thumbnail

KISI KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019


KISI- KISI UJIAN NASIONAL 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019




1.        Bahasa Indonesia










Lingkup Materi








Level Kognitif




















Membaca  Nonsastra


Membaca Satra


Menulis Terbatas


Menyunting Kata,


Menyunting Ejaan


























Kalimat, Paragraf


dan Tanda Baca



















Pengetahuan dan
Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

Peserta didik dapat

Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

pemahaman
-menentukan makna
-menentukan makna kata

melengkapi istilah/kata

-menunjukkan kata
-menunjukkan

·
Mengidentifikasi

kata/kalimat pada teks

dalam cerpen dan fabel

dalam kalimat

yang tidak sesuai

kesalahan

·
Menentukan
-menentukan informasi
-menentukan makna tersurat




kaidah

penggunaan ejaan

·
Memaknai

tersurat teks

dalam cerpen dan fabel




-menunjukkan kalimat
-menunjukkan




-menentukan bagian
-menentukan bagian cerpen




yang tidak sesuai

kesalahan





teks

dan fabel




dengan kaidah

penggunaan tanda

















baca

Aplikasi
Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

Peserta didik dapat

Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

·
Menunjukkan
-menentukan ide pokok
-menyimpulkan makna

-menyusun urutan

-menggunakan kata
-menggunakan  ejaan


bukti

teks

simbol dalam cerpen dan

kalimat berbagai jenis

bentukan sesuai
-menggunaan tanda

·
Menyimpulkan
-menyimpulkan isi teks

fabel

teks

dengan kaidah

baca

·
Menemukan ide
-menyimpulkan
-menyimpulkan isi tersirat

-melengkapi paragraf

-menggunakan




·
Menginterpretasi

pendapat pro/kontra

dalam cerpen/fabel

dengan kalimat

konjungsi dalam




·
Menggunakan

dalam teks
-menyimpulkan sebab/akibat

-melengkapi bagian

kalimat





Menyusun
-meringkas isi teks

konflik

teks (eksposisi,

















deskripsi, ulasan, dan

















lain-lain)







Penalaran
Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

Peserta didik dapat

Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

·
Mengevaluasi
-membandingkan
-membandingkan pola

-memvariasikan kata

-memperbaiki
-memperbaiki

·
Membandingkan

penggunaan bahasa

pengembangan cerpen dan

-memvariasikan

kesalahan penggunaan

kesalahan


pola

dan pola penyajian

fabel

kalimat

kata, kalimat, dan

penggunaan ejaan


(menganalisis)

beberapa jenis teks
-membandingkan

-menulis dengan

ketidakpaduan
-memperbaiki

·
Menanggapi
-menilai keunggulan/

penggunaan bahasa

ilustrasi tertentu

paragraf

kesalahan





kelemahan teks

cerpen/fabel






















Lingkup Materi








Level Kognitif




















Membaca  Nonsastra


Membaca Satra


Menulis Terbatas


Menyunting Kata,


Menyunting Ejaan


























Kalimat, Paragraf


dan Tanda Baca




















·  Memvariasikan
-mengomentari isi teks
-menunjukkan bukti latar

-mengubah teks ke

-menentukan alasan

penggunaan tanda








dan watak tokoh dalam

bentuk lain

kesalahan penggunaan

baca








cerpen/tabel




kata, kalimat, dan
-menentukan alasan







-mengomentari unsur




ketidakpaduan

kesalahan








intrinsik karya sastra




paragraf

penggunaan  ejaan

















dan tanda baca








thumbnail

KETERAMPILAN KERAJINAN TEMPAT PENSIL DARI BAHAN KAIN PLANEL

TEMPAT PENSIL DARI BAHAN KAIN PLANEL




ALAT DAN BAHAN
1. BOTOL PLASTIK BEKAS
2. KAIN PLANEL 3 WARNA
3. MAIK -MAIK KANCING
4. LEM BAKAR
5. SELETING BAJU
6. BOLA KECIL
8. LOGAM
9. DAKRON

