Home » , » TUGAS KB 2 - MODUL PENGUATAN INTEGRITAS

TUGAS KB 2 - MODUL PENGUATAN INTEGRITAS

 

1. Buat pengondisian kelas sebagai penguatan integritas, sebagai berikut:

Ø  Jika anda guru mapel susun rangkaian pembelajaran dalam satu kali pertemuan agar peserta didik terkondisi untuk mengamalkan perilaku berintegritas dalam pembelajaran yang anda lakukan sesuai landasan dan prinsip penguatan integritas.

Jawaban

NO

RENCANA KEGIATAN

NILAI INTEGRITAS

1

Pendidik dan peserta didik bersama – sama berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran

Religius

2

Pendidik dan peserta didik melaksanakan pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu nasional dan/atau lagu daerah, setiap hari pada waktu tertentu

 

Nasionalisme

3

Yel – yel anti korupsi

Adakah garuda di dadamu?

Ada ada ada

Adakah NKRI dihatimu?

Ada ada ada

Adakah Pancasila di matamu?

Ada ada ada

Adakah Nepaso di dadamu?

Ada ada ada

Mana?

Ini dia ini dia ini dia

 

Ø  Menyanyi menggunakan lagam ( Apuse )

Korupsi membunuhmu

Korupsi menyengsarakanmu

Korupsi bikin hidup gak berarti

Yel - yel

Nepaso say not tonyontek menyontek

Nepaso say not tosogok menyogok

Anti Korupsi

3

Pendidik menggunakan nama kelompok belajar peserta didik dengan hal yang mudah diingat misalnya nama bagian tanaman ( akar ), nama organ tubuh dan nama – nama hewan

Konsisten dan pantang menyerah

4

Pendidik dan peserta didik memanfaatkan hasil karya siswa sebagai media untuk menciptakan kelas ilmiah

Mandiri

5

Pendidik meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas tepat waktu

Disiplin

6

Pendidik melaksanakan pembelajaran dengan menekankan prinsip Collaborative Learning dengan pemberian metode yang relevan

Tanggung jawab

 

 

 

Pendidik dan peserta didik melaksanakan pembiasaan menyanyikan lagu daerah / nasional setiap setelah selesai kegiatan pembelajaran

 

Nasionalis / cinta tanah air

2. Buat rencana penguatan integritas berikut:

Ø  Buat rencana penguatan integritas untuk satu semester di kelas anda (atau di mapel yang anda ampu) berupa aktivitas harian, mingguan, bulanan dan satu semester. Dokumen rencana dibuat inovatif dan bebas sesuai dengan kemampuan

Rencana penguatan integritas

No

Harian

Mingguan

Bulanan

Semester

1

Sekolah memiliki dan menjalankan program Kantin Kejujuran.

sekolah melaksanakan gerakan Jumat bersih

Bakti sosial ke masyarakat setempat

Mengadakan penghijauan dilingkungan sekolah dan sekitarnya

2

sekolah menerapkan peraturan dan tata tertib bagi semua warga sekolah, agar mengenakan pakaian seragam yang bersih, rapih, dan sesuai ketentuan yang berlaku

Program AMS ( ajengan masuk sekolah ) / Penguatan Pengembangan karakter

Sekolah menerapkan program duta/keteladanan (student of the month, teacher of the month) dan dideklarasikan/diumumkan saat upacara

Sekolah bekerjasama dengan tokoh masyarakat/perguruan tinggi/ profesional/alumni/pihak lain yang relevan, melaksanakan kegiatan penyuluhan, antara lain tentang Anti Korupsi, Kesehatan Reproduksi Remaja, Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA), Perundungan/Bullying, dan/atau Dampak Kecanduan Gawai/Gadget

3

Sekolah membuat dan melaksanakan kebijakan untuk menjadikan sekolah sebagai lingkungan “kaya teks” yang menguatkan nilai-nilai Integritas

Sekolah menfasilitasi promosi dan penjualan produk karya siswa

Program lomba karya seni antar kelas

Program kompetisi Olah Raga antar SMP sewilayah

4

Sekolah membudayakan gerakan Lihat Sampah Ambil (LISA)

