Home » , , » INFO PENTING UNTUK WANITA - KETAHUI GEJALA DAN PENYEBAB KANKER PAYUDARA SERTA MAKANAN SEHAT YANG DAPAT MENCEGAH KANKER PAYUDARA

INFO PENTING UNTUK WANITA - KETAHUI GEJALA DAN PENYEBAB KANKER PAYUDARA SERTA MAKANAN SEHAT YANG DAPAT MENCEGAH KANKER PAYUDARA

Payudara adalah hal yang paling penting dan berharga bagi kita kaum hawa. Kecantikan dan kesehatantanya pun kita rawat dan kita jaga.
Yu kita belajar dan cari tau anatomi payudara dan fungsinya

Payudara (mammae, susu) adalah kalenjar yang terletak di bawah kulit, di atas otot dada. Fungsi dari payudara adalah memproduksi susu untuk menutrisi bayi. Manusia mempunyai sepasang kalenjar payudara, yang beratnya lebih 200 gram, saat hamil 600 gram dan saat menyusui 800 gram.



Pada payudara terdapat tiga bagian utama, yaitu :
      Korpus (badan), yaitu bagian yang membesar
      Areola, yaitu bagian yang kehitaman di tengah
      Papilla atau puting, yaaitu bagian yang menonjol di puncak payudara

Funginya sebagai berikut :
      Korpus
      Korpus alveolus, yaitu unit terkecil yang memproduksi susu. Bagian dari alveolus adalah sel aciner, jaringan lemak, sel plasma, sel otot polos dan pembuluh darah
      Lobulus, yaitu kumpulan dari alveolus.
      Lobus, yaitu beberapa lobulus yang berkumpul menjadi 15-20 lobus pada tiap payudara.
   ASI disalurkan dari alveolus ke dalam saluran kecil (duktulus), kemudian beberapa duktulus bergabung   membentuk saluran yang lebih besar (duktus laktiferus)
      Areola
    Sinus laktiferus, yaitu saluran di bawah areola yang besar melebar, akhirnya memusat ke dalam puting dan bermuara ke luar. Di dalam dinding alveolus maupun saluran-saluran terdapat ototpolos yang bila berkontraksi dapat memompa ASI keluar.
      Papilla atau puting

      Bagian yang menojol yang dimasukan ke mulut bayi untuk aliran air susu

Nah setelah kita mengetahui anatomi bagian dan fungsinya, tentunya kita juga ingin tahu tentang penyakit apa yang dapat menyerang payudara kita. Kanker payudara ya penyakit mematikan bagi kaum hawa.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang berkembang dari sel-sel payudara. Kanker payudara biasanya dimulai dari lapisan dalam saluran susu atau lobulus. Kanker payudara yang dimulai dalam lobulus dikenal sebagai karsinoma lobular, sementara yang terjadi dalam saluran susu disebut karsinoma duktal.
Kanker payudara adalah kanker invasif yang paling umum pada wanita di seluruh dunia. Kanker jenis ini menyumbang 16% dari semua kanker yang menyerang wanita dan 22,9% dari kanker invasif pada wanita. Sebanyak 18,2% dari semua kematian akibat kanker di seluruh dunia, termasuk laki-laki dan perempuan, berasal dari kanker payudara.

Gejala Kanker Payudara
Tanda dan gejala kanker payudara antara lain :
Benjolan pada payudara atau terasa menebal dan berbeda dari jaringan di sekitarnya
Keluar darah pada puting susu
Perubahan ukuran atau bentuk payudara
Perubahan pada kulit payudara, contohnya lesung
Bentuk puting susu yang terbalik
Pengelupasan kulit puting susu
Kemerahan pada kulit payudara, seperti kulit jeruk

