Home » , , » PENYAKIT ALZHEIMER

PENYAKIT ALZHEIMER


Penyakit alzheimer adalah salah satu bentuk penyakit akibat degenerasi (kemunduran) otak atau karena berkurangnya masa otak dan kematian sel-sel otak akibat proses penuaan. Penyakit ini dikenal sebagai pikun, yaitu kemunduran intelektual berat dan progresif yang mengganggu fungsi sosial, pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.

Penyakit alzheimer umunya menyerang orang lanjut usia ( diatas 65 tahun). Tingkat terjangkitnya penyakit ini memiliki rasio 1:10 . pada kelompok usia 80 tahun rasionya lebih besar mejadi 1:4.

Faktor penyebab Penyakit alzheimer antara lain:
Proses degenerasi otak atau akibat intoksikasi (keracunan alumunium, terpapar pestisida, lem dan pupuk), gizi yang buruk, penggunaan alkohol, stres dan depresi, penggunaan obat anti defresi, obat tidur, obat herbal dan obat bebas secara berlebihan.

Faktor keturunan genetis
Jika orang tua atau generasi sebelumnya pernah menderita penyakit ini, maka kemungkinan besar penyakit tersebut diturunkan pada generasi berikutnya. Pada mereka yang menderita Penyakit alzheimer karena faktor genetis pada pemeriksaan kromosom 21 akan ditemkan gen pembawa Penyakit alzheimer.

Terapi medis ada dua, yaitu terappi farmakologis (obat-obatan) dan terapi nonfarmakologis. Kondisi penting yang harus dieprhatikan adalah kesabaran pengasuhnya karena pasien yang mengalami pikun sering kali mengalami gangguan prilaku antara lain defresi, cemas , halusinasi, marah dan gangguan tidur. peran pengasuh disini adalah mengenal kelainan yang ada, kemudian mengkonsultasikannya dengan dokter untuk mengatasinya.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}