Home » » KISI KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KISI KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019


KISI- KISI UJIAN NASIONAL 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019




1.        Bahasa Indonesia










Lingkup Materi








Level Kognitif




















Membaca  Nonsastra


Membaca Satra


Menulis Terbatas


Menyunting Kata,


Menyunting Ejaan


























Kalimat, Paragraf


dan Tanda Baca



















Pengetahuan dan
Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

Peserta didik dapat

Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

pemahaman
-menentukan makna
-menentukan makna kata

melengkapi istilah/kata

-menunjukkan kata
-menunjukkan

·
Mengidentifikasi

kata/kalimat pada teks

dalam cerpen dan fabel

dalam kalimat

yang tidak sesuai

kesalahan

·
Menentukan
-menentukan informasi
-menentukan makna tersurat




kaidah

penggunaan ejaan

·
Memaknai

tersurat teks

dalam cerpen dan fabel




-menunjukkan kalimat
-menunjukkan




-menentukan bagian
-menentukan bagian cerpen




yang tidak sesuai

kesalahan





teks

dan fabel




dengan kaidah

penggunaan tanda

















baca

Aplikasi
Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

Peserta didik dapat

Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

·
Menunjukkan
-menentukan ide pokok
-menyimpulkan makna

-menyusun urutan

-menggunakan kata
-menggunakan  ejaan


bukti

teks

simbol dalam cerpen dan

kalimat berbagai jenis

bentukan sesuai
-menggunaan tanda

·
Menyimpulkan
-menyimpulkan isi teks

fabel

teks

dengan kaidah

baca

·
Menemukan ide
-menyimpulkan
-menyimpulkan isi tersirat

-melengkapi paragraf

-menggunakan




·
Menginterpretasi

pendapat pro/kontra

dalam cerpen/fabel

dengan kalimat

konjungsi dalam




·
Menggunakan

dalam teks
-menyimpulkan sebab/akibat

-melengkapi bagian

kalimat





Menyusun
-meringkas isi teks

konflik

teks (eksposisi,

















deskripsi, ulasan, dan

















lain-lain)







Penalaran
Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

Peserta didik dapat

Peserta didik dapat
Peserta didik dapat

·
Mengevaluasi
-membandingkan
-membandingkan pola

-memvariasikan kata

-memperbaiki
-memperbaiki

·
Membandingkan

penggunaan bahasa

pengembangan cerpen dan

-memvariasikan

kesalahan penggunaan

kesalahan


pola

dan pola penyajian

fabel

kalimat

kata, kalimat, dan

penggunaan ejaan


(menganalisis)

beberapa jenis teks
-membandingkan

-menulis dengan

ketidakpaduan
-memperbaiki

·
Menanggapi
-menilai keunggulan/

penggunaan bahasa

ilustrasi tertentu

paragraf

kesalahan





kelemahan teks

cerpen/fabel






















Lingkup Materi








Level Kognitif




















Membaca  Nonsastra


Membaca Satra


Menulis Terbatas


Menyunting Kata,


Menyunting Ejaan


























Kalimat, Paragraf


dan Tanda Baca




















·  Memvariasikan
-mengomentari isi teks
-menunjukkan bukti latar

-mengubah teks ke

-menentukan alasan

penggunaan tanda








dan watak tokoh dalam

bentuk lain

kesalahan penggunaan

baca








cerpen/tabel




kata, kalimat, dan
-menentukan alasan







-mengomentari unsur




ketidakpaduan

kesalahan








intrinsik karya sastra




paragraf

penggunaan  ejaan

















dan tanda baca









/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}