Home » » SKENARIO TERBURUK - KORUPSI EPISODE 3

SKENARIO TERBURUK - KORUPSI EPISODE 3

Namaku Sena, aku salah satu karyawan swasta. Aku saksi hidup dari drama kejadian di tempat aku kerja. Ini mungkin bisa jadi pelajaran buat kita hati-hati dalam bertindak. Kebohongan bukan salah satu cara untuk menyelesaikan masalah

Saat itu, aku terbangun ada pesan masuk dari Ko Edi” dimana lu??” isi pesannya memang selalu singkat, tapi aku liat waktunya itu menunjukan pukul 11 malam, naas aku selalu tewas jam segitu. Lalu aku cepat balas” maaf ko, semalam aku tidur. ko bagaimana kabaranya?”. Ternyata tak mendapat balasan, sudahlah mungkin koko sibuk.

Jam 8 kurang 5 menit aku siap-siap berangkat kerja, sesampainya di tempat kerja aku sampaikan pada rekan kerjaku “ bu tahu gak, aku dapat sms dari ko edi. Biasanya suka ada berita buruk kalo ada pesan dari ko edi, dulu juga sebelum kasus awal tahun terungkap Ko Edi udah ngasih tau duluan”.lalu Sri senang mendengar kabar itu “asikkkkkkkkkkk pasti berita duka, kalo si doer bos kita itu akan di pecat wajib di rayain ni bu, iya kan Mel?”. Betapa girang nya kita pagi itu di kantor, karena setiap ada meeting nasional di kantor pusat, suka ada pemecetan pemimpin yang gak bener. Dan pikiran kita menilai bos kita itu gak bener, senin itu dia bos kita belum datang, mungkin agak siangan karena dia masih di luar kota. Sudahlah  aku pikir berita nya memang seperti itu. Lalu aku jawab “ ok, deh semoga saja ya bu. Saya pergi ke meja aku dulu ya!”.
Tak terasa sudah siang lagi, aku mendapat telpon dari Ci Mey-mey, aku pikr seputar kerjaan yang akan dia sampaikan “ selamat ya , bapakmu itu emang the best ko. Dari prosedur kerja dia udah bener. Menurut aku bos mu itu the best” mendengar itu aku gak percaya, Ci Mey-Mey yang pernah menangis gara-gara si doer waktu telpon bisa bilang pemimpin the best omg gak bener ini. “ maksud ci gimana? Ko the best sih Ci” aku menjawab meski aku masih merasa heran, lalu Ci Mey-Mey bilang “ iya sie, dia dalam kerja bagus Cuma kelemahan dia tukang ngadu domba”. Bagiku ini percakapan terjelek aku merasa ini berlebihan si doer di bilang the best, aku tak terima aku sampaikan berita ini lewat bbm k Mba Mae “mba mana mungkin ya si doer sama ci Mey-Mey di bilang the best?”. Lalu Mba Mae menjawab” itu bukan kata ci Mey-Mey itu kata orang pusat, si doer bapakmu itu mendapat penghargaan bergengsi”
Omg ini benar-benar dusta besar, aku sampaikan lewat bbm ke semua rekan kerjaku, dan semua kaget. Aku pikir sms dari Ko Edi tanda hal buruk akan terjadi di tempat ini, tentu saja hal buruk tentang si doer. Aku pikir itu, sudahlah memang takdir seorang penjilat selalu lebih unggul dari pada orang yang jujur dan keren di mata orang-orang yang sama busuknya.
Satu minggu sudah kabar pemimpin the best beralu...aku harus segera bikin Npwp, gak sempet ke kantor pajak pengen ijin tanggung banyak kerjaan, lalu aku berharap sabtu kantor pajak buka walau setengah hari, aku dan Amel pergi pukul 8 lebih di pagi hari, sayang kantor pajak nya tutup. Aku dan Amel memutuskan untuk makan bakso meski masih pagi, rasanya memang gak pantas pagi-pagi makan bakso.
