Home » » KUNCI DARI SABAR DAN IKHLAS

KUNCI DARI SABAR DAN IKHLAS

Sabar itu sulit! Kuncinya adalah ikhlas. Dan ikhlas itu sulit! Dan kuncinya adalah sadar.
Sadar bahwa segala sesuatu telah ada dalam ketetapan Allah SWT, jika hati kita meyakini Kebesaran dan Keagungan Allah SWT, maka hati kita senantiasa akan lapang dan menerima semua yang terjadi dengan hidup kita betapun itu menyakitkan kita.
Sabar kata yang mudah di ucapkan namun sulit sekali untuk di lakukan.

Hal apa saja yang membuat kita sulit untuk menghadapi sesuatu:
Pertama adalah kurangnya kesadaran hati kita bahwa segala sesuatu terjadi karena Allah SWT
Kedua kita tidak mau menerima kondisi dimana kita benar-benar dalam keadaan sulit
Hal kedua kita sulit menerima karena tidak ada keikhlasan di hati kita, dan kita tidak bisa ikhlas karena kita tidak sadar bahwa segala sesuatu terjadi karena Allah SWT.
Jika saja kita mengetahui kunci dari sabar dan ikhlas, mungkin hati anda akan lapang dan damai. Ketentraman jiwa memang tidak datang begitu saja, anda harus senantiasa melakukan segala perintah Allah dan menjauhi larangannya. Keihklasan dan kesadaran perlu hati yang bersih agar bisa menerima segala ketentuan yang telah terjadi
Ibarat pakaian hatipun akan usang, dan hal yang harus anda lakukan adalah memelihara hati agar tetap utuh dan baik. Untuk menjaga hati anda, lakukan lah kegiatan yang di cintai Allah SWT, perbanyak dzikir, mengkaji Al quran, perbanyak istigfar, shalat wajib tepat waktu dan melakukan sunah lainnya.

Rasullulah bersabda : orang yang paling beruntung adalah orang yang di temukan dalam amalannya paling banyak melakukan istigfar.
Beristigfar adalah salah satu cara kita untuk memohon ampun kepada Allah SWT, dengan beristigfar maka hati kita akan menjadi lebih bersih lagi. Selain itu perbanyaklah mengkaji Al quran, selain membuat hati kita damai, kita akan bertambah wawasan tentang kehidupan ini, semua telah di atur oleh Allah SWT dalam kitab yang menjadi pedoman bagi manusia.
Dan hal yang paling penting berbaik sangkalah kepada Allah SWT, bahwa segala sesuatu telah di ukur menurut kadar yang telah di perhitungkan oleh Allah.
Hal yang terjadi pada diri kita, tidak semata akan terjadi jika itu di luar batas kemampuan kita. Dan segala sesuatu yang menimpa kita dalam kehidupan adalah sebuah pengajaran dari Allah agar kita menjadi manusia yang memiliki tingakatan iman yang tinggi dan menjadi manusia yang lebih baik lagi. Dan kita harus sadar dan meyakini bahwa Allah senantiasa dekat dengan kita, dan Allah bersama orang – orang yang sabar.
Bila anda menyikapi suatu masalah dengan sadar dan sederhana, maka masalah dengan begitu cepatnya akan menghilang dan anda akan belajar dari setiap masalah dan dapat memetik hikmah.
Sebaliknya jika anda menyikapi dengan perasaan yang sulit dan rumit, maka masalah akan menjadi beban terberat dalam hidup anda yang akan membuat anda sulit dalam melakukan aktivitas dalam hidup ini.

Hidup itu adalah kesempatan anda untuk mengenal Allah lebih dekat lagi, kadang masalah yang sulit dan menyakitkan lebih baik jika dapat mendekatkan seorang hamba dengan Sang Khalik. Ketimbang kebahagiaan yang membuat diri kita senantiasa jauh dari Allah SWT.
Belajar sabar..meski sulit....belajar ikhlas meski sulit
Dan anda harus sadar segala sesuatu telah ada dalam ketentuanNya




/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}