Home » » ZAT-ZAT MAKANAN

ZAT-ZAT MAKANAN


Makanan yang kita makan sehari-hari sangat di butuhkan tubuh untuk sumber energi, pertumbuhan  dan menjaga kesehatan. Bila kita hanya makan satu jenis makanan maka materi yang diperlukan tubuh tidak terpenuhi. Kita memerlukan makanan dalam jumlah tepat dan mengandung zat nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin,mineral dan air. Kekurangan salah satu nutrisi atau lebih dari zat nutrisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada tubuh. Keadaan kekurangan zat nutrisi disebut malnutrisi.

KARBOHIDRAT
Adalah zat makanan yang banyak mengahasilkan energi yang diperlukan tubuh. Selain sebagai sumber energi , karbohidrat berfungsi dalam penyediaan bahan pembentukan protein dan lemak serta menjaga keseimbangan asam dan basa.
Sumber karbohidrat buah-buahan manis, biji-bijian, umbi-umbian, padi, jagung, gandum, singkong, kentang, madu dan gula tebu.

PROTEIN
Sumber energi, bagian terpenting untuk plasma sel, zat pembangun, untuk pertumbuhan, pengganti sel-sel yang rusak, pembentukan enzim, horomon dan antibodi, mepertahankan viskositas darah
Sumber protein telur, ikan, daging, susu, belut, udang, cumi-cumi, hati, ginjal, otak, kedelai, kacang tanah, petai, gandum, kepiting,rajungan dan lain-lain.

LEMAK
Sumber energi, pelarut vitamin A, D, E, K dan zat lain., pembangun bagian tubuh tertentu, sebagai alas organ (bantalan), pelindung tubuh dari suhu rendah.
Sumber lemak minyak goreng, susu, mentega, keju, daging, telur, kacang tanah, kelapa sawit, kelapa wijen, margarin. Kacang kapri, biji mete dan lain-lain

VITAMIN
Vitamin bukan sumber energi, tetapi vitamin melakukan fungsi regulator (pengatur). Vitamin bekerja sama dengan enzim dalam beberapa reaksi kimia. Vitamin juga penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan, dan reproduksi. Vitamin harus ada dalam tubuh manusia walaupun dalam jumlah kecil karena fungsinya khusus dan tidak bisa digantikan.

MINERAL
Beberapa mienaral yang berwujud garam atau unsur merupakan komponen vital bagi tubuh. Mineral penting untuk pembentukan hormon,tulang, gigi dan darah. Contohnya Fe ( besi) sangat berperan dalam pembentukan molekul Hb dan sel darah merah. Mineral juga membantu regulasi fungsi tubuh, seperti perumbuhan dan metaboliseme. Kekurangan mineral mengakibatkan defesiensi.

AIR
Air sama pentingnya karena air sangat esensial untuk melangsungkan kehidupan
Fungsi utama air adalah
Mengangkut nutrisi ke jaringan

Mengangakat sampah (sisa metabolisme) dari jaringan keluar tubuh


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}