SILABUS
Mata
Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan      : SMP
NEGERI 1 SODONGHILIR
Kelas /
Semester         : VIII/Genap
Tahun
Pelajaran         : 2018/2019
| 
    
Kompetensi Dasar 
 | 
   
    
Materi Pembelajaran 
 | 
   
    
Indokator
    
 | 
   
    
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
   
    
Alokasi
   waktu 
 | 
   
    
Sumber
   Belajar 
 | 
   
    
Penilaian 
 | 
  
| 
   
3.11 Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film,
  cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan 
4.11 Menceritakan kembali isi
  teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
  daerah) yang dibaca atau didengar. 
 | 
  
   
·   
  Pengertian
  teks ulasan 
·   
  Macam-macam
  teks ulasan berdasar-kan isinya  
·   
  Maksud/
  arti penting teks ulasan 
·   
  Kelebihan/
  kelemahan dalam teks ulasan. 
 | 
  
   
3.11.1  
  Menganalisis
  suatu model teks ulasan. 
3.11.2  
  Menjelaskan
  tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan. 
3.11.3  
  Menjelaskan
  maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan 
4.11.1  
  Menuliskan
  informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada
  teks ulasan. 
4.11.2  
  Menceritakan
  kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel,
  karya seni daerah) yang dibaca atau didengar. 
 | 
  
   
·        
  Mengamati
  suatu model teks ulasan. 
·        
  Berdiskusi
  tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan. 
·        
  Mendiskusikan
  maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan 
·        
  Menuliskan
  informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada
  teks ulasan. 
·        
  Membacakan
  kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifasi 
 | 
  
   
·        
  24 JP 
 | 
  
   
·     
  Buku bahasa Indonesia 
·     
  Kamus bahasa Indonesia 
·     
  Internet 
 | 
  
   
·       Lisan 
·      Tertulis 
·      Penugasan 
·      Unjuk
  kerja 
·      Produk  
·     
  Portofolio 
 | 
 
| 
   
3.12 Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen,
  puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca 
4.12  Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya
  (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks
  ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
  kebahasaan, atau aspek lisan  
 | 
  
   
Struktur
  teks ulasan: 
1. orientasi 
2.
  tafsiran                     3.
  rangkuman  
4. evaluasi                      
·   
  Kaidah
  kebahasa-an teks ulasan.  
·   
  Cara
  menulis teks ulasan 
 | 
  
  
 
3.12.1  
  Menjelaskan
  struktur, kebahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda. 
3.12.2  
  Menganalisis
  keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu
  sebagai bahan menulis teks ulasan. 
3.12.3  
  Menganalisis
  Kaidah kebahasa-an teks ulasan.  
3.12.4  
  Menjelaskan
  cara menulis teks ulasan 
4.12.1  
  Menulis
  teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data
  produk, karya, atau benda. 
4.12.2  
  Memajang
  teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain 
4.12.3  
  Membuat
  tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
  daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan 
  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
  kebahasaan, atau aspek lisan 
 | 
  
   
·        
  Mendiskusikan
  struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda. 
·        
  Mendata
  keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu
  sebagai bahan menulis teks ulasan. 
·        
  Menulis
  teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa,  dan data produk, karya, atau benda.  
·        
  Memajang
  teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok) 
 | 
 |||
| 
   
3.13 Mengidentifikasi
  jenis  saran, ajakan, arahan, dan
  pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks
  persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang
  didengar dan dibaca. 
4.13
  Menyimpulkan  isi saran, ajakan,
  arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari
  teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
  yang didengar dan dibaca. 
 | 
  
   
·   
  Pengertian
  dan is teks persuasi. 
·   
  Ajakan-ajakan
  dalam teks persuasi. 
•  Langkah-langkah penyusunan kesimpulan. 
 | 
  