CARA PEMBUATAN
1. SIAPKAN BOTOL PLASTIK BEKAS
2. POTONG TENGAH TENGAHNYA
3. SIAPKAN KAIN PLANEL SEUKURAN BOTOL YANG SUDAH DI POTONG LALU JAIT  DENGAN RAPI
4.  BUAT BULATAN KAIN PLANEL UNTUK ATAS DAN BAWAHNYA
5. TEMPELKAN SLETINGNYA DI ATAS BODOL PLASTIK BEKAS TERSEBUT
6. BUAT BENTUK KAKI TELINGA DAN KEPALA KELINCI UNTUK HIASANNYA
7. TEMPELKAN SESUAI BENTUK SEKALIGUS MANIK-MANIK KANCING
8 BUATLAH GANTELAN PITA UNTUK LEBIH MENARIK LAGI TEMPELKAN PADA BAGIAN TELINGA

SELAMAT MENCOBA 

thumbnail

HIASAN BUNGA PADA BAHAN KAIN


HIASAN BUNGA DARI BAHAN KAIN 






Cara  membuat kerajinan dari kain planel

alat dan bahan
1. gunting
2. lem bakar

3. benang
4. kawat
5. plastik
6.rapia atau pita
7. kain planel
8. kardus
9. spons
10 dakron

Cara Pembuatan
1. buatlah terlebih dahulu vas bunga dari kardus bekas yang dilapisi kain planel
2. simpan spons di atas vas bunga
3. buatlah bunga dengan cara membulat bulatkan kawat lalu di bungkus menggunakan plastik dan ikatlah bawahnya dengan menggunakan benang
4. lilit kawat menggunakan tali rapia lalu tempelkan pasa vas bunga
5. hias bunga dan vas dengan sedemikian rupa  menggunakan kain planel
6. tempelkan dakron di area vas bunga supaya terlihat seperti awan -awan

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT ES KRIM - PELUANG USAHA



Es krim memang salah satu makana yang digemari anak-anak bahkan orang dewasa. Harga dan rasa ekrim bervarian. Nah bagi anda penggemar es krim tentu menginginkam kepuasaan saat memakan es krim atau bahkan sepuasnya. Nah kali ini kita akan belajar membuat es krim yang creamy,enak dan tentunya higienis karena buatan sendiri.

Bahan:
4 sdm tepung maizena
5 1/2 gelas air putih
1 1/2 gelas gula pasir
4 sachet skm
1 sdm sp
Perasa ( pop ice / beng -beng )
Sedikit garam

Cara membuat
Masukan adonan ( tepung maizena,skm, gula pasir, sedikit garam dan air aduk hingga rata)
Masak hingga meletup - letup



Dinginkan adonan,setelah dingin masukan adonan ke dalam freezer hingga beku
Jika adonan sudah membeku ,kerok menggunakan sendok masukan ke dalam wadah
Kemudian mixer 10 menit
Masukan sp (yang sudah di tim) ke dalam adonan lalu mixer kembali selama 15 menit hingga adonan mengembang

Beri perasa pada adonan sesuai selera

#bisa di buat hingga 100 cup

thumbnail

CARA KERJA DINAMO - FISIKA

Dinamo adalah untuk membangkitkan energi listrik yang kecil.

Cara kerja dinamo adalah poros dinamo dihubungkan dengan roda sepeda, sehingga ketika roda berputar poros dinamo akan ikut berputar dan akan memutar magnet silinder dalam kumparan sehingga menghasilkan garis gaya magnet yang berubah - berubah. Maka,terjadilah gaya gerak listrik induksi ( GGL ) pada ujung - ujung kumparan.

thumbnail

PRAKTIKUM IPA KELAS VIII - TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN

Nutrisi atau mineral pada tumbuhan disalurkan lewat xylem dan floem
Xylem menyalurkan air / nutrisi / mineral dari akar ke batang dan daun.
Sementara floem menyalurkan nutrisi / air dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

Kali ini kita akan mengamati lajunya air / transportasi air dengan melakukan percobaan dan mengamati pada tumbuhan.

