Home » » JANGAN BESARKAN ANAK ANDA LAYAKNYA SEORANG RAJA

JANGAN BESARKAN ANAK ANDA LAYAKNYA SEORANG RAJA

Anak adalah buah hati yang perlu dijaga, dibesarkan dengan kasih sayang dan perhatian yang cukup dari kedua orang tuanya. Layaknya orang tua pada umumnya pasti ingin memberikan anak yang terbaik dalam hidupnya, memenuhi kebutuhannya dan juga mendidiknya dengan baik.

Namun tahukah anda? Jika anak anda di perlakukan layaknya sebagai seorang raja / ratu saat masih bayi melayani semua kebutuhannya itu adalah hal yang wajar. Namun ketika anak anda mulai bisa makan sendiri dengan tangannya biarkan ia makan dengan caranya sendiri, biarkan ia melayani dirinya sendiri.

 

Saat anak memasuki usia 4-5 tahun, saat anak mengalami rasa kecewa / sakit jangan biarkan hati anda melemah melihatnya menangis lalu anda beruasaha memberikan sesuatu seperti uang / mengajakanya jajan / beli es krim atau apapun itu. Biarkan anak anda menangis, meluapkan amarah dan kekecewaannya dengan begitu anak anda akan lebih cepat untuk tenang. Saat anak anda mulai tenang peluklah dia. Biasakan anak anda belajar menghadapi rasa kecewanya. Lebih baik mendidiknya sejak dini. Dibandingkn kita membiarkan anak anda tumbuh dan tidak pernah siap dengan rasa kecewa. Anak anda akan mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan dalam kehidupannya.

Kemudian ketika ia beranjak besar ajarkan anak anda belajar untuk melayani dirinya sendiri. Jika usia 5-6 tahun ajarkan anak anda mandi sendiri, memakai baju sendiri, makan dan minum sendiri .Beri anak anda kepercayaan untuk melayani dirinya sendiri. Jangan biarkan anda terlalu memanjakannya bak seorang raja / ratu, jika seperti itu anak anda akan mengalami kesulitan ketika bergabung atau berkumpul dengan orang lain atau ketika melakukan sesuatu.

Didik anak anda menjdi seorang pelayan, terutama melayani dirinya sendiri. Jika anak anda sudah mandiri, anak anda akan memiliki kepekaan yang jauh lebih sensitif dibandingkan anak yang di manja. Lambat laun ketika anak anda tumbuh lebih besar akan dengan senang hati membatu anda, membantu pekerjaan rumah anda seperti menyapu, membersihkan piring dll. Dan tidak akan membiarkan anda melihatnya dalam kesusahan dalam pekerjaan rumah. Anak anda juga jauh lebih terampil, mudah bergaul, mampu mengelola emosi dan menjadi pribadi yang bisa diandalkan.

Tapi apa yang terjadi jika anda selalu melayani anak anda bahkan hingga anak anda tumbuh dewasa?

Berikut dampak negatip yang terjadi jika anda membesarkan anak anda layaknya seorang raja:

1. Mudah kecewa jika keinginannya tidak terpenuhi

2. Mudah marah jika sesuatu terjadi tidak sesuai dengan keinginannya

3. Mudah putus asa dalam menghadapi rintangan

4. Tidak mampu mengambil keputusan sendiri

5. Sulit bergaul dengan orang lain.

6. Tidak peka / kurang peka saat melihat kesulitan pada orang lain

Nah begitu rumitnya bukan? Apakah anda akan menjadi pelayan anak anda seumur hidup anda? Dan membiarkan anak anda tidak memiliki pola pikir yabg semsetinya? Haruskah seperti itu?Tentu tidak? Maka didiklah anak anda untuk menjadi pribadi yang dewasa, luwes, mudah bergaul, hidup mandiri dan mampu menyesuaikan dirinya dengan keadaan. Didiklah anak anda sejak dini menjadi pelayan bagi dirinya sendiri, kelak ia akan menjadi seorang pemimpin yang hebat yang penuh ketulusan dan kepekaan.


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}