(RPP)
Sekolah : SMP NEGERI 4 SODONGHILIR
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : VII / dua
Materi
Pokok : Keberagaman Suku,Agama,Ras, dan
antargolongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
Alokasi Waktu : 15 JP ( 5 Pertemuan )
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan tanggungjawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan
keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam ranah konkret
dan abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.4 Menghormati
keberagaman norma-norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika secara adil sebagai sesama ciptaan tuhan.
|
1.4.1 Bersyukur
atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.
1.4.2 Menghargai
keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika.
|
2.4 Menghargai
keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
|
2.4.1 Memiliki keinginan
kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras,
dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika.
2.4.2 Memiliki sikap
tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras.
|
3.4 Mengidentifikasi keberagaman
suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
|
3.4.1 Menjelaskan pengertian
keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.2 Mengidentifikasi
faktor
penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.3 Mendeskripsikan
keberagaman suku,agama,ras
dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.4.4
Menjelaskan arti penting keberagaman SARA dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.4.5 Menyebutkan
manfaat keberagaman dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika.
|
4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
|
4.4.1 Menyusun laporan
hasil identifikasi
tentang keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.2 Menyajikan laporan
hasil identifikasi
keberagaman suku, agama, ras, dan
antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui simulasi siswa dapat menunjukkan prilaku :
1. Bersyukur
2. Menghargai
3. Toleransi
4. Peduli
Pertemuan Kesatu , melalui penerapan model
pembelajaran berbasis masalah siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian
keberagaman masyarakat Indonesia.
2. Mengidentifikasi
faktor
penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
Pertemuan Kedua , melalui diskusi
kelompok siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan
keberagaman suku,agama,ras
dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
Pertemuan Ketiga , melalui diskusi
kelompok siswa dapat :
1.
Menyebutkan arti penting keberagaman
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Pertemuan Keempat , melalui discovery
learning , siswa dapat :
1.
Menyebutkan beberapa manfaat dari adanya
keberagaman SARA dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Pertemuan Kelima , melalui kerja
kelompok dan simulasi siswa dapat :
1. Menyusun
laporan hasil identifikasi
tentang keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2. Menyajikan
laporan hasil identifikasi
keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
D. Materi
Pembelajaran
Materi Reguler
1. Faktor penyebab keberagaman suku
dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
2. Pengertian keaneka
ragaman
suku dan budaya dalam
masyarakat Indonesia 3.
Pengertian dan macam-macam norma
4.
Arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
a. Dalam hidup bermasyarakat
b. Dalam hidup berbangsa dan bernegara
5. Perilaku sesuai
dengan norma dalam kehidupan sehari-hari
Materi
Pengayaan
Mengidentifikasi
suku bangsa yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa
Materi
Remedial
Membuat
kesimpulan dalam buku / kertas selembar tentang keberagaman suku,agama,ras dan
antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
E.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media : Gambar dan Vidio pembelajaran yang berkaitan
dengan
Keberagaman SARA dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
2.
Alat/ Bahan :
Infokus, Laptop
3.
Sumber Belajar : Buku siwa
PPKn kelas VII Edisi Revisi Tahun 2016 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia , Koran, Majalah, Buku Sumber lain yang
relevan
F. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model :
PBL
3.
Metode :
Diskusi Kelompok , Curah Pendapat , Simulasi
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
Inti
Kegiatan Penutup
Pertemuan ke 2
Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Pertemuan Keempat
Kegiatan
Pendahuluan
Inti
Penutup
Pertemuan Kelima
Pendahuluan
Inti
Penutup
|
1 Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis
peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan
kehadiran peserta didik,kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis
dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan menyanyikan salah
satu lagu daerah di Indonesia dan menanyakan makna yang terkandung dalam lagu
tersebut
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab suku
dan budaya yang ada di Indonesia dan mengamati gambar keberagaman bangsa
Indonesia.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan peserta didik.
1.Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang
beranggotakan 4 siswa.
2. Guru memberi permasalahan yang berkaitan dengan
keberagaman suku,agama,ras dan antar golongan (masing-masing kelompok berbeda
permasalahan)
3. Siswa melakukan identifikasi permasalahan dan
melakukan curah pendapat yang di fasilitasi guru melalui pengisian LK
terlampir (Tahu – Ingin – Prediksi)
4. Mengumpulkan data terkait dengan permasalahan
5. Siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk mencari
solusi penyelesaian masalah.
6. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan
kelompok lain menanggapi
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas
manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang
akan dilakukan berkaitan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat
perumusan, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari
keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3. Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4. Guru memberikan tugas secara individu untuk mengidentifikasi
keberagaman SARA di lingkungan sendiri
1.Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan
kehadiran peserta didik,
kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis
dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi melalui penayangan gambar
tentang budaya yang ada di Indonesia .
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab ras,
agama dan antargolongan di Indonesia.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan peserta didik.