Program kegiatan pembelajaran kepemimpinan pada program pramuka

Pendidik dan peserta didik memanfaatkan hasil karya siswa sebagai media untuk menciptakan kelas kaya teks

Sekolah melaksanakan program wisata edukasi dalam rangka penguatan Integritas

5

Membiasakan kegiatan senyum sapa salam kepada guru dan teman

Program lomba yel yel antar kelas untuk penguatan integritas

Warga sekolah menggelar bazar untuk memperkenalkan hasil karya atau kewirausahaan siswa yang menggunakan bahan baku dalam negeri, khususnya bahan lokal

Warga sekolah melakukan studi banding ke sekolah-sekolah lain yang memiliki keunggulan lokal

Ø  Buat rencana penguatan integritas inovatif di sekolah di mana suasana di sekolah sangat tidak mendukung upaya praktek berintegritas yang dilakukan;

Jawaban :

NO

RENCANA KEGIATAN

1

Sekolah bekerjasama dengan tokoh masyarakat/perguruan tinggi/ profesional/alumni/pihak lain yang relevan, melaksanakan kegiatan penyuluhan, antara lain tentang Anti Korupsi, Kesehatan Reproduksi Remaja, Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA), Perundungan/Bullying, dan/atau Dampak Kecanduan Gawai/Gadget

2

Sekolah mengadakan festival/ lomba-lomba di bidang keagamaan

3

sekolah mengadakan kegiatan bakti social ke masyarakat

4

Kepala sekolah menerapkan kebijakan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mendorong semangat nasionalisme dan patriotisme bagi Pendidik dan Peserta Didik

5

Warga sekolah melaksanakan kegiatan lomba/festival seni dan budaya Indonesia, kegiatan anti kekerasan, anti radikalisme, dan pencegahan bahaya Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA)

6

 

Warga sekolah mengadakan kegiatan dramatisasi dengan topik tentang sejarah Indonesia, perjuangan pahlawan nasional, perjuangan pahlawan daerah atau budaya daerah.

3. Buat RPP tema/mapel secara singkat yang memuat tahapan pembelajaran, indikator, alat bahan dan instrumen penilaian. Dalam tahapan yang dilakukan munculkan kegiatan dirancang konsisten dengan penguatan integritas:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan              : SMPN 4 Sodonghilir

Mata Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester                  : VIII / Ganjil

Materi Pokok                    : Sistem Gerak Pada Manusia

Alokasi Waktu                  : 4 x 6 JP @40 Menit

 

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Menganalisis struktur dan fungsi rangka
  • Menganalisis struktur dan fungsi sendi
  • Menganalisis struktur dan fungsi otot
  • Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak
  • Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinya

B.      Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar

  • Media : STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar.

·         Alat dan bahan : Laboratorium IPA, Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus, Slide presentasi (ppt)

  • Sumber belajar : Buku IPA Kelas VIII Kurikulum 2013

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik          
 
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan
 
menghubungkan dengan materi selanjutnya.

  Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi :

Sistem Gerak Pada Manusia

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti (160 Menit)

Kegiatan

Literasi

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Sistem Gerak Pada Manusia dengan cara melihat, mengamati, membaca melalui tayangan yang di tampilkan.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar khususnya pada materi Sistem Gerak Pada Manusia tentang Struktur dan fungsi rangka, Struktur dan fungsi sendi, Struktur dan fungsi otot dan Upaya menjaga kesehatan sistem gerak.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan

informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Sistem Gerak Pada Manusia tentang Struktur dan fungsi rangka, Struktur dan fungsi sendi, Struktur dan fungsi otot dan Upaya menjaga kesehatan sistem gerak.

 

Communication

Peserta   didik   mempresentasikan   hasil   kerja   kelompok   atau   individu   secara   klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Sistem Gerak Pada Manusia tentang Struktur dan fungsi rangka, Struktur dan fungsi sendi, Struktur dan fungsi otot dan Upaya menjaga kesehatan sistem gerak  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 Menit)

Ø  Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Ø  Guru memberikan penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari dengan memberikan penugasan dan menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya, serta diakhiri salam penutup.

