Home » » TPU ( TEMPAT PEMAKAMAN UMUM ) RASA KOJENGKANG ( PASAR MINGGU ) dan hukum menduduki makam

TPU ( TEMPAT PEMAKAMAN UMUM ) RASA KOJENGKANG ( PASAR MINGGU ) dan hukum menduduki makam

Lebaran telah tiba, kita sebagai salah satu anggota keluarga yang masih hidup tentunya kota berziarah dan memdoakan kerabat dan keluarga kita yang telab tiada. Bukan hanya saat lebaran saja, tentunya berziarah dianjurkan kapan saja agar kota belajar dan bermusabah diri, mengingat mati lalu bertaubat.

Tempat pemakaman umum Cinehel di Tasikmalaya menjadi salah satu TPU terbesar. Hari biasa terlihat sepi, tiada pedagang lalu lalang ataupun pejiarah kubur, paling hanya beberapa saja. Tida seperti lebaran semua suasana berubah seperti pasar.

Situasi tpu saat lebaran



Mungkin itu salah satu gambar yang diambil,tapi masih banyak lagi. Bahkan duduk di atas kubur sambil menikmati jajanan yang di jajakan.
Nah.... saat saya berada di tempatbtersebut trasa aneh,tapi sebenarnya hal itu sudah sangatbsering saya liat ketika lebaran hampir kurang lebih 20 tahunan saya berjiarah le makam kakek saya.
Mungkin saat dulu masih dianggap suatu kebiasaan. Namun saya jadi merasa sesih terbayang bagaimana jika saya yg dikubur disana? Di atas makamku mereka duduk sambil makan baso. Rasa sedih pasti ada di dada. Kita bahkan tidak tahu nasib penghuni alam kubur disana, tapi yg hidup seperti berada di pasar dengan bangganya buka lapak di pinggir2 paling parah di atas kubur.

Duduk di atas kubur apalagi diatas nisan sangat dilarang , karena termasuk dosa besar.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}