Penyebab & Faktor Risiko
Dokter mengetahui bahwa kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara mulai berkembang secara tidak normal.
Sel-sel tersebut membagi lebih cepat daripada sel pada umumnya. Akumulasi sel ini membentuk tumor yang dapat menyebar pada payudara, jaringan getah bening atau bagian tubuh lain.
Kanker payudara paling sering dimulai pada saluran produksi susu. Dokter menyebut jenis kanker ini cancer invasive ductal carcinoma.
Kanker payudara juga dapat dimulai dari lobulus (invasive lobular carcinoma) atau sel pada payudara.
Ilmuan mengidentifikasi hal yang dapat meningkatkan risiko anda memiliki kanker payudara. Tapi tidak jelas apa kenapa beberapa orang tidak memiliki faktor risiko mengalami kanker, sementara orang lain yang memiliki faktor risiko tidak pernah mengalaminya. Sepertinya kanker payudara disebabkan oleh kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan anda.
Nah tahukah anda, ada beberapa makanan yang sehat yang dapat mencegah resiko terjadinya kanker payudara. Berikut makanan tersebut:
Blueberri
Menurut sebuah studi, fitokomia pada blueberri bekerja sama untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara triple-negative (TNBC), yang merupakan salah satu bentuk kanker payudara yang lebih rumit dari tipe lainnya.
Kunyit
Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, para peneliti menemukan bahwa kunyit mampu mencegah penyebaran kanker payudara ke paru-paru.
Teh Hijau
Penelitian menunjukkan bahwa rutin meminum teh hijau dapat menurunkan resiko kanker payudara dan mencegah penyebarannya ketika kanker telah tumbuh. Hal ini karena sebuah senyawa yang terdapat pada teh hijau, yang disebut EGCG.
Bawang Putih
Beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat melenyapkan sel kanker ketika dilakukan tes pada daging. Penelitian telah menemukan bahwa memasak bawang putih dengan daging dapat mengurangi bahan kimia karsinogenik dalam daging tersebut, yang bisa menyebabkan kanker payudara.
Brokoli
Brokoli mengandung indole-3-carbinol, bahan kimia yang melawan kanker payudara dengan cara mengubah jenis estrogen penyebab kanker menjadi jenis estrogen yang mampu melindungi diri dari kanker.
Bunga/Kembang Kol
Seperti halnya brokoli, bunga kol merupakan sumber indole-3-carbinol yang bagus.
Kubis
Kubis dan semua sayuran crucifera lainnya mengandung glukosinolat yang sangat ampuh melawan kanker.
Tomat
mengandung kadar lycopene yang tinggi, yang telah terkenal mampu menurunkan resiko kanker payudara.
Alpukat
Alpukat kaya akan asam oleat, yang melalui banyak penelitian dinyatakan dapat mencegah kanker.
Anggur Merah
Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedang, anggur merah dipercaya dapat menurunkan resiko kanker payudara. Namun mengkonsumsi jenis yang beralkohol lebih dari dua gelas perhari dapat meningkatkan resiko kanker, sehingga pembatasan yang cukup adalah kuncinya.
Jus Delima (Pomegranate)
Sebuah penelitian yang menjanjikan di Israel menunjukkan bahwa jus delima dapat menghancurkan sel-sel kanker payudara dan tak mengganggu sel-sel yang sehat. Jus delima juga mampu mencegah pembentukan sel kanker payudara yang baru.
Minyak Biji Rami
Biji rami mengandung kadar lignan yang tinggi, yang dapat membantu mencegah kanker.
Bayam
Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi bayam setidaknya dua kali dalam seminggu, hanya setengahnya yang mengalami kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi bayam.
Jeruk Bali
Penelitian menemukan bahwa buah jeruk bali dapat menghambat perkembangbiakan sel-sel kanker payudara.
Kelp
Kelp merupakan salah satu jenis rumput laut (dari kelompok alga cokelat). Sebuah penelitian di UC Berkeley menemukan bahwa diet tinggi kelp dapat menurunkan kadar serum estradiol pada wanita dan memiliki sifatphytoestrogenic. Sayuran laut juga mengandung chlorophylones, asam lemak yang dapat membantu dalam pencegahan kanker payudara. Selain itu, kelp juga mengandung fucoidan, yang telah ditemukan dalam studi dapat menginduksi apoptosis (kematian sel) sel kanker.
Ceri Gelap
Studi pada tikus percobaan menemukan bahwa sebuah senyawa dalam buah ceri, khususnya yang berwarna lebih gelap, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Nah setelah kita ketahui anatomi payudara bagian dan fungsinya, kini kita juga mengetahui penyakit yang menakutkan yang dapat menyebabkan kematian. Kita juga mengetahui makanan yang sehat agar payudara kita terhindar dari penyakit yang mematikan. Nah jaga payudara anda ya, biar tetap sehat dan cantik!


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}