   
3.13.1  
  Menjelaskan
  jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif
  atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi
  sosial, dan/atau keragaman budaya) 
3.13.2  
  Menjelaskan pengertian dan isi teks persuasi 
3.13.3  
  Mengidentifikasi ajakan- ajakan dalam teks
  persuasi. 
3.13.4  
  Menganalisis langkah- langkah penyusunan
  kesimpulan  
4.13.1  
  Merumuskan informasi yang terdapat
  pada teks persuasi sesuai
  dengan bagian-bagian
  teks
  persuasi 
4.13.2  
  Menyimpulkan
  cara menyajikan informasi
  isi teks Persuasi 
 | 
  
   
·        
  Mengamati
  model-model teks persuasi. 
·        
  Berdiskusi
  tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/ dibaca dan cara
  menyajikan ulang isinya 
·        
  Merumuskan
  informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks
  persuasi  
·        
  Menyimpulkan
  cara menyajikan informasi isi teks persuasi  
 | 
  
   
·        
  24 JP 
 | 
  
   
·     
  Buku bahasa Indonesia 
·     
  Kamus bahasa Indonesia 
·     
  Internet 
 | 
  
   
·       Lisan 
·      Tertulis 
·      Penugasan 
·      Unjuk
  kerja 
·      Produk  
·     
  Portofolio 
 | 
 
| 
   
3. 14 Menelaah struktur dan
  kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang
  berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
  keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca  
4.14 Menyajikan teks persuasi
  (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan
  memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan 
 | 
  
   
·   
  Struktur
  dan unsur kebahasa-an teks persuasi 
·   
  Menggunakaan
  konjungsi supaya dan selagi (pengayaan) 
·   
  Cara
  menyajikan teks persuasi 
·   
  Penyiapan
  bujukan/ ajakan. 
·   
  Memper-hatikan
  struktur/ kaidah teks ulasan  
 | 
  
   
3.14.1  
  Menganalisis Struktur dan unsure kebahasa-an teks
  persuasi 
3.14.2  
  Menjelaskan cara menyajikan teks persuasi 
3.14.3  
  Menjelaskan cara penyiapan bujukan/ ajakan. 
3.14.4  
  Menganalisis struktur/ kaidah teks ulasan 
3.14.5   Menelaah struktur
  dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan
  tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial,
  dan/atau keragaman budaya, dll) 
4.14.1   Menulis teks persuasi
  sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah
  kebahasaan teks
  persuasi 
4.14.2   Menyajikan teks persuasi
  (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan
  memperhatikan truktur, kebahasaan, atau aspek lisan 
 | 
  
   
·        
  Mendiskusikan
  struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi 
·        
  Mendata
  permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan
  menulis teks persuasi 
·        
  Mendiskusikan
  cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan
  memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan,
  serta unsur kebahasaan yang digunakan 
·        
  Menulis
  teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks
  persuasi  
·        
  Mempresentasikan
  teks persuasi yang ditulis  
 | 
 |||
| 
   
3.15 Mengidentifikasi
  unsur-unsur  drama (tradisional dan
  moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah. 
4.15
  Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/
  didengar  
 | 
  
   
·   
  Pengertian/karakteris-tik  teks drama 
·   
  Unsur-unsur  teks drama  
·   
  Penjelasan
  isi drama 
·   
  Tanggapan
  atas drama  
 | 
  
  
 
3.15.1   Menjelaskan pengertian/karakteristik teks
  drama 
3.15.2   Menganalisis unsur-unsur teks drama 
3.15.3   Mendeskripsikan penjelasan isi drama 
3.15.4   Mendeskripsikan tanggapan atas drama 
4.15.1  
  Menginterprestasi
  drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar 
 | 
  
   
·        
  Memperhatikan
  suatu model teks drama  
·        
  Merumuskan
  pengertian/karakteristik  drama. 
·        
  Mendiskusikan
  unsur-unsur dan isi drama  
·        
  Mengidentifikasi
  isi drama 
·        
  Menanggapi
  dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton  
 | 
  
   
·        
  18 JP 
 | 
  
   
·     
  Buku bahasa Indonesia 
·     
  Kamus bahasa Indonesia 
·     
  Internet 
 | 
  
