Home » , » AYAT - AYAT AL - QURAN TENTANG SEMANGAT DALAM MENJALANI HIDUP - PENYEMANGAT HIDUP

AYAT - AYAT AL - QURAN TENTANG SEMANGAT DALAM MENJALANI HIDUP - PENYEMANGAT HIDUP

Semangat Berusaha Meraih Yang Terbaik (Mengapai Impian)

Allah selalu bersama hamba-hambaNya, mencintai , menjaga dan memberi kasih sayang, sahabat masalah apapun yang menimpa anda, sebaiknya anda berusaha untuk menghadapinya. Dan mulai berbenah diri memperbaiki segalanya, mencari jalan keluar dan terus berusaha. Jika kita memiliki sebuah harapan untuk meraih sesuatu, memang kita di hadapakan dengan masalah yang cukup besar sebagai suatu ujian. Namun masalah itulah yang membuat kita besar, namun jika kita menyerah tanpa ada kemauan dan usaha, maka kita tidak akan mendapat hasil apapun. Kita ingin lebih baik,kita ingin menyelesaikan masalah dan kita ingin meraih sesuatu tentunya dengan kemauan kita untuk mewujudkannya, jika kita malas tentu kita tak akan mendapat apa-apa. Berusahalah untuk meraihnya, berusahalah menjadi yang terbaik. Tentu anda akan mendapatkan hasil yang terbaik dan hidup anda jadi lebih baik lagi. Allah selalu menolong hamba-hambaNya yang berusaha, dan Allah menciptakan masalah agar kita menjadi pribadi yang pandai dan tangguh dalam menghadapi kehidupan. Ingat manusia yang pemalas itu adalah temannya setan
Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri”. (Q.S. Ar-Ra’d:11)

Berpikir Positif dan Berprasangka Baik

Hidup memang selalu di hadapkan pada suatu pilihan. Ketika Allah menguji suatu hambaNya pada persoalan kehidupan (harta, sahabat, keluarga dan lingkungan social) yang anda termasuk di dalamnya kadang kita selalu melihat kehidupan orang lain yang lebih bahagia dari kita. Kemudian kita membandingkan apa yang kita punya dan yang kita hadapi dengan mereka. Padahal belum tentu anda akan menjadi lebih baik jika anda di hadapkan pada situasi kehidupan yang sedang mereka jalani. Kita harus berpikir bahwa apa yang anda punya, apa yang anda hadapi adalah jalan dari Allah, dan tentu itu yang terbaik yang Allah berikan kepada anda. anda hanya di haruskan bersyukur dan bersabar. Bersyukur terhadap apa yang anda miliki, bersabar dengan apa yang anda jalani. Jika anda sabar dan bersyukur tentu itu lebih baik bagi anda, dan anda akan semakin dekat dengan Allah, iman dan pahala anda juga memiliki nilai lebih di hadapan Allah. Beda dengan orang yang selalu membandingkan apa yang kita punya dengan orang lain. Hidupnya tentu kurang bahagia. Belajarlah menghargai orang yang di sekeliling anda, belajar bersukur dengan apa yang anda miliki, dan belajar bersabar dengan apa yang anda hadapi semoga menjadi gudang amal di hadapan Allah Swt.
Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui“ (Q.S. Al-Baqarah:216)

Bersabar dan Yakin Anda Bisa

Putus asa adalah hal yang memang manusiawi, namun jika anda berlarut-larut dalam keputus asaan maka Rahmat Allah pun terputus, kenapa sebab? Orang yang berputus asa pikirannya sempit, melihat suatu masalah itu hanya dari nilai sisi negative nya saja. Tak bisa melihat jalan keluar dan akan membuat diri semakin terpuruk dan terputusnya suatu kehidupan. Bayangkan betapa sempitnya kehidupan yang sedang di jalani bagi orang yang putus asa dan mudah menyerah. Yakinlah bahwa apapun masalah yang anda hadapi Allah percaya kepada anda bahwa anda mampu menghadapi masalah yang sedang anda hadapi. Apa pun yang anda hadapi , anda pasti bisa melewatinya, ingatlah bahwa sesungguhnya pertolongan Allah itu sangat dekat. Nah sobat bukalah mata dan pikiran anda, berpikirlah bahwa anda seorang manusia yang di beri akal anda mampu memecahkan persoalan yang sedang anda hadapai. Allah memberikan ujian kepada anda karena Allah memberikan kepercayaan kepada anda bahwa anda bisa, yakinlah bahwa segala persoalan jika di hadapi dengan keyakinan anda pasti bisa menyelesaikannya. Allah bersama orang-orang yang sabar. Terus berusaha, hidup adalah perjuangan, dan hidup bagian dari masalah. Sedangkan masalah itu sendiri yang membuat hidup anda lebih dewasa dan bijak. Jadi anda pasti bisa menghadapi ujian ini.
Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Selalu Ada Jalan Keluar

Tadi di katakana jika anda yakin dan tidak berputus asa anda pasti bisa menghadapinya, karena bagi orang yang memandang suatu masalah adalah suatu jalan menuju kemenangan maka orang tersebut akan selalu melihat jalan meskipun dalam keadaan sulit sekalipun, focus pada suatu tujuan, dan lakukanlah hal yang terbaik yang bisa anda lakukan. Artinya kita harus berjalan pada suatu proses dan bersabar di dalamnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Itu artinya kita akan berjalan pada situasi sulit dan akan mendapatkan jalan terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jadi bagi orang-orang yang tidak putus asa dari rahmat Allah senantiasa mampu berpikir positip dan selalu melihat jalan dalam setiap kesulitan. Berpikir atau memiliki akal adalah tanda orang yang beriman, jangan sampai anda gelap pikiran dan memandang masalah adalah penderitaan. Jika anda tidak bisa dan tak mampu, berarti anda menyerah jika anda menyerah berarti anda sendiri yang menutup jalan. Percayalah pertolongan Allah itu sangat dekat, dan Allah akan menolong hambanya yang selalu berusaha. Segala sesuatu akan terasa mudah jika anda bersabar dan berusaha dalam menjalaninya.
Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Al-Insyirah: 5-6)

Allah Memberi Rezeqi Dan Memberikan Kemudahan

Allah itu Ar-razaq, Ar-rahman dan Ar-rahim, Allah selalu memberikan rezeqinya dan memberikan kasih sayang terhadap hambanya. Allah yang menciptakan segala sesuatu dan Allah yang memelihara segala sesuatu. Ingatlah bahwa kita selalu dalam pemeliharaan dan kasih sayangNya. Maka anda akan selalu berusaha untuk menjalani hari-hari anda menjadi hamba yang terbaik. Beribadah dengan sungguh-sungguh dan meraih sesuatu dengan sungguh-sungguh. Tentu anda menjadi hamba yang di cintaiNya. Jika demkian Allah akan memberikan kemudahan kepada anda, dan rezeqi yang baik kepada anda. jika Allah begitu menyayangi kita, maka kita tidak pantas berputus asa dari rahmatNya. Kasih sayang Allah itu luas, raihlah kasihNya dengan kesungguhan kita menjadi hamba yang sabar dan yakin bahwa Allah selalu melimpahkan rahmatNya kepada kita. Jika kita menjadi peribadi yang selalu berpikir baik, maka kemudahan akan selalu menghampiri kita.
Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya (Q.S. Ath-Thalaq: 2-3)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :
Motivasi dan Inspirasi dalam Islam


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}