1.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTs KELAS: VII
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa,
campuran, desimal, persen)
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa,
campuran, desimal, persen)
|
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan
dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat
positif dan negatif
|
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam
bentuk bilangan berpangkat
bulat positif dan negatif
|
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada
himpunan menggunakan
masalah kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan
kosong, komplemen himpunan dan operasi
biner pada himpunan
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.5 Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk
aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
|
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bentuk aljabar dan operasi pada
bentuk aljabar
|
3.6 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
dan penyelesaiannya
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu
variabel
|
3.7 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya
sama dan berbeda)
|
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran
(satuannya sama dan berbeda)
|
3.8 Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan
menggunakan tabel data, grafik, dan
persamaan
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan
senilai dan berbalik nilai
|
3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan,
pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto,
tara)
|
4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
3.10 Menganalisis hubungan antar
sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
4.10 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar
yang dipotong oleh garis
transversal
|
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas
untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan
segitiga
|
4.11 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-
layang) dan segitiga
|
3.12 Menganalisis hubungan antara
data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran)
|
4.12 Menyajikan dan menafsirkan data
dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram
lingkaran
|
KELAS: VIII
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.1
|
Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan
dan barisan konfigurasi objek
|
4.1
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola
pada barisan bilangan dan barisan
konfigurasi objek
|
3.2
|
Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.2
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
|
3.3
|
Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi
dengan menggunakan berbagai
representasi (kata-kata,
tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
|
4.3
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi
dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
|
3.4
|
Menganalisis
fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.4
|
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.5
|
Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan
penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah
kontekstual
|
4.5
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel
|
3.6
|
Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan
tripel Pythagoras
|
4.6
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema
Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
3.7
|
Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang
busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
4.7
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut
pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya
|
3.8
|
Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan
persekutuan dalam dua lingkaran dan cara
melukisnya
|
4.8
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis
singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran
|
3.9
|
Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
|
4.9
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan
limas), serta gabungannya
|
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi
data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil
kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran
data untuk mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
||
3.11
Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
|
4.11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari
suatu percobaan
|
KELAS: IX
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.1
|
Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan
berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar,
serta sifat-sifatnya
|
4.1
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan
bentuk akar
|
3.2
|
Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya
berdasarkan akar-akarnya serta cara
penyelesaiannya
|
4.2
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
3.3
|
Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel,
persamaan,
dan grafik
|
4.3
|
Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel,
persamaan,
dan grafik
|
3.4
|
Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
|
4.4
|
Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual
dengan menggunakan sifat-sifat fungsi
kuadrat
|
3.5
|
Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang
dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.5
|
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.6
|
Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan
kekongruenan antar bangun datar
|
4.6
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun
datar
|
3.7
|
Membuat generalisasi luas permukaan dan volume
berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
|
4.7
|
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut,
dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang
sisi lengkung
|
2. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMA/MA/SMK/MAK
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengintepretasi persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear Aljabar lainnya.
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari
bentuk linear satu variable
|
3.2 Menjelaskan dan menentukan
penyelesaian pertidaksamaan rasional
dan irasional satu variabel
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.3 Menyusun
sistem persamaan linear tiga
variabel dari masalah kontekstual
|
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga
variable
|
3.4 Menjelaskan dan menentukan
penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-
kuadrat)
|
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
3.5 Menjelaskan
dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi
rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan
ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
|
4.5 Menganalisa karakteristik masing – masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak,
asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb
|
3.6 Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi
invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
komposisi dan operasi invers suatu
fungsi
|
3.7 Menjelaskan
rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen)
pada segitiga siku-siku
|
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan,
secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
3.8 Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan
sudut-sudut berelasi
|
4.8 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan
rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
3.9 Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
|
4.9
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus
|
3.10
Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
|
4.10 Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat
perubahan pada konstanta pada
fungsi y = a sin b(x
+ c) + d.