Saat itu kita duduk berdua memakan bakso pedas favorit kita, tiba tiba Amel bertanya “ mba, kapan ya orang pusat datang ke kantor kita? Mba kira-kira mereka mau ngapain ya?”  lalu aku menjawab “tah lah mel, kapan datangnya gak jelas. Gak peduli lah mereka mau datang minggu ini ato minggu depan. Paling mereka datang mau chek barang, uang kas sama tagihan kali. Kaya dulu. Tapi mel aku yakin berita buruk akan terjadi, karena tak biasanya ko edi kirim pesan. Nyesel aku tidur, ko edi emang kaya gitu telat bls pasti gak bakal di bls lagi”. Ngobrol panjang lebar sambil makan bakso di pagi hari membuat saya ingin pulang. Aku liat tangan amel bergetar, aku pikir dia sedang menahan sakit. Wajahnya seperti kusem gak bersahabat. Aku pikir ini hal yang wajar karena dia sering sakit perut. Aku pikir memang hal yang wajar, tapi wajah gelisah dan tangan yang selalu gemetar aku sarankan dia berobat barang kali mag nya kambuh.
Senin telah tiba, orang pusat gak ada kabar mau datang kapan jadinya. Pukul 11 aku dapat kabar dari rekan kerja yang di luar kota, kalo orang pusat akan datang nyampe ke kantor pukul 4 sore, karena jam 11 mereka baru berangkat.
Aku masuk ke ruangan Amel karena di sana ada mesin photo copy, aku mau mengkopi semua file-file penting barang kali mereka akan membuka file-file ku kaya dulu, aku rasa saat yang tepat untuk melengkapinya. Saat itu aku liat wajah Amel begitu tegang “ mel, kenapa? Nanti makan siang mau makan apa?”  Amel menjawab dengan nada yang aneh wajahnya makin tegang, agak kusem kalo aku liat “ maaf mba, aku mau pulang sebentar ke rumah. Nanti jam 1 aku ke sini lagi”  dalam pikirku ini masi wajar, ya sudahlah nanti aku akan makan mie ayam saja yang di depan kantor karena Bu Sri juga ada urusan sebentar katanya ya sudah aku makan sendiri saja.
Usai istirahat dan makan siang Amel tiba-tiba datang dan terburu-buru sambil berkata “mba sodara saya meninggal, saya haru pulang dan ijin ke pak Mardona” aku turut berduka dengan kabar itu ya sudahlah semoga di terima imannya.
Pukul 4 kurang oang-orang pusat baru nyampe kantor, di sana ada Pak Sayap, Vivi, Kartika, dan Mba Riski. Semua nya menyapa karena memang meski jauh komunikasi kita tentang kerjaan gak terputus, jadi kami agak akrab.
“ hei mba, mana si Amel?” tanya Vivi, belum aku jawab Vivi dah bilang “ mba Riski, Amel gak masuk tuh takut ama mba!” lalu aku jawab “ bukan gitu, dia tadi ijin ada sodaranya ada yang meninggal”
Malam telah tiba, ada bbm dari amel ” mba, tolong ijinin ke pak mardona kalo aku gak bisa masuk, masalahnya sodara saya belum di makamkan” aku sebenarnya mau menyampaikan tapi si doer dona itu ribet selalu ngomel malas ngomong nya lalu aku jawab “maaf ya mel, kamu telpon aja si doer nya, atau kamu sms sendiri. Kan tau si doer kalo ada kabar gak ngasih tau dia Cuma sebatas titip pesan marahnya kaya orang kesurupan, apalqgi aku enek liat dia. Maaf ya”
Pagi saat nya masuk kerja lagi, omg rasanya malas tingkat akut masih ngantuk tapi tetep harus emangat 45.
 Jam 10 Pak Sayap menyuruh Bu Sri ambil kunci laci lemari yang di bawa sama Amel, Bu Sri bertanya Amel sedang berada dimana, Amel awalnya menjawab masih di pemakaman. Saat Bu Sri sedang menuju TPU tiba-tiba Amel menyuruh Sri ke kantor lagi, karena Amel akan datang ke kantor. Bukan main gondoknya Sri sudah di jalan di suruh balik lagi.