Alat dan bahan:
2 batang tumbuhan pacar air
2 gelas
Air
Pewarna
Silet
Mikroskop
Pipet
Paper glas
Cover glass
Tabung gelas / wadah untuk menyimpan air

Langkah kerja:
Siapkan 2 gelas air
Masing - masing 1 gelas dibiarkan bening tanpa pewarna, gelas yang lain diberi pewarna
Masukan pacar air ke dalam masing - masing gelas selama 2 jam



Amati batang dan tulang daun. Apakah ada perubahan warna?
Setelah 2 jam,kemudian sayat melintang bagian batang dengan menggunakan silet
Untuk membuat preparat basah (sayatan disimpan pada paper glas kemudian di tetesi air dan tutup menggunakan cover gelas)




Lakuna langkah tersebut pada pacar air yang menggunakan air bening dan berwarna. Kemudian amati apa yang terjadi.

Hasil pengamatan pada pacar air yang menggunakan air bening




Disini terlihat perbedaan dalam hasil pengamatan,pada air bening pembuluh xylem dan floem terlihat bening
Pada yang menggunakan pewarna terlih lebih pekat.

Sebenarnya pada air bening / warna terjadi pengangkutan air/ transportasi air yang dilakukan oleh pembuluh xylem dan floem

thumbnail

RESEP DAN CARA MUDAH MEMBUAT PUDING IKAN KOI - PELUANG BISNIS JUALAN PUDING IKAN KOI


Puding salah satu makanan manis yang digemari anak-anak. Nah bagi anda yang bingung jualan apa biar anak-anak gak bosan kali ini saya akan berbagi resep tentang puding ikan koi.

Bahan:
3 bks agar-agar nutrijel warna bening
1 bks satelit
3 gelas gula pasir
1 sachet kental manis
Pewarna makanan

Cara membuat ikan koi:
Masukan 1/2 agar-agar nutrijel bening campur dengan 1/2 agar-agar satelit
Masukan 1 gelas gula pasir
4 gelas air putih
Aduk hingga rata
Nyalakan api kemudian masak hingga mendidih
Saat agar-agar sudah matang masukan 1 sachet kental manis
Aduk hingga rata
Kemudian tuangkan agar-agar ke dalam cetakan ikan koi
Setelah mengeras beri warna pada ikan koi dengan menggunakan cottonbat
Untuk mata di tusuk dengan menggunakan tusukan sate


Membuat air / kolam:
Masukan 2 1/2 bks agar -agar nutrijel campur dengan 1/2 bks satelit
Masukan gulpas 1 1/2 gelas
Masukan 7 gelas air putih
Aduk hingga rata
Masukan pewarna makanan warna biru (1 tetes)
Masak hingga mendidih
Tuangkan pada cup,saat bagian atas sudah mengeraa maka masukan ikan koi
Terakhir siram kembali ikan koi 
Agar terlihat seolah sedang berenang.


Nah mudah bukan bun?
Selamat mencoba!

Saya buat kali ini untuk 50 cup





thumbnail

PERCOBAAN 2 / PRAKTIKUM FISIKA ( IPA ) TEKANAN PADA UDARA - MATERI TEKANAN PADA ZAT SMP KELAS VIII


PERCOBAAN / PRAKTIKUM FISIKA ( IPA ) TEKANAN PADA UDARA
Tujuan : Siswa dapat membuktikan tekanan pada udara
Alat dan Bahan:
1.      Air
2.      Erlenmeyer
3.      Pembakar spirtus / lilin
4.      Karet gelang
5.      Balon
Prosedur kerja
1.      Sediakan erlenmeyer 250 ml. Kemudian isilah dengan air
2.      Kemudian tutup labu erlenmeyer dengan balon karet, ikatlah dengan karet gelang agar lebih kuat
3.      Panaskan erlenmeyer di atas pembakar spirtus / lilin sampai mendidih.
amati apa yang terjadi pada balon karet?
4.      Hentikan pemanasan dengan cara mematikan pembakar spirtus / lilin.
Amati apa yang terjadi?
5.      Kemudian erlenmeyer yang berisi air panas yang telah ditutup rapat dengan balon karet dimasukkan ke dalam air dingin. Amati apa yang terjadi?
Pertanyaan:
1.      Ketika air dalam erlenmeyer yang ditutup dengan balon karet dipanaskan, balon karet mengembang. Mengapa hal ini dapat terjadi?
2.      Mengapa ketika erlenmeyer yang berisi air panas yang telah ditutup rapat dengan balon karet dimasukkan ke dalam air dingin, nalon karet tertekan ke dalam labu erlenmeyer? Jelaskan kejadian tersebut.
Hasil Percobaan:






