1. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMP/MTs
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
|
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
||
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan
komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara
Pancasila
|
2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara
indonesia sepeti yang
diteladankan para pendiri negara dalam
perumusan dan penetapan
Pancasila sebagai dasar negara
|
||
1.2 Menghargai norma-norma
keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa
|
2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan
keadilan
|
||
1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan
dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman
|
2.3 Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai
kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik
Indonesia Tahun 1945
|
||
1.4 Menghormati keberagaman norma- norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika sebagai
sesama ciptaan Tuhan
|
2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
1.5 Mensyukuri makna kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan
di masyarakat
|
2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam
berbagai bidang
kehidupan di masyarakat
|
||
1.6 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam
kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
|
2.6 Bersikap antusias terhadap persatuan dan
kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya
|
||
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Menganalisis proses perumusan
dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan
Pancasila sebagai Dasar Negara
|
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan
keadilan
|
4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
|
3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan
Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
|
4.3 Menjelaskan proses kesejarahan
perumusan dan pengesahan
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
3.4 Mengidentifikasi keberagaman
suku, agama, ras dan antargolognan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi
suku, agama, ras dan
antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kerja
sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
|
4.5 Menunjukkan bentuk-bentuk kerja
sama di pelbagai bidang
kehidupan masyarakat
|
3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik
daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah
dibuat
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
konsensus nasional
Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
|
2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur
Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
|
1.2 Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa
|
2.2 Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya
sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik
Indonesia 1945
|
1.3 Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa
untuk nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan
kemerdekaan Republik Indonsia
|
2.3 Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai
dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-
undangan nasional
|
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan
nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan
Republik Indonesia secara tulus.
|
2.4 Bertanggung jawab terhadap
makna dan arti penting Kebangkitan
nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik
Indonesia
|
1.5 Menjalankan perilaku orang
beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
|
2.5 Mengembangkan sikap toleransi sesuai
nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
|
1.6 Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha
Esa
|
2.6 Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat
dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
|
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan pandanganhidup bangsa dalam
kehidupan sehari-hari
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.2 Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan- undangan
lainnya dalam sistem
hukum nasional
|
4.2 Menyajikan
hasil telaah makna, kedudukan dan
fungsi Undang- Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari
|
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di
Indonesia
|
4.3 Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional
nasional di Indonesia
|
3.4 Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Republik
Indonsia
|
4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik
Indonesia
|
3.5 Memproyeksikan nilai dan
semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.5 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai
dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika
dengan kehidupan
sehari-hari
|
3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif
untuk memperkuat Negara Kesatuan
Republik Indonesia dalam kontek
kehidupan siswa
|
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan
yang mencerminkan semangat dan
komitmen kebangsaan untuk memperkuat
Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang
merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.1 Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan
nilai- nilai Pancasila sebagai dasar negara
|
1.2 Menghargai isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa
|
2.2 Melaksanakan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
1.3 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas bentuk dan
kedaulatan Negara Republik
Indonesia
|
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mendukung bentuk dan kedaulatan
Negara
|
1.4 Menghormati keberagaman suku, agama, ras,
dan antargolongan (SARA) di masyarakat sebagai pemberian Tuhan Yang Maha Esa
|
2.4 Mengutamakan sikap toleran dalam menghadapi masalah akibat
keberagaman kehidupan bermasyarakat dan cara
pemecahannya
|
1.5 Mengapresiasi prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama,
ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.5 Menunjukkan sikap peduli terhadap masalah-masalah yang muncul
dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan cara
pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
1.6 Menunjukkan perilaku orang beriman dalam mencintai tanah air dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
2.6 Mengutamakan sikap disiplin sebagai warga negara sejalan dengan konsep bela negara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di
masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
|
4.1 Merancang dan melakukan penelitian
sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di
masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
|
3.2 Mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun
1945
|
4.2 Menyajikan hasil sintesis isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 1945
|
3.3 Memahami ketentuan tentang bentuk dan
kedaualatan negara sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