Bu sri datang ke kantor dengan wajah kesal, maklum dia udah ampir nyampe di suruh balik lagi. Selang beberapa menit amel datang, tapi ada hal yang aneh dia dengan bapaknya, di sudut sana dia menangis ngomong ama si doer tah ngomongin apa sepertinya serius sekali, lalu si doer ke ruangannya dan pak sayap pun menghampiri amel, kali ini bapaknya amel yang ngomong serius dengan pak sayap. Percakapan serius hampir memakan waktu satu jam. Setelah pak sayap masuk ruangan si doer, di sudut  ruangan sana yang agak jauh dari mejaku, aku bbm amel “ kenapa mel? Ada apa?” amel membalas  bbm ku “mba, aku ke jambretan uang kantor raib 8, 5 juta mba. Nanti aku cerita sama mba ya?”
Aku masih heran, kapan kejambretan aku selalu melihat hp nya ke duanya juga utuh, tah lah aku masih bingung ada apa sie di balik ini. Kenapa amel malah pulang ko gak lanjut kerja aja, amel pulang sama bapaknya. Tiba-tiba sri datang, aku tanya saja ama sri “ ada apa ini, ko rasa-rasa nya ada yang gawat ni bu?”  sri mejawab dengan nada gak percaya “ iya itu katanya sia amel ke jambretan bulan lalu, tadi dia ngasih laporan kejambretan dari ke polisian ke si doer, tapi agak heran janggal kejadian bulan kemaren kenapa baru bilang sekarang ya? Katanya kejadianya pas dia lagi ke bank. Di jambret di bawa uang nya tas nya di balikin lagi” saya pun sama bingung nya kaya sri, masalahnya kalo namanya penjambretan tas nya raib memang. Trus baik bener itu penjambret Cuma bawa uang aja gak ambil hp sekalian gitu, kalo emang penjambretan aku gak pernah liat amel dengan wajah trauma atau gimana sepulang dari bank, aku coba ingat-ingat tiap amel pulang dari bank wajahnya biasa aja. Gak ada hal yang aneh. Di saat segudang pertanyaan megahampiri dan sejuta bingung melanda tiba-tiba pak toro rekan kerjaku datang “ bodoh si amel, ko bisa kejadian bulan lalu baru bilang nanti orang pikir dia boong” aku hanya senyum gak percaya masih bingung dan kaget sebenarnya.
Aku masih penasaran aku tanya amel lagi, kejadian nya kapan dan kronologis ceritanya seperti apa. kita pun bbman tapi aku masih bingung benar-benar bingung, cerita kejambretan itu masih tak masuk akal. Mana bisa di jambret tapi gak jatoh di motor, tas nya di balikin lagi. Penjambret macam apa? mana ada? Mana sempet itu jambret buka tas trus balikin lagi tasnya keburu di gebugin warga. Di jambret siang-siang bolong di jalan rame pula. Pikiran buruk hampir hinggap dalam pikirku, ini ada suatu modus penggelapan uang tapi?? Ini gak boleh, jauhin pikiran buruk.
Malam telah tiba ci mey-mey ngbbm “ gimana? Ada kabar apa di kantor? Katanya ada kejambretan cerita nya gak lucu. Kata sri amel bilang kejadian tgl 23 malam nya langsung laporan ke polisi, tapi dia bilang ke aku tanggal kejadiannya hari jumat tanggal 18. Ke kantor tanggal 23. Kamu tahu? Jumat bukan tanggal 18 tapi tanggal 20. Ini anehkan? Dia bilang ke kita tas nya di jambret lalu di balikin lagi. Tapi dia bilang ke Lili tasnya di jambret raib semua” baca bbm dari ci mey-mey saja aku simpulkan ini modus terjelek yang pernah ada. Kebohongan yang gak konsisten, sandiwara yang tak matang. Tapi di balik ini ada apa?? lalu aku jawab “ ya ci, dari cerita sudah bedalah ci. Dari perbedaan itu kita simpulkan dan kita tahu ini adalah kebohongan besar”
Di hari berikutnya, aku heran pak sayap dan pak mardona super doer itu pergi bertiga dengan amel, tah ada apa lagi ini semakin tak jelas. Semua yang ada dalam otakku tentang prasangka buruk sama persis yang ada dalam pikiran rekan kerjaku yang lainnya.