Penjelasan:
Balon bisa mengembung karena berisi uap panas yang dihasilkan dari air yang mendidih, dan balon mengecil saat erlenmeyer dimasukkan ke dalam air dingin karena tidak ada dorongan dari uap panas yang dihasilkan dari air yang mendidih

Kelompok 7:
Amanda
Putra Ikhsan
Geri Ikbal
Ilham Abdul Basit
Syahrul

Kelompok 8:
Ira Nuraeni
Emi Nurmilah
Diki Ridwan
Ilham Muhaemin

thumbnail

PERCOBAAN 1 ( PRAKTIKUM FISIKA / IPA ) TEKANAN PADA UDARA - TEKANAN ZAT UNTUK SMP KELAS VIII


PERCOBAAN / PRAKTIKUM FISIKA ( IPA ) TEKANAN PADA UDARA
Tujuan : Siswa dapat membuktikan tekanan pada udara
Alat dan Bahan:
1.      Gelas minum
2.      Air
3.      Kertas HVS
Prosedur Kerja
1.      Isilah gelas dengan air sampai penuh
2.      Tutuplah gelas yang berisi air tersebut dengan selembar kertas HVS
3.      Tahan kertas HVS dengan telapak tangan, kemudian baliklah gelas dengan cepat ( usahakan jangan sampai tumpah )
4.      Lepaskan tangan secara perlahan. Amati apa yang terjadi!
Pertanyaan
1.      Ketika gelas yang berisi air dibalij, ternyata HVS dapat menahan air di dalam gelas. Jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi!
Hasil percobaan:





Penjelasan:
Ketika gelas yang berisi air dibalik, ternyata kertas HVS dapat menahan air di dalam gelas. Hal tersebut bisa terjadi  karena tekanan udara di luar gelas lebih besar daripada tekanan udara di dalam gelas. Tekanan udara itulah yang menahan air di dalam gelas.

kelompok 2 :
Resti Nurmalasari
Ihsan Nursi
Dina Siti Nurjanah
Kelompok 3:
Supriadi
Riris Abdul a
Restu R
Pitrotul



thumbnail

PIAGAM PELANTIKAN PRAMUKA

Description: Logopr~1Description: H:\WOsm.jpgGERAKAN PRAMUKA
PANGKALAN SMP NEGERI 4 SODONGHILIR
GUGUS DEPAN 11163-11164
KABUPATEN TASIKMALAYA
                            JL. Raden Ihrom Danaatmaja Desa Sepatnunggal Kecamatan Sodonghilir
 


PIAGAM PELANTIKAN
Nomor : 11164

Diberikan Kepada :


Tingkat
PENGGALANG

Yang telah menyelesaikan SKU tersebut di atas, berhak untuk mengenakan Tanda
Kecakapan Umum. Dengan harapan senantiasa meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya berdasarkan pada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Ditetapkan di : Sodonghilir
Pada Tanggal : 

Kepala Sekolah selaku                                    PEMBINA GUDEP 11164
KAMABIGUS


MAKIH YUSTIONO,S.Pd.                                RIMA AMIYATI
NIP. 19640711 198903 1 009                         NTA. 09061116400002


Description: Logopr~1Description: H:\WOsm.jpgGERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN TASIKMALAYA
                                                           11163-11164                                  
SMP NEGERI 4 SODONGHILIR
                            JL. Raden Ihrom Danaatmaja Desa Sepatnunggal Kecamatan Sodonghilir
 


PIAGAM PELANTIKAN
Nomor : 11164

Diberikan Kepada :


Tingkat
PENGGALANG

Yang telah menyelesaikan SKU tersebut di atas, berhak untuk mengenakan Tanda
Kecakapan Umum. Dengan harapan senantiasa meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya berdasarkan pada Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Ditetapkan di : Sodonghilir
Pada Tanggal : 

Kepala Sekolah selaku                                    PEMBINA GUDEP 11164
KAMABIGUS


MAKIH YUSTIONO,S.Pd.                                RIMA AMIYATI
NIP. 19640711 198903 1 009                         NTA. 09061116400002




.;

.comment-content a {display: none;}