1.Guru membagi kelas menjadi enam kelompok
2. Guru membimbing peserta didik mengamati keanekaragama
suku, agama, ras,dan antargolongan dalam masyarakat di sekitar peserta didik,
dan mengkaji berbagai keanekaragaman bangsa Indonesia yang ada di buku paket
maupun di sumber belajar lainnya.
3. Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi
pertanyaan berkaitan keberagaman ras, agama, dan antargolongan dalam
masyarakat Indonesia.
4. Guru membimbing menyusun pertanyaan agar sesuai
indikator pencapaian kompetensi, seperti : siapa, apa, kapan, bagaimana,
mengapa keberagaman ras,agama, antargolongan dalam masyarakat Indonesia dan
faktor-faktor penyebab keberagaman tersebut.
5. Guru membimbing peserta didik dan mendiskusikan
pertanyaan yang disusun dan melakukan Aktivitas 4.2.
6. Guru membimbing peserta didik menghubungkan
berbagai informasi yang diperoleh dan mengkajinya dengan nilai-nilai luhur
Pancasila yang seharusnya tetap ada dalam masyarakat Indonesia.
7. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan
nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman suku dan budaya dalam
masyarakat.
8. Guru membimbing peserta didik menyusun hasil telaah
nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman ras, agama,antar golongan dalam
masyarakat. Laporan hasil telaah dapat bentuk bahan tayang, display, atau
bentuk lain.
9. Guru membimbing peserta didik menyajikan hasil
telaah keberagaman hasil telaah nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman
suku, agama, ras dan antargolongan dalam masyarakat.
1 Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas
manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang
akan dilakukan berkaitan keberagaman ras, agama, antargolongan dalam
masyarakat perumusan, dengan
meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari
keberagaman ras, agama,antargolongan dalam masyarakat?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3. Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4. Guru melakukan post test dengan menggunakan Uji
Kompetensi 4.2 atau soal yang disusun guru sesuai indikator pencapaian
kompetensi secara lisan atau tanya jawab
1.Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan
kehadiran peserta didik,kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis
dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan menayangkan gambar
tempat ibadah agama – agama yang diakui di Indonesia.
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab
mengenai arti penting keberagaman agama di Indonesia.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan peserta didik.
1.Guru membentuk kelas menjadi 6 kelompok, dengan
jumlah anggota enam orang.
2. Kelompok menentukan satu topik masalah untuk
bahan kajian arti penting keberagaman masyarakat Indonesia, seperti
keberagaman suku ,agama, ras yang ada di sekolah.
3. Peserta didik membaca berbagai berita dan perisiwa
berkaitan dengan topik yang dipilih sesuai tugas Aktivitas 4.3, dan peristiwa
yang terjadi di sekitar peserta didik.
4. Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi
pertanyaan berkaiatan dengan berita atau peristiwa sesuai topik yang dipilih.
5. Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan
agar sesuai indicator pencapaian kompetensi, seperti :
a. Apa manfaat memelihara keberagaman agama di
lingkungan sekolah?
b. Apa akibat jika tidak menghargai keberagaman
agama di lingkungan sekolah?
d. Bagaimana cara agar keberagaman agama dalam lingkungan
sekolah agar tidak berakibat negatif ?
6.Wawancara terhadap berbagai sumber, seperti
peserta didik, guru yang berbeda agama dan berbeda suku bangsa.
7. Guru membimbing kelompok dengan memfasilitasi
berbagai sumber belajar,seperti buku teks, buku penunjang, dan internet untuk
mencari informasi tentang keberagaman agama.
8. Guru membimbing peserta didik menyusun laporan
hasil telaah arti penting keberagaman agama di sekolah.
Laporan dapat berupa display, bahan
tayang, maupun dalam bentukkertas lembaran.
9. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan
hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara
bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (display) di dinding
kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil
telaah kelompok lain.
Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai
kondisi sekolah.
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas
manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat
materi pembelajaran, sikap dan tindakan yang akan dilakukan.
3. Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil laporan
1.Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan
kehadiran peserta didik,kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis
dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan menayangkan gambar
tentang ras yang ada di Indonesia
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab
mengenai keberagaman ras di Indonesia
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan peserta didik.
1.Guru membentuk kelas menjadi enam kelompok dengan
topik yang berbeda seperti toleransi terhadap keberagaman ras di lingkungan
sekolah
2. Guru meminta peserta didik mengamati perilaku
keberagaman ras di berbagai lingkungan kehidupan.
3. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok secara dialogis
untuk mengkaji keberagaman ras.
4. Peserta didik menyatakan pendapatnya tentang
pentingnya keberagaman ras,
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas
manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat
materi pembelajaran, sikap dan tindakan yang akan dilakukan.
3. Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil laporan
1.Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan
kehadiran peserta didik,
kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis
dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta
didik menyanyikan lagu dari sabang sampai merauke
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab
mengenai praktik kewarganegaraan melalui perilaku toleransi di lingkungan
sekolah
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensiyang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab
tentang manfaat prosespembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan peserta didik.
1.
Guru
membentuk kelas menjadi dengan anggota 4 sampai dengan 5 orang,dengan anggota
yang berbeda-beda, seperti jenis kelamin, agama, asal daerah,dan sebagainya.
2. Guru meminta peserta didik mengamati gambar. Juga
berbagai budaya daerahyang ada di Indonesia dan sekitar lingkungan peserta
didik, seperti tarian, lagu,musik, pakaian, dan sebagainya.
3. Kelompok menentukan satu bentuk budaya yang akan
ditampilkan dalam pentas budaya Indonesia di kelas.
4. Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi
pertanyaan berkaitan dengantugas praktik kewarganegaraan.
5. Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan
agar sesuai indicator pencapaian kompetensi.
6. Guru membimbing kelompok mengumpulkan informasi
untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun, dengan mengamati bentuk
interaksi secara langsung dan atau wawancara dengan nara sumber. Juga membaca
berbagai sumber bacaan atau internet.
7. Guru juga dapat menjadi nara sumber atas
pertanyaan peserta didik dikelompok.
8. Guru membimbing kelompok berlatih sesuai budaya
yang akan ditampilkan,dengan kerjasama dengan orang tua.Guru membimbing
peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dalam praktik
kewarganegaraan, seperti berikut ini.
a. Makna dari budaya daerah.
b. Manfaat budaya daerah.
10. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan
praktik kewarganegaraan
11. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan
budaya daerah dalam pentas budaya Indonesia.
12. Guru membimbing kelompok lain untuk memberikan
penilaian dan apresiasi atas penampilan kelompok lain.
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas
manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat
materi pembelajaran, sikap dan tindakan yang akan dilakukan.
3. Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil laporan
4. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan
berikutnya bahwa setiapkelompok untuk melakukan proyek kewarganegaraan.
|
|
H. Penilaian
1.
Penilaian Kompetensi Sikap
1.1 Teknik :
Observasi dalam bentuj jurnal
1.2 Alat Penilaian :
Jurnal
1.3 Instrumen : Terlampir
2. Penilain
Kompetensi Pengetahuan :
2.1
Teknik : Tes
Tertulis, Lisan, dan Penugasan
2.2 Alat :
Soal (PG dan Uraian), Daftar Pertanyaan, dan
Panduan Tugas
2.3 Instrumen :
Terlampir
3. Penilaian Kompetensi Ketrampilan :
3.1
Teknik : Produk
(hasil) dan Praktek
3.2
Alat :
Lembar Penilaian Produk dan Lembar Penilaian
Praktek
3.3
Instrumen : Terlampir
1. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1. Suka
menonjolkan suku bangsa sendiri,
2. mau
bergaul dengan teman yang berbeda suku,
3. memberikan
pujian terhadap keindahan budaya suku bangsa lain,
4. menjelek-jelekkan suku bangsa lain,
5. menyaksikan
pertunjukan kesenian daerah lain
Berdasarkan
pernyataan diatas, berbagai cara yang dapat di lakukan sebagai wujud sikap
menghargai dan menghormati keanekaragaman suku bangsa dan budaya, ditunjukkan
oleh nomor . . . .
A.
1, 3, dan 4
B.
1, 4, dan 5
C.
2, 3, dan 4
D.
2, 3, dan 5
2. Tradisi kaum
wanita menggunakan anting- anting pemberat untuk memperbesar kuping / daun
telinga menurut kepercayaan mereka, semakin besar pelebaran lubang daun telinga
semakin cantik , dan semakin tinggi status sosialnya di masyarakat. Pernyatan
tersebut merupakan tradisi dari suku ....
A. bugis
B. melayu
C. dayak
D. toraja
3. Salah satu contoh konflik akibat
tidak adanya pemahaman terhadap terhadap keberagaman suku adalah ....
A.
peristiwa semanggi
B.
peristiwa tanjung periok
C.
kerusuhan sambas kalimantan
D.
peristiwa GAM Aceh
4.
Perhatikan pernyataan di bawah
ini :
(1)
Perpecahan dalam masyarakat
(2)
Terjalinnya kesatuan dan
kesatuan bangsa
(3)
Kehancuran Nilai- nilai dan
Norma social yang ada
(4)
Terciptanya Kerukunan beragama
(5)
Kerugian harta benda dan korban
manusia
Akibat negatif yang
ditimbulkan oleh terjadinya konflik keberagaman adalah…
A.
1. 2 dan 3
B.
1, 2 dan 4
C.
1, 3 dan 4
D.
1, 3 dan 5
Mengetahui Sodonghilir Januari 2017
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran PPKn
Hj. SURYAKANIA, S.Pd.,M.Pd INDRA HADIAT PERMANA, S.Pd
NIP. 196610301988032008