4.3 Memaparkan penerapan tentang bentuk dan kedaualatan negara
sesuai Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
3.4 Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama,
ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam
keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
3.5 Menganalisis prinsip harmoni
dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial,
budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.5 Menyampaikan hasil analisis
prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan
(SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
3.6 Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan
yang mencerminkan konsep cinta
tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
2. KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH MENENGAH
ATAS/ MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara sebagai salah
satu bentuk pengabdian kepada
Tuhan Yang Maha Esa
|
2.1 Menunjukkan sikap gotong
royong sebagai bentuk penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan
dan
keamanan sebagai wujud rasa
syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
|
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
|
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
|
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai
cerminan dari lembaga-lembaga negara
|
1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut
Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah
yang harmonis di daerah setempat
|
1.5 Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai wujud
syukur kepada Tuhan yang Maha Esa
|
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
1.6 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya
dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.7 Menghargai wawasan nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.7 Bertanggungjawab mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
|
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara Negara
|
3.2 Menelaah ketentuan Undang- Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta
pertahanan dan keamanan
|
4.2 Menyaji hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
serta pertahanan dan keamanan
|
3.3 Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara
menurut Undang-Undang
Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis
tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
3.4 Merumuskan hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
4.4 Merancang dan melakukan penelitian
sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat
menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor
pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan
upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan
|
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
4.7 Mempresentasikan hasil interpretasi terkait pentingnya
Wawasan Nusantara dalam konteks Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai
cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menghargai hak asasi manusia
berdasarkan perspektif pancasila sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
|
2.1 Bersikap peduli terhadap hak asasi
manusia berdasarkan perspektif pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
1.2 Menghargai nilai-nilai
ke-Tuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
|
2.2 Berperilaku santun dalam ber-
demokrasi Pancasila sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
|
1.3 Mensyukuri nilai-nilai dalam
sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan
Yang Maha Esa
|
2.3 Menunjukkan sikap disiplin terhadap
aturan sebagai cerminan sistem hukum dan peradilan di Indonesia
|
1.4 Mensyukuri peran Indonesia
dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
2.4 Bersikap toleran dan cinta damai
sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam
hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
1.5 Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara
strategi mengatasinya
berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika
|
2.5 Bersikap responsif dan proaktif atas
ancaman terhadap negara strategi mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka
Tunggal Ika
|
1.6 Bersyukur pada Tuhan Yang
Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
2.6 Bersikap proaktif dalam menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
4.1 Menyaji hasil analisis
pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
3.2 Mengkaji sistem dan dinamika
demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
4.2 Menyajikan hasil kajian
tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang- Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan
peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
4.3 Menyaji hasil penalaran
tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-
Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
3.4 Menganalisis dinamika
peran
Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
|
4.4 Mendemonstrasikan hasil
analisis
tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia
sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
3.5 Mengkaji kasus-kasus ancaman
terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi
ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan
keamanan dan
strategi mengatasinya dalam
bingkai BhinnekaTunggal Ika
|
3.6 Mengidentifikasikan faktor
pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
4.6 Menyaji
hasil identifikasi tentang faktor pedorong dan
penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI 1(SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai
cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia
|
2.1 Bersikap responsif dan
proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
|
1.2 Menjalankan perilaku orang
beriman dalam praktik pelindungan dan
penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik
perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat
|
1.3 Menyikapi pengaruh kemajuan
Ilmu pengetahuan dan teknologi dengan
tetap memegang nilai-nilai ke-
Tuhanan Yang Maha Esa
|
2.3 Bertanggungjawab dalam menyikapi pengaruh
kemajuan Ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk
pengabdian
|
2.4 Bersikap proaktif dalam
mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan
mempertahanakan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Menganalisis nilai-nilai
Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai
Pancasila terkait dengan kasus- kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
|
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan
dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
4.2 Mendemonstrasikan hasil
evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan
dan kedamaian
|
3.3 Mengidentifikasi pengaruh
kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
|
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam
bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan
kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara
Kesatuan
Republik Indonesia
|
0 komentar:
Post a Comment