Home » » JENIS - JENIS TULANG PADA MANUSIA - SISTEM GERAK PADA MANUSIA

JENIS - JENIS TULANG PADA MANUSIA - SISTEM GERAK PADA MANUSIA

Tulang disebut alat gerak pasif karena digerakan oleh otot. Akan tetapi tulang tetap mempunyai peranan penting karena gerak tidak akan terjadi tanpa tulang.
Jenis–Jenis Tulang
Ada dua macam tulang berdasarkan jaringan penyusunnya dan sifat-sifat fiskinya, yaitu tulang rawan (kartilago) dan tulang (osteon)

Tulang rawan (kartilago)
Tulang rawan bersifat bingkas dan lentur serta terdiri atas sel-sel rawan yang dapat menghasilkan matriks berupa kondrin. Pada anak-anak jaringan tulang rawan banyak mengadung sel-sel, sedangkan pada orang dewasa jaringan tulang rawan banyak mengandung matriks. Pada orang dewasa tulang rawan hanya terdapat pada beberapa tempat misalnya cuping hidung, cuping kuping, antara tuang rusuk dan tulang dada, sendi-sendi tulang, antar ruas tulang belakang, dan pada cakra epifis. Tulang rawan ada tiga tipe  yaitu hialin, fibrosa, dan elastis.

Tulang rawan pada orang dewasa dibentuk oleh selaput tulang rawan (perikondrium) yang mengandung sel-sel pembentuk tulang rawan (kondroblas)

Tulang (osteon)
Tulang berisfat keras dan berfungsi menyusun berbagai system rangka. Tulang tersusun atas bagian-bagian sebagai berikut :
Osteoprogenator merupakan sel khusus, yaitu derivate mesenkima yang memiliki potensi mitosis yang mampu berdiferensiasi menjadi osteoblas. Osteoproganetor terdapat dibagian luar membrane (periosteum)
Osteoblas meruapakn sel tulang muda yang akan membentuk osteosit.
Osteosit meupakan sel-sel tulang dewasa.

Osteoklas merupakan sel yang bekembang dari monosit dan terdapat disekitar permukaan tulang. Fungsi osteoklas untuk perkembangan , pemeliharaan, perawatan dan perbaikan tulang.

ARTIKEL TERKAIT:




/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}