|
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami ,menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan metode pembuktian
Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan dengan
induksi matematika
|
4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan
matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan
|
3. 2 Menjelaskan program linear dua
variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual
|
4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah
kontekstual dan melakukan
operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan,
perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose
|
4.3Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan
dengan matriks dan operasinya
|
3.4Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2
dan 3×3
|
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers
matriks berordo 2×2 dan 3×3
|
3.5 Menganalisis dan
membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan
matriks
|
4.5Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan matriks transformasi geometri (translasi,
refleksi, dilatasi dan rotasi)
|
3.6Menggeneralisasi pola bilangan
dan jumlah pada barisan Aritmetika dan Geometri
|
4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika
atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual
(termasuk
pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)
|
3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar
(fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya,
serta menentukan eksistensinya
|
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan limit fungsi aljabar
|
3.8 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi
aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau
sifat- sifat turunan fungsi
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi
aljabar
|
3.9 Menganalisis keberkaitanan turunan
pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan
fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
4.9 Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan titik
maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva,
persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan
dengan masalah kontekstual
|
3.10
Mendeskripsikan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan
menganalisis sifat- sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi
|
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar
|
KELAS: XII
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.1
|
Mendeskripsikan jarak dalam
ruang (antar titik, titik ke
garis, dan titik ke bidang)
|
4.1
|
Menentukan jarak dalam ruang
(antar titik, titik ke garis,
dan titik ke bidang)
|
3.2
|
Menentukan dan
menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang
disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
|
4.2
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi
frekuensi dan histogram
|
3.3
|
Menganalisis
aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah
kontekstual
|
4.3
|
Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian,
permutasi, dan kombinasi)
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang
kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari
suatu percobaan acak
|
4.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk
(peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian
bersyarat)
|
3. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMA/MA
(PEMINATAN)
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mendeskripsikan dan menentukan
penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan
masalah kontekstual, serta keberkaitanannya
|
4.1 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi
logaritma
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.2 Menjelaskan vektor, operasi
vektor, panjang vektor, sudut antarvektor
dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vektor,
operasi vektor, panjang vektor, sudut
antar vektor dalam ruang berdimensi dua
(bidang) dan berdimensi tiga
|
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI
|
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|||
3. Memahami ,menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||||
3.1 Menjelaskan penyelesaian
trigonometri
|
dan
|
menentukan persamaan
|
4.1
|
Memodelkan dan Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri
|
|
3.2 Membedakan penggunaan jumlah dan selisih sinus dan
cosinus
|
4.2
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah
dan selisih sinus dan cosinus
|
|||
3.3 Menganalisis analitik
|
lingkaran
|
secara
|
4.3
|
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan lingkaran
|
|
3.4 Menganalisis keterbagian dan faktorisasi polinom
|
4.4
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan faktorisasi
polinomial
|
|||
KELAS: XII
Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.1
|
Menjelaskan dan menentukan
limit
fungsi trigonometri
|
4.1
|
Menyelesaikan masalah
berkaitan
dengan limit fungsi
trigonometri
|
3.2
|
Menjelaskan dan menentukan limit di ketakhinggaan fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
|
4.2
|
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan eksistensi
limit di ketak-
hinggaan fungsi aljabar dan
fungsi trigonometri
|
3.3
|
Menggunakan prinsip turunan ke fungsi Trigonometri
sederhana
|
4.3
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan
fungsi trigonometri
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.4 Menjelaskan keberkaitan turunan
pertama dan kedua fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, selang
kemonotonan fungsi, kemiringan garis singgung serta titik belok dan selang kecekungan
kurva fungsi trigonometri
|
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai maksimum,
nilai minimum, selang kemonotonan fungsi, dan kemiringan garis singgung serta
titik belok dan selang kecekungan
kurva fungsi trigonometri
|
3.5 Menjelaskan
dan menentukan distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi
peluang binomial
|
3.5 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya
|
3.6
Menjelaskan karakteristik data berdistribusi normal yang berkaitan dengan
data berdistribusi normal
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan distribusi normal dan penarikan kesimpulannya
|
0 komentar:
Post a Comment