Home » » MIKROSKOP

MIKROSKOP

Penglihatan manusia ada batasnya. Tanpa alat bantu kita tidak bisa dapat melihat benda berdiameter 0,1 mm, seperti sel, jaringan dan berbagai organisme kecil lainnya. Untuk dapat melihat benda berukuran kecil tersebut, kita memerlukan suatu alat yang bisa disebut  mikroskop.

MACAM-MACAM MIKROSKOP

Mikroskop Cahaya




Sebuah mikroskop cahaya dapat memperbesar penglihatan kita menjadi 1.000 x. Adanya pembesaran demikian menyebababkan objek yang berdiameter 0.2 mikrometer dapat kita lihat.
Komponen-komponen mikroskop cahaya

Lensa okuler(merupakan bagian yang dekat dengan mata pengamat saat mengamati objek. Lensa okuler terpasang pada ujung atas tabung mikroskop. Pembesaran pada lensa okuler ada tiga macam, yaitu 5x, 10x dan 12,5 x)
Tabung mikroskop (merupakan penghubung lensa okuler dan lensa objektif. Tabung terpasang pada bagian  bergerigi yang melekta pada pegangan mikroskop sebelah atas. Melalui bagian yang bergerigi, abung dapat di gerakkan ke atas dan ke bawah)
Makrometer atas sekrup pengarah kasar (merupakan penghubung lensa okuler dan lensa objektif. Tabung terpasang pada bagian bergerigi yang melekat pada pegangan mikroskop sebelah atas. Melalui bagian yang bergerigi, tabung dapat digerakkan ke atas dan ke bawah)
Mikrometer atas sekrup pengarah halus (merupakan komponen untuk menggerakkan tabung mikroskop ke atas dan ke bawah dengan pergeseran besar)
Revolver (merupakan pemuar lensa yang berguna untuk menepatkan lensa objektif yang di kehendaki)
Lensa objektif (merupakan komponen yang langsung behubungan denga objektif atau spesimen)
Meja/panggung mikroskop (merupakan meja preparat atau tempat sediaan objek spesimen. Pada bagian tengah panggung mikoskop terdapat lubang untuk jalan masuk cahaya ke mata pengamat. Meja  digunakkan untuk meletakkan sediaan objek atau spesimen. Pada panggung terdapat dua penjepit untuk mjepit kaca benda. Pada beberapa mikroskp lain, panggung dapat digerakkan ke atas dan ke bawah)
Kondensor (merupakan alat untuk memfokuskan cahaya pada objek spesimen. Alat ini terdapat di bawah panggung)
Diafragma (merupakan komponen untk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk melalui lubang pada panggung mikrosko. Diafragma ini terpasang pada bagian bawah dari panggung mkroskop)
Cermin reflektor (merupakan seuah uraian yang digunakan untuk menangkap cahaya yang masuk melalui lubang pada panggung mikroskop, yakni dengan cara mengubah-ubhah letaknya. Cermin ini mempunyai permukaan datar dan permukaan yang cekung. Permukaan datar digunakkan jika sumber cahayanya cukup terang dan permukaan cekung digunakan jika cahaya kurang terang)
Lensa mikroskop (merupakan bagian yang dapat dipegang waktu mengangkat mikroskop atau menggeser mikroskop)
Kaki mikroskop ( kaki mikroskop merupaka tempat mikroskop bertumpu . Kaki mikroskop kebnaykan berbentuk seperti tapal kuda)

Mikroskop Eleketron



Mikroskop elektron dapat memperbesar kemampuan penglihatan kita sampai 1 nanomeer. Pada level ini memungkinkan  kita untuk dapat melihat protein khusus atau mokeul asam inti. Pada umumnya, mikroskop elektron ada dua macam yaitu transmissin electron microscope (TEM) dan scanning elektron microscope (SEM)

TRANSMISSION ELECTRON MICROSCOPE (TEM)
TEM atau mikroskop elektron transmisi sebenarnya adalah sebuah tabung televisi tegak dengan sumber pancaran elektron berada pada bagian atas dan layar pada bagian bawah. Pancaran elektron dapat dipercepat dengan voltase tinggi. Tabung tersebut harus dalam keadaan hampa udara sehingga elektron dapat melewatinya tanpa rintangan.

SCANNING ELECTRON MICROSCOPE (SEM)

Mikroskop ini hampir sama dengan TEM, hanya saja gambar/bayangan yang di hasilkan oleh SEM adalah berupa gambar tiga dimensi. Pada SEM ini gambar di bentuk dengan cara pantulan elektron.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}