patung dengan beragam media dan
teknik
|
Seni patung dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang Seni Patung dengan beragam
media dan teknik
· mengidentifikasi konsep dan prosedur pembuatan
patung dengan beragam media dan teknik
Menanya
·
mendiskusikan konsep dan prosedur pembuatan patung dengan beragam
media dan teknik
·
mencari beragam
teknik pembuatan patung dengan beragam media
Eksperimen/explore
·
menghubungkan antara konsep dan prosedur pembuatan patung dengan beragam media dan teknik dengan budaya setempat
·
mencari
konsep dan prosedur beragam media patung dengan kehidupan sosial budaya
masyarakat
Asosiasi
·
menunjukkan seni patung dengan beragam media dan teknik dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
·
membandingkan seni patung
dengan beragam media dan teknik
dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat karya seni patung
dengan beragam media dan teknik
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
·
mempresentasikan secara
lisan atau
tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping seni patung
dengan beragam media dan teknik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
seni patung dengan beragam media dan
teknik
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas IX
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
|||
4.2.
Membuat karya
seni patung dengan beragam media dan teknik
|
|||||||
3.3.
Memahami konsep
dan prosedur karya seni grafis
dengan beragam media dan teknik
|
Seni grafis dengan beragam media dan teknik
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang Seni grafis dengan beragam
media dan teknik
· mengidentifikasi konsep dan prosedur seni
grafis dengan beragam media dan teknik
Menanya
·
mendiskusikan konsep dan prosedur pembuatan karya seni grafis dengan beragam media dan teknik
·
mencari beragam
teknik grafis pembuatan gambar
dengan beragam media
Eksperimen/explore
·
menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar grafis dengan beragam media dan teknik dengan budaya setempat
·
mencari
konsep dan prosedur beragam media grafis dengan kehidupan sosial budaya
masyarakat
Asosiasi
·
menunjukkan gambar hasil teknik grafis dengan beragam kehidupan sosial dan budaya di
masyarakat
·
membandingkan seni grafis dengan beragam media dan teknik dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Komunikasi
· membuat gambar grafis dengan beragam media dan teknik
·
mempresentasikan secara
lisan atau
tulisan mengenai
karya yang dikerjakan
|
Tugas.
membuat kliping seni seni grafis
dengan beragam media dan teknik
Observasi
format pengamatan skala sikap
Produk
seni grafis dengan beragam media dan
teknik
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas IX
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
|||
4.3.
Membuat karya
seni grafis dengan beragam media dan teknik
|
|||||||
3.4.
Memahami
konsep dan prosedur
pada kegiatan merancang dan menyelenggarakan pameran
|
Merancang dan menyelenggarakan pameran
|
Mengamati
· mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar tentang merancang dan
menyelenggarakan pameran
· mengidentifikasi konsep dan prosedur merancang dan
menyelenggarakan pameran
Menanya
· mendiskusikan konsep dan prosedur merancang dan
menyelenggarakan pameran
· mencari tema rancangan dan
menyelenggarakan pameran
Eksperimen/explore
· menghubungkan antara rancang dan penyelenggaraan pameran dengan budaya setempat
· mencari konsep dan prosedur rancangan dan menyelenggaraan pameran dengan kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
Asosiasi
· menunjukkan rancangan dan
menyelenggarakan pameran dengan
kehidupan sosial dan budaya di masyarakat
· membandingkan rancang dan
menyelenggarakan pameran dengan kehidupan sosial budaya masyarakat
Komunikasi
· membuat rancangan dan penyelenggarakan
pameran
· menyampaikan
hasil pengumpulan dan
simpulan informasi
yang diperoleh
· menyampaikan
konsep penyelenggaraan pameran yang telah disusun
|
Tugas.
membuat kliping rancangan dan penyelenggarakan
pameran
Observasi
format pengamatan skala sikap
Portofolio
pameran
Produk
rancangan dan penyelenggarakan
pameran
|
·
Buku
Paket Seni Budaya Kelas IX
·
Buku-buku
lain yang relevan
·
Informasi
melalui internet
·
Pameran
karya seni Rupa
|
|||
4.4.
Merancang dan
menyelenggarakan pameran
|
|||||||
0 komentar:
Post a Comment