   
·       Lisan 
·      Tertulis 
·      Penugasan 
·      Unjuk
  kerja 
·      Produk  
·     
  Portofolio 
 | 
 
| 
   
3.16 Menelaah karakteristik
  unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau
  pentas. 
4.16 Menyajikan drama dalam
  bentuk pentas atau naskah 
 | 
  
   
·   
  Karakteris-tik
  teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya. 
·   
  Cara
  menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal. 
·   
  Langkah-langkah
  pementas-an drama  
 | 
  
  
 
3.16.1   Menjelaskan karakteristik teks drama
  berdasarkan struktur dan kaidahnya. 
3.16.2   Menjelaskan cara menulis naskah drama dari
  karya yang sudah ada dan yang orisinal. 
3.16.3   Menganalisis langkah- langkah pementasan drama 
4.16.1  
  Membuat
  drama dalam bentuk pentas atau naskah 
4.16.2  
  Menanggapi dan
  melaporkan
  secara lisan
  dan atau tulis
  isi drama yang ditonton 
4.16.3  
  Menulis teks drama tradisional dan modern 
 | 
  
   
·        
  Mendiskusikan
  karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama  
·        
  Mendiskusikan
  cara menulis teks drama dan penyajiannya  
·        
  Menulis
  teks drama 
·      
  Mementaskan
  drama secara berkelompok 
 | 
 |||
| 
   
3.17 Menggali dan menemukan
  informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 
4.17 Membuat peta konsep/ garis
  alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 
 | 
  
   
·   
  Keragaman
  informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi. 
·   
  Informasi
  buku melalui indeks. 
·   
  Catatan
  tentang isi buku. 
·   
  Teknik-teknik
  membaca.   
 | 
  
  
 
3.17.1   Menentukan unsur-unsur buku fiksi 
3.17.2   Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi 
3.17.3   Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku  
3.17.4   Menganalisis perbedaan unsur buku fiksi dengan
  buku nonfiksi  
3.17.5   Menganalisis Keragaman informasi dalam buku
  fiksi/ nonfiksi. 
3.17.6   Menganalisis Informasi buku melalui indeks. 
3.17.7   menganalisis Teknik- teknik membaca. 
4.17.1   Membuat peta
  konsep/ garis
  alur
  dari buku fiksi
  dan nonfiksi
  yang dibaca  
4.17.2   Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan 
4.17.3   Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian
  gagasan pokok isi buku   
 | 
  
   
·        
  Mendiskusikan
  informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan non fiksi 
·        
  Membuat
  peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi 
·        
  Mempresentasikan
  informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi 
 | 
  
   
·        
  12 JP 
 | 
  
   
·     
  Buku bahasa Indonesia 
·     
  Kamus bahasa Indonesia 
·     
  Internet 
 | 
  
   
·       Lisan 
·      Tertulis 
·      Penugasan 
·      Unjuk
  kerja 
·      Produk  
·     
  Portofolio 
 | 
 
| 
   
3.18
  Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi
  yang dibaca 
4.18
  Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/ tertulis 
 | 
  
   
·   
  Ungkapan
  dalam buku fiksi. 
·   
  Unsur-unsur
  menarik dalam buku fiksi. 
·   
  Daya
  tarik bacaan 
·   
  Mendiskusikan
  isi buku. 
 | 
  
  
 
3.18.1   Menganalisis Ungkapan dalam buku fiksi. 
3.18.2   Menganalisis Unsur-unsur menarik dalam buku
  fiksi. 
3.18.3   Menelaah unsur buku fiksi yang bisa
  dikomentari 
3.18.4   Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa
  dikomentari 
3.18.5   Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku
  nonfiksi 
4.18.1   Membuat komentar tentang buku fiksi yang
  dibaca 
4.18.2   Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang
  dibaca   
 | 
  
   
·           
  Mendiskusikan
  unsur kebahasaan dalam buku fiksi. 
·           
  Membuat
  tanggapan terhadap buku fiksi. 
·           
  Menyajikanan
  tanggapan terhadap buku fiksi. 
·           
  Memberikan  komentar terhadap tanggapan terhadap buku
  fiksi. 
 | 
 

1 komentar:
izin save and share untuk bahan adm pengajaran, terimakasih ilmunya :)
Post a Comment