Tiba pak sayap dan pak doer ke kantor, aku saat itu ada di ruangan sri. Tiba-tiba pak sayap menutup pintu dan mengatakan hal yang aku pikirkan , pak sayap bilang ini skenario terburuk yang pernah ada, cari orang yang jujur itu susah, kepercayaan yang di pikul tak sebanding dengan kebohongan yang terjadi, apalagi skenario nya benar-benar buruk. Dia tegaskan bahwa dia tak mungkin memperkerjakan amel, amel melakukan penggelapan uang. Mendengar itu aku kecewa sama amel, dengan sifat lugu dan polosnya dia melakukan ini, aku kecewa karena aku udah sayang ama dia, aku anggap ade sendiri tapi ternyata aku masih agak kecewa dan gak menyangka ini cerita sebenarnya. Dari kejadian ini, posisi kerjaku berubah, hal yang benar-benar malas ketika aku sudah nyaman dengan kerjaanku
Hari berikutnya, amel datang pagi-pagi dia tidak memakai seragam kerja, dia masih kerja hingga akhir bulan. Dia begitu gemetar ketakutan luar biasa. Aneh dia pulang lagi gak pamit ama si doer, rekan kerjaku meyusulnya dan dia gak ada di rumah
Lalu si doer marah dan berkata” bagaimana saya bisa percaya, katanya ceritanya ini adalah sebuah musibah, ya namanya musibah ya gimana? Tapi dengan dia pulang gak pamit semakin membuat aku gak percaya. Aneh”
Ci mey-mey bilang aku saksi hidup, ada 3 kali kejadian penggelapan di kantor ini, ini cerita buruk prestasi yang buruk di antara kantor yang lainnya, pusat masalah dan masalahnya adalah tentang uang, uang dan uang.
Harusnya amel berkaca dari kejadian sebelumnya, 2 kejadian sebelum ini menggemparkan kantor kita, bahkan di tempat lain tempat kita mendapat cibiran biangnya masalah. Tapi daru dua kejadian sebelumnya mereka mengakui dan bertangung jawab. Lalu ada apa sama kamu mel?? Sempat bikin skenario, laporan palsu. Semua orang jadi gak simpati dengan kebohongannya, kebohongan yang terus di tutupi kebohonganmu hanya akan meyelamatkan mu sementara tapi menghancurkanmu selamanya. Ada apa?? dalam satu bulan kamu habiskan uang segitu, memang kasus sebelumnya hampir mencapai angka ratusan juta, meski nilanya kecil ini tetap namanya penggelapan. Kita tentu harus belajar, bukan hanya dai pengalaman kita sendiri tapi dari mereka juga, bercermin agar tidak terjatuh agar langkah kita punya arah. Semoga dari kejadian ini, kita belajar bahwa kejujuran dan memegang amanah itu nilai utama yang harus kita peang. Ketika kita mulai memegang satu tanggung jawab besar, harga mati kita untuk menjalankannya dengan ke jujuran, taruhannya nama kita, nama baik orang tua kita
Jangan sampai jatuh ke lubang yang sama, melihatmu terpuruk aku sedih tapi kenapa harus bikin cerita bohong segala. Laporan palsu? Penggelapan uang? Ini fatal
Kadang kala kita tau sesuatu itu dapat membuat kita terjatuh....kita tau rasanya terjatuh itu sakit. Tapi kadang kala kita lupa akan sesuatu yang membuat kita terjatuh...hingga di sadari atau tidak kamu akan tersadar ketika kamu telah merasakan rasanya terjatuh itu sakit....dari rasa sakit itu kamu harus belajar...jangan sampai jatuh lagi lagi dan lagi. Kecuali kamu ingin terus terusan sakit
Why must be a liar????
Kebohongan dari apa yang telah kamu lakukan telah menghapus semua keindahan yang pernah kamu lukis dalam dirimu sendiri.
Dan belajarlah dari kesalahan orang lain, jalan mana yang harus kamu tempuh dan jalan mana yang harus kamu tinggalkan.
Kamu tahu kan ketahuan bohong itu malu dan sakit, kamu tahu kan rasanya ? jujur lebih baik walaupun pahit. Sepahit apapun , jujur mempunyai nilai dan bentuk penghargaan dari orang lain.




/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}