 

D.      Penilaian Hasil Pembelajaran

  1. Penilaian Sikap: Observasi dalam proses pembelajaran
  2. Penilaian Pengetahuan: Tes lesan dan tes tulis bentuk uraian
  3. Penilaian Keterampilan: Praktek

 

 

Mengetahui,                                                                                                      Tasikmalaya, 05 September 2020

Kepala Sekolah                                                                                                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra. Hj. Toto Toyibah,M.Si                                                                            Dina Suci Wahyuni, S.Pd

                NIP. ……………………                                                                                    NIP. ………………………….

 

Lampiran

 

A.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.       Teknik Penilaian (terlampir)

a.     Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

75

75

50

75

275

68,75

C

2

...

...

...

...

...

...

...

 

Keterangan :

    BS : Bekerja Sama

    JJ : Jujur

    TJ : Tanggun Jawab

    DS : Disiplin

 

Catatan :

1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100     = Sangat Baik

75        = Baik

50        = Cukup

25        = Kurang

2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50

 

250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

 

50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50

 

4

...

100

 

 

Catatan :

1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

 

 

 

Nama yang diamati       : ...

Pengamat                         : ...

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100

 

450

90,00

SB

2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100

 

3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

 

100

4

Marah saat diberi kritik.

100

 

5

...

 

50

 

Catatan :

1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00         = Baik (B)

25,01 – 50,00         = Cukup (C)

00,00 –  25,00        = Kurang (K)

 

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

 

b.     Pengetahuan

-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No

Aspek yang Dinilai

Skala

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

25

50

75

100

1

Intonasi

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelafalan

 

 

 

 

3

Kelancaran

 

 

 

 

4

Ekspresi

 

 

 

 

5

Penampilan

 

 

 

 

6

Gestur

 

 

 

 

 

-        Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.   Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b.   Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c.   Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

 

c.     Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

 

Instrumen Penilaian

 

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

 

 

 

 

2

Keserasian pemilihan kata

 

 

 

 

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

 

 

 

 

4

Pelafalan

 

 

 

 

 

Kriteria penilaian (skor)

100        = Sangat Baik

75           = Baik

50           = Kurang Baik

25           = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

 

 

 

Instrumen Penilaian Diskusi

 

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan mengolah kata

 

 

 

 

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

 

 

Keterangan :

100        = Sangat Baik

75           = Baik

50           = Kurang Baik

25           = Tidak Baik

 

-        Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

 

Instrumen Penilain

 

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

2.       Instrumen Penilaian (terlampir)

a.     Pertemuan Pertama

b.     Pertemuan Kedua

c.     Pertemuan Ketiga

 

3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.       Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :

1)         Sebutkan tulang yang memiliki bentuk pipih. . . .

2)         Sebutkan jenis jenis  tulang penyusun rangka aksial ……….

3)         Jelaskan penyebab melemahnya otot secara berangsur-angsur sehingga mengakibatkan kelumpuhan …………

 

PROGRAM REMIDI

 

Sekolah                                          :  SMP NEGERI 4 SODONGHILIR

Kelas/Semester                            :  VIII / I

Mata Pelajaran                           :  IPA

Ulangan Harian Ke                    :  ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian         :  ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian            :  ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian            :  ……………………………………………..

(KD / Indikator)                          :  ……………………………………………..

KKM                                              :  ……………………………………………..

 

No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Keterangan

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.       Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :

1)       Membaca buku-buku tentang materi yang relevan.

2)       Mencari informasi secara online tentang rangka gerak pada manusia.

3)       Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang materi

4)       Mengamati langsung tentang sistem gerak pada diri kita.

 

 

                                                                                                                   Taikmalaya, 05 September 2020

Mengetahui

Kepala Sekolah SMP N 4 Sodonghilir                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Dra. Hj. Toto Toyibah, M.SI                                                Dina Suci Wahyuni, S.Pd

NIP/NRK.                                                                                  NIP/NRK.

 

 

 

Catatan Kepala Sekolah

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................................................

 

